14 Ide Peluang Usaha Modal 1 Juta Untung Berlipat Ganda
Ide Bisnis

25 Ide Peluang Usaha Modal 1 Juta yang Menjanjikan Keuntungan Berkali Lipat

Kamu ingin menjadi pengusaha namun tidak mempunyai cukup modal? Tidak usah bingung karena dalam tulisan ini ada daftar Ide peluang usaha modal 1 juta yang bisa kamu coba dan terapkan setelah membacanya. Yuk langsung saja disimak.

Jasa pulsa elektrik

Ide peluang  usaha modal 1 juta pertama yang bisa kamu coba adalah jasa penjualan pulsa elektrik. Jasa jual pulsa elektrik terbukti masih tetap eksis meskipun sekarang banyak juga orang-orang yang pilih beli pulsa ponsel lewat ATM atau SMS Banking. Bagi orang-orang menengah ke bawah, lapak atau konter jual pulsa masih mereka butuhkan untuk mengisi saldo pulsa mereka.

Jasa jual pulsa elektrik ini hanya membutuhkan modal usaha yang relatif kecil karena kamu bisa menjualnya di rumah kamu, jadi kamu tidak harus mempunyai lokasi yang strategis untuk mencoba jenis usaha ini. Dengan waktu operasional bisa kamu atur sendiri tentu bisa menjadi nilai plus dari usaha ini.

Kamu juga bisa membeli etalase kaca seharga 200 ribuan plus memasang banner untuk mengenalkan usahamu kepada calon pelanggan. Nantinya etalase tersebut bisa kamu isi dengan kartu perdana seharga 200 ribuan. Nah, sisa modal usaha 600 ribu bisa kamu gunakan untuk membeli deposit pulsa awal. Agar usahamu semakin dikenal orang banyak kamu bisa mempromosikannya ke teman-temanmu lewat medsos dan lain sebagainya.

Berjualan aneka gorengan

ide usaha lain yang hanya membutuhkan modal sekitar 1 juta adalah menjual aneka macam gorengan. Usaha ini sangat menjanjikan jika kamu tertarik untuk mencobanya karena jenis makan ini merupakan makanan favorit semua kalangan anak-anak hingga dewasa. Jadi dapat dipastikan kamu akan mendapatkan keuntungan yang berlipat nantinya. Ada banyak variasi gorengan yang bisa kamu jajakan misalnya saja tempe, tahu isi, singkong, pisang dan lain sebagainya.

Berjualan Aneka Gorengan - 20 Peluang Usaha Dengan Modal 500 Ribu Rupiah

Dengan uang sekitar 1 juta kamu bisa mendapatkan gerobak sederhana dan peralatan masak semisal kompor dan wajan. Sisa uang yang dibelikan alat investasi ini bisa kamu belikan minyak dan bahan-bahan pokok. Temukan tempat strategis ya agar jualanmu lancar dan bisa balik modal dengan cepat untuk mengembangkan usahamu di masa depan.

Berjualan roti atau jagung bakar di depan rumah

Ide peluang usaha modal 1 juta berikutnya adalah berjualan roti bakar atau jagung bakar yang bisa kamu lakukan di depan rumahmu. Makanan ini juga merupakan makanan idola semua orang karena rasanya yang enak dan cocok digunakan untuk teman nongkrong dan melakukan aktivitas. Kamu bisa mengisi peluang ini dengan menawarkan roti dan jagung bakar yang memiliki variasi rasa yang bermacam-macam semisal rasa keju, balado dan seterusnya.

Salah satu keunggulan jenis usaha ini adalah kamu bisa menjualnya di depan rumahmu, hal ini juga akan mengurangi alokasi modal untuk menyewa tempat. Nantinya modal untuk sewa tempat tersebut bisa kamu gunakan untuk menambah alokasi modal untuk membeli bahan-bahan pokok. Jika kamu ingin menjajal ide usaha ini usahakan kamu tinggal di daerah yang strategis ya agar jualanmu ramai terus. Jangan lupa juga untuk gigih mempromosikan ke keluarga dan teman-temanmu, selain itu kamu juga bisa mempromosikannya lewat akun-akun media sosialmu.

Berjualan bubur ayam

Ide peluang usaha modal 1 juta berikutnya adalah berjualan bubur ayam. Bubur ayam adalah jenis kuliner yang berbahan beras yang dimasak sampai lunak. Untuk 6 sampai 7 liter beras membutuhkan waktu sekitar 7 jam agar menjadi bubur yang lembut dan siap disajikan. Selain dengan taburan suwiran ayam, biasanya bubur ayam dihidangkan dengan kuah kaldu, kerupuk, bawang goreng, seledri, sambal dan lain sebagainya.

bubur ayam

Bubur ayam merupakan makanan favorit setiap orang dan sangat nikmat untuk disantap kapan saja, namun biasanya lebih cocok jika disantap untuk sarapan. Jadi jika kamu tertarik mencoba ide usaha ini kemungkinan kamu untung akan besar. Modal yang kamu butuhkan untuk memulainya pun hanya sekitar 1 juta, dengan catatan kamu sudah mempunyai peralatan masak di rumah. Modal 1 juta tersebut bisa kamu gunakan untuk membeli gerobak sederhana dan bahan-bahan baku semisal beras, ayam dan bahan taburan yang lain. Cari tempat yang strategis dan jangan malas untuk promosi.

Jualan kue rumahan

Jika kamu hobi dan ahli dalam membuat aneka jenis kue, ide peluang usaha modal 1 juta berikutnya yang bisa kamu coba adalah berjualan kue rumahan. Kue-kue yang bisa kamu jual misalnya saja donat, kue bolu, onde-onde, pastel, klepon dan seterusnya. Nah, sebagai langkah awal untuk tes pasar, kamu bisa mencoba menitipkan kue buatanmu tersebut di toko-toko yang kamu kenal di daerahmu. Jika mendapatkan respon yang positif dan laris, kamu bisa menambahkan varian kue-kue lainnya dan mengekspansi ke toko-toko yang lebih banyak.

Baca Juga:   7 Tips Sukses Bisnis Kerajinan Tangan

Nah, modal yang kamu butuhkan tidak sampai 1 juta dengan catatan kamu sudah mempunyai peralatan masaknya seperti oven, cetakan dan lain sebagainya. Jadi modal 1 juta tersebut bisa kamu gunakan untuk memperbanyak variasi kue yang akan kamu buat. Oya,selain menitipkannya di toko kamu juga bisa menyediakan pesanan kue untuk berbagai macam hajatan atau acara-acara lainnya.

Jual makanan ringan

Berikutnya ide peluang usaha yang hanya membutuhkan modal sekitar 1 juta adalah berjualan makanan ringan. Usaha jenis ini terbukti sangat menjanjikan karena makanan jenis ini universal target pasarnya dari anak-anak hingga dewasa. Untuk memulainya kamu tidak harus menjual makanan ringan berbahan mahal, akan tetapi kamu bisa mencoba menjual makanan ringan berbahan relatif murah. Misalnya saja jualan keripik yang dapat berupa keripik pisang, ketela, talas, bayam dan juga bisa aneka peyek seperti peyek kacang, kedelai dan lain sebagainya. Jika kamu belum tahu cara membuatnya sudah banyak kok tutorial-tutorial di internet yang bisa menjadi panduanmu.

Ide peluang usaha modal 1 juta ini dari segi modal tergantung dari jumlah produksi yang akan kamu pasarkan. Dengan modal 1 juta sudah dapat menghasilkan produk yang bermacam-macam sebagai permulaan. Bungkus produk-produk tersebut dengan rapi dan jangan lupa untuk rajin-rajin berpromosi agar jualanmu makin lancar.

Menjadi blogger

Sekarang ini menjadi seorang blogger tidak hanya sebagai wadah untuk menyalurkan hobi menulis kamu lho, karena kamu juga bisa menghasilkan uang dari aktivitas tersebut. Jadi jangan heran apabila kamu mendengar ada berita yang menyebutkan ada seorang blogger yang bisa menghasilkan uang hingga ratusan juta setiap bulannya.

Yang kamu butuhkan jika kamu ingin menjadi seorang blogger yang sukses adalah terus berusaha dan tingkatkan kreatifitas dan inovasi-inovasi baru. Hal ini memang membutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar, akan tetapi apabila kamu sukses mengembangkan blog tersebut, maka kamu akan menghasilkan pundi-pundi rupiah yang melimpah.

Modal awal yang kamu butuhkan untuk memulai relatif ringan yaitu sekitar 1 juta pertahun. Modal ini nantinya bisa kamu gunakan untuk menyewa hosting dan domain lokal. Jika kamu belum punya modal cukup ada juga kok layanan domain gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar nge-blog.

Membuat kerajinan tangan

Ide peluang usaha modal 1 juta lain yang bisa kamu coba adalah membuat kerajinan tangan khususnya jika kamu mempunyai jiwa seni yang tinggi. Lebih-lebih jika kamu tinggal di daerah yang dekat dengan obyek wisata maka hal ini bisa kamu manfaatkan untuk menjual hasil kerajinan tangan kepada para wisatawan.

Ada banyak pilihan kerajinan tangan yang bisa kamu coba misalnya saja kerajinan tangan dari kayu, kerang, keramik dan lain sebagainya. Selain itu ada banyak juga barang bekas yang bisa kamu manfaatkan menjadi kerajinan tangan misalnya saja kain flanel, botol plastik, kaset CD dan lain-lain. Jadi praktis yang kamu butuhkan hanya keahlianmu. Untuk modal tergantung dari berapa banyak jenis produk yang ingin kamu pasarkan, namun modal 1 juta akan cukup sebagai permulaan. Pemasarannya bisa kamu titipkan ke toko atau bisa juga membuka lapakmu sendiri.

Budidaya ternak

Budidaya ternak merupakan jenis Ide peluang usaha modal 1 juta yang bisa kamu coba dan praktekkan khususnya jika kamu mempunyai lahan yang luas. Ada banyak variasi ternak yang bisa kamu budidaya dan akan menguntungkan misalnya saja lele, ayam petelur, ayam joper, ikan nila, ikan gabus dan lain sebagainya. Agar kamu sukses dalam usaha budidaya ternak, kamu harus mempunyai minat dan kesungguhan dalam mengelolanya.

Untuk memulai usaha ini kamu tidak harus menyediakan modal yang banyak. Sebagai permulaan, modal 1 juta bisa sangat cukup. Rinciannya uang tersebut bisa kamu gunakan untuk membeli tempat, pakan dan benih. 3 bulan selanjutnya dapat dipastikan modal yang kamu keluarkan akan balik dan keuntungannya bisa kamu manfaatkan untuk memperbesar usahamu. Memang usaha dalam bidang ini terhitung cepat karena kebanyakan hanya membutuhkan waktu maksimal sekitar 4 bulanan.  Nantinya semakin banyak modal yang kamu kucurkan semakin banyak pula keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Budidaya bibit tanaman

Ide peluang usaha modal 1 juta  yang bisa kamu coba berikutnya adalah budidaya bibit tanaman. Seperti halnya budidaya ternak, budidaya bibit tanaman ini merupakan jenis usaha yang menjanjikan. Bibit-bibit tanaman yang banyak peminatnya dan bisa kamu kembangkan misalnya saja bibit cabe keriting, cabe rawit, tomat, cengkeh, sengon dan lain sebagainya.

Dengan modal hanya 1 juta usaha ini patut kamu lirik jika kamu ingin memulai usahamu sendiri. Uang tersebut bisa dialokasikan untuk membeli bibit tanaman, pot dan pupuk. Kalau ada sisa bisa kamu manfaatkan untuk biaya transportasi jika ada pesanan atau bisa juga untuk irigasi. Nantinya jika usaha awal berprospek cerah kamu bisa menambah modal untuk menyediakan jenis bibit tanaman yang lebih banyak.

Jasa penitipan anak

Dengan fenomena maraknya suami istri yang sama-sama bekerja dan tidak punya waktu untuk menjaga anaknya bisa kamu manfaatkan menjadi peluang untuk membuka jasa penitipan anak. Sebagai permulaan kamu bisa menggunakan rumahmu sendiri sebagai tempat penitipan. Usahakan rumahmu selalu dalam keadaan bersih rapi dan wangi agar orang tua dengan senang hati mempercayaimu untuk menjaga anak mereka.

Baca Juga:   Contoh Struktur Organisasi Perusahaan yang Baik untuk Pengembangan Bisnis

Kalau kamu kewalahan, kamu juga bisa lho memperkerjakan orang lain untuk membantumu apalagi  jika balita yang kamu jaga tidak cuma satu. Untuk tarifnya sendiri bisa kamu tentukan dari 1 juta hingga 1,5 juta per bulannya. Sedangkan untuk waktu biasanya mulai jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Jadi jasa penitipan anak memang Ide peluang  usaha modal 1 juta yang terbukti menjanjikan.

Jual makanan untuk sarapan

Jual makanan untuk sarapan merupakan ide peluang usaha modal 1 juta yang sangat menjanjikan. Kamu harus mencoba jenis usaha ini lebih-lebih jika kamu tinggal di area perkotaan dimana orang-orang tidak sempat memasak sarapannya dan lebih suka beli demi kepraktisan. Ada banyak variasi makanan yang bisa kamu jual dan merupakan favorit semua orang semisal soto, nasi kuning, bubur ayam dan lontong sayur. Sebagai lapak jualan kamu bisa memanfaatkan halaman rumahmu, hanya perlu menambahkan meja dan kursi maka kamu sudah siap berjualan.

Modal yang kamu butuhkan untuk bisa memulai usaha ini hanya sekitar 500 ribu sampai 1 juta, dengan catatan kamu sudah memiliki peralatan lengkap untuk memasak. Uang tersebut bisa digunakan untuk membeli bumbu dan bahan-bahan pokok. Sebagai permulaan dan untuk mendapatkan pelanggan usahakan harga setiap menu lebih miring daripada pesaing agar jualanmu bisa berjalan dengan lancar.

Dropship

Jenis ide peluang usaha modal 1 juta yang bisa kamu coba berikutnya adalah dropship, lebih-lebih jika kamu anak gaul yang hobi update status dan upload foto di jejaring sosial. Dengan dropship kegemaranmu bermedsos ria tersebut bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Menjadi dropshipper memang sangat menguntungkan dimana kamu tidak perlu menyetok barang, jadi yang kamu butuhkan hanyalah foto barang tersebut kemudian kamu pasarkan kepada orang lain. Nantinya kamu bisa mengambil untung misalnya saja 20 persen dari harga yang ditentukan oleh pemasok.

Jadi karena kamu tidak harus menyetok barang sendiri, praktis modal 1 juta tersebut bisa kamu alokasikan untuk membeli paket data internet. Cari pemasok terbaik dan terpercaya yang bisa kamu ajak untuk bekerja sama. Barang-barang yang bisa kamu dropship juga sangat beragam mulai dari gadget, barang elektronik hingga fashion.

Les bimbel

Ide peluang usaha modal 1 juta ini bisa kamu coba jika kamu adalah sarjana di bidang pendidikan plus mempunyai skill yang mumpuni dalam mengajar. Ide usaha ini masih sangat dibutuhkan khususnya oleh orang tua yang sibuk dan terlalu lelah untuk mengajari anaknya sendiri. jadi kamu bisa memenuhi kebutuhan mereka dengan membuka les bimbel yang bisa kamu lakukan di rumahmu sendiri. anak-anak yang akan kamu bimbing bisa usia SD ataupun SMP, bahkan jika kamu yakin kamu juga bisa membimbing belajar anak usia SMA.

Ide usaha ini sangat cukup bermodal hanya 1 juta saja. Uang tersebut nantinya bisa kamu gunakan untuk membeli peralatan belajar misalnya papan tulis, kapur, meja, kursi dan lain sebagainya. Sedangkan untuk biaya les bimbel bisa kamu sesuaikan dengan standar yang berlaku di tempat kamu tinggal ya, jangan mahal-mahal nanti kamu tidak bisa mendapatkan murid bimbel. Agar les bimbel yang kamu miliki dikenal oleh masyarakat, kamu bisa menyebar brosur ke area sekolah. Disarankan sebagai permulaan tarif yang kamu tawarkan sedikit lebih murah daripada pesaing, agar orang tua murid lebih tertarik mendaftarkan anaknya ke les bimbel yang kamu miliki.

Jasa pengetikan

Jenis usaha ini sangat pas dan cocok kamu praktekkan jika kamu tinggal di area sekolah atau kampus. Peluang bisnis ini bisa dibilang sangat menjanjikan karena akan tetap eksis selama masih ada yang namanya kampus. Target pasaran yang bisa kamu incar biasanya mahasiswa-mahasiswa yang malas mengetik tugas makalah dan skripsi.

Jenis usaha jasa pengetikan ini praktis tidak membutuhkan modal hingga 1 juta jika sebelumnya kamu sudah mempunyai laptop maupun komputer. Modal tersebut bisa kamu gunakan nantinya jika laptop atau komputermu mengalami kerusakan, selain itu juga bisa digunakan untuk membeli banner agar usahamu dikenal orang banyak. Untuk tarif sendiri bisa kamu tetapkan per halaman atau per kata.

Membuka warung kopi

Ide peluang usaha modal 1 juta berikutnya bisa anda coba adalah membuka warung kopi. Yang dimaksud warung kopi dalam tulisan ini bukanlah warung kopi sekelas kafe namun warung kopi lesehan yang hanya membutuhkan modal sekitar 1 juta untuk memulainya.

Warung kopi ini merupakan usaha yang cocok kamu jalankan jika kamu tinggal di dekat pusat keramaian misalnya saja obyek pariwisata atau alun-alun. Karena lesehan praktis uang satu juta tersebut bisa kamu alokasikan untuk membeli tikar dan perlengkapan lain. Sisanya bisa dibelikan kopi dan bahan aneka minuman lain. Jadi yang harus kamu lakukan hanyalah mencari lokasi jualan yang strategis agar lapakmu ramai oleh pengunjung.

Menjual aksesori perempuan

Salah satu jenis usaha berikutnya yang hanya membutuhkan modal sekitar 1 juta adalah menjual aksesori perempuan. Ide peluang usaha modal 1 juta ini sangat menjanjikan lebih-lebih dikhususkan untuk kaum hawa yang memang doyan bersolek dan berbelanja. Sebagai bahan inspirasi, kamu bisa melihat usaha aksesoris yang bernama SemoetKetjil yang mana pada awalnya hanya bermodal 1 juta namun sekarang per bulannya bisa beromzet hingga 10 juta.

Baca Juga:   25 Peluang Usaha dengan Modal 200 Ribu

Jika kamu ingin terjun dalam usaha ini kamu harus menghadirkan kualitas produk yang benar-benar unik agar merekmu mudah diingat. Jangan lupa juga untuk terus berinovasi agar usahamu semakin berkembang. Selain itu bisa juga memanfaatkan media sosial sebagai wadah promosi ke daftar teman-temanmu.

Bisnis kaos pre-order

Kamu punya minat yang besar dalam usaha distro atau fashion namun tidak mempunyai dana yang cukup? Mungkin berbisnis kaos pre-order bisa menjadi pilihan yang tepat. Ide peluang usaha modal 1 juta bisa mengakali jika modal yang kamu miliki masih cekak. Dengan menerapkan sistem pre-order, kaos atau busana hanya akan diproduksi jika sudah ada pemesanan. Untuk meminimalisir kelebihan dana bisa membatasi jumlah pesanan yang masuk. Nantinya jika keuntungan yang kamu dapatkan semakin banyak, kamu bisa memperlebar cakupan bisnismu.

Usaha aneka minuman

Ide usaha bermodal minim berikutnya yang bisa kamu praktekkan adalah berjualan aneka minuman. Usaha jenis ini sangat menjanjikan karena masyarakat kita membutuhkan sebuah produk minuman yang cepat cara membuatnya dan dikemas dengan wadah sekali pakai. Kamu bisa menjual produk-produk minumanmu di area-area yang menjadi pusat keramaian. Selain itu area sekolah juga bisa menjadi pilihan yang tidak kalah strategis.

Untuk memulai ide usaha ini kamu hanya membutuhkan modal sekitar 1 juta dengan catatan kamu sudah punya peralatan semisal blender. Uang 1 juta tersebut bisa digunakan untuk memperkaya variasi minuman yang akan kamu jual. Kamu juga bisa berinovasi menciptakan produk-produkmu sendiri yang nantinya bisa menjadi ciri khas usahamu yang bisa membuat pelanggan semakin tertarik.

Bisnis souvenir

Ide peluang usaha modal 1 juta yang bisa kamu coba berikutnya adalah bisnis souvenir. Hanya dengan modal sekitar 1 juta rupiah anda bisa memulai bisnis souvenir yang nantinya bisa berupa souvenir untuk pernikahan atau bisa juga ulang tahun. Bisnis ini memang musiman namun jika sekali kamu mendapatkan orderan maka kamu akan untung besar.

Untuk permulaan, souvenir yang bisa kamu buat misalnya saja gantungan kunci dari kain flanel. Uang tersebut bisa kamu gunakan untuk membeli gantungan kunci serta kain flanelnya, sisanya bisa kamu gunakan untuk membeli lem dan peralatan lain yang dibutuhkan. Nanti jika usahamu lancar kamu bisa membuat aksesoris yang membutuhkan modal yang lebih banyak, misalnya saja souvenir berbahan uang palsu dan lain sebagainya.

Menjadi make-up artist

Profesi yang dikuasai oleh kaum hawa ini merupakan salah satu Ide peluang usaha modal 1 juta yang bisa kamu coba lebih-lebih jika kamu gemar berdandan dan merias orang lain. Untuk permulaan dan untuk membangun pasar, kamu bisa mencoba menyediakan jasa rias untuk kenalanmu anak SMA atau kuliah yang mau wisuda.

Modal 1 juta tersebut akan cukup untuk membeli peralatan rias sederhana yang bermacam-macam. Sebagai bahan iklan, kamu bisa mendokumentasikan hasil riasanmu dan kamu unggah di media sosial. Ini merupakan salah satu cara promosi yang sangat efektif. Kalau kamu bingung soal tarif bisa riset atau bertanya ke teman seprofesi yang lebih berpengalaman. Namun sebagai permulaan disarankan untuk mematok tarif lebih murah agar pelanggan tidak kapok menggunakan jasamu.

Menjadi penerjemah lepas

Jika kamu ahli dalam bahasa asing kenapa tidak menjadi penerjemah saja? Menjadi penerjemah lepas merupakan ide peluang usaha modal 1 juta yang sangat dibutuhkan karena semakin banyaknya permintaan artikel bahasa asing yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia atau sebaliknya. Dengan asumsi kamu telah mempunyai laptop/komputer maka uang 1 juta tadi bisa dialokasikan untuk membeli data internet.

Menjadi penulis lepas

Menjadi penulis lepas merupakan ide peluang usaha modal 1 juta yang sangat menjanjikan dan patut kamu coba. Hal ini karena kian maraknya blog-blog yang sejalan dengan makin banyaknya permintaan artikel yang berkualitas. Nah jika kamu mempunyai skill dalam mengolah kata maka pilihan menjadi penulis lepas adalah tepat. Apalagi usaha ini tidak membutuhkan modal yang banyak, dengan catatan kamu sudah mempunyai laptop. Modal 1 juta tadi bisa kamu gunakan untuk membeli data internet yang mana akan kamu gunakan untuk mencari referensi tulisanmu.

Jasa fotografi

Dengan uang 1 juta kamu juga bisa lho menawarkan jasa fotografi. Caranya bagaimana sedangkan harga kamera berkualitas juga mahal? Untuk mengatasinya kamu bisa menjadi fotografer lepas dimana semua peralatannya sudah disiapkan. Jika tidak kamu juga bisa mencoba membeli kamera dengan sistem kredit. Jasa fotografi masih sangat dibutuhkan dewasa ini misalnya saja dalam acara pernikahan, wisuda dan seterusnya.

Menjual foto di internet

Sama dengan poin di atas, kalau kamu hobi dan punya bakat dalam hal fotografi kamu bisa menguangkan hasil jepretanmu tersebut lho. Ada banyak situs dimana kamu bisa menjual foto-foto yang kamu hasilkan secara online. Pastikan foto-foto tersebut punya karakter dan beda dengan yang lain. Nantinya kalau kamu sudah punya reputasi, bukan tidak mungkin ada perusahaan besar yang tertarik menggunakan jasamu.

Wah ternyata banyak ya ide peluang usaha modal 1 juta yang bisa dicoba. Selama bidang tersebut merupakan minatmu maka kalau harus mengeluarkan uang 1 juta jangan sampai ragu. Jadi akhirnya selamat berwirausaha dan semoga sukses!