Simak Cara Melihat Tanggal Lahir di TikTok dengan Mudah

Tahukah kamu bagaimana cara melihat tanggal lahir di TikTok? Tidak semua orang mengetahui cara melihat tanggal, bulan, hingga tahun lahir di TikTok. Padahal, sebenarnya tanggal lahir di TikTok cukup penting untuk diketahui karena akan mempengaruhi umur kreator untuk melihat konten-konten yang ada di TikTok.

TikTok memiliki fitur tanggal lahir, di mana saat kamu membuat akun TikTok, kamu akan diminta memasukkan data pribadi, termasuk tanggal lahir kamu. Nantinya konten-konten yang ditampilkan di FYP kamu akan disesuaikan dengan umur yang kamu buat.  Lantas, bagaimana cara melihat tanggal lahir di TikTok? Kamu dapat menyimak ulasan dan penjelasan mengenai tanggal lahir di TikTok berikut ini terlebih dahulu.

Fungsi Tanggal Lahir di TikTok

Saat kamu menggunakan aplikasi TikTok, kamu harus mengatur tanggal lahir di TikTok. Pasalnya dengan tanggal lahir ini digunakan sebagai batasan dan syarat untuk melakukan berbagai aktivitas di aplikasi TikTok, mulai dari melihat konten sesuai umur, membeli dan menjual di TikTok, live TikTok, dan duet TikTok. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini akan disajikan fungsi dari tanggal lahir di TikTok.

Melihat Konten

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tanggal lahir digunakan untuk melihat konten sesuai umur. Jadi dapat dikatakan TikTok akan membatasi konten yang masuk ke FYP kamu sesuai dengan umur yang ada di akun pribadi TikTok. Hal ini sangat penting karena TikTok memberi batasan untuk kamu yang masih di bawah umur untuk tidak melihat konten khusus dewasa atau konten yang menyalahi ketentuan komunitas.

Baca Juga:  Jangan Keliru, Inilah Hastag Tiktok Biar FYP yang Harus Kamu Lakukan

TikTok Shop

Selain berguna untuk melihat dan membatasi konten, tanggal lahir di TikTok juga berfungsi untuk melakukan aktivitas belanja di salah satu fitur TikTok, yaitu TikTok Shop. Apabila kamu ingin melakukan aktivitas belanja, baik membeli produk atau berjualan produk di TikTok harus sudah memenuhi persyaratan umur. Kamu yang ingin melakukan aktivitas belanja di layanan TikTok Shop ini, diharuskan sudah berada pada usia lebih dari 18 tahun.

Live TikTok

Tanggal lahir di TikTok juga memiliki fungsi untuk melakukan aktivitas streaming pada fitur Live TikTok. Jadi dapat dikatakan bagi kamu yang akan melakukan siaran langsung di TikTok, diharuskan sudah memiliki usia yang matang, di mana usia kamu harus sudah lebih dari 18 tahun.

Duet TikTok

Fungsi yang terakhir dari mengatur tanggal lahir TikTok adalah Duet TikTok. Maksudnya, kamu yang akan melakukan duet atau stitch konten di TikTok, diharuskan sudah berusia matang dengan minimal usia 18 tahun. Jadi untuk kamu yang masih di bawah usia 18 tahun sebaiknya tidak melakukan duet atau stitch konten.

Cara Melihat Tanggal Lahir di TikTok

Cara melihat tanggal lahir di TikTok sangatlah mudah. Kamu hanya perlu membuka menu Pengaturan dan Privasi yang ada di TikTok, kemudian kamu dapat mencari informasi di akun pribadi. Untuk lebih jelasnya, kamu dapat menyimak langkah-langkah melihat tanggal lahir di TikTok.

Buka Aplikasi

Langkah pertama yang kamu harus lakukan untuk melihat tanggal lahir di TikTok adalah membuka aplikasi. Kamu dapat membuka aplikasi TikTok di smartphone kamu. Pastikan TikTok yang digunakan sudah memiliki akun pribadi dan kamu sudah mendaftarkan akun tersebut sebelumnya.

Pilih Ikon Profil

Setelah membuka aplikasi TikTok, kamu dapat melanjutkan dengan memilih ikon Profil Pribadi. Ikon Profil yang dimaksud berbentuk dan bergambar seperti kepala dan setengah badan orang. Tombol yang satu ini terletak di sebelah paling kanan di bagian bawah halaman utama atau beranda TikTok kamu.

Baca Juga:  Cara Top Up Koin TikTok dengan Beberapa Metode

Klik Tiga Garis Horizontal

Setelah itu, kamu perlu mencari dan klik tombol tiga garis horizontal di layar smartphone kamu. Tombol tiga garis horizontal ini berada di sebelah kanan di bagian atas. Tombol ini akan membantu kamu untuk masuk ke bagian pengaturan TikTok.

Tekan Menu Pengaturan dan Privasi

Langkah selanjutnya adalah menekan menu Pengaturan dan Privasi. Saat kamu sudah mengklik Tombol tiga garis horizontal, akan ditampilkan dua opsi, yaitu Alat Kreator serta Pengaturan dan Privasi. Untuk melihat tanggal lahir kamu, silahkan pilih menu Pengaturan dan Privasi.

Pilih Kelola Akun

Di menu Pengaturan dan Privasi, kamu akan melihat mungkin sekitaran 26 opsi yang ditampilkan. Untuk melihat tanggal lahir di akun TikTok, kamu perlu memilih dan menekan opsi Kelola Akun untuk masuk ke bagian informasi akun. Di menu ini akan ditampilkan beberapa informasi mengenai akun TikTok kamj, termasuk informasi tanggal lahir.

Klik Informasi Tanggal Lahir

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah pilih opsi Informasi Tanggal lahir. Saat sudah di menu Informasi Akun, akan ditampilkan empat opsi di menu tersebut. Untuk melihat tanggal lahir di TikTok, kamu dapat memilih Informasi Tanggal Lahir yang ada di baris ketiga. Maka kamu akan melihat tanggal lahir yang kamu masukkan sebelumnya.

Cara Mengubah Tanggal Lahir di TikTok

Ada kalanya informasi yang kamu cantumkan, termasuk tanggal lahir tidak terisi dengan benar dan tepat sehingga kamu tidak dapat dengan bebas melakukan aktivitas di TikTok. Untuk menyelesaikan masalah yang satu ini, kamu dapat mengubah informasi data tanggal lahir atau data lain di TikTok. Lalu, bagaimana cara mengubah tanggal lahir di TikTok, kamu dapat simak langkah-langkah berikut ini.

Baca Juga:  Cara menghindari akun tiktok kena banned

Buka Aplikasi TikTok

Langkah pertama adalah membuka aplikasi TikTok yang sudah terinstall pada smartphone kami. Kemudian kamu dapat melanjutkan dengan masuk ke Profil Akun di bagian bawah kanan pada halaman utama atau beranda TikTok.

Masuk ke Menu Pengaturan dan Privasi

Berikutnya kamu dapat masuk ke menu Pengaturan dan Privasi setelah mengklik garis tiga horizontal yang ada di sebelah kanan bagian atas. Nantinya kamu akan melihat banyak opsi yang ditampilkan. Kamu dapat melanjutkan dengan pilih opsi Kelola Akun untuk masuk ke bagian informasi akun.

Ubah Tanggal Lahir

Di menu Informasi Akun, kamu dapat mengubah tanggal lahir dan dapat mengganti data informasi lain sesuai keinginan. Kamu dapat mengubah tanggal lahir sesuai dengan tanggal lahir kamu yang asli. Pastikan kamu tidak mengubah umur yang tidak sesuai  secara sengaja.

Konfirmasi Umur

Langkah terakhir adalah konfirmasi umur. Setelah dipastikan tanggal lahir sudah diubah dan sesuai, kamu dapat mengklik tombol Konfirmasi Umur agar proses konfirmasi dapat dilanjutkan. Tunggu beberapa saat hingga proses perubahan umur berganti secara otomatis. Pastikan penggantian ini tidak dilakukan secara terus menerus, pasalnya kemungkinan TikTok dapat mendeteksi. Kemungkinan akun kamu dapat terkena banned apabila, TikTok mendeteksi aktivitas yang mencurigakan.

Nah bagaimana menurut kamu cara melihat tanggal lahir di TikTok, mudah bukan? Sementara itu, sebenarnya untuk pengguna TikTok yang masih berusia 13 tahun ke bawah tidak diperbolehkan menggunakan aplikasi yang satu ini. Maka tidak heran saat kamu memasukkan informasi tanggal lahir di akun, TikTok tidak akan merespon karena kamu masih di bawah umur.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment