32 peluang usaha baru 2021
Ide Bisnis

32 Peluang Usaha Baru 2020-2021, Ide Bisnis yang Menjanjikan

Semakin canggih zaman, semakin beda target pasar semakin banyak pula muncul jenis dan peluang bisnis baru. Peluang usaha tidak hanya dilakukan di kantor namun dapat juga dilakukan dari rumah dengan modal yang sedikit bahkan ada bisnis yang tidak memerlukan modal.

Nah, berikut kami rangkumkan 32 jenis peluang usaha baru di tahun 2020 dan mungkin saja masih panas di tahun 2021 mendatang.

Peluang Usaha Rumahan Baru

Wedding Organizer

Jika Anda ingin memulai usaha, yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah Anda harus pintar melihat peluang usaha yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Meskipun wedding organizer sudah banyak namun faktanya, konsep yang unik yang Anda tawarkan bisa menjadikan WO Anda berbeda dengan WO lainnya.

Misalnya Anda dapat menawarkan jasa WO dengan konsep Syar’i. peluang usaha ini bisa mencapai puluhan juta dengan modal yang tidak terlalu besar dan dapat Anda lakukan dari rumah.

Jasa Penerjemah

Kemampuan berbahasa asing yang Anda miliki dapat membantu Anda menambah penghasilan. Anda bisa mengerjakan terjemahan dari rumah bahkan manapun Anda berada tanpa modal sama sekali. Anda bisa menjadi freelancer dan bekerjasama dengan platform freelancer yang banyak tersedia di google.

Penghasilan yang bisa Anda hasilkan perbulan sebagai freelancer bisa mencapai $500. Jika ingin menjadi full time penerjemah maka semakin besar penghasilan bulanan yang akan Anda dapatkan.

Copywriter

Copywriter adalah jenis pekerjaan yang cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu menuliskan teks untuk mempromosikan produk ataupun jasa pada perusahaan tertentu.

Anda bisa melakukan pekerjaan ini dimana saja karena bersifat online dan Anda tidak perlu terikat pada satu perusahaan saja karena banyak perusahaan yang mempekerjakan Anda sebagai freelancer.

Saat ini copywriter yang sedang marak dikerjakan oleh para anak muda adalah membuat caption instagram.

Peluang Usaha Modal Kecil

Menjadi Dropshipper

Apabila Anda ingin memulai sebuah usaha namun Anda tidak memiliki modal, maka dropshipper mungkin bisa menjadi peluang usaha Anda. Usaha jenis ini hanya membutuhkan Anda menjadi perantara antara penjual dan pembeli.

Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk stok barang dan mengurus masalah pengiriman. Tugas Anda hanya memastikan supplier Anda mendapatkan pembeli dengan cara Anda memasarkan produknya.

Laundry Sepatu

Peluang usaha yang satu ini mengalami kemajuan pesat sama dengan laundry pakaian bedanya modal yang diperlukan untuk memulai usaha ini tidak terlalu besar.

Jika untuk memulai usaha laundry pakaian Anda harus memiliki modal berupa mesin cuci, setrika uap hingga pengering pakaian yang harganya bisa mencapai belasan juta.

Untuk memulai usaha laundry sepatu Anda hanya perlu mengeluarkan modal ratusan ribu saja untuk membeli peralatan pembersih sepatu dan detergen pembersih. Jika ingin lebih menghemat pengeluaran, Anda dapat memulai usaha ini di teras atau garasi rumah Anda.

Peluang Usaha Online

Survey Online

Pada era digital seperti sekarang ini, banyak perusahaan yang melakukan survei secara online dan pendapat Anda akan  dibayar jika Anda bergabung ke dalam survei tersebut. Pendapat yang Anda berikan dapat terkait dalam hal apa saja baik produk, jasa atau website sebuah perusahaan.

Cara mengikuti program terbilang mudah yaitu Anda cukup mendaftarkan diri Anda ke salah satu lembaga survei online dengan mengisi formulir yang telah disediakan. Selanjutnya Anda perlu mengkonfirmasi pendaftaran Anda melalui email yang telah dikirim oleh pihak penyelenggara survei.

Bayaran yang akan Anda dapatkan ketika mengisi survei berbeda-beda tergantung dari perusahaan penyelenggaranya.

Rekomendasi Lainnya: 18 Bisnis Online Tanpa Modal Hasil Melimpah, Cara Mudah Jadi Kaya

Mengajar Kursus Secara Online

Jenis Pekerjaan yang Bergerak di Bidang Jasa

Kemajuan teknologi yang terjadi dengan sangat cepat dapat Anda manfaatkan sebagai peluang usaha Anda. Media pembelajaran online saat ini cukup diminati oleh banyak orang, jika Anda memiliki bakat tersebut Anda bisa bergabung di bidang ini.

Anda dapat melakukan promosi dengan menawarkan keahlian Anda pada beberapa forum jobseeker agar bisa menarik minat orang lain untuk ikut belajar bersama Anda. gunakan media dan aplikasi yang menarik untuk melakukan pembelajaran secara online.

Admin Media Sosial

Posisi ini merupakan perpanjangan tangan untuk merangkul calon konsumen melalui media sosial. Untuk menjadi seorang admin media sosial, Anda tidak hanya harus pintar berkomunikasi dengan calon konsumen namun Anda juga harus memahami marketing.

Anda juga harus mempelajari seluk beluk perusahaan yang merekrut Anda mulai dari latar belakang hingga produk dan layanan yang ditawarkan. Hal ini tentunya menjadi modal utama agar sikap dan tindakan Anda sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Baca Juga:   Cara Menghitung Laba Usaha Sederhana dengan Rumus Mudah

Banyak perusahaan yang merekrut admin sosial media mereka sebagai pekerja lepas atau freelancer. Itu artinya Anda dapat bekerja secara online tanpa harus datang ke perusahaan tersebut.

Influencer

Influencer media sosial adalah publik figur pada platform-platform media sosial dengan jumlah pengikut yang sangat banyak. Sama seperti artis yang muncul di layar televisi, para influencer sering diajak kerjasama oleh pemilik usaha untuk memasarkan produk atau jasa mereka.

Penghasilan yang Anda dapatkan berasal dari pengusaha yang mengajak Anda kerja sama dan tambahan yang Anda dapatkan adalah produk yang diberikan kepada Anda untuk dipromosikan.

Jika Anda memiliki banyak pengikut di sosial media Anda, tidak ada salahnya mencoba berkecimpung di usaha ini.

Peluang usaha Terbaru dan Terlaris

Peluang usaha ternak lele bioflok

Peluang usaha ikan lele memang menjanjikan tambahan penghasilan yang lumayan besar. Tidak heran jika peternak ikan lele makin bertambah setiap tahunnya. Lele adalah jenis ikan kedua terbanyak yang dibudidaya di Indonesia setelah ikan nila.

Permintaan ikan lele biasanya datang dari rumah makan hingga restoran. Kendala yang biasanya dihadapi oleh para peternak lele adalah kebutuhan lahan yang besar dan air yang melimpah. Itulah sebab, mengapa mengapa usaha budidaya ikan lele biasanya diluar kota besar. N

amun sekarang Anda tidak perlu cemas budidaya ikan lele dapat dilakukan dimana saja dan oleh siapa saja. Bioflok adalah budidaya ikan lele yang memanfaatkan bantuan mikroorganisme yang mengubah kotoran lele menjadi pakan alami.

Berkat bantuan mikroorganisme ini, lele tidak lagi membutuhkan kolah yang terlalu besar dan Anda juga tidak perlu terlalu sering mengganti air kolam. Untuk memulai usaha ini Anda hanya membutuhkan kolam seluas satu persegi.

Peluang Usaha Bento Anak-anak

Bento adalah bekal yang dapat dinikmati di luar rumah. Salah satu jenis bento yang paling diminati adalah bento khusus anak-anak.

Karena sebagian sekolah saat ini mewajibkan siswanya untuk membawa bekal sendiri dari rumah. Kebanyakan orang  tua yang tinggal di kota besar adalah para pekerja yang tidak memiliki cukup waktu untuk membuatkan bekal untuk anak mereka, membeli catering bento adalah salah satu solusinya.

Bisnis ini tidak hanya menyajikan makanan yang lezat dan bergizi tetapi juga disertai dengan tampilan yang cantik dan unik. Anda yang mencari peluang usaha terlaris tidak ada salahnya mencoba usaha yang satu ini. Promosi usaha ini dapat dilakukan melalui sosial media.

