Umum

Alat yang Digunakan untuk Mencetak Hasil Pekerjaan Poster Secara Digital Adalah Printer

Industri digital semakin hari semakin berkembang. Dahulu, orang-orang membuat poster menggunkan bahan tradisional seperti cat, kanvas, dan kuas. Tetapi sekarang teknologi digitalisasi telah merambah ke bidang ini.

Orang-orang hanya perlu mendesain poster pada komputer dan mencetaknya pada sebuah kertas atau media lain menggunakan alat cetak. Alat yang digunakan untuk mencetak hasil pekerjaan poster secara digital adalah printer.

Tapi tidak semua alat bernama printer seperti yang ada dalam bayangan kita, cuma bisa untuk mencetak kertas skripsi doang.

Hasil cetakan poster tergantung kepada kualitas printer dan wadah cetakan yang digunakan. Semakin baik kualitas wadah cetakan dan printer yang digunakan, maka komposisi visualisasi poster semakin terlihat nyata.

Kamu tentu masih bingung, wadah cetakan untuk poster bisa menggunakan apa saja dan jenis printer apa yang sering digunakan untuk mencetak poster secara digital.

Selain itu, biasanya jenis wadah yang digunakan untuk mencetak poster secara digital juga harus menyesuaikan dengan jenis printer yang digunakan.

Mungkin selama ini kamu beranggapan bahwa jenis wadah yang digunakan dan printer yang digunakan tidak akan menjadi masalah pada hasil akhir visualisasi dari poster yang kamu cetak.

Tahukah kamu, wadah untuk mencetak poster secara digital bisa menggunakan kertas dan kain. Printer yang digunakan juga berbeda. Agar kamu tidak semakin bingung, yuk langsung cek terus kebawah.

Jika wadah cetakan poster menggunakan kain, maka alat yang digunakan untuk mencetak hasil pekerjaan poster secara digital adalah printer jenis DTG (Ditect to garment)

Kamu tentu sangat asing dengan poster yang dicetak di sebuah kain. Memang wadah ini sangat jarang digunakan. Tetapi jika kamu memiliki anggaran yang sedikit, mencetak poster pada selembar kain bisa menjadi solusi. Selain itu, poster yang dicetak pada selembar kain bisa digunakan pada indoor maupun outdoor.

Baca Juga:   Panduan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar

Printer DTG (Direct to Garment) adalah jenis printer yang bisa langsung mencetak hasil desain pada selembar kain. Kamu tentu sering melihat hasil print pada motif kaos oblong kamu bukan.

 

Itu adalah hasil cetakan dari printer DTG. Selain itu, kamu tentu tahu, jika ada motif batik yang di print menggunakan mesin. Maka jawabannya adalah motif tersebut di print menggunakan mesin printer DTG.

Kelebihan dari mesin DTG adalah bisa mencetak warna dengan kualitas tinggi sehingga tidak mudah luntur dan daya serap printer ini juga sangat baik, sehingga visualisasi yang dihasilkan dari printer ini sangat bagus.

Jika wadah cetakan poster menggunakan kertas, maka alat yang digunakan untuk mencetak hasil pekerjaan poster secara digital adalah printer jenis plotter atau wide formatting printing

Kamu tentu sudah sangat tahu, bahkan sudah menjadi rahasia umum, bahwa poster dicetak pada selembar kertas yang mempunyai ukuran tertentu.

Kamu tentu sangat sering melihat sebuah poster dicetak pada sebuah kertas tebal. Memang semua kertas bisa digunakan untuk mencetak poster.

Tetapi, tahukah kamu bahwa untuk mendapatkan hasil terbaik ada jenis-jenis kertas yang biasa digunakan untuk mencetak poster agar terlihat lebih menarik.

Jenis Kertas untuk Poster

  • Kertas Matte / Doff paper. Kertas ini sangat baik dalam menyerap tinta setelah hasil cetak keluar. Apabila kamu memiliki kualitas tinta yang tidak begitu baik, maka kertas ini bisa menjadi pilihan. Selain itu, kertas ini tidak glossy atau memantulkan cahaya. Kertas ini juga tidak lengket dan hasil cetakan tidak mudah luntur.
  • Double-Side Paper. Jika kamu mempunyai anggaran promosi yang terbatas namun tidak terlihat murahan, maka kertas ini adalah pilihan yang tepat. Kamu bisa mencetak poster yang kamu inginkan di kedua sisinya. Kertas ini juga tidak terlalu mengkilap. Sangat cocok untuk media promosi yang disebar di jalanan.
  • Fiber matte. Kertas ini mempunyai kualitas sangat bagus. Hasil cetakan poster kamu akan terlihat sangat hidup apabila kamu mencetaknya pada kertas ini. Selain itu, hasil cetakan pada kertas ini bisa bertahan sangat lama karena kerta ini memiliki pH netral.
  • Premium Glossy Photo Paper. Sesuai namanya, hasil cetakan pada kertas ini terlihat mengkilap. Sangat cocok untuk poster yang dipajang pada event-event prestisius. Selain memberikan kesan mewah, poster yang dicetak pada kertas ini juga terlihat lebih nyata dan hidup.
  • Laster Photo Paper. Kertas ini sangat awet, bahkan bisa pertahan sampai puluhan tahun tanpa pudar. Kertas ini mampu mencetak foto pada resolusi yang sangat tinggi. Umumnya kertas ini dipakai untuk mencetak hasil dokumenter dan menjadi bahan untuk arsip.
Baca Juga:   Membuat Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja yang Baik

Itu adalah beberapa jenis kertas yang digunakan untuk mencetak poster secara digital. Masih banyak lagi jenis kertas yang bisa digunakan untuk mencetak poster. Semua tergantung kepada tujuan, anggaran, dan urgensi poster tersebut di cetak.

Apabila kamu ingin mencetak poster menggunakan media kertas, kamu bisa menggunak printer biasa, seperti printer berjenis desk jet, ink jet, atau bubble jet.

Tetapi kamu juga harus tahu, printer jenis tersebut sebenarnya bukan diperuntukkan untuk mencetak poster. Printer tersebut diperuntukkan untuk mencetak hasil ketikan atau foto yang tidak memiliki intensitas warna yang kompleks.

Agar hasil cetakan poster kamu lebih terlihat hidup, kamu bisa menggunakan printer berjenis plotter atau wide formatting printing. Printer ini memiliki kualitas PPI dan DPI yang sangat tinggi.

Gambar dari poster yang kamu cetak terlihat lebih tajam. Selain itu, printer ini juga tersedia dalam berbagai macam variasi dan bisa disetel sesuai ukuran media cetak poster.

Jika wadah cetakan poster menggunakan bahan spanduk, maka alat yang digunakan untuk mencetak hasil pekerjaan poster secara digital adalah printer jenis plotter atau wide formatting printing.

Kamu tentu sangat familiar dan sering melihat media informasi yang digantung diantara dua tiang atau pohon. Spanduk tersebut juga bisa disebut dengan poster.

Tapi tahukah kamu, bahan spanduk tersebut juga memiliki banyak jenis, seperti flexi jerman, flexi china, albatros, dan luster.

Sebenarnya masih banyak jenis bahan spanduk yang bisa dijadikan media untuk mencetak poster. Keuntungan dari mencetak poster dari bahan spanduk adalah bisa bertahan lama, tidak mudah luntur dan bisa digunakan di berbagai macam medan.

Selain itu, harganya yang tidak terlalu mahal juga membuat bahan spanduk banyak diminati untuk mencetak poster.

Baca Juga:   Griya Indah Cibarusah, Rumah Subsidi Terbaik di Cibubur

Printer yang digunakan untuk mencetak poster di bahan spanduk sama dengan yang menggunakan bahan kertas, yaitu printer jenis plotter atau wide formatting printing.

Permukaan bahan spanduk yang licin bisa diatasi oleh printer jenis ini karena memiliki PPI dan DPI yang sangat tinggi. Sehingga tinta bisa melekat dengan baik pada permukaan spanduk.

Oke teman-teman, itulah beberapa media yang bisa digunakan untuk mencetak poster beserta jenis printer yang digunakan agar hasil cetakan poster bisa terlihat maksimal dan visualisasinya terlihat lebih hidup.

Sebab, visualisasi dari sebuah media informasi juga harus tetap diperhatikan agar orang-orang tertarik untuk melihat informasi yang disampaikan pada poster tersebut.

One thought on “Alat yang Digunakan untuk Mencetak Hasil Pekerjaan Poster Secara Digital Adalah Printer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − thirteen =