Cara Mencairkan Komisi Shopee Affiliate Terbaru 2023

Kamu mungkin sudah pernah mendengar tentang Shopee Affiliate. Namun, pernahkan kamu mendengar cara mencairkan komisis Shopee Affiliate tersebut? Meski terdengar sepele namun ternyata banyak juga yang mendapatkan komisi besar dari program affiliate ini.

Meski program affiliate seperti ini bukanlah hal baru namun sayangnya belum banyak yang bisa memanfaatkannya dengan  baik. Padahal, dengan jumlah pengguna internet yang besar peluang mendapatkan penghasilan besar bukanlah hal yang tidak mungkin.

Apa itu affiliate?

Secara sederhana affiliate merupakan salah satu program yang mengajak siapapun untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui mempromosikan suatu produk tanpa perlu mengeluarkan modal produk apa-apa.

Salah satu cara untuk mempromosikannya adalah dengan menggunakan media sosial atau mengunduh konten-konten menarik di berbagai platform. Seorang affiliate diberikan kebebasan sepenuhnya dalam menentukan konten apa yang digunakan untuk promosi.

Asalkan konten tersebut masih sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku maka komisis akan diberikan setiap produk yang dipromosikan dibeli oleh orang lain.  Setiap ada yang membeli produk-produk yang direkomendasikan maka kamu akan mendapatkan komisi dalam jumlah tertentu.

Semakin banyak transaksi yang terjadi maka komisi yang diterima akan semakin besar. Tidak hanya komisi, biasanya juga ada bonus khusus yang diberikan. Besar komisi dan bonus berbeda-beda tergantung kebijakan masing-masing platform.

Nantinya, komisis serta bonus yang diperoleh bisa dicairkan melalui mekanisme khusus yang sudah disepakati.

Program affiliate seperti ini tidak hanya dimiliki oleh Shopee saja namun berbagai e-commerce baik lokal maupun luar negeri  juga punya program serupa. Meski terdengar sepele namun sudah banyak affiliate yang mendapatkan pendapatan fantastis dari program ini.

Model bisnis semacam ini sudah semakin umum ditemukan terutama di kalangan influencer media sosial atau content creator. Jika digunakan dengan tepat maka program affiliate ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan.

Ketentuan pembayaran komisi affiliate

Setiap platform tentu punya aturan tersendiri dalam hal pembayaran komisi affiliate. Khusus untuk Shopee, ada beberapa ketentuan yang perlu kamu ketahui sebelum mencairkan bonus dan komisi affiliate. Apa sajakah itu? Berikut daftarnya.

  • Bagi siapapun yang secara resmi bergabung dalam Shopee Affiliate akan mendapatkan komisi sebesar 2,5-10% dari setiap transaksi yang terjadi. Untuk komisi affiliate maksimum yang bisa kamu peroleh adalah Rp10.000,00.
  • Komisi yang sudah masuk ke saldo akun affiliate akan dibayarkan secara rutin tiap 1 minggu sekali.
  • Untuk pencairan komisi affiliate di atas Rp1.000.000,00 akan dilakukan melalui transfer bank dan proses pencairan akan dilakukan melalui nomor rekening bank yang terdaftar. Sementara itu, untuk pencairan komisi di bawah Rp1.000.000,00 akan dilakukan melalui akun ShopeePay yang terdaftar.
  • Kamu hanya akan mendapatkan komisi dari transaksi yang berasal dari Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+, dan Star Seller.
  • Setiap pencairan komisi akan dikenakan pajak PPh sebesar 21%.

Perlu diingatkan jika ketentuan pembayaran bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai dengan keputusan pihak Shopee. Ketentuan di atas merupakan informasi terkini yang diambil dari situs resmi Shopee.

Bagaimana cara mencairkan komisi Shopee Affiliate

Perlu diingat jika komisi Shopee Affiliate hanya bisa dicairkan melalui ShopeePay dan transfer bank saja. Tidak ada melalui cara lain. Jika ada pihak lain yang menawarkan pencairan komisi melalui metode lain sebaiknya kamu berhati-hati karena kemungkinan besar adalah penipuan.

Oleh sebab itu, jika ingin mencairkan komisi maka sebaiknya pastikan akun ShopeePay milikmu sudah diaktivasi. Berikut adalah langkah-langkah untuk mencairkan komisi Affiliate milikmu.

  • Cek komisis Shopee Affiliate. Pastikan saldo komisi yang kamu dapatkan sudah lebih dari Rp10.000,00. Jika belum maka komisi kamu belum bisa dicairkan. Kamu perlu menunggu hingga komisi mencapai jumlah minimum penarikan.
  • Setelah masuk ke akun Shopee, kamu harus langsung masuk ke menu ‘Saya’ atau klik ikon yang berada di bagian pojok bawah layar. Cari opsi Shopee Affiliate dan klik menu tersebut.
  • Pilih menu “Pengaturan Pembayaran”  yang ada di halaman Shopee Affiliate milikmu.
  • Isi semua informasi yang diminta secara benar dan lengkap.
  • Atur akun agar berada di tipe Perorangan Lokal.
  • Klik menu Konfirmasi jika semua informasi yang diminta sudah selesai diisi.
  • Tunggu proses validasi dan pencairan.

Jika akumulasi komisi dari Shopee affiliate cukup besar misalnya lebih dari Rp20 juta maka sangat disarankan untuk upgrade ke ShopeePay Plus karena limit akumulasi saldo masuk per bulannya bisa lebih besar.

Semakin tinggi limit saldo ShopeePay kamu maka semakin besar pula dana yang bisa kamu ambil atau transaksikan.

Bagaimana jika komisi Shopee Affiliate belum juga masuk?

Menurut pihak Shopee, lama proses pencairan komisi affiliate adalah 9 hari kerja. Namun, jika dalam waktu tersebut komisi kamu belum juga masuk maka kamu perlu memastikan beberapa hal di bawah ini terlebih dahulu.

Cek jaringan internet

Gangguan sinyal internet bisa menjadi salah satu lambatnya proses pencairan. Namun, jika sinyal internet kamu bagus dan komisi belum diterima maka berarti memang ada kendala lain yang perlu dicek.

Cek rekening yang digunakan

Mengecek rekening bank yang kamu daftarkan untuk mencairkan komisi. Cek apakah rekening tersebut benar atau tidak. Hal ini cukup riskan mengingat kamu perlu mengisi berbagai data penting untuk mendaftarkan rekening bank ke akun ShopeePay.

Jika komisi belum masuk ke rekening bank maka disarankan untuk menghubungi langsung pihak bank atau hubungi customer care dari pihak Shopee.

Jika ingin lebih praktis, kamu bisa menggunakan rekening dari SeaBank yang masih bagian dari Shopee. Khusus untuk pengguna SeaBank kamu akan menerima notifikasi dari Shopee Seller Wallet melalui email yang telah didaftarkan.

Limit akumulasi saldo masuk

Agar bisa cair, kamu perlu memastikan jika akun ShopeePay milikmu belum mencapai limit akumulasi saldo masuk yang diizinkan. Pihak Shopee hanya mengizinkan limit masuk sebesar Rp20.000.000,00 per bulan bagi akun ShopeePay yang biasa dan limit Rp40.000.000,00 per bulan bagi akun ShopeePay Plus.

Jumlah komisi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika jumlah komisi yang bisa dicairkan minimal adalah Rp10.000,00. Jika kurang dari itu maka komisis akan diakumulasikan pada komisi berikutnya sampai komisi yang diperoleh mencapai Rp10.000,00.

Lalu bagaimanakah jika komisi Shopee Affiliate hangus atau menghilang? Bisakah hal tersebut terjadi? Menurut pihak Shopee sendiri sebenarnya komisi affiliate selalu diakumulasi setiap bulan sehingga setiap bulan jumlah komisi affiliate akan di reset menjadi angka 0.

Hal tersebut bukan berarti komisi milik kamu hilang sepenuhnya. Komisi tersebut tetap ada dan kamu akan mendapatkan laporan terbaru secara rutin tiap bulan.

Saldo yang dianggap hilang nantinya akan kamu dapatkan kembali sementara untuk komisis baru akan keluar pada bulan berikutnya yaitu setiap hari Kamis. Jika kebingungan soal cara mencairkan komisis Shopee Affiliate sebaiknya segera tanyakan langsung ke pihak Shopee.

Bagikan Postingan: