usaha modal kecil Jual Gorengan
Ide Bisnis

25 Peluang Usaha dengan Modal 200 Ribu

Memiliki usaha sendiri merupakan harapan setiap orang, tetapi umumnya terkendala oleh permasalahan modal. Padahal, banyak sekali alternatif peluang usaha dengan modal 200 ribu dengan keuntungan menjanjikan yang dapat ditekuni.

Pernah berpikir untuk memiliki usaha sendiri namun belum punya modal? Tenang, sebenarnya cukup banyak peluang usaha dengan modal 200 ribu, namun menjanjikan untung lumayan. Modal yang hanya 200 ribu tentu saja tak akan menjadi beban bagi Anda yang baru ingin mencoba berbisnis. Apalagi bagi Anda yang masih takut rugi besar jika menjalankan bisnis dengan modal yang lumayan menguras kantong.

Meski banyak bisnis yang bisa dijalankan dengan modal sangat minim, sayangnya masih banyak calon pelaku usaha yang bingung jenis bisnis apa yang akan dijalankannya. Kebanyakan merasa pesimis dengan modal kecil yang dimiliki. Lantas, benarkah modal hanya 200 ribu sudah bisa digunakan untuk memulai bisnis?

25 Ide Usaha Kecil dengan Modal 200 Ribu

Mencari usaha dengan modal minim? 25 jenis usaha berikut mungkin bisa menjadi inspirasi untuk bisnis Anda.

Usaha dengan Modal 200 Ribu – Berjualan Pulsa

Jasa Pulsa Elektrik - 20 Peluang Usaha Dengan Modal 500 Ribu Rupiah

Saat ini penggunaan handphone sudah menjamur di kalangan masyarakat. Bukan hanya bagi kalangan atas, handphone juga sudah menjadi hal lumrah bagi kalangan menengah ke bawah. Tingginya angka penggunaan handphone ini tentu saja membuka kesempatan bisnis bagi Anda, yakni dengan berjualan pulsa elektrik.

Berjualan pulsa disebut sebagai peluang usaha dengan modal 200 ribu karena Anda tak memerlukan alat apapun untuk memulainya. Anda hanya perlu handphone dan juga modal untuk top up saldo.

Nah, untuk besaran top up saldo awal, sebenarnya sangat bergantung pada agen pulsa tempat Anda mendaftar sebagai mitra. Umumnya, para agen menetapkan angka 50 ribu sebagai top up minimal. Jadi, modal 50 ribu saja sebenarnya sudah cukup untung menjalankan bisnis ini.

Kerajinan dari Barang Bekas

peluang usaha dengan modal 200 ribu_1

Punya kreativitas tinggi? Manfaatkan kreativitas Anda untuk mengubah barang bekas menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan. Anda bisa membuat aneka barang bernilai jual tinggi dengan bahan-bahan yang kurang bernilai.

Beberapa bahan yang bisa Anda gunakan adalah cangkang telur, sedotan, atau bahkan koran bekas. Nilai jual hasil kerajinan Anda nantinya tergantung pada tingkat kerumitan, kreativitas, dan tentunya kualitas yang ditawarkan.

Jika sudah berkembang di pasar lokal, Anda juga bisa mencoba memasarkan hasil kerajinan Anda di pasar internasional. Mengekspor hasil kerajinan Anda tentu saja menghasilkan keuntungan yang lebih menghasilkan, karena warga negara asing biasanya lebih menghargai barang-barang home made sehingga mereka mau membayar mahal jika kerajinan Anda memang memiliki nilai seni tinggi.

Peluang Usaha dengan Modal 200 Ribu – Bisnis Snack

peluang usaha dengan modal 200 ribu_1Bukan rahasia lagi jika mayoritas masyarakat jaman sekarang menyukai makanan ringan atau snack, apalagi jika dibumbui dengan ‘snack kekinian’. Snack berdesain unik seolah bukan hanya makanan ringan yang memanjakan lidah, namun juga menjadi trend sehingga laku keras dengan cepat.

Anda yang memiliki kelihaian memasak bisa memanfaatkannya untuk menjual snack kekinian. Buatlah sistem pre-order dengan memajang foto hasil masakan di media sosial Anda. Cara ini pasti berhasil memancing rasa keingintahuan netizen untuk mencoba. Jika rasanya cocok di lidah mereka, bukan tak mungkin mereka akan menjadi langganan tetap dan merekomendasikan kepada rekan-rekannya.

Sembari memasarkan snack secara online, Anda juga bisa memasarkannya secara offline di kantin-kantin sekolah. Cobalah memberi harga lebih murah pada pemilik lapak di kantin yang bersedia dititipi dagangan Anda. Selain itu, Anda juga bisa mencoba menjajakan dagangan Anda di kampus-kampus dengan cara meletakkannya di gazebo atau tempat keramaian lain dengan sistem kantin kejujuran.

Berjualan Makanan Online

bisnis terima pesanan kue
bisnis terima pesanan kue

Selain camilan kekinian, bisnis makanan juga bisa menjadi peluang usaha dengan modal 200 ribu namun menjanjikan untung melimpah. Kesibukan tinggi membuat banyak orang yang tak sempat berurusan dengan peralatan dapur. Alhasil, mereka lebih senang membeli makanan matang.

Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk berbisnis makanan online. Mereka yang memiliki kesibukan tinggi tentunya lebih memilih membeli makanan yang bisa dipesan secara online dan diantar ke rumah dibanding mengunjungi kedai atau warung makan, bukan?

Gorengan

Sumber foto Pixabay

Siapa yang tak gemar gorengan? Semua kalangan sepertinya menyukai makanan yang satu ini. Anda bisa mencoba berjualan gorengan di depan rumah. Jika dirasa kurang strategis, Anda bisa berjualan di sekolah atau lingkungan kampus. Dijamin, dagangan Anda akan laris manis setiap harinya.

Keuntungan yang Anda dapatkan dari bisnis gorengan sangat variatif, namun jika boleh dibandingkan dengan angka, keuntungan yang didapat bisa mencapai 100% dari modal yang dikeluarkan. Hanya saja, bisnis gorengan sedikit berat di awal karena Anda harus membeli minyak untuk menggoreng dalam jumlah cukup banyak. Namun, Anda tak perlu khawatir karena minyak goreng tersebut tidak untuk sekali pakai.

Jus Buah

peluang usaha dengan modal 200 ribu_1
peluang usaha dengan modal 200 ribu

Tidak ada yang bisa menolak minuman minuman segar dan menyehatkan seperti jus buah. Anda bisa memanfaatkan blender yang mungkin sudah Anda miliki di rumah. Sediakan pula ragam buah yang variatif untuk menarik minat konsumen.

Di awal usaha, Anda tak perlu menyediakan buah dalam jumlah besar. Cukup ½ kg untuk masing-masih jenis buah. Di hari berikutnya, tambah persedian buah Anda sesuai dengan minat pasar. Buah yang banyak diminati bisa Anda tambah porsinya. Sebaliknya, kurangi persediaan buah yang kurang disukai konsumen.

Selain menyediakan aneka jenis jus buah segar, Anda juga bisa menambah variasi dagangan dengan milkshake dan beberapa jenis minuman instan sachet. Hal ini tentu bisa menjadi pilihan bagi mereka yang merasa bosan atau kurang tertarik dengan varian buah yang Anda sediakan.

Dropshipper

Tak ingin repot memasak atau menggelar lapak? Tenang, peluang usaha dengan modal 200 ribu ini sangat cocok untuk Anda. Cara menjalankannya sangat sederhana, cukup temukan supplier dengan harga miring namun kualitas terjamin. Tawarkan barang dagangan mereka dengan mengambil selisih harga sebagai keuntungan Anda.

Anda sebagai dropshipper tak perlu repot mengemas dan mengirim barang. Semua proses pengiriman menjadi tanggung jawab supplier Anda. Ibaratnya dropshipper merupakan jalan lewat bagi pembeli yang ingin mendapatkan barang incarannya secara online.

Baca Juga:   32 Peluang Usaha Baru 2020-2021, Ide Bisnis yang Menjanjikan

Namun, untuk menjalankan bisnis ini Anda harus sangat hati-hati dalam memilih supplier. Pasalnya, konsumen Anda pasti tak mau tahu jika nantinya supplier Anda kurang amanah. Mereka hanya tau jika Anda adalah penjual barang yang mereka beli. Jadi, jika ada barang cacat atau tidak sesuai pesanan, maka Anda yang harus bertanggung jawab.

Kekurangan lain dari bisnis ini adalah kemungkinan supplier Anda melakukan penipuan. Hal ini tentu saja Anda yang akan merugi dan disalahkan konsumen.

Meski demikian, Anda sepertinya tak perlu terlalu ambil pusing dengan resiko bisnis ini. Anda bisa menemukan supplier terpercaya melalui marketplace. Lakukan pembayaran pesanan melalui marketplace tersebut pula. Jadi, Anda tak perlu was-was terkena tipu, baik secara materi maupun kualitas barang.

Vlogger

Istilah ini tentunya tak asing lagi bagi generasi jaman sekarang. Vlogger berarti membuat content video untuk selanjutnya diunggah di media online (umumnya youtube). Vlog yang dibuat biasanya tentang kehidupan sehari-hari, review makanan, produk kecantikan, hingga perjalanan menuju tempat wisata.

Anda nantinya bisa menyisipi video Anda dengan iklan. Nah, dari iklan tersebutlah Anda bisa meraup keuntungan. Atau, jika sudah memiliki nama, bukan tak mungkin Anda mendapat endorsement dengan bayaran mahal.

Content Writer

Punya kemampuan mengolah kata? Peluang usaha dengan modal 200 ribu yang satu ini sangat layak Anda coba. Saat ini banyak sekali website yang membutuhkan jasa content writer. Anda bisa menemukan orang-orang yang membutuhkan jasa Anda melalui situs freelancer yang bisa Anda akses secara gratis. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan jasa Anda secara online.

Jika beruntung, Anda bisa bertemu dengan penyalur jasa tulisan yang berkompeten dan sanggup membayar mahal para penulisnya. Biasanya, jasa penyalur seperti ini sudah memiliki banyak channel dan menerima projek dari perusahaan-perusahaan besar. Anda bahan bisa dibayar hingga ratusan ribu hanya untuk sebuah tulisan.

Laundry

Punya mesin cuci? Sayang sekali jika perabot rumah tangga ini hanya Anda manfaatkan untuk keperluan sehari-hari semata. Sebenarnya, Anda bisa memanfaatkan mesin cuci yang Anda miliki untuk membuka usaha laundry.

Coba pasang banner di depan rumah yang menerangkan Anda menerima laundry. Jangan lupa menyertakan harga. Meski terkesan sepele, Anda sebenarnya bisa meraup untung 2 hingga 3 juta dalam satu bulan melalui bisnis ini.

Jasa Jahit

Peluang usaha dengan modal 200 ribu ini memang membutuhkan keahlian khusus. Namun, Anda tak perlu khawatir karena kini sudah banyak lembaga yang menyediakan jasa kursus jahit gratis. Anda bisa mengikuti pelatihan gratis tersebut sebagai modal awal.

Saat sudah mahir dengan ilmu yang didapat dari pelatihan, cobalah menyewa mesin jahit dan buka jasa jahit di rumah Anda. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan kain perca sisa potongan jahit untuk membuat keset kaki, celemek, atau beberapa jenis barang lainnya dari kain perca.

Roti Bakar

Pernahkah Anda terlintas usaha roti bakar di depan rumah? Usaha ini mungkin seringkali dipandang sebelah mata. Namun, sebenarnya usaha yang satu ini cukup menjanjikan dari segi penghasilan. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat roti bakar juga sederhana dan tidak mudah basi. Jadi, Anda tetap bisa menyimpannya jika dagangan Anda tak habis dalam sekali waktu.

Catering Sehat

Peluang usaha dengan modal 200 ribu ini pantas dilirik bagi Anda yang tinggal di perkotaan. Peluang bisnis ini muncul karena kejemuan masyarakat dengan makanan cepat saji. Selain itu kesadaran akan kesehatan yang makin tinggi juga membuat menu makanan sehat semakin digemari.

Hanya saja, kesibukan masyarakat perkotaan akan pekerjaan cenderung membuat mereka tak sempat menyiapkan menu masakan sehat, Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkannya dengan membuka catering menu makanan sehat yang tentunya bebas msg. Sebagai nilai tambah, Anda juga bisa menawarkan aneka menu pilihan seperti menu diet rendah karbohidrat, menu sehat bekal sekolah, dan aneka jenis menu lainnya.

Warung Kopi

Saat ini, kopi bukan hanya kebutuhan yang lekat dengan kaum adam. Kaum hawa pun tak mau ketinggalan dengan aktivitas ‘ngopi’, seiring dengan bertambahnya varian kopi yang tak melulu didominasi warna hitam dan rasa pahit.

Anda yang memiliki teras atau garasi luas, bisa menyulapnya sebagai warung kopi dadakan. Sediaan aneka menu kopi yang biasa digemari kawula muda. Selain itu, sediakan juga aneka kopi instan yang bisa menjadi alternatif pilihan mereka.

Event Organizer

Event Organizer atau EO menjadi bisnis yang makin menjanjikan seiring dengan banyaknya acara-acara yang bertebaran di mana-mana, baik acara yang diselenggarakan perorangan, organisasi atau perusahaan-perusahaan besar. Menggunakan jasa EO dipandang lebih praktis serta menghemat budget dibanding mengurus segala sesuatunya sendiri.

Menjadi seorang EO sebenarnya tak membutuhkan banyak modal meski keuntungan nantinya tak main-main. Anda yang berkecimpung di bisnis ini hanya perlu pengalaman merancang suatu acara dengan baik. Selain itu, Anda juga butuh channel seperti catering, dekorasi, jasa make up, dan lain sebagainya yang tentunya menawarkan harga murah.

Jika Anda belum berpengalaman sebagai EO, Anda bisa berguru kepada ahlinya terlebih dahulu. Anda bisa memulai dari asisten EO, selain menambah ilmu dna relasi, cara ini juga bisa menjadi sumber penghasilan Anda untuk sementara waktu.

Kursus Make Up

Semakin hari semakin banyak wanita yang ingin tampil cantik. Namun, tak semua wanita tahu bagaimana caranya tampil cantik. Di saat seperti ini, Anda yang memiliki kemampuan make up mumpuni bisa memanfaatkannya untuk berbisnis.

Anda yang suka bereksplorasi dengan make up tentunya memiliki alat make up cukup lengkap, bukan? Gunakan alat make up Anda sebagai modal. Mulailah membuat brosur dan promosi online untuk menarik pelanggan. Wajibkan mereka yang ingin berguru padamu untuk membawa alat make up sendiri. Hal ini tentu saja bisa menekan modal usahamu seminim mungkin.

Selain menawarkan kursus make up, Anda juga bisa menjalankan bisnis yang masih sejalan. Apalagi kalau bukan menawarkan jasa make up untuk acara-acara tertentu. Menjual beragam peralatan make up juga tak ada salahnya untuk Anda coba.

Membuka Kelas Online

Peluang usaha dengan modal 200 ribu lainnya adalah membuka kelas online yang kini mulai populer di kalangan pelajar. Hal yang kamu butuhkan untuk menjalankan bisnis ini adalah sebuah website yang difungsikan sebagai forum diskusi. Anda bisa menggunakan website dengan tools gratisan atau bisa juga memesan website sederhana dengan biaya murah.

Tak ingin keluar modal untuk membuat website? Anda juga bisa memanfaatkan media sosial sebagai kelas online, misalnya saja whatsapps yang memungkinan Anda membentuk komunitas belajar dan saling tukar pikiran.

Guru Les Privat

Bisnis yang satu ini hampir mirip dengan bisnis yang dibahas di poin sebelumnya mengarahkan Anda untuk membuka kelas online, sedangkan peluang bisnis guru les private mengharuskan Anda bekerja secara offline.

Anda bisa memulai usaha ini dengan menawarkan jasa secara online maupun dengan menyebarkan brosur. Jangan lupa untuk menyertakan nomor kontak Anda yang mudah dihubungi setiap saat.

Baca Juga:   Tips Sukses Jualan Kue Rumahan Yang Menjanjikan Untung Besar

Penghasilan yang Anda dapatkan dari bisnis ini sebenarnya tak main-main. Hanya saja, pelaku bisnis ini harus memiliki skill akademis yang mumpuni. Selain itu, guru les private juga harus memiliki mental, kesabaran dan ketelatenan tingkat tinggi untuk menghadapi aneka karakter anak didiknya.

Usaha Tempat Cuci Motor

Tingginya mobilitas membuat kendaraan pribadi saat ini sangat mudah kotor. Di lain sisi, si pemilik kendaraan pasti memiliki kesibukan padat sehingga tak sempat mencuci kendaraan pribadinya. Padahal, tampil dengan kendaraan bersih bukan hanya menjadi kunci kenyamanan berkendara, melainkan pula dapat menambah nilai plus bagi pemiliknya.

Anda yang memiliki halaman depan cukup luas dapat memanfaatkannya untuk membuka jasa pencucian motor. Tak ada alat khusus yang harus Anda sediakan kecuali ember, spons, sabun pencuci motor, dan kran tambahan untuk menyemprotkan air.

Jasa Penerjemah

Jasa penerjemah sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang memiliki kolega warga negara asing. Tak hanya itu, jasa penerjemah juga dibutuhkan oleh mahasiswa atau pelajar saat mengerjakan tugas, pembuatan laporan, dan keperluan lainnya.

Nah, Anda yang memiliki kemampuan multi bahasa, bisa memanfaatkan celah ini untuk mendulang rupiah. Setidaknya, penguasaan bahasa indonesia dan bahasa inggris saja sudah cukup untuk menjadi modal Anda memulai bisnis ini.

Bingung dimana tempat menemukan orang-orang yang membutuhkan jasa penerjemah? Anda bisa memulai menawarkan jasa melalui situs pencari freelancer. Selain itu, menawarkan jasa melalui media sosial juga bisa menjadi awal yang baik untuk usaha Anda.

Jasa Potong Rambut

Pernah terpikirkan untuk membuka usaha yang satu ini? Masih sangat jarang orang yang memikirkan jasa potong rambut sebagai salah satu usahanya. Selain karena terbentur keahlian, kebanyakan berpikir jika usaha ini memerlukan modal besar.

Padahal, jasa potong rambut termasuk peluang usaha dengan modal 200 ribu, modal yang sangat kecil untuk memulai sebuah usaha, bukan? Anda hanya memerlukan sebuah kursi, cermin, sisir dan alat cukur rambut untuk memulai bisnis ini. Untuk urusan tempat, Anda bisa memanfaatkan ruang tamu untuk membuat barber shop sederhana Anda.

Meski hanya membutuhkan peralatan sederhana untuk memulai bisnis ini, hasil yang didapatkan nantinya tak main-main. Misalkan saja Anda menetapkan ongkos cukur rambut 10 ribu dan dalam satu hari ada 10 orang yang menggunakan jasa Anda. Dengan kalkulasi sederhana ini sudah terlihat setidaknya 3 juta rupiah masuk kantong Anda dalam satu bulan. Cukup lumayan, bukan?

Bisnis PBOB

Sadar atau tidak, bisnis PBOB adalah bisnis menjanjikan yang tidak akan pernah kehilangan pasar. Setiap orang pasti memerlukan PBOB atau loket pembayaran online untuk membayar tagihan listrik, air, internet, atau berbagai cicilan lainnya.

Anda yang bergerak di bisnis ini bisa menghasilkan keuntungan cukup lumayan. Anda bisa menerapkan biaya administrasi 3000 rupiah atau bahkan lebih tinggi. Bayangkan jika satu orang memiliki 5 jenis tagihan, maka Anda akan mendapat upah 15 ribu dari orang tersebut. Itu jika pelanggan Anda hanya satu orang, bagaimana jika ratusan?

Untuk memulai bisnis ini, Anda harus mendaftarkan diri Anda pada aplikasi penyedia jasa pembayaran PBOB. Nantinya, Anda akan diberi akses untuk melakukan pembayaran online. Tentunya, Anda harus punya saldo awal terlebih dahulu untuk memproses pembayaran online pelanggan Anda.

Berkreasi dengan Es Krim

Siapa sih yang ta suka es krim? Kudapan jenis ini sepertinya tak bisa ditolak oleh semua kalangan, baik kalangan anak, remaja, hingga dewasa. Umumnya, mereka membeli es krim buatan pabrik ternama atau di cafe kekinian. Namun, pernahkah Anda berfikir untuk berkreasi dengan resep es krim sendiri?

Ya, Anda bisa berkreasi dengan resep es krim yang bisa Anda temui dengan mudah di internet. Bahan yang diperlukan umumnya juga sangat sederhana, yakni pengembang kue, perasa, susu, dn tepung maizena. Dengan bahan yang sederhana dan murah tersebut, tentu saja Anda bisa menghasilkan keuntungan melimpah dari bisnis ini.

Menariknya, es krim juga sangat cocok bagi Anda yang baru pemula di dunia bisnis dan belum bisa luwes berpromosi. Saat Anda tak mahir mempromosikan bisnis Anda, tentu produk yang Anda tawarkan tak akan habis seketika, termasuk juga es krim. Namun, jangan khawatir, es krim yang Anda produksi akan tetap aman jika diletakan di freezer. Jadin, bisa dibilang bisnis ini juga bisnis anti rugi.

Bisnis Afiliasi

Memiliki website pribadi? Cobalah bisnis afiliasi. Bisnis ini berarti memasang iklan penjualan produk atau jasa melalui website Anda. Jika Anda pengunjung website yang membeli melalui link tersebut, Anda akan mendapat komisi sesuai yang dijanjikan.

Cukup banyak pemilik brand yang menawarkan kerja sama jenis ini. Mereka juga tak main-main soal bayaran. Bahkan, ada yang mau membayar hingga 70% dari total belanjaan konsumen yang menggunakan link afiliasi yang Anda bagikan.

Hanya membutuhkan website pribadi sebagai tempat memasang link afiliasi, bisa dibilang jika bisnis yang satu ini adalah bisnis tanpa modal. Namun, pemilik brand tentunya tidak sembarangan memilih website untuk dijadikan mitra. Hanya website yang memiliki banyak pengunjung yang diajak kerjasama. Jadi, Anda yang ingin terjun di bisnis ini harus fokus terhadap konsistensi pengunjung website Anda terlebih dahulu.

Ide Usaha dengan Modal 200 Ribu – Jasa Desain

Punya kemampuan di bidang desain? Jangan sia-siakan kemampuan yang Anda miliki. Saat ini, cukup banyak pihak yang membutuhkan jasa desain, mulai dari desain logo hingga desain kaos sablon.

Anda juga tak perlu dipusingkan soal modal karena untuk memulai bisnis ini, Anda hanya perlu tools desain, skill dan tentunya kreativitas. Saat pelanggan Anda mulai banyak, cobalah untuk menyisihkan penghasilan. Tujuannya adalah untuk membeli alat-alat percetakan. Jadi, nantinya Anda tak hanya bisa menawarkan jasa desain, melainkan pula desain plus cetak dalam satu tempat.

Saat usaha desain Anda masih sepi pelanggan, Anda bisa memanfaatkan waktu luang untuk mengikuti aneka lomba desain yang tentunya menjanjikan hadiah yang tak sedikit. Lomba desain maskot misalnya, lomba desain jenis ini menjanjikan hadiah dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Itulah tadi 25 peluang usaha dengan modal 200 ribu yang bisa Anda coba dengan mudah. Namun, Anda perlu ingat jika yang namanya peluang pasti memiliki dua kemungkinan, yakni keberhasilan dan kegagalan. Anda yang ingin menjadi pengusaha harus siap dengan dua kemungkinan tersebut.

Jika nantinya usaha Anda menemui kegagalan, jangan panik. Segera evaluasi kegagalan Anda sebagai bekal untuk menjalankan bisnis lebih baik di masa mendatang. Bukankah perusahaan besar seperti Microsoft juga pernah mengalami kegagalan? Pun demikian dengan KFC yang pernah ditolak, gagal dan melakukan perubahan resep sampai akhirnya menjadi pelopor ayam crispy.

Cobalah berkaca pada perjuangan dua brand ternama ini sebelum akhirnya mendapat kesuksesan.Jadi, jangan pernah ragu untuk memulai bisnis. Lagipula, peluang usaha dengan modal 200 ribu yang dibahas di atas sepertinya tak terlalu sulit dijalankan. Belum lagi, modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini hanya berkisar kurang lebih 200 ribu. Jadi, jika memang nantinya gagal, tentu tak akan memberikan kerugian besar yang membuat mental bisnis Anda drop.

Baca Juga:   23 Contoh Bisnis dan Usaha Modal Kecil Namun Menguntungkan

Jadi, peluang bisnis mana yang ingin Anda coba? Jangan terlalu banyak berpikir. Anda tidak akan tahu hasil usaha Anda jika belum pernah mencoba. Lagi pula, terlalu banyak berpikir hanya prinsip bisnis mereka yang bermental lemah. Segera mulai bisnis Anda sekarang dan jangan lagi menunda kesuksesan.

Dengan semakin bertumbuhnya perekonomian di Indonesia, maka konsep modal kecil maka keuntungan juga kecil pun tidak lagi berlaku.

Langkah-Langkah Dalam Memulai Usaha

Dalam merintis usaha, hendaknya tidak dilakukan secara terburu-buru. Ada beberapa step atau tahap yang perlu dilalui untuk meminimalisir risiko kegagalan usaha yang digeluti. Dalam memulai usaha apa pun, sebaiknya melalui proses sebagai berikut terlebih dahulu :

Riset atau Survei Lapangan

Meski usaha yang hendak digeluti termasuk dalam peluang usaha dengan modal 200 ribu yang relatif kecil, bukan berarti tidak perlu melakukan penelitian lapangan. Penting untuk mencari tahu minat serta karakteristik calon konsumen di daerah tempat usaha hendak dibuka. Hal tersebut dapat meningkatkan prosentase kesuksesan usaha yang digeluti karena konsumen merupakan target dari bisnis yang dirintis.

Penentuan Usaha

Setelah mempertimbangkan minat dan karakteristik calon konsumen, maka biasanya didapatkan beberapa opsi usaha yang dapat digeluti. Sebaiknya memilih usaha yang memiliki prospek jangka panjang dan tidak sekedar mengikuti tren yang sedang hype, karena biasanya usaha yang mengikuti gelombang tersebut akan tergerus dalam waktu singkat.

Menyiapkan Modal

Ketika telah yakin dengan pilihan usaha yang hendak dirintis, maka langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan modal. Untuk modal usaha jangan mengambil dari budget untuk keperluan sehari-hari dan sampai akhir pertahankan agar penggunaannya terus terpisah. Sebab, jika modal tercampur baur, maka manajemen keuangan usaha akan kacau dan tidak terkontrol.

Macam Peluang Usaha Dengan Modal 200 Ribu

Sebagaimana telah disinggung di atas, bahwa merintis usaha tidak selalu membutuhkan dana yang besar. Ada banyak sekali usaha yang dapat dimulai dengan modal kecil, contohnya sebagai berikut :

  • Online Shop atau Berjualan Online

sumber foto Pixabay

Di era digital seperti saat ini, kemajuan teknologi mendukung kepraktisan dalam transaksi jual beli melalui metode online, di mana kedua belah pihak tidak perlu bertatap muka untuk menyelesaikan transaksi tersebut. Sebab itu membuka toko online juga merupakan opsi peluang usaha yang patut digeluti.

Modal yang dibutuhkan dalam membuka toko online sangat kecil jika dibandingkan dengan toko fisik. Penjual hanya perlu memiliki gadget yang tersambung dengan jaringan internet stabil untuk sarana promosi dan komunikasi dengan konsumen, serta rekening bank untuk transaksi pembayaran.

Sedangkan untuk penyediaan barang, dapat menggunakan sistem dropshipper sehingga tidak perlu menyediakan stok barang secara pribadi.

  • Usaha Penjualan Pulsa, Paket Data, dan Pembayaran Tagihan

Tidak dapat dipungkiri bahwa kini ketersediaan pulsa dan paket data bukan lagi termasuk pada kebutuhan sekunder, melainkan primer. Kebutuhan tinggi konsumen inilah yang dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha dengan menjual pulsa dan paket data.

Terlebih sekarang banyak distributor pulsa menawarkan harga murah untuk penjual skala kecil dan dipermudah lagi dengan proses transaksi melalui aplikasi-aplikasi yang dapat diunduh di Play Store.

Tidak hanya pulsa dan paket data, kini pembayaran online lain seperti tagihan listrik, PDAM, pembelian token, serta tiket pun juga ditunjang melalui aplikasi-aplikasi tersebut. Cukup dengan modal Rp. 200.000,- saja, penjual sudah dapat menawarkan beragam jasa pembelian serta pembayaran sekaligus. Tidak perlu juga menyediakan tempat khusus, untuk langkah awal dapat melakukan promosi melalui orang-orang terdekat.

  • Delivery Order Kuliner

sumber foto Pixabay

Membuka usaha kuliner pun tidak selalu membutuhkan modal besar. Untuk menyiasatinya, ketika masih dalam tahap merintis, pilihlah sistem delivery order atau pesan antar. Jadi, ketika ada konsumen yang memesan dapat diantarkan langsung ke rumah, bisa dengan atau tanpa tambahan ongkos kirim.

Melalui sistem ini, pengusaha tidak perlu menyiapkan banyak stok maupun menyewa atau menyiapkan tempat yang memakan banyak dana. Pemasaran untuk kuliner dengan sistem delivery order juga relatif mudah karena biasanya telah diakomodasi oleh grup-grup kuliner atau food reviewer di berbagai akun sosial media.

Jangkauan grup atau para pencicip kuliner tersebut sangat luas, serta dengan demikian tidak memakan dana untuk promosi besar-besaran. Tapi tidak boleh sampai dilupakan bahwa penentuan akhir tetap kualitas serta rasa dari makanan tersebut.

  • Penyedia Jasa

Sumber foto Pixabay

Peluang usaha yang hampir tidak membutuhkan modal dan mungkin hanya memanfaatkan skill atau keterampilan yang dimiliki adalah melalui penyediaan jasa. Ada beragam jasa yang termasuk dalam peluang usaha dengan modal 200 ribu untuk ditekuni, contohnya : jasa desain, jasa menulis konten, jasa penerjemah, dan banyak lagi.

Penghasilan yang didapatkan dari penyediaan jasa seperti di atas pun tidak sedikit. Jika ditekuni secara serius dapat menyamai pendapatan pegawai kantoran atau bahkan melampauinya dengan keuntungan jam kerja yang lebih fleksibel serta dapat dikerjakan di mana saja.

  • Menjual Minuman Dan Makanan Ringan

Sumber foto Pixabay

Dengan memanfaatkan meja dan kursi, serta peralatan makan serta minum yang telah dimiliki maka sudah dapat membuka usaha minuman dan makanan ringan yang dapat ditempatkan di teras atau halaman rumah. Tanpa perlu bergabung waralaba, sudah dapat menjual aneka minuman dan makanan kreasi sendiri.

Minuman yang dapat dijual contohnya teh, kopi, dan sirup. Sedangkan untuk makanan bisa menjual gorengan atau keripik. Modal yang dikeluarkan untuk usaha semacam ini bahkan tidak mencapai 200 ribu rupiah, namun dapat mendatangkan keuntungan mencapai 100% per item terjual. Terutama untuk lokasi penjualan yang padat penduduk, dekat instansi publik, atau pabrik.

Poin Penting Kesuksesan Sebuah Usaha

Walaupun menggeluti peluang usaha dengan modal 200 ribu yang minim risiko, tentu dalam merintis bisnis pribadi yang diharapkan adalah keuntungan, kesuksesan, hingga dapat mengembangkan usaha yang dimiliki menjadi lebih besar lagi.

Ada beberapa poin penting yang perlu mendapat perhatian khusus jika ingin usaha yang dimiliki terus berkembang, antara lain :

  1. Rajin promosi. Jangan malas untuk terus mengiklankan produk yang dijual, terutama melalui sosial media. Bahkan meski sudah mendapatkan banyak pelanggan, tidak membenarkan untuk berhenti melakukan promosi. Semakin sering berpromosi akan semakin banyak konsumen terjaring dan meningkatkan peluang pengembangan usaha yang dimiliki.
  2. Tidak mudah menyerah. Dalam merintis usaha memang diperlukan mental baja dan tekad yang kuat. Contohnya dalam berjualan, pasti ada pasang surut penjualan. Jangan langsung putus asa dan cari solusi agar penjualan menjadi stabil, bahkan meningkat.
  3. Perluas koneksi. Modal bukan satu-satunya hal penting dalam merintis usaha, begitu pula dengan koneksi atau kenalan. Perbanyak kawan agar promosi usaha pun lebih mudah dan jangkauannya semakin luas.
  4. Stabilitas manajemen keuangan. Dalam berbisnis, modal harus tetap utuh hingga akhir dan laba sekalipun sebaiknya digunakan untuk terus mengembangkan sayap usaha serta menstabilkannya. Dengan kata lain, uang untuk berbisnis harus dikelola secara profesional.