Ide Bisnis

Tips Melakukan Bisnis Budidaya Ternak Lele

Di zaman sekarang ini banyak sekali masyarakat yang berlomba-lomba untuk membangun sebuah bisnis yang dapat menguntungkan. Untuk itu segala macam cara dicoba untuk bisa mendapatkan penghasilan dari sebuah bisnis.

Budidaya ternak lele menjadi salah satu bisnis yang sedang banyak dilakukan masyarakat karena dianggap sangat menguntungkan. Secara umum memang menjalankan bisnis budidaya ternak ini tidaklah sulit karea lele merupakan salah satu hewan yang mudah untuk didapatkan.

Baca juga beberapa pilihan usaha dengan modal 1 juta.

Namun yang seringkali orang lupa adalah tentang perencanaan dan strategi yang akan membuat bisnis ini bisa bertahan lama. Untuk itu sebaiknya kamu simak beberapa tips dibawah ini agar kamu bisa memulai bisnis dengan baik.

Berikut tips melakukan bisnis budidaya ternak lele yang menguntungkan

Setiap orang tentu menginginkan keuntungan dalam bisnis untuk memenuhi kebutuhan harian. Namun berbisnis tidaklah mudah, kamu membutuhkan beberapa perencanaan dan strategi yang matang untuk memulai bisnis. Berikut akan dibahas mengenai tips melakukan bisnis budidaya ternak lele yang bisa menguntungkan.

Jangan lupa memilih bibit yang unggul

Jika kamu ingin bisnis dapat berjalan lancar tentunya kamu tidak bisa asal dalam hal pemilihan bibit. Karena nantinya bibit akan membentuk lele degan kualitas yang baik pula.

Pilihlah bibit lele yang gesit dan agresif. Hal tersebut menunjukkan bahwa bibit lele tersebut baik dan unggul karena sehat dan tidak berpenyakit.

Berikan lele dengan pakan yang berkualitas

Untuk memelihara lele dengan baik maka kamu juga harus memberikan pakan yang berkualitas karena hal tersebut akan mempengaruhi kualitas lele tersebut.

Baca Juga:   Kelebihan Bisnis Online yang Wajib Diketahui Pebisnis Pemula

Umumnya ikan lele dapat diberi pakan 3x dalam sehari. Namun kamu bisa menambahkannya bagi lele yang terlihat lebih agresif. Kamu juga harus memilih pakanan lele yang berkualitas dan mengandung banyak protein, lemak dan vitamin.

Lakukan persiapan kolam yang baik

Hal pertama yang harus kamu siapkan adalah kolam untuk tempat budidaya lele. Kamu bisa menggunakan apa saja untuk dijadikan kolam. Yang utama adalah kamu memilih kolam dengan ukuran yang luas agar lele bisa hidup dengan baik.

Setelah melakukan pengisian air kolam kamu harus menunggu beberapa hari sampai proses pembentukan lumut terjadi barulah menebarkan bibit lele. Lumut tersebut berfungsi untuk menetralkan air kolam.

Baca Juga: Pilihan bisnis modal 200 ribu.

Lakukan pencegahan terhadap penyakit

Salah satu yang bisa merusak bisnis ternak kamu adalah serangan hama. Untuk itu kamu haruslah melakukan pencegahan terhadap serangan hama tersebut.

Karena jika hama menyerang maka produksi ternak lele kamu juga bisa terganggu. Untuk itu sebaiknya kamu membuat batas atau penghalang agar hewan liar tidak bisa masuk ke kolam.

Pisahkan lele sesuai dengan ukurannya

Selama jalannya proses perkembangbiakan tentunya lele akan memiliki ukuran yang berbeda-beda. Ada yang berukuran besar dan ada yang kecil.

Karena perbedaan tersebut tentu akan memiliki nilai jual yang berbeda. Untuk itu disarankan untuk memisahkan lele sesuai dengan ukurannya agar nantinya kamu lebih mudah dalam proses penjualannya.

Itulah beberapa tips melakukan budidaya ternak lele yang bisa kamu jadikan sebagai bahan pembelajaran. Semakin banyak informasi yang kamu kumpulkan maka akan semakin matang juga bagi kamu untuk mempersiapkan bisnis kamu kedepannya.

Dengan begitu maka kamu bisa mengembangkan bisnis budidaya ternak ini kearah yang lebih maju. Selain itu jangan lupa untuk mencatat dan membuat pembukuan tentang uang masuk dan uang keluar selama bisnis kamu berjalan.

Baca Juga:   20 Peluang Usaha Dengan Modal 500 Ribu Rupiah yang Untungnya Selangit