Usaha Jual Makanan Ringan
Ide Bisnis

Tips Usaha Jual Makanan Ringan dan Jenis yang Bisa Dijual

Bisnis kuliner yang dijalankan dengan serius pasti bisa menghasilkan keuntungan, termasuk usaha jual makanan ringan. Meskipun bukan termasuk makanan pokok yang dibutuhkan untuk dikonsumsi setiap hari, namun makanan ringan itu sangat digemari oleh konsumen, dijadikan sebagai camilan teman bersantai  atau juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa trik untuk sukses bisnis jual makanan ringan dan contoh ragam peluang usaha yang menguntungkan dari bisnis makanan ringan.

Trik Sukses Menjalankan Bisnis Jual Makanan Ringan

  • Cari tahu selera pasar

Hal penting yang harus diketahui ketika akan menjual produk makanan adalah seperti apa selera pasar, khususnya selera masyarakat yang akan kamu jadikan sebagai target konsumen.

  • Kualitas produk harus selalu terjaga

Selain dari rasa yang enak, konsumen biasanya juga akan sangat memperhatikan kualitas dari produk makanan yang dikonsumsinya. Oleh sebab itu, kamu harus mampu untuk menjaga kualitas dari produk makanan ringan yang kamu jual itu, mulai dari kerapian kemasan hingga kebersihan produk makanan ringan tersebut.

  • Inovasi produk

Semakin hari produk makanan yang dijual di pasaran semakin bervariasi, meskipun kamu hanya jual makanan ringan, namun sebaiknya kamu juga harus berusaha lebih kreatif menciptakan produk makanan ringan yang inovatif, entah itu dari segi bentuk, rasa, ataupun kemasan.

Contoh Peluang Usaha Jual Makanan Ringan

  • Aneka Keripik

Keripik merupakan jenis makanan ringan yang hampir setiap orang menyukainya, selain itu keripik juga bisa dibuat dari beragam jenis bahan, mulai dari umbi-umbian seperti kentang, singkong, talas, ketela, sukun, sayuran seperti contohnya keripik bayam, hingga buah-buahan seperti pisang, apel, nangka, dan lain-lain.

Usaha Jual Makanan Ringan
Usaha Jual Makanan Ringan – Aneka Keripik

Oleh sebab itu, jual makanan ringan dalam bentuk keripik tentu berpotensi mendatangkan keuntungan besar, selain itu keripik juga termasuk makanan ringan yang awet asalkan proses pengemasannya benar-benar tertutup rapat dan rapi agar tetap renyah dan enak.

  • Macaroni
Baca Juga:   20 Peluang Usaha Dengan Modal 500 Ribu Rupiah yang Untungnya Selangit

Dulu macaroni sering dijadikan sebagai bahan campuran, namun kini kita lebih sering menemukan macaroni dalam kondisi kering dan dijadikan sebagai camilan.

Usaha Jual Makanan Ringan

Makanan ringan jenis macaroni ini dikombinasikan dengan berbagai bumbu tabur aneka rasa yang tentunya akan sanggup menggoyang lidah setiap orang yang memakannya. Kebanyakan konsumen penikmat makanan ringan ini lebih suka membeli macaroni dengan rasa pedas dan pedas manis.

Kehabisan ide bisnis? Simak beberapa peluang usaha dengan modal kurang dari 1 juta di artikel ini.

  • Basreng

Basreng merupakan singkatan dari bakso goreng, meskipun namanya mengandung unsur “goreng” namun sebenarnya jenis makanan ringan ini dijual dalam kondisi kering sehingga praktis dan tentunya enak dijadikan sebagai camilan.

Basreng biasanya dijual dengan rasa pedas, namun kamu bisa jual makanan ringan ini dengan menambahkan beberapa varian rasa yang lain seperti keju, pedas manis, barbeque agar lebih inovatif.

  • Aneka camilan stik

Selain keripik ada juga jenis camilan yang bisa terbuat dari beragam jenis bahan. Camilan yang dimaksud itu berbentuk stik, sehingga orang-orang menyebut jenis makanan ringan itu stik yang kemudian disambung dengan bahan dasar untuk membuat camilan tersebut, misalnya saja stik keju, stik talas, stik kentang dan lain sebagainya.

  • Gurilem

Gurilem adalah camilan seperti kerupuk yang terbuat dari tepung tapioka. Rasanya yang gurih pedas sangatlah disukai sebab setelah adonan gurilem sudah digoreng matang kemudian diberi bumbu tabur rasa pedas yang menggugah selera.

Satu hal yang unik dari jenis makanan ringan ini adalah gurilem digoreng bukan dengan minyak tapi dengan pasir. Kebanyakan orang yang jual makanan ringan ini ada di Jawa Barat, sebab gurilem lebih populer di daerah tersebut.

Baca Juga:   Tips Jitu Berjualan Roti atau Jagung Bakar di Depan Rumah Laris Manis

Image credit Pixabay.