Ide dan peluang Usaha Modern Baru yang Lagi Tren

Scarp Frame

Bisnis frame atau bingkai yang satu ini berbeda dengan usaha bingkai biasanya. Jika biasanya mungkin Anda berpikir bahwa bisnis bingkai adalah pigura kayu yang dapat ditemukan dengan mudah, namun usaha ini memang berbentuk bingkai tetapi isinya tidak hanya sekedar foto atau lukisan.

Pengrajin scrape ini memadukan gambar dari kertas atau bahkan gambar yang terbuat dari kain kemudian dijadikan seni tiga dimensi untuk membuatnya semakin nik dan menarik. Desain scrap frame yang dihasilkan dapat disesuaikan dengan permintaan konsumen.

Kebanyakan permintaan berupa ucapan terima kasih,kado pernikahan dan hadiah ulang tahun. Jika Anda memiliki bakat dalam membuat kerajinan dari kertas, mungkin ide usaha yang satu ini patut dicoba. Kreativitas sangat dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini.

Terrarium

Mungkin bagi sebagian orang,terrarium masih sangat asing di telinga. Terrarium adalah tren baru dalam dunia agribisnis dan sudah merambah ke Indonesia sejak  tahun yang lalu. Terrarium adalah sebuah wadah plastic atau kaca yang diisi tanah atau media untuk menanam lainnya dan satu atau lebih jenis tumbuhan.

Terrarium juga bisa disebut sebagai akuarium bagi tumbuhan. Bentuk dan wadah terrarium berbeda-beda namun dua model yang paling terkenal adalah terbuka dan tertutup.

Untuk tanaman tropis, terrarium tertutup lebih cocok Karena kelembaban yang terjadi di dalam wadah berfungsi untuk mensimulasikan kondisi seperti habitat aslinya. Sedangkan terrarium terbuka cocok untuk tanaman yang hidup didaerah kering seperti kaktus.

Terrarium dapat dijadikan peluang usaha baru karena tidak seperti memelihara tanaman hias yang membutuhkan ruang terbuka, terrarium dapat dirawat di dalam rumah selama ada sinar matahari yang masuk.

Oleh sebab itu, terrarium banyak diminati oleh masyarakat dengan tempat tinggal yang tidak memungkinkan untuk memelihara tanaman di ruang terbuka.

Analisis Peluang Usaha

Sebelum Anda memulai menjalankan sebuah usaha atau bisnis, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menganalisis peluang usaha.

Hal ini bertujuan untuk mendukung sebuah bisnis dimasa depan. Beberapa hal yang akan Anda dapatkan jika Anda melakukan analisis terhadap peluang usaha diantaranya Anda akan mengetahui produk atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat.

Anda dapat menerapkan teknik pemasaran yang tepat untuk produk Anda nantinya, Anda juga dapat mengetahui persaingan yang terjadi di pasar. Analisis ini diperlukan untuk keberlangsungan usaha Anda nantinya.

Peluang Usaha Rumahan Di Desa

Menciptakan Kerajinan Tangan

Keterampilan mengolah suatu barang menjadi kerajinan tangan dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Apalagi jika barang yang diolah adalah barang bekas atau daur ulang, tentunya modal yang diperlukan semakin sedikit.

Anda dapat memasarkan produk kerajinan Anda melalui sosial media atau menjualnya di daerah dekat dengan tempat wisata yang terdapat di sekitar tempat tinggal Anda. Produk kerajinan tangan juga banyak dicari sebagai souvenir pernikahan.

Baca Juga:   Tips Usaha Jual Makanan Ringan dan Jenis yang Bisa Dijual

Pom Bensin Mini

Tidak terjangkaunya SPBU ke semua lokasi di daerah pedesaan membuka peluang bisnis baru bagi warga desa yaitu pom bensin mini. Jika Anda memiliki rumah di pinggir jalan, Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuka pertamini.

Modal awal untuk memulai bisnis ini Anda hanya perlu membeli mesin portable pertamini, bensin, dan alat pemadam kebakaran. Untuk membuka usaha ini Anda juga harus mengurus surat izin nya.

Peluang Bisnis Rumahan

Jasa Penitipan Anak

Jika Anda menyukai anak kecil dan ingin melakukan bisnis dari rumah, Anda bisa membuka jasa penitipan anak. Bisnis ini cocok untuk Anda jalankan jika Anda berada  di kota besar karena kesibukan orang tua dengan pekerjaan membuat para orang tua ini menitipkan anak mereka ke tempat penitipan anak.

Pada awalnya Anda mungkin harus menjadikan rumah Anda sebagai tempat yang nyaman bagi Anak-anak.

Menjual Makanan Ringan

Produk makanan dan cemilan memang bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan karena tidak ada matinya. Jika Anda ingin berbisnis produk makanan, kunci utamanya adalah keunikan produk Anda.

Pemasaran dapat Anda lakukan secara online melalui sosial media Anda. bisnis ini tidak memerlukan modal besar dan dapat Anda jalankan dari rumah.

Rekomendasi Artikel: 23 Contoh Bisnis dan Usaha Modal Kecil Namun Menguntungkan

Peluang Usaha Ternak

Ternak Ayam

Hampir semua orang menyukai ayam karena ayam dapat dimasak menjadi berbagai olahan. Selain daging, ayam juga dapat dimanfaatkan telurnya. Ayam banyak diminati karena harga yang murah dan kaya akan gizi. Ada 3 jenis ayam yang dapat Anda jadikan peluang usaha yaitu ayam petelur, ayam potong, dan ayam kampung.

peluang usaha baru 2020

Beternak ayam petelur cukup mudah dan pastinya menghasilkan mengingat besarnya konsumsi telur di Indonesia. selain untuk dimakan, telur juga diolah menjadi produk lainnya seperti mayones. Beternak ayam potong juga tidak kalah menjanjikan dari beternak ayam petelur.

Suplai ayam potong biasanya dilakukan oleh restoran atau rumah makan. Ayam potong ini juga dapat diolah menjadi makanan lainnya seperti sosis. Terakhir adalah beternak ayam kampung.

Beternak ayam kampung mungkin hanya dilakukan sebagian orang sebagai sambilan saja karena waktu yang diperlukan lebih lama dibandingkan dengan ayam potong.

Ternak kambing

Hari raya Qurban atau lebaran haji menjadikan hewan ini dijual dengan harga diatas harga harian atau biasanya. Karena kambing memiliki harga yang lebih terjangkau untuk orang yang ingin melakukan qurban dibandingkan sapi.

Namun daging kambing tidak hanya diminati pada masa qurban saja, pada hari-hari biasanya daging kambing juga banyak diolah sebagai sate dan kuah kari. Untuk memelihara hewan ini, Anda harus membuat kandang khusus yang rapat.

Umumnya kambing bukan hewan yang mudah diatur sehingga harus dijaga agar jangan ada celah untuk keluar dari kandang. Usaha ini cocok untuk Anda yang memiliki modal yang terlalu besar namun menginginkan hasil yang besar.

Baca Juga: Tips Melakukan Bisnis Budidaya Ternak Lele

Peluang Usaha 2019 Apakah Masih Layak Dilirik?

Peluang usaha baru tahun 2019 semakin berkembang dengan munculnya jenis dan ragam usaha baru di kalangan anak muda generasi milenial. Menurut penelitian, generasi milenial adalah kelompok manusia yang lahir dari tahun 1986 sampai dengan tahun 1998.

Sudah banyak peluang usaha baru yang sukses dikerjakan oleh para generasi milenial. Berikut daftar peluang usaha yang bisa Anda jadikan inspirasi.

Thrift Shop

Trend retro sedang in dan happening saat ini dikalangan anak muda. Anda bisa menjadikan ini sebagai peluang bisnis. Thrift Shop adalah toko yang menjual barang bekas tetapi masih mulus dan bisa digunakan.

Anda bisa memanfaatkan tren yang sedang in di kalangan anak muda untuk menjual produk Anda. Jika orang tua Anda memiliki baju zaman dahulu  yang masih layak pakai, segera manfaatkan di thrift shop Anda.

Clothing Line

Jika Anda sebagai anak milenial memiliki bakat di bidang fashion, Anda bisa menjadikan ini sebagai peluang bisnis dengan membuka clothing line atau brand baju milik Anda sendiri.

Memiliki brand baju milik sendiri juga saat ini sedang tren, dan dengan memiliki clothing line Anda bisa menggabungkan tren yang sedang berlaku di masyarakat dengan ciri khas dari brand Anda.

Butuh perjuangan memang di awal namun jika dilakukan dengan benar, Anda dapat menjadi pengusaha yang sukses. Tidak hanya kaum milenial namun para artis juga mulai merambah usaha ini.

Coffee / Food Truck

peluang usaha baru 2020-2021

Bisnis yang berawal dari Negara Amerika dan mulai menular ke Indonesia pada tahun 2014. Bisnis ini cukup mendapat antusias masyarakat, hal ini terbukti dengan perkembangan yang semakin tahun semakin pesat.

Biaya untuk bisnis ini lebih terjangkau karena mengusung konsep takeaway dan cocok untuk Anda yang mulai usaha baru tetapi dengan modal pas-pasan.

Keuntungan yang bisa diperoleh juga terbilang cukup tinggi karena tuntutan pelanggan apalagi jika Anda membuat konsep food truck terlihat instagramable, dapat dipastikan banyak pelanggan remaja yang menjadi pelanggan Anda.

Peluang Usaha di rumah

Menjual Pulsa dan Paket Internet

ide usaha ini bisa Anda lakukan jika Anda ingin membuka usaha tetapi dari rumah. Usaha jenis ini tidak membutuhkan modal yang banyak dan hanya mengandalkan cara Anda memasarkan pulsa dan kartu internet Anda.

Anda juga dapat mulai memasarkan produk Anda kepada orang-orang terdekat dan rekan kerja Anda. jika usaha Anda sudah mulai berkembang, Anda dapat membuka konter kecil di depan rumah Anda.

Baca Juga:   Usaha Makanan Ringan Kriuk Laris di Pasaran

Menjadi Proofreader

Jika Anda adalah orang yang teliti dan suka dengan hal-hal yang berbau sastra, maka Anda bisa mencoba membuka usaha sampingan dengan menjadi editor dan proofreader.

Anda bisa memanfaatkan ketelitian Anda untuk mengedit naskah agar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.  Usaha ini dapat Anda jalankan dari rumah dengan modal yang bukup minim.

Peluang Usaha di Daerah Pedesaan

Usaha Tani produk organik

Pertanian organik membutuhkan lahan yang sesuai, kondisi yang mendukung dan pedesaan adalah tempat yang cocok untuk mengembangkan produk pertanian organik. Usaha ini memiliki potensi yang besar karena pesaing dalam usaha ini belum terlalu banyak.

Produk ini semakin banyak dicari oleh masyarakat banyak karena lebih sehat walaupun harganya lebih mahal. Permintaan pasar yang cukup besar tidak sebanding dengan suplai produk ini kepasaran membuat usaha ini memiliki peluang yang cukup menjanjikan.

Desa Wisata

Jika Anda tinggal di daerah yang memiliki pemandangan dan keindahan alam yang masih sangat alami, Anda bisa menjadikan ini sebagai peluang usaha. Langkah pertama adalah mengajak kerjasama pemerintah setempat, para karang taruna kementerian kehutanan dan dinas terkait.

Anda bisa menawarkan wisata alam seperti panorama sawah terasering, wisata air terjun dan lainnya. Sesuaikan dengan wisata yang ada di desa Anda. sumber penghasilan dapat Anda peroleh dari pengunjung yang datang.

Peluang usaha ini cukup menjanjikan karena memanfaatkan potensi alam. Anda bisa memberdayakan SDM pedesaan dan memanfaatkan lahan yang kurang produktif menjadi lebih produktif.

Peluang Usaha Sampingan Karyawan

Sewa Kamera atau perlengkapan fotografer

Bisnis ini bukan merupakan bisnis baru namun belum banyak yang mecoba peruntungan bisnis ini selain di kota-kota besar. Mungkin bagi Anda ini adalah saat yang tepat untuk memulai bisnis ini karena kebutuhan kaum milenial untuk platform sosial media mereka meningkat terutama yang berpusat pada konten visual.

Meskipun sudah banyak hadir ponsel pintar yang memiliki kualitas hasil foto yang bagus namun kamera DSLR mirrorless tetap menawarkan hasil yang lebih baik. Akan tetapi peralatan fotografi tidak terjangkau bagi sebagian orang menjadikan bisnis penyewaan peralatan fotografi adalah ide yang menjanjikan.

Jika Anda tertarik untuk memulainya, Anda terlebih dahulu harus mempertimbangkan peralatan apa saja yang umumnya dicari oleh individu yang ingin belajar fotografi. Ini tentunya penting karena banyak jenis lensa, kamera dan aksesoris yang tersedia di pasaran.

Hal yang sangat menguntungkan jika Anda juga seorang teknisi, sehingga Anda tidak perlu merekrut orang untuk memastikan peralatan fotografi Anda dalam keadaan yang baik. Jika Anda karyawan dan suka fotografi  tetapi menginginkan pendapatan sampingan, mungkin usaha ini cocok bagi Anda.

Videografer/Fotografer

Sebagai seorang karyawan yang memiliki jam kerja yang pasti, mencari penghasilan tambahan tentu tidak ada salahnya. Terlebih pada hal yang juga Anda sukai.

Bagi Anda pecinta fotografi dan masih bekerja sebagai karyawan, Anda dapat menjadi fotografer atau videografer pada akhir pekan di acara pesta pernikahan atau acara lainnya.

Jika Anda sudah profesional, bisa jadi penghasilan sampingan Anda lebih besar daripada penghasilan utama Anda sebagai karyawan.

Peluang Bisnis Online Modal Kecil

Jasa Pembuatan Website

Jika  Anda adalah seorang web developer, tidak ada salahnya mulai menjadikan bakat Anda sebagai peluang usaha karena bisnis ini adalah salah satu usaha yang hasilnya cukup menjanjikan.

Anda juga bisa sekaligus menjadi reseller hosting dan domain karena sebuah website pastinya akan membutuhkan domain dan hosting agar bisa online. Anda dapat melakukan kerjasama ini tanpa modal dan biaya pendaftaran.

Menjadi Search Engine Optimized (SEO)

Jika Anda paham bagaimana cara untuk meningkatkan pengunjung pada sebuah situs maka Anda dapat menawarkan jasa Anda sebagai SEO. SEO saat ini sedang populer dan sangat banyak dibutuhkan agar pengunjung sebuah situs dapat meningkat.

Untuk menjadi seorang SEO Anda hanya perlu mengetahui bagaimana cara untuk mengoptimalkan sebuah konten dan website agar bisa menjadi populer di mesin pencarian. Menjadi seorang SEO dapat Anda lakukan dari rumah dan tidak memerlukan modal yang besar.

Peluang Berbisnis  2020

Menjual Produk Hijau 

Maksud dari produk hijau adalah produk ramah lingkungan. Kreativitas sangat dibutuhkan jika Anda ingin terjun berbisnis di bidang ini.

Sebenarnya bisnis ini bukan merupakan bisnis baru, namun karena pelaku dari bisnis ini masih sedikit karena tidak semua orang mampu menghasilkan produk dari limbah membuat bisnis ini juga menjanjikan penghasilan yang lumayan.

Produk limbah daur ulang yang saat ini cukup populer adalah jam tangan dari kayu atau tas cantik dari plastic bekas atau Anda juga bisa mengolah menjadi produk lainnya.

Menjual Produk Halal

Menurut CEO PT Paragon selaku produsen produk kosmetik halal di tanah air, bahwa produk halal masih kurang di Indonesia padahal prospek yang dimiliki oleh produk ini cukup besar.

Jaminan produk halal sangat penting karena mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim dan menjadi salah satu penentu diterimanya ibadah.

Oleh karena itu peluang Anda untuk terjun dalam bidang ini masih sangat terbuka lebar. Selain kosmetik mungkin makanan halal juga bisa Anda coba.

Wah cukup panjang ya, tapi semoga makin memperluas alternatif Anda yang sedang mencari peluang usaha baru, modern, dan menjanjikan keuntungan yang besar.

Sumber gambar Pixabay.

5 thoughts on “32 Peluang Usaha Baru 2020-2021, Ide Bisnis yang Menjanjikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 18 =