Apa Manfaat Menghargai Usaha atau Pekerjaan Orang Lain?

Apa sebenarnya manfaat menghargai usaha atau pekerjaan orang lain dalam kehidupan berbangsa dan bernegara? Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa.

Setiap suku bangsa memiliki corak kebudayaan dan kekhasan masing-masing. Setiap suku bangsa memiliki identitas yang secara turun temurun diwarisi kepada para anak cucu mereka. Salah satu identitas yang melambangkan sebuah suku adalah pekerjaan.

Misalnya suku Batak yang identik dengan orang-orang yang bekerja di bagian hukum, Suku Jawa yang identik dengan karyawan perkantoran, dan suku Bajo yang identik dengan melaut. Kita yang bernaung dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) wajib menghargai setiap pekerjaan dari suku bangsa tersebut.

Memang setiap orang tidak mempunyai keberuntungan yang sama dalam hal pekerjaan. Ada yang bisa bekerja sesuai dengan keinginannya. Begitu juga sebaliknya. Tetapi, akan selalu ada individu-individu yang merasa dirinya lebih baik dari pada orang lain.

Oleh sebab itu, perlu ditanamkan rasa saling menghargai satu sama lain agar tercipta suasana yang harmonis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Untuk terciptanya keharmonisan tersebut, rasa menghargai itu perlu ditanamkan pada unit terkecil terlebih dahulu, yaitu individu, setelah itu keluarga, kehidupan bermasyarakat dan yang terakhir adalah kehidupan berbangsa dan bernegara.

Lalu, apa manfaat menghargai usaha atau pekerjaan orang lain untuk diri kita sendiri, keluarga, kehidupan bermasyarakat, dan kehidupan bernegara.

Baca Juga: Definisi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia Menurut Para Ahli

Apa manfaat menghargai usaha dan pekerjaan orang lain untuk diri sendiri?

Individu adalah komponen terkecil yang menjadi pondasi terbentuknya sebuah sistem tatanan bermasyarakat dalam sebuah kelompok tertentu.

Setiap individu mempunyai aktivitas dan rutinitas masing-masing. Individu-individu yang saling berinteraksi memungkinkan terjadi sebuah kesalahpahaman yang berujung sebuah perselisihan yang dapat merugikan banyak pihak.

Salah satu tempat yang berpotensi besar menimbulkan perselisihan adalah lingkungan pekerjaan. Setiap individu pasti mempunyai pekerjaan yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Setiap pekerjaan pasti memberikan nilai pada strata sosial kehidupan bermasyarakat. Oleh sebab itu, perlu dikembangkan sikap saling menghargai dan toleransi satu sama lain.

Sikap saling menghargai dan toleransi satu sama lain akan memberikan sebuah kenyamanan kepada individu tersebut. Sikap yang saling menghargai dan toleransi secara tidak langsung akan mendidik kepribadian individu tersebut untuk terus bersikap rendah diri.

Selain itu, manfaat menghargai usaha dan pekerjaan orang lain untuk diri sendiri adalah untuk mendidik pikiran agar bisa berwawasan luas dan bisa berpikir dewasa.

Sebab dengan memandang pekerjaan orang lain dengan pikiran yang objektif akan memberikan sudut pandang yang berbeda bagi diri sendiri tentang sebuah usaha untuk terus melanjutkan kehidupan.

Tetapi, hal terpenting manfaat yang didapat dari menghargai pekerjaan orang lain adalah memupuk rasa bersyukur karena mungkin ada orang lain yang tidak seberuntung kita.

Apa manfaat mengharga usaha dan pekerjaan orang lain dalam keluarga

Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah satu atap dalam keadaan saling ketergantungan. Keluarga terdiri dari individu-individu yang saling ketergantungan satu sama lain.

Apabila individu-individu yang telah terdidik untuk saling menghargai satu sama lain berkumpul dalam satu keluarga, maka akan tercipta sebuah keharmonisan karena individu-individu tersebut mempunyai pikiran dan cara pandang yang sama.

Manfaat lain dari menghargai usaha dan pekerjaan orang lain untuk keluarga adalah terciptanya rasa saling memiliki antara anggota keluarga.

Selain itu, manfaat menghargai usaha dan pekerjaan orang lain dalam berkeluarga adalah adanya rasa saling memotivasi untuk mencapai karir tertinggi di profesi yang digeluti oleh anggota keluarga. Sehingga, apabila individu tersebut bergaul di kehidupan bermasyarakat, maka dia akan menghargai apa yang sedang orang lain kerjakan untuk mencapai apa yang mereka inginkan.

Apa manfaat menghargai usaha dan pekerjaan orang lain dalam kehidupan bermasyarakat

Kumpulan-kumpulan keluarga yang tinggal atau mendiami suatu daerah akan membentuk sebuah komunitas yang bernama masyarakat. Adanya keluarga-keluarga yang telah memahami perlunya menghargai usaha atau pekerjaan orang lain akan menciptakan sebuah ketergantungan sosial.

Maksudnya adalah pekerjaan yang tepat akan diberikan atau dikerjakan oleh orang yang tepat. Sebab mereka percaya bahwa setiap profesi pasti memiliki keahlian di bidang pekerjaan yang mereka dalami.

Manfaat menghargai usaha dan pekerjaan orang lain dalam tatanan hidup bermasyarakat adalah terciptanya profesi-profesi baru. Sebab, apabila rasa saling menghargai dalam hal pekerjaan telah ditanamkan, maka mereka pasti tahu setiap pekerjaan mempunyai hak yang sama untuk sukses.

Apa manfaat menghargai usaha atau pekerjaan orang lain untuk kehidupan berbangsa dan bernegara

Negara adalah organisasi kekuasaan yang berdaulat dengan tata pemerintahan yang melaksanakan tata tertib atas orang-orang di daerah tertentu.

Meskipun dalam tatanan masyarakat telah tertanam rasa saling menghargai tentang usaha atau pekerjaan orang lain, tetapi akan selalu ada permasalahan yang akan dihadapi. Hal itu tidak terlepas dari kultur bangsa Indonesia yang majemuk. Oleh sebab itu,

Indonesia dengan dasar negara Pancasila dan UUD 1945 telah mengatur setiap perbedaan tersebut agar bisa selaras dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Nilai-nilai tersebut bisa kita lihat di sila kedua yang berbunyi “kemanusiaan yang adil dan beradab” serta di dalam sila ketiga yang berbunyi “persatuan Indonesia”. Sedangkan dalam UUD 1945 nilai-nilai perbedaan tersebut bisa kita lihat di bagian akhir pada paragraf terakhir.

Manfaat menghargai usaha dan pekerjaan orang lain dalam kehidupan berbangsa dan bernegara lebih mengarah kepada keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Sebab, seperti yang telah kita singgung di awal artikel ini, suku Batak yang identik dengan pekerjaan di ranah hukum, suku Jawa yang identik dengan pekerjaan sebagai karyawan perkantoran dan suku Bajo yang identik dengan pekerjaan sebagai nelayan.

Jika tidak ada rasa saling menghargai pekerjaan antar suku bangsa tersebut, maka akan terciptanya perselisihan antar suku bangsa yang bisa mengancam kedaulatan NKRI.

Perselisihan tersebut bukan hanya berdampak internal NKRI, tetapi juga eksternal NKRI. Dampak internal dapat berupa terganggunya stabilitas keamanan. Sedangkan dampak eksternalnya bisa memancing negara lain untuk mengambil kesempatan dari konflik yang terjadi.

Manfaat menghargai usaha dan pekerjaan orang lain merupakan cikal-bakal dari sebuah tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara yang saling menghargai satu sama lain yang terbalut dalam sebuah norma yang bernama toleransi.

Apabila individu yang merupakan komponen terkecil bisa mengimplementasikan nilai-nilai toleransi dan saling menghargai satu sama lain, maka secara tidak langsung akan menciptakan sebuah tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara yang harmonis.

Sebab, kedaulatan kehidupan berbangsa dan bernegara tidak akan bisa didapatkan apabila individu-individu yang mendiami wilayah sebuah negara tidak bisa menghargai apa yang sedang orang lain kerjakan. Individu-individu tersebut hanya beranggapan bahwa pekerjaan mereka adalah yang terbaik.

Jika menurut mereka pekerjaan orang lain tidak sesuai dengan standar peribadi mereka, maka mereka tidak akan menghargai apa yang sedang orang lain kerjakan.

Leave a Comment

7 + 20 =