Yuk, Cobain! Inilah 6 Ide Bisnis Kreatif yang Jarang Ada di Pasaran

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak bermunculan bisnis baru. Berbagai macam jenis promosi produk juga bermunculan demi untuk menarik minat banyak konsumen.

Hal ini membuat banyak wirausahawan atau pebisnis pemula berpikir tentang ide bisnis kreatif yang jarang ada karena ketatnya persaingan di dunia bisnis. Lantas, apa saja ide bisnis yang sekiranya bisa laris manis di pasaran? Untuk mendapatkan jawabannya, sebaiknya mari simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu usaha kreatif dan inovatif?

Usaha kreatif dan inovatif adalah suatu usaha untuk menciptakan lapangan kerja baru berupa produk maupun cara pemasaran yang berbeda dengan jenis produk maupun pemasaran pada umumnya.

Yuk, Cobain! Inilah 6 Ide Bisnis Kreatif yang Jarang Ada di Pasaran

Usaha kreatif ini sekarang juga sering dikaitkan dengan pemasaran online dan bisnis biasa, namun dikemas secara apik sehingga terkesan berkelas. Usaha ini juga termasuk usaha yang jarang tapi dibutuhkan oleh banyak orang, salah satunya adalah ojek online yang diperkenalkan oleh perusahaan startup Go-jek.

Ide Bisnis Kreatif yang Jarang Ada, Namun Laris Manis

Contoh usaha kreatif dan inovatif sebenarnya ada banyak, asalkan Anda mau mencari informasi seputar dunia usaha yang sedang berkembang saat ini. Adapun ide bisnis kreatif yang jarang ada beberapa, di antaranya adalah sebagai berikut:

Bisnis Camilan

Kini, banyak pebisnis yang mencoba mengolah camilan tradisional menjadi camilan kekinian. Sebagai contoh, keripik singkong sekarang ada yang dikemas dalam plastik kemasan bermerk, diberi bumbu yang bervariasi, seperti rasa pedas, manis, maupun gurih. Inovasi ini faktanya mampu menaikkan harga jual singkong dan menjadikan camilan singkong lebih berkelas.

Bisnis Katering yang Sehat

Bisnis katering banyak dilakukan oleh ibu rumah yang menginginkan penghasilan tambahan. Ada beragam jenis katering, seperti untuk pesta ulang tahun, pernikahan, acara kantor, dan lain sebagainya. Bahkan sekarang, ada pula jasa katering yang menyediakan makanan khusus untuk balita.

Bisnis Pesanan Kue Ulang Tahun

Dari tahun ke tahun, konsep pesta ulang tahun semakin bagus saja. Bahkan kue ulang tahun pun dikreasikan dalam berbagai bentuk rupa sehingga tampak lebih menarik. Sekarang ini, banyak kue ulang tahun yang diberi gambar kartun, diberi warna yang beragam, dan hiasan lainnya. Hal ini tentunya bisa menjadi inovasi yang bagus untuk bisnis kue.

Bisnis Produk Kerajinan dari Barang Bekas

Sekarang, banyak wirausahawan yang memanfaatkan barang bekas menjadi barang kerajinan yang berkelas. Sebagai contoh, ban bekas bisa disulap menjadi produk furniture, seperti meja, kursi, ayunan, dan lainnya.

Yuk, Cobain! Inilah 6 Ide Bisnis Kreatif yang Jarang Ada di Pasaran

Bisnis Souvenir untuk Pesta

Bagi Anda yang hobi membuat kerajinan tangan, ada baiknya Anda mengembangkan bisnis souvenir untuk acara pesta, seperti pesta ulang tahun, pernikahan, dan lainnya. Anda bisa membuat pita rambut, gantungan kunci ataupun boneka tangan dari kain flannel, pensil hias, dan masih banyak lagi.

Menawarkan Jasa Desain Interior

Untuk Anda yang memiliki keahlian di bidang desain interior, coba saja promosikan jasa Anda melalui media sosial, seperti Instagram, Facebook, bahkan Twitter. Silahkan upload gambar yang banyak sehingga lambat laun banyak konsumen yang tertarik untuk menggunakan jasa Anda. 

Demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa ide bisnis kreatif yang jarang ada. Sekarang, saatnya Anda menentukan sendiri jenis bisnis kreatif apa yang akan Anda kembangkan. Dalam berbisnis, sebaiknya pilihlah bisnis yang sesuai dengan minat dan bakat Anda sehingga Anda bisa menjalankan bisnis sambil melakukan hobi Anda.

Teruslah berusaha hingga Anda mencapai kesuksesan dan tetaplah optimis. Semakin lama berbisnis, Anda akan menemukan banyak pengalaman sehingga kelak Anda menjadi seorang bisnis yang piawai dalam menjalankan usaha. Selamat mencoba!

Leave a Comment

nine + twelve =