Langkah Penting Menjadi Seorang Blogger Handal

Singkatnya, blog adalah jenis situs web yang berfokus terutama pada konten tertulis. Blogger sering menulis dari sudut pandang pribadi yang memungkinkan mereka untuk terhubung langsung dengan pembaca mereka.

Selain itu, sebagian besar blog juga memiliki bagian “komentar” di mana pembaca dapat berkorespondensi dengan blogger. Berinteraksi dengan pembaca di bagian komentar dapat membantu memajukan hubungan antara blogger dan pembaca, lho.

tips Menjadi Blogger

Nah, untuk menjadi blogger, memang ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak penjelasan lengkap dibawah ini!

Tentukan Topik Sebelum Menjadi Blogger

Mencari topik blog membutuhkan waktu dan pertimbangan serius. Kamu mungkin akan mempertimbangkan beberapa kemungkinan sebelum menentukan topik apa yang tepat.

Untuk mempertimbangkan topik apa yang bisa kamu pilih, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, seperti:

  • Topik yang kamu sukai
  • Topik yang kamu suka bicarakan
  • Topik yang mudah untuk kamu research.

Baca juga: Cara Bisnis online yang Mudah, Bisa Dikerjakan dari Rumah

Pilih Nama Blog

Langkah pertama untuk menjadi blogger adalah dengan memilih nama dan topik apa yang akan kamu pilih. Jika kamu membuat blog tentang satu topik tertentu pasti kamu ingin memasukkannya dalam beberapa cara dalam nama blog Anda.

Cobalah untuk tidak terpaku pada satu kata saja. Misalnya, blog memasak tidak harus memiliki kata “memasak” di dalamnya. Kata-kata “makanan”, “resep”, dan “makanan” juga akan membuat orang tahu bahwa blog Anda adalah tentang memasak. Carila nama deskriptif tetapi juga menarik bagi pembaca.

Setelah kamu memiliki beberapa ide nama blog, ini saatnya untuk kamu memilih ekstensi domain. Ekstensi domain .com adalah yang paling disukai, tetapi .net atau .org. Selain itu, pastikan juga nama blog kamu belum terpakai oleh orang lain, ya!

Desain Blog

Setelah kamu menemukan nama yang tepat, sekarang waktunya untuk kamu mendesain seperti apa tampilan blog tersebut. Hal ini ditujukan supaya tampilan blog kamu bisa menarik setiap calon pembaca yang sudah mampir ke halaman tersebut.

Desain ini bisa menjadi penentu apakah dia akan lanjut membaca atau tidak, lho. Pastikan kalau tulisan di blog kamu bisa terbaca jelas dan tidak menabrak warna backgroundnya.

Nah, kamu bisa memilih beberapa tema gratis yang sudah ada di halaman blog tersebut. Tetapi jika kamu tidak menyukai salah satu tema yang sudah diinstal, kamu dapat dengan mudah memilih dari ribuan tema gratis lainnya, lho.

Mulailah Untuk Mengisi Blog

Nah, ini saatnya untuk kamu yang ingin menjadi blogger untuk mengisi blog yang sudah dibuat. Rencanakan postingan blog kamu dengan memilih topik, membuat garis besar, melakukan penelitian, dan memeriksa fakta.

Lalu, buat judul yang informatif dan akan menarik perhatian pembaca. Gunakan gambar untuk menyempurnakan posting kamu, tingkatkan alurnya, tambahkan humor, dan jelaskan topik-topik kompleks.

Nah, untuk menghindari pengulangan, bacalah tulisan kamu sambil memeriksa apa yang sudah kamu tulis. Nah, kalau semua sudah benar dan tidak ada yang salah, kamu sudah bisa mengupload tulisan tersebut ke dalam blog. Baca juga artikel 25 Ide Peluang Usaha Modal 1 Juta.

Promosikan Blog Kamu

Membuat blog yang dirancang dengan baik dan menulis konten yang hebat hanyalah awalan untuk menjadi blogger. Untuk mendapatkan pembaca, kamu perlu meluangkan waktu untuk mempromosikannya, terutama ketika pertama kali memulai.

Salah satu cara favorit masyarakat sekarang adalah dengan memposting tautan di akun media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Dengan mempromosikannya, kamu sudah bisa mengundang teman-teman untuk membaca blog kamu.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan kalau memang memiliki keinginan untuk menjadi blogger. Tetapi, menjadi blogger memang bukan hal yang mudah, lho, ini diperlukan kesabaran dan memakan waktu yang tidak sebentar. Selamat mencoba!