Peluang Usaha Warung Kopi Buka di Garasi, Bisnis Gak Harus di Gedung yang Mahal Kan?

Diantara bermacam sajian dan cemilan yang disukai masyarakat zaman now, kopi menjadi salah satu minuman yang paling dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Boomingnya kopi dimulai pada 2017, yang awalnya berasal dari film Filosofi Kopi, dan karena warga Indonesia menyenangi sesuatu yang berhubungan.

Dengan adanya tren tersebut, bermunculan gerai-gerai, kedai, ataupun kafe yang menyediakan kopi sebagai menu utamanya. Di kota-kota urban seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Malang, ada sejumlah  warung kopi yang terkenal seperti Yellow Truck, Caffe Bene, Two Cents, dan Roemah Kopi yang digandrungi terutama oleh kalangan muda.

Berbekal dengan modal 5-6 juta, bisnis kopi dapat berjalan dengan sukses, tergantung dengan balik modal yang didapat oleh starter bisnis tersebut. Dengan naik daunnya kopi, minat kaum millennial yang kuat mendorong usaha kopi untuk terus berkembang, didukung dengan gaya hidup para millennial.

Temukan ide bisnis baru lainnya di sini: 32 Peluang Usaha Baru 2020-2021, Ide Bisnis yang Menjanjikan

Biasanya, warung kopi didirikan di tenda-tenda di space yang bebas, ruang terbuka, pojok-pojok yang memiliki nilai estetis, atau bahkan gerobak yang disulap menjadi warung kopi keliling. Tapi bagaimana kalau membuka warung kopi di garasi, yang kadang sama sekali tidak terlintas dalam pikiran? Berikut tips-tips serta strategi untuk memulai usaha jenis ini.

Strategi Membuka Usaha Warung Kopi di Garasi

Terlihat mudah untuk membuat bisnis kopi berjalan, namun kenyataannya tidak sama sekali. Persiapan yang paling dasar adalah menargetkan audience dan keefektifan letak warung kopi yang akan didirikan.

Jika warung kopi didirikan di tengah daerah yang tidak strategis, seperti di desa atau daerah yang kearifan lokalnya masih kuat, pasar, dijamin para calon penikmat kopi tidak akan tertarik untuk mengunjungi warung kopi yang Anda buat.

Baca juga: 25 Ide Peluang Usaha Modal 1 Juta yang Menjanjikan Keuntungan Berkali Lipat

Biasanya, target atau audience dari warung kopi adalah pekerja kantoran, pecinta kopi, dan kalangan kaum muda. Selain itu, desain interior warung kopi menjadi bahan pertimbangan yang lain.

Bisa menggunakan kayu atau batu bata sebagai dasar wallpaper, furnitur yang memiliki desain minimalis dan futuristik yang kebanyakan berwarna hitam atau putih, lampu gantung bertemakan industrial yang beraksen bening, sofa bed atau sofa puff kotak, atau stool beraksen kayu putih atau kayu jati, ditambah dengan tanaman-tanaman gantung atau tanaman kecil seperti bunga begonia, bunga geranium, lili paris, pakis boston, dan kaktus mini.

Khusus untuk kaktus mini, bisa ditaruh diatas meja-meja kecil agar mendapat penampilan kece yang maksimal. Wallpaper bertema batu bata bisa menjadi pilihan utama untuk mendekor wallpaper garasi menjadi lebih menarik lagi, dan pintu geser dari kaca yang didesain berwarna pop yang memberikan kesan ceria.

Wallpaper bisa dihias dengan tote bag, tas, celemek Untuk starter, pertama dapat menggunakan grinder kopi, automatic coffee machine, presso coffee maker, pot kopi, alat penggiling kopi, dan alat saring kopi.

Harganya bisa bervariasi, dari murah sampai mahal, untuk menghemat kocek, bisa memilih alat-alat dengan range harga dari Rp 15.000 sampai Rp. 350.000, masing-masing adalah alat pengocok kopi dan alat pembuat kopi, yang bisa didapatkan dari took online.

Membuka warung kopi di garasi rumah sendiri dapat keuntungan tersendiri, karena selain lebih simpel karena lebih manageable, juga memberikan kesan unik dan berbeda dari kebanyakan warung kopi yang berkonsep vintage atau classic, karena kelebihannya yang bisa starter garage coffee lakukan adalah bisa custom bagian-bagian garasinya sendiri, contohnya menyulap pintu garasi menjadi beranda warung kopi.

Kalau kamu mencari bisnis lain dengan modal yang lebih ringan, baca beberapa pilihannya di artikel 20 Peluang Usaha Dengan Modal 500 Ribu Rupiah yang Untungnya Selangit atau artikel 25 Ide Peluang Usaha Modal 1 Juta yang Menjanjikan Keuntungan Berkali Lipat.

Video ini juga bisa jadi referensi buat kamu yang ingin membuka warung kopi dari garasi. Ini keren banget!