Cara download Tiktok China di HP Android

Apa itu Douyin ? Bagaimana cara download Tiktok China di HP Android ? Tidak seperti tiktok biasa yang sudah tersedia di play store, untuk mengakses tiktok china maka butuh cara yang berbeda.

Meskipun Douyin dan Tiktok berasal dari perusahaan yang sama namun nyatanya kedua aplikasi ini menggunakan server yang berbeda.

Jadi tidak heran kalau user tiktok dengan user douyin tidak bisa saling berkomunikasi karena memang menggunakan 2 aplikasi berbeda.

Meskipun sudah disekat menggunakan dua aplikasi yang berbeda, namun nyatanya banyak orang yang masih tertarik untuk menggunakan douyin.

Apa itu Douyin ?

Cara download Tiktok China di HP Android

Douyin adalah Tiktok versi China yang sudah ada sejak tahun 2016 lalu. Sejak awal peluncuran aplikasi video musik ini memang sudah memiliki daya tarik yang kuat.

Khususnya untuk para pengguna yang berasal dari mainland China atau RRT, Douyin dengan sangat cepat berhasil menjadi populer.

Adapun Douyin atau Tiktok China ini berhasil menarik perhatian anak muda yang memiliki daya kreatifitas tinggi. Rata-rata pengguna tiktok china pada masa itu hanya dipakai untuk membuat konten menari yang menggunakan musik populer.

Setiap pengguna douyin bisa meniru tarian dan bahkan bisa melakukan modifikasi gerakan agar menjadi konten yang lebih menarik lagi.

Hal ini tentu berbeda dengan sekarang yang telah mengalami perubahan trend seiring dengan berjalannya waktu. Jika kini tiktok sudah memiliki konten yang sangat beragam seperti hiburan, berita, gosip, lawak, maka dahulu memang hanya sebatas dance saja.

Nah kepopuler douyin yang semakin meningkat seiring dengan berjalannya waktu mendorong pihak developer untuk membuat tiktok versi global.

Baca Juga:  Mengenal Fitur Baru Instagram Notes

Bedanya Douyin dengan Tiktok

Jika kita lihat sekilas kedua aplikasi ini maka logo yang digunakan douyin (tiktok china) dengan Tiktok yaitu sama persis. Namun karena alasan peraturan pemerintah Tiongkok maka pihak developer pada akhirnya membuat aplikasi tiktok global secara terpisah dari douyin.

Douyin atau yang biasa kita sebut dengan tiktok china sebenarnya sudah lama ada di negeri Tiongkok. Bahkan kemunculan aplikasi Tiktok China ini sudah lebih dahulu muncul 1 tahun lebih awal dari aplikasi Tiktok yang versi global.

Perbedaan yang paling mencolok yaitu asal pengguna douyin hanya berasal dari mainland china sedangkan tiktok untuk pengguna diluar negara China.

Dengan kata lain kedua aplikasi ini menggunakan server yang berbeda, sehingga antar user tiongkok dengan user global tidak bisa saling mengirim pesan.

Jikapun anda melihat konten China dari tiktok global yang sebenarnya terjadi biasanya hanya reupload saja dari douyin.

Perbedaan antara douyin dan tiktok global yang kedua yaitu terlihat dari penggunaan bahasa yang berbeda. Douyin hanya menggunakan bahasa mandarin saja, sedangkan tiktok global menggunakan multi bahasa sesuai dengan negara yang bersangkutan.

Nah, meskipun berbeda dan sudah dipisah berdasarkan lokasi namun tampaknya masih ada user asal luar mainland china yang ingin mengakses douyin. Lalu bagaimana caranya ?

Cara download Tiktok China di HP Android

Tidak seperti Tiktok versi global yang tinggal anda cari melalui google play store lalu tinggal download dan install. Untuk mendapatkan apk douyin maka anda tidak akan menemukan pada play store.

Caranya yaitu dengan mengunjungi situs resmi tiktok china yang menggunakan url https://www.douyin.com/ , situs tersebut bisa anda buka melalui web browser apa saja.

Anda bisa gunakan google chrome, mozilla firefox atau web browser lain yang tentunya sudah update ke versi paling baru untuk membuka situs douyin.

Baca Juga:  Cara Mengatasi HP Lemot Agar Bisa Stabil Kembali

Pada halaman utama situs douyin aka tiktok china akan terlihat semua tulisan menggunakan mandarin. Tidak masalah jika anda bisa berbahasa mandarin karena tinggal cari menu download apk douyin tersebut.

Namun untuk anda yang tidak bisa atau tidak mengerti bahasa mandarin pastinya akan sedikit membutuhkan usaha untuk menemukan file apk nya.

Beruntung saat ini sudah ada google translate yang bisa anda pakai secara gratis dan mudah. Selain google translate anda juga bisa menggunakan web browser modern seperti google chrome yang sudah support fitur terjemahan otomatis.

Yang perlu anda lakukan hanyalah mengaktifkan fitur auto translate tersebut. Adapun biasanya web browser seperti google chrome akan memunculkan pesan pop-up yang menyajikan tombol aktifkan terjemahan.

Aktifkan dan seketika itu juga bahasa pada situs douyin yang semula menggunakan mandarin akan berubah menjadi bahasa inggris atau indonesia sesuai yang anda butuhkan.

Temukan dan download file apk douyin dari situs resminya. Barulah setelah itu anda bisa menginstal nya ke HP android anda.

Cara install apk douyin di HP android

Pindahkan file apk douyin atau tiktok china yang baru saja anda download tadi ke lokasi HP android yang nantinya akan di install.

Tap-tap file apk douyin untuk memulai proses install. Dan karena file apk ini bukan berasal dari google play store maka biasanya sistem android akan menolak untuk alasan keamanan.

Akan muncul pesan pop-up dengan menu yang harus anda tekan guna memberi izin agar sistem android mau menjalankan proses instal file apk tersebut.

Biasanya proses install akan membutuhkan waktu yang terbilang cepat. Dan jika proses install telah selesai maka selamat ! Anda sudah bisa membuka app douyin di HP android anda.

Baca Juga:  Cara tambah followers tiktok yang efektif

Tidak ada yang beda jauh karena pada aplikasi douyin ini juga tersedia FYP yang tinggal anda skrol-skrol pada bagian layar untuk melihat berbagai konten video menarik.

Adapun karena apk douyin ini memang dari awal dirancang untuk user asal china saja maka hanya support bahasa mandarin saja.

Akan sangat terbantu tentunya jika anda bisa mengerti mandarin meskipun hanya sedikit kata saja guna mengetahui nama-nama menu yang ada di aplikasi tiktok china.

Bisa lihat namun tidak bisa upload

Pada awalnya user asal luar china seperti Indonesia memang bisa ikut aktif menjadi konten kreator di aplikasi douyin atau tiktok china.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, pihak developer nampaknya mengubah aturan dengan memperketat hanya memperbolehkan user tiktok asal dalam negeri saja alias dari China daratan saja.

Hal ini bisa anda lihat ketika ingin ikut melakukan login atau membuat akun baru di apk douyin. Yang dimana jika menggunakan nomor asal +62 yang merupakan kode negara Indonesia akan mendapatkan penolakan dari sistem aplikasi.

Jadi dengan kata lain untuk pengguna asal indonesia, saat ini jika ingin menggunakan app douyin nampaknya masih sangat terbatas sekali. Anda hanya bisa melihat-lihat konten yang sedang FYP tanpa bisa ikutan memberikan komentar.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai bagaimana cara download tiktok china di HP android yang bisa anda coba sendiri secara mudah.

Memang sangat terbatas untuk bisa menggunakan fitur-fitur yang ada di apk douyin. Namun anda masih bisa lihat video atau berbagai konten menarik yang biasanya belum tentu ada juga di apk tiktok yang versi global.

Bagikan Postingan: