Kembali bangkit ! Huawei Mate 60 Pro Smartphone Flagship

Kembali bangkit ! Review Huawei Mate 60 Pro Smartphone Flagship spesifikasi harga, kelebihan dan kekurangan.

Teknologi raksasa Huawei kembali mengguncang pasar smartphone dengan meluncurkan produk baru yang bernama Huawei Mate 60 Pro.

Meskipun sempat terkena badai perang dagang, Huawei berhasil bertahan dan kini kembali bangkit dengan produk HP terbarunya.

Ponsel yang menggunakan HarmonyOS ini sudah menggunakan chipset yang bertenaga yaitu Kirin 9000S fabrikasi 7nm.

Ada segudang fitur menarik dari ponsel flagship seharga 14 jutaan rupiah ini yang pastinya bisa bermanfaat bagi para penggunanya.

Buat yang penasaran, berikut ini ulasan lengkap Huawei Mate 60 Pro Smartphone Flagship spesifikasi dan harga serta kelebihan dan kekurangannya.

Review Huawei Mate 60 Pro

Huawei Mate 60 Pro Smartphone Flagship

Desain

Pertama mari kita ulas ponsel flagship ini dari segi desain terlebih dahulu. Huawei Mate 60 Pro tampil menggunakan desain yang sangat elegan, terutama bagian punggung bodi kamera belakang.

Tampak jelas posisi kamera belakang membentuk lingkaran hitam yang membuat ponsel flagship ini sangat unik dan menarik.

Bagian depan ponsel Mate 60 pro ini juga sudah pakai layar 6,82 inch yang luas dan tanpa bezel dari semua sisinya.

Desain ponsel Huawei Mate 60 Pro sering dibandingkan dengan iPhone 15 yang tidak kalah menariknya, meskipun berbeda OS.

Secara keseluruhan, tampilan dari Huawei Mate 60 Pro sangat cocok untuk banyak kalangan seperti pengguna biasa hingga kalangan gamers antusias. Sebab performa HP ini sudah terbilang kencang.

Secara resmi ponsel Huawei Mate 60 Pro sudah tersedia 4 varian warna yaitu Black, White, Green, Purple.

Kualitas Layar

Huawei Mate 60 Pro sudah menggunakan panel LTPO OLED yang mampu menghasilkan visual detail dan ketajaman warna layar terbaik.

Ukuran layar 6,82 inch, dan support refresh rate hingga 120 Hz yang sangat cocok untuk main game RPG atau sejenisnya.

Layar ponsel Huawei Mate 60 Pro ini sudah menggunakan resolusi tinggi yaitu 1260 x 2720 piksel, dan menggunakan rasio 19,5:9.

Untuk perlindungan dari ancaman goresan benda tajam, ponsel ini telah dibekali dengan Huawei Kunlun Glass 2. Meskipun demikian sangat disarankan untuk tetap menjauhkan benda seperti kunci dari layar HP ini.

Spesifikasi

Huawei Mate 60 Pro menggunakan dapur pacu dari SoC buatan sendiri yang bernama Kirin 9000S fabrikasi 7nm.

Chipset atau SoC Kirin 9000S ini memiliki CPU octa core yang menggunakan konfigurasi cores 1 + 3 + 4 untuk menghasilkan performa terbaiknya.

CPU octa core ini terdiri dari : 1 Cores Cortex A720 2,62 GHz, 3 cores Cortex A720 2,15 GHz, dan 4 cores Cortex A510 1,53 GHz.

Untuk urusan render grafik menggunakan GPU Maleoon 910 yang dapat menyeimbangi kecepatan CPU octa cores tersebut dengan baik.

Kapasitas hanya ada satu varian macam yaitu RAM 12 GB, dan tersedia 3 varian untuk storage internal-nya yaitu 256 GB, 512 GB, dan 1TB.

Beruntung masih tersedia juga storage eksternal nano memory yang support sampai 256GB. Untuk performa terbaik sudah tentu menggunakan storage internal HP ini karena sudah bertipe UFS.

Kamera

Selanjutnya ada kamera yang tentu saja fitur ini menjadi daya tarik utama mengapa banyak orang ingin membeli HP Huawei.

Huawei Mate 60 Pro memiliki 3 kamera belakang yang masing-masing menggunakan resolusi 50 MP wide, 48 MP periscope telephoto, 12 MP ultrawide.

Pada bagian depan terdapat satu kamera selfie 13 MP model punch hole. Baik kamera utama dan kamera depan sudah bisa merekam video resolusi 4K 30 FPS.

Dan tentu saja tersedia mode perekaman video resolusi FullHD yang support FPS lebih tinggi mulai dari 30 FPS hingga 240 FPS.

Tampak kalau Huawei sangat memperhatikan detail kamera ponsel terbarunya ini. Terdapat segudang fitur yang dapat berguna untuk pengguna seperti saat foto malam hari atau berbagai kondisi untuk hasil terbaik.

Buat kamu yang sudah lama mengikuti perkembangan Huawei pastinya tidak akan ragu lagi dengan kualitas ponsel kamera Huawei Mate 60 Pro.

Baterai

Kapasitas baterai 5000 mAh dan sudah support mode pengisian cepat atau fast charging baik menggunakan kabel atau wireless.

Hanya butuh waktu 30 menit saja untuk mengisi baterai ponsel Huawei Mate 60 Pro dari 0 persen sampai ke 100 persen.

Support fast charging kabel 88watt yang merupakan metode pengisian tercepat HP Huawei ini. Selain kabel tersedia juga pengisian wireless 50 watt dan juga reverse wireless 20 watt.

Sensor dan Koneksi

Huawei Mate 60 Pro sudah punya sensor dan konektivitas yang lengkap untuk kebutuhan ponsel masa kini. Ada sensor seperti Face ID, fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, barometer, compass, dan color spectrum.

Untuk dukungan konektivitas ponsel ini sudah support jaringan 5G, 4G, 3G, 2G, yang bisa menyesuaikan keadaan.

Koneksi wireless tersedia bluetooth versi 5.2, dan WiFi 802.11 dan direct. Tidak lupa juga fitur NFC bagi yang membutuhkan seperti untuk cek saldo e-toll atau pembayaran lainnya.

Kelebihan Huawei Mate 60 Pro

Kelebihan Huawei Mate 60 Pro yang utama yaitu terletak pada kualitas kamera depan dan kamera belakang yang super bagus.

Ada banyak fitur kamera yang dapat mendukung hasil foto agar bisa terlihat sesuai keinginan pengguna. Terutama pada kamera belakang yang punya tiga lensa lengkap yaitu wide, periscope telephoto, ultrawide.

Kamera ponsel Huawei Mate 60 Pro juga sangat cocok untuk mode perekaman video yang butuh FPS tinggi. Contohnya untuk merekam objek yang bergerak cepat agar tidak blur.

Selain kualitas kamera depan belakang yang bagus, Huawei Mate 60 Pro juga memiliki dapur pacu super kencang buatan Huawei sendiri.

SoC atau chipset yang bernama Kirin 9000S ini mampu menembus skor antutu hampir mendekati angka 700 ribuan.

Ini berarti kemampuan dari SoC Kirin 9000S fabrikasi 7nm bisa dibilang setara dengan Snapdragon 800 series.

Kelebihan juga dapat terlihat jelas dari sisi layar yang sudah pakai panel LTPO OLED. Sebuah teknologi panel layar ponsel yang mampu menghasilkan warna super akurat.

Baik warna gelap atau terang semua dapat tampil dengan sangat baik yang dapat memanjakan mata para pengguna setia ponsel Huawei.

Kekurangan Huawei Mate 60 Pro

Kekurangan Huawei Mate 60 Pro yang semua orang sudah ketahui yaitu tidak ada layanan google play store seperti HP android lainnya.

Meskipun demikian pengguna tidak perlu khawatir karena sudah ada penggantinya yang bernama AppGallery. Berbagai aplikasi android seperti Whatsapp, Tiktok, dll sudah tersedia di store ini.

Untuk pengguna baru ponsel Huawei mungkin butuh sedikit penyesuaian yang sebagian orang mungkin menganggap ini menjadi suatu kekurangan. Meskipun demikian penyesuaian tidak butuh waktu yang lama.

Sebab HarmonyOS ini sudah punya antar muka yang bagus dan rapi, sehingga sangat mudah untuk dipahami dengan cepat oleh pengguna awam sekalipun.

Hal lain yang juga menjadi kekurangan dari ponsel ini yaitu belum secara resmi hadir di tanah air. Jadi untuk kamu yang ingin membeli ponsel Huawei Mate 60 Pro harus membeli sendiri dari luar.

Demikian ulasan mengenai Huawei Mate 60 Pro smartphone flagship terbaru yang bisa dijadikan referensi terbaik, semoga dapat bermanfaat.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment