Berjualan Minuman Dingin
Ide Bisnis

Profit Menggiurkan Usaha Berjualan Minuman Dingin

Musim kemarau yang berlangsung lebih panjang dari biasanya beberapa tahun terakhir merupakan peluang bagus untuk usaha jualan minuman dingin. Terutama untuk kamu yang tinggal di daerah-daerah dengan terik matahari luar biasa menyengat.

Bisnis ini bisa digeluti oleh siapa pun, termasuk kamu yang masih muda dan ingin memiliki usaha sendiri semenjak dini.

Berjualan Minuman Dingin
Berjualan Minuman Dingin

Motivasi Untuk Jualan Minuman Dingin

Kenapa sih harus berjualan minuman dingin? Kenapa tidak berbisnis yang lain saja? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu mungkin timbul di benak kamu. Jadi, ada banyak hal yang bisa memotivasimu untuk memilih menekuni usaha berjualan minuman ini. Antara lain :

  1. Minuman itu termasuk kebutuhan pokok tubuh manusia selain dengan makanan. Jadi, tingkat kebutuhan akan ketersediaan minuman sangat tinggi sehingga meningkatkan prosentase keberhasilan dari usaha di bidang ini.
  2. Survei membuktikan bahwa mayoritas orang Indonesia itu lebih menyukai minuman dingin dibandingkan dengan minuman dengan temperature normal atau hangat. Terutama saat cuaca terik, kemungkinan mereka untuk berburu minuman dingin meningkat drastis.
  3. Meskipun lemari pendingin sudah tidak lagi menjadi barang mewah dan rata-rata masyarakat di negeri ini memilikinya, tetapi mereka tetap memilih untuk membeli minuman dingin di luar karena mencari alternatif yang lebih praktis.
  4. Keuntungan yang didapatkan dari usaha jualan minuman dingin juga tergolong fantastis. Untuk satu gelas minuman homemade—alias bukan kemasan jadi—saja, laba yang diperoleh bisa mencapai 100%.
Berjualan Minuman Dingin
Berjualan Minuman Dingin

Tahap Memulai Usaha

Jika sudah memiliki modal dan memantapkan hati untuk menekuni bisnis ini, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan lokasi yang strategis untuk berjualan. Cari tempat yang sekitarnya ramai, seperti area tempat tinggal padat penduduk, komplek sekolah, atau zona perkantoran. Tidak perlu menyewa gedung bila merasa terlalu mahal, buka saja booth di tepi jalan yang ramai lalu lalang.

Baca Juga:   Contoh Proposal Usaha kuliner, Cafe, Kerajinan, Warung Kopi Dll

Supaya menarik perhatian konsumen, tidak ada salahnya memberikan promo saat hari pertama buka buka seperti beli 1 gratis 1 atau diskon 50% dari harga normal. Trik ini lebih cocok diaplikasikan untuk kamu yang menawarkan minuman dingin buatan sendiri karena setelah dihitung pun kamu tidak akan merugi, berbeda bila kamu hanya menjual kembali merek minuman kemasan terkenal. Pastikan rasa minuman buatanmu enak agar konsumen tidak ragu untuk kembali meski sudah tidak ada promo lagi.

Beberapa ide bisnis dengan modal kecil juga bisa Anda baca di artikel rekomendasi kami ini atau yang di sini.

Macam Minuman Dingin Yang Bisa Dijual

Ada banyak macam minuman yang bisa ditawarkan pada konsumen dalam usaha jualan minuman dingin, contohnya :

  1. Minuman kemasan bermerek. Berjualan produk minuman kemasan yang sudah siap jual dan hanya perlu disimpan di lemari pendingin seperti ini sangat praktis, cocok untuk kamu yang tidak ingin ribet mengolah sendiri minuman dingin yang hendak dijual. Tapi dari segi keuntungan memang jauh jika dibandingkan dengan yang buatan sendiri.
  2. Teh. Minuman yang satu ini memang sangat populer sebagai menu dalam berjualan minuman dingin. Selain karena mudah diterima lidah masyarakat, pembuatannya pun tidak rumit, tetapi keuntungan yang dihasilkan sangat tinggi.
  3. Kopi. Kalau minuman yang satu ini, bisa disajikan panas, bisa juga dingin. Kaum milenial masa kini biasanya lebih memilih kopi aneka rasa yang disajikan dingin. Dengan prosentase profit hampir sama dengan berjualan teh, tingkat kesulitan dalam meracik kopi lebih tinggi karena untuk menghasilkan kombinasi yang pas agak sedikit sulit.
  4. Jus buah. Bagi yang menargetkan konsumen yang ingin mengonsumsi minuman dingin tapi tetap sehat, maka jualan minuman dingin berupa jus buah merupakan solusi yang tepat karena selain menyegarkan juga menyehatkan.
Baca Juga:   Sebelum Kegiatan Usaha Dimulai Terlebih Dahulu Perusahaan Harus Melakukan Ini