usaha modal kecil yang menguntungkan
Ide Bisnis

23 Contoh Bisnis dan Usaha Modal Kecil Namun Menguntungkan

Jenis usaha modal kecil untung besar merupakan salah satu bisnis yang sangat cocok untuk dijalankan pemula. Terlebih bagi Anda yang ingin meraih sukses dalam merintis wirausaha. Namun, semua usaha tersebut tentunya tidak terlepas dari berbagai cara atau strategi dalam menentukan target konsumen.

Di Indonesia sendiri, masih memiliki peluang usaha modal kecil yang cukup luas. Anda bisa menjalankan usaha modal kecil tersebut dengan mengedepankan kreatifitas. Hal ini tak lain agar bisnis yang Anda geluti bisa bersaing di era ekonomi global yang sudah berkembang cukup pesat.

Usaha modal kecil untung besar yang satu ini akan lebih baik jika Anda jalankan jika memiliki market yang benar-benar jitu. Dengan begitu, bisnis tersebut bisa dirintis dengan perkembangan yang lebih cepat karena memang sudah memiliki sasaran yang cukup tepat.

Berbekal pandai memilih jenis usaha modal kecil untung besar, dengan modal usaha yang cukup minim maka bisa diibaratkan sebagai pemancing yang hanya mempunyai sedikit umpan.

Untuk itu, Anda perlu berusaha dengan ekstra agar bisa menarik perhatian banyak konsumen yang ada di area yang cukup luas. Tentu saja tak terhindar dari sebuah persaingan dengan kompetitor lainnya.

Beragam jenis contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing berikut bisa Anda jadikan sebagai sumber inspirasi. Barangkali beberapa jenis usaha tersebut sangat cocok dengan kondisi dimana Anda berada.

Usaha Modal Kecil Membangun Blog Atau Web

Usaha modal kecil menguntungkan yang satu ini bisa dibilang sebagai salah satu jenis usaha paling potensial hingga ke depan. Pasalnya, pengguna internet yang ada di dunia tentu akan terus mengalami peningkatan setiap harinya. Terlebih setiap orang juga sudah cukup akrab dengan dunia internet dalam memenuhi keperluan mereka.

Saat ini pun sudah bisa dibuktikan bahwa dengan menggunakan internet seseorang bisa mendapatkan sumber penghasilan yang cukup efektif. Meski tidak mengeluarkan modal yang cukup besar. Hal ini disamping internet digunakan sebagai media pencari hiburan, informasi, dan komunikasi.

Di Indonesia sendiri sudah ada banyak blogger yang mampu menghasilkan uang hingga puluhan juta rupiah. Hal ini diperoleh hanya dengan mengelola blog ataupun toko online. Berikut merupakan beberapa cara dalam menjadikan web ataupun blog menjadi salah satu sumber penghasilan:

  • Iklan advertorial
  • Menjalankan program periklanan
  • Toko online yang menjual produk sendiri
  • Bergabung dengan program affiliasi

Yang pasti, contoh usaha modal kecil untung besar yang satu ini sebaiknya mempunyai domain sendiri. Hal ini tak lain agar brand yang Anda kelola semakin professional.

Untuk itu, kini saatnya Anda memulai untuk menentukan nama domain sebagai brand yang nantinya dipilih. Soal harga domain, Anda juga tidak perlu khawatir karena Anda bisa mendapatkan harga yang cukup terjangkau.

Inspirasi Usaha Modal Kecil Jual Gorengan

usaha modal kecil Jual Gorengan
Sumber foto Pixabay

Meski Anda menjalankan usaha modal minim, bukan berarti Anda akan mendapatkan keuntungan yang minim pula. Pasalnya, dengan menjual gorengan bisa Anda jadikan sebagai usaha modal kecil dengan potensi keuntungan yang cukup menjanjikan.

Hal tersebut bisa Anda ketahui dari kebiasaan masyarakat di Indonesia, yang banyak diantara mereka menyukai makan cemilan khususnya gorengan. Tentu saja dengan modal untuk memulai usaha terbilang cukup murah dan terjangkau. Pasalnya, beberapa peralatan yang diperlukan umumnya sudah Anda miliki sebelumnya.

Kemudian untuk bahan baku pembuatan juga cukup mudah diperoleh. Minyak gorenglah yang mungkin salah satu bahan baku dengan harga yang cukup lumayan. Tak heran jika masih ada banyak pedagang gorengan yang menggunakan minyak tersebut hingga berulang kali.

Ide Usaha Modal Ringan Minuman Coklat dan Jus Buah-buahan

Usaha rumahan modal kecil untung besar yang satu ini patut Anda coba. Dengan menyediakan berbagai menu yang bervariasi dan khas, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan. Anda bisa memulainya dengan menjual beberapa jenis minuman hangat ataupun dingin dengan berbagai topping seperti keju, meses, dan lain sebagainya.

Usaha modal kecil jualan jus buah

Dengan mematok harga yang cukup terjangkau bagi kalangan pelajar, usaha minuman Anda tentu akan laris manis. Umumnya, usaha modal kecil yang satu ini berupa sistem waralaba atau franchise yang bisa Anda lakukan pada lokasi yang cukup strategis. Seperti di sekolah, kampus, tempat wisata, dan lain sebagainya.

Usaha Kecil Sukses dengan Mendirikan Warung Mie Pangsit

Ide usaha modal kecil yang satu ini juga bisa Anda jadikan pilihan. Pasalnya, berjualan mie pangsit sebetulnya bisa menjadi salah satu usaha yang cukup menguntungkan. Meski begitu, Anda masih bisa membiayai biaya operasional yang cukup kecil. Jadi, jangan pernah menganggap remeh usaha kuliner ini.

Baca Juga:   25 Peluang Usaha dengan Modal 200 Ribu

Sebagai langkah awal dalam memulai usaha ini, Anda perlu melengkapi dahulu beberapa peralatan memasaknya. Kemudian, Anda juga perlu menentukan lokasi dimana Anda akan membuka warung nantinya. Sebagai pilihan lain, Anda bisa menjajakannya menggunakan gerobak dan berjualan dengan cara berkeliling.

Terlebih, modal yang Anda perlukan dalam berjualan di setiap harinya cukup murah saja. Jadi, Anda jangan heran jika penjual mie pangsit yang lain juga dapat memperoleh keuntungan yang cukup menggiurkan untuk digeluti.

Usaha Modal Kecil Jualan Mainan Anak-anak

Usaha modal kecil jualan mainan anak-anak

Salah satu contoh usaha modal kecil untung besar yang bisa Anda pilih adalah berjualan mainan anak-anak. Terlebih usaha yang satu ini juga kerap diabaikan oleh kebanyakan orang. Padahal, jika Anda bisa mendapatkan lokasi jualan yang cukup strategis maka Anda bisa mendapatkan penghasilan harian.

Contoh lokasi yang bisa Anda pilih saat ingin jualan mainan anak-anak adalah di taman kanak-kanak, sekolah dasar, taman bermain, dan masih banyak lagi. Terlebih usaha yang satu ini juga hanya memerlukan modal yang sangat kecil. Bahkan Anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat jika mengambil barang langsung dari grosirnya.

Anda bisa menjual kembali beberapa mainan dengan harga eceran. Dengan jenis mainan yang sangat banyak, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan hanya dengan menjual mainan-mainan anak tersebut.

Usaha Modal Minim Warung Kopi

Usaha modal kecil yang satu ini cocok Anda lakukan di malam hari. Bagi Anda yang memiliki waktu luang di malam hari, maka jangan ragu memilih jenis usaha yang satu ini. Yang perlu Anda perhatikan adalah memilih target lokasi yang memang ideal dan cocok untuk membuka usaha jenis ini.

Usaha modal kecil jualan warung kopi

Salah satu rekomendasi lokasi jualan adalah di sekitar terminal, pasar, pangkalan ojek, atau tempat ramai lainnya. Umumnya Anda bisa menjajakan minuman kopi, es teh, teh anget, atau beberapa jenis minuman lain yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Modal dalam menjalankan usaha warung kopi juga terbilang cukup minim. Terlebih tidak ada peralatan khusus yang Anda perlukan. Anda hanya memerlukan beberapa peralatan seperti kompor gas, bahan bakarnya, air, sabun cuci, gelas, dan lokasi strategis untuk memulai berjualan.

Jika ingin mendapatkan penghasilan tambahan, maka Anda bisa mengombinasikannya dengan berjualan jajanan khas, makanan ringan, atau gorengan yang cukup sederhana. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pundi-pundi uang yang lebih.

Contoh Usaha Kecil kecilan Jasa Cutting Sticker

Usaha modal kecil jualan jasa Cutting Sticker

Usaha modal kecil yang satu ini sangat diperlukan mengingat ada banyak orang yang menyukai sticker. Umumnya sticker akan digunakan pada kendaraan motor agar terlihat lebih menarik dari kendaraan lainnya. Anda pun bisa menjalankan usaha cutting sticker dengan modal yang cukup minim.

Dalam menjalankan usaha ini sendiri memang perlu dilakukan seefisien mungkin tanpa perlu pikir pusing mengenai biaya sewa yang memerlukan biaya ekstra. Namun dalam menjalankan usaha yang satu ini juga diperlukan bakat seni serta keterampilan tersendiri yang cukup mumpuni. Hanya saja, setiap orang juga memiliki kesempatan sekaligus hak untuk bisa menekuni usaha ini.

Bisnis Modal Kecil Online Jasa Penulis Artikel

Usaha modal kecil cocok bagi Anda yang memiliki hobi menulis. Dengan membuka bisnis untuk menjadi penulis artikel, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan. Terlebih dalam membuka jasa penulis artikel ini pun tergolong cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan internet dan laptop atau komputer.

Anda bahkan bisa mendapatkan penghasilan mulai dari Rp 10.000 hingga

Rp 50.000 sesuai dengan kata yang dibuat. Usaha ini sendiri cukup diminati oleh banyak kalangan. Tak hanya itu, tentu ada banyak orang yang juga memerlukan artikel untuk mengisi web mereka. Jadi, jangan ragu untuk menekuni usaha ini dengan serius.

Usaha Modal Kecil Jasa Desain Grafis

Usaha modal kecil jualan jasa desain grafis

Usaha yang satu ini bisa jadi salah satu pilihan bagi Anda yang memiliki ahli dalam mendesain. Jasa desain grafis bisa Anda pilih dengan memberikan layanan pembuatan poster, logo, undangan, dan masih banyak lagi lainnya.

Terlebih untuk menekuni usaha ini juga tidak memerlukan modal yang besar. Anda hanya memerlukan modal internet dan komputer untuk menjalankannya.

Usaha Jasa Penerjemah

Selain membuka usaha jasa penulis artikel dan jasa desain grafis, Anda juga bisa membuka usaha jasa penerjemah. Jasa yang satu ini sangat cocok untuk dijalankan bagi Anda yang memiliki keahlian dalam bahasa asing. Usaha ini sendiri cukup dilirik oleh beberapa pihak seperti perusahaan, travel, atau penerbit buku.

Anda pun bisa bekerja sama dengan jasa travel untuk menjadi tour guide dalam memberi arahan para wisatawan menggunakan bahasa asing. Tentunya dalam menjalankan usaha yang satu ini bisa Anda atur sedemikian rupa sesuai dengan jam kerja Anda saat di kantor.

Usaha Modal Kecil Jasa Pengetikan

Meskipun usaha ini cukup terlihat sepele dan mudah, akan tetapi masih ada prospek yang cukup besar jika Anda mau menekuninya dengan serius. Salah satu usaha dengan modal kecil yang satu ini bisa Anda jalankan di tempat-tempat yang cukup strategis. Seperti lingkungan sekolah atau kampus.

Memang sudah menjadi rahasia umum lagi jika ada banyak mahasiswa yang sibuk dengan kegiatan organisasi mereka dengan begitu akan memutuskan untuk memilih jasa pengetikan untuk mengerjakan tugas. Dengan begitu, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan.

Terlebih modal yang dibutuhkan dalam membuka usaha yang satu ini juga cukup sederhana. Seperti printer, kertas HVS, laptop atau komputer, hingga akses internet. Dalam satu lembar halaman pengetikan umumnya akan diberi harga sekitar Rp 1.000 hingga Rp 2.000 per lembarnya.

Baca Juga:   21 Cara Jualan Online yang Menguntungkan, Mudah dan Minim Resiko

Ide Usaha Jasa Potong Rambut Pria

Anda tidak perlu membuka usaha salon yang mewah. Pasalnya, jika bisa membuka usaha dengan modal yang minim kenapa tidak? Anda bisa membuka jasa potong rambut pria yang simple dan mudah dijalankan. Yang perlu Anda persiapkan hanyalah bagaimana Anda memilih dan menentukan lokasi mana yang cukup strategis untuk usaha tersebut.

Memilih lokasi bisa jadi hal yang cukup sulit bagi seseorang yang baru saja mulai membuka usahanya. Tak jarang mereka harus menyewa lapak dengan harga yang cukup mahal bahkan akan terus naik di setiap tahunnya. Namun tenang saja, karena usaha jasa potong rambut pria ini hanya memerlukan lokasi yang minim. Yang terpenting bisa dipakai duduk, tempat cermin, dan beberapa peralatan lain.

Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah kepuasan pelanggan. Pasalnya, hanya dengan cara tersebutlah, seorang pelanggan mau mencukurkan rambutnya kepada Anda. Kemudian jika pelayanan Anda memuaskan bukan tidak mungkin mereka juga akan merekomendasikan jasa Anda pada pelanggan lainnya.

Usaha Berjualan Sayur Keliling

Sayur dan lauk pauk tentu menjadi sebuah kebutuhan yang tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan berjualan sayur dan lauk pauk dengan cara berkeliling. Terlebih jika menyikapi pola hidup sosial masyarakat saat ini yang ingin dilayani dengan cepat dan praktis menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi Anda yang menjalani usaha ini.

Dengan menjajakannya secara berkeliling dari rumah ke rumah, maka setiap pelanggan sendiri akan merasa sangat dimudahkan. Pasalnya, mereka tidak perlu lagi membuang waktunya untuk pergi berbelanja ke pasar. Hal ini tentu membuat para pelanggan merasa semakin nyaman. Tak heran jika mereka akan lebih loyal jika Anda melayani dengan ramah.

Untuk menjalankan usaha berjualan sayur keliling ini sendiri cukup minim. Namun sebaiknya, Anda memilih supplier tetap yang dapat diajak bekerja sama dengan baik. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam mendapatkan keuntungan saat menjalankan usaha ini.

Usaha Bisnis Musiman Untung Besar

Selain beberapa usaha modal kecil di atas, Anda juga masih bisa membuka beragam jenis usaha musiman. Meski bersifat sementara dan tidak bisa dijadikan sebagai pekerjaan utama, Anda masih bisa mendapatkan keuntungan yang cukup lumayan. Model usaha bisnis yang satu ini sendiri umumnya tergantung dengan momen-momen tertentu. Tak jarang orang menyebutnya dengan usaha dadakan.

Namun Anda jangan anggap remeh usaha yang satu ini, pasalnya Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar jika memang sudah memasuki puncak musimnya. Hanya saja akan berakhir jika momen tersebut sudah selesai. Di bawah ini merupakan beberapa contoh usaha bisnis musiman yang bisa Anda jadikan pilihan untuk memperoleh penghasilan tambahan:

  • Berjualan kembang api saat mendekati perayaan tahun baru
  • Berjualan kado, souvenir saat musim wisuda
  • Berjualan kue dan takjil saat bulan puasa tiba

Beberapa usaha di atas bisa Anda pilih sebagai salah satu jenis bisnis musiman. Meski tidak bisa bertahan dengan lama namun Anda bisa menjalankannya dengan modal yang cukup minim. Terlebih potensinya sendiri juga cukup besar saat memasuki puncak perayaan.

Misalnya saja berjualan kembang api saat mendekati perayaan tahun baru. Tentu saja mereka yang berjualan akan mendapatkan pendapatan yang lumayan besar pada malam puncak perayaan.

Usaha Berjualan Token Listrik, Pulsa, dan Paket Data

Usaha modal minim yang satu ini bisa Anda pilih untuk mendapatkan penghasilan dan keuntungan yang lumayan. Bagaimana tidak? Setiap orang saat ini tentu memiliki smartphone yang tentu saja memerlukan pulsa ataupun paket data untuk mengakses internet.

Bayangkan saja, ada berapa banyak orang yang membutuhkannya. Terlebih saat ini smartphone merupakan salah satu kebutuhan sebagai sarana untuk berkomunikasi. Anda pun bisa mendapatkan keuntungan dari usaha tersebut jika Anda mau menekuninya dengan serius. Terlebih jika banyak orang yang sudah mulai membeli kepada Anda maka jangan kaget jika Anda akan mendapat keuntungan yang berlimpah.

Tak hanya itu, salah satu usaha ini juga bisa dijalankan bagi Anda yang masih berusia remaja hingga dewasa. Hanya saja Anda memerlukan smartphone untuk menjalankan usaha ini. Bagi Anda yang memiliki pekerjaan utama seperti di kantor, maka Anda bisa menawarkannya pada teman kerja.

Usaha Berjualan Kue Kering untuk Hari Raya

peluang usaha dengan modal 200 ribu_1

Ada banyak peluang yang bisa Anda manfaatkan khususnya menjelang hari raya. Anda pun bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar dari berjualan kue sebelum hari raya tiba. Anda pun bisa berjualan kue kering ini meskipun masih berstatus sebagai karyawan kantor.

Seperti yang Kita ketahui bahwa menjelang hari raya setiap orang sibuk membeli hantaran untuk keluarga mereka. Sajian kue-kue kering pun tak luput dari keperluan mereka untuk dijadikan sebagai oleh-oleh keluarga terdekat. Untuk itu bisa dikatakan bahwa usaha berjualan kue kering untuk hari raya ini menjadi sebuah bisnis yang cukup menjanjikan.

Terlebih bagi Anda yang hobi dalam masak memasak dan berkreasi, maka Anda bisa mencoba untuk membuat kue kering untuk dijual di hari raya. Misalnya seperti kue nastar, sagu keju, putri salju, gabus, bawang, dan masih banyak lagi. Bagaimana, Anda tertarik mencobanya?

Membuka Usaha Laundry Kiloan

Contoh usaha dengan modal minim lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan membuka usaha laundry kiloan. Adapun modal yang diperlukan untuk membuka usaha yang satu ini juga tidak terlalu besar. Dengan modal tersebut, Anda bisa membeli kebutuhan usaha laundry seperti timbangan, mesin cuci, mesin pengering, sabun, dan lain sebagainya.

Baca Juga:   Tips Usaha Jual Makanan Ringan dan Jenis yang Bisa Dijual

Usaha laundry kiloan ini tentu memberikan peluang bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan yang lumayan. Jika Anda sudah mendapat banyak pesanan, jangan ragu untuk mempekerjakan orang lain. Bagaimana, Anda tertarik untuk mencoba usaha ini?

Usaha Modal Kecil Jasa Fotografi

Kehidupan bersosial media tentu tidak bisa lepas dari yang namanya foto. Beberapa acara penting juga memerlukan foto untuk mengabadikan momen mereka. Seperti kelahiran, pesta pernikahan, tunangan, dan masih banyak lagi. Jadi kenapa Anda tidak memanfaatkan peluang ini untuk membuka jasa fotografi?

Berbekal sedikit ilmu mengenai dunia fotografi, Anda bisa membuka usaha ini dengan modal yang cukup minim. Terlebih usaha yang satu ini juga bisa dibilang cukup menjanjikan. Ada banyak orang maupun perusahaan yang memerlukan dokumentasi dari setiap kegiatan penting yang mereka lakukan.

Anda bisa mulai menekuni usaha yang berasal dari hobi ini dengan menawarkannya pada tetangga, kerabat, hingga rekan kerja. Tak hanya itu, Anda juga bisa mempromosikannya lewat sosial media. Adapun modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Pasalnya yang utama adalah Anda memiliki kamera, itu saja.

Anda bisa menjalankan usaha ini saat weekend atau hari libur nasional. Tentu saja, peluang dalam mendapatkan pelanggan pun cukup besar jika Anda lebih dulu menawarkannya pada orang yang dikenal. Jangan lupa juga untuk mengatakan kepada mereka yang sudah menggunakan jasa Anda untuk merekomendasikan pada teman lainnya.

Membuka Usaha Jasa Les Privat

Bagi Anda yang cukup mahir dalam beberapa mata pelajaran, atau kemampuan lainnya maka tidak ada salahnya untuk membuka usaha jasa les privat. Salah satu contoh usaha dengan modal minim yang satu ini bisa Anda lakukan dengan berpromosi lebih dahulu kepada orang terdekat Anda. Dalam menjalani usaha ini pun Anda bisa memainkan hobi sekaligus bermanfaat bagi orang lain.

Anda bisa membuka usaha jasa les privat dengan modal yang cukup terjangkau. Sebagai awalan, Anda bisa mendatangi langsung rumah para murid. Jika usaha ini sudah berjalan cukup lama, maka Anda bisa membuka usahanya di rumah. Yang pasti, semakin banyak jumlah murid yang Anda ajar maka semakin banyak pula penghasilan yang bisa Anda dapatkan.

Usaha Jasa Rental Kendaraan

Kendaraan merupakan salah satu kebutuhan setiap orang untuk menuju lokasi tujuan. Bagi Anda yang tinggal di daerah yang memiliki wisata, maka usaha jasa rental kendaraan ini bisa Anda pilih sebagai salah satu bisnis yang cukup menguntungkan. Bagaimana tidak? Tentu saja setiap wisatawan akan memerlukan mobil untuk menjangkau tempat wisata.

Anda bisa membuka usaha jasa rental kendaraan baik itu motor maupun mobil. Jika perlu, Anda juga bisa bekerja sama dengan salah satu agen bus untuk disewakan kepada wisatawan melalui perantara Anda.

Usaha Jasa Cuci Motor dan Mobil

Musim hujan merupakan waktu yang tepat untuk mencuci kendaraan. Bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, maka jangan ragu lagi untuk membuka usaha jasa cuci kendaraan. Pasalnya, tentu saja ada banyak pengguna kendaraan yang ada di Indonesia. Hal ini sekaligus menjadi peluang tersendiri bagi Anda untuk membuka usaha tersebut.

Pastinya Anda bisa membuka usaha ini dengan sederhana. Anda bisa menyiapkan beberapa peralatan yang diperlukan. Seperti pompa air, kompresor, shampoo kendaraan, kain lap, semir ban, dan peralatan pendukung lainnya. Jika Anda sudah memiliki banyak pelanggan, maka jangan segan untuk mempekerjakan orang lain demi mendukung layanan jasa Anda.

Usaha Jasa Cetak Kartu Undangan

Manusia tentu memiliki berbagai acara yang memerlukan kartu undangan. Dengan begitu, bisa dipastikan bahwa jasa cetak kartu undangan merupakan jasa yang cukup menjanjikan. Yang diperlukan dalam membuka usaha ini pun hanya soal keahlian mendesain dan juga marketing. Jika Anda belum memiliki salah satunya, maka Anda bisa melakukannya dengan orang lain.

Agar jasa cetak kartu undangan Anda lebih diminati maka cobalah untuk membuat desain yang unik dan berbeda dari yang lainnya. Tentu saja usaha ini akan sukses jika Anda lakukan dengan telaten dan sungguh-sungguh.

Membuka Usaha Warnet

Internet merupakan kebutuhan yang tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia setiap harinya. Hanya saja belum semua tempat dapat menjangkau internet dengan baik. Dengan begitu, bagi Anda yang tinggal di daerah yang jarang internet tidak ada salahnya untuk membuka usaha warnet.

Dengan menyediakan akses internet, komputer, dan lokasi yang strategis maka jangan heran jika Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup lumayan.

Usaha Jasa Fotocopy dan Print

Jenis usaha yang satu ini sangat cocok untuk dijalankan bagi Anda yang memiliki lokasi dekat dengan perkantoran, kampus, dan sekolahan. Jika Anda bisa menemukan lokasi yang tepat dan strategis maka Anda bisa meraup keuntungan yang lumayan. Pasalnya beberapa lokasi tertentu seperti sekolahan atau kampus membutuhkan jasa ini untuk memenuhi tugas siswa maupun mahasiswa.

Tidak perlu mematok harga yang mahal, agar pelanggan Anda betah dan tidak pergi ke tempat yang lain. Anda juga bisa menyediakan beberapa layanan tambahan lainnya seperti jilid buku, cetak foto, scanning, dan masih banyak lagi.

Ada banyak jenis usaha yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan penghasilan yang lebih. Beberapa jenis usaha di atas bisa jadi referensi bisnis modal kecil untung besar 2019 serta bisnis modal kecil untung besar 2020 yang bisa Anda jadikan pilihan.

Sumber gambar Pixabay.