Contoh kuitansi jual beli mobil
Umum, Edukasi

Contoh Kuitansi Jual Beli Mobil dan Motor Bekas

Contoh kuitansi jual beli mobil ini bisa perhatikan bagi anda yang belum mengetahui seperti apa kwitansi jual beli mobil. Kwitansi jual beli kendaraan seperti mobil contohnya sangat penting untuk anda sertakan sebagai alat bukti pembayaran.

Selain sebagai alat bukti pembayaran kwitansi jual beli mobil ini diperlukan jika pembeli kendaraan mobil tersebut merupakan kendaraan second atau bekas dan ingin balik nama.

Kuitansi bisa menjadi alat untuk mempermudah pembeli kendaraan bekas untuk mengurus balik nama kendaraan.

Contoh kuitansi jual beli mobil bisa anda lihat di bawah ini.

Telah Terima : Ibu Tiffany

Uang Sejumlah : Seratus Delapan Puluh Lima Juta Rupiah
Untuk Pembayaran : 1 Unit Mobil Xenia warna hitam

Nomor Polisi : B 113 YLW
No Mesin : 3YL890731
Nomor Kerangka : M9876500984YL
Rp.185.000.000,-

Jakarta, 11 Maret 2020

Kemudian kwitansi jual mobil diakhiri dengan nama dan tanda tangan penjual di atas materai 6.000,-.

Contoh kuitansi jual beli mobil

Format Kwitansi Jual Beli Mobil

Jika anda membeli sebuah mobil bekas anda tentunya harus memperhatikan kondisi mobil yang akan anda beli. Selain pada kondisi mobil, anda juga harus memperhatikan dokumen-dokumen sebagai tanda bukti anda telah membeli mobil tersebut.

Anda harus mengetahui cara penulisan kwitansi yang benar pada saat anda membuat kwitansi jual beli mobil. Pembuatan kwitansi jual beli mobil yang anda benar dengan memperhatikan format-format di bawah ini :

  • NO : pada bagian pertama terdapat keterangan nomor. Jika anda melakukan transaksi jual beli mobil pada perseorangan maka anda bisa mengosongkan bagian ini. Akan tetapi jika anda membeli pada dealer maka pihak dealer yang akan mengisi bagian nomor ini.
  • Telah Terima Dari : pada bagian ini adalah untuk mengetahui identitas dari pembeli mobil. Maka anda bisa mengisinya dengan nama lengkap dari pembeli mobil ini.
  • Uang Sejumlah : perlu diperhatikan pada bagian uang sejumlah ini anda menuliskannya dengan huruf bukan dengan angka. Isi bagian ini dengan harga mobil yang dijual berdasarkan harga yang sudah disepakati.
  • Untuk Pembayaran : bagian ini harap anda isi secara lengkap tentang jenis mobil, Tahun Pembuatan mobil, warna mobil, nomor mesin kendaraan, nomor polisi, nomor BPKB dan nomor kendaraan.
  • Tanggal : anda bisa mengisi bagian ini sesuai dengan kota tempat anda transaksi jual beli mobil, tanggal, bulan dan tahun anda melakukan transaksi jual beli mobil tersebut.
  • Terbilang RP : pada bagian ini isilah nominal harga mobil sesuai dengan nominal uang sejumlah akan tetapi yang anda tuliskan adalah berupa angka bukan berupa huruf.
  • Tanda Tangan : pada bagian bawah tanggal kwitansi tersebut terdapat bagian tanda tangan yang sebelumnya harus ditempelkan materai 6000 beserta nama penjual atau pemilik mobil lalu tanda tangani di atas materai tersebut namun juga kertas kwitansi juga terkena tanda tangan tersebut.
Baca Juga:   Jenis Usaha Perseorangan Dan Jenis Usaha Kelompok

Contoh Kwitansi Jual Beli Motor Bekas Bermaterai

Kwitansi untuk transaksi jual beli motor bekas sangatlah penting digunakan bagi anda yang melakukan transaksi jual beli tersebut.

Jika anda membuat atau mengisi kwitansi dengan benar maka kemungkinan kecil akan terjadi masalah pada motor tersebut di masa yang akan datang.

Kwitansi dengan materai merupakan kwitansi dengan kekuatan hukum sehingga penting bagi anda untuk membuat kwitansi dengan materai 6.000,- pada transaksi jual beli motor bekas anda.

Berikut ini adalah contoh kwitansi jual beli motor bekas bermaterai yang penting untuk anda ketahui.

No. :

Telah Terima : Putra Agung Wijaya

Uang Sejumlah : Tujuh Juta Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah
Untuk Pembayaran : Pembelian Sepeda Motor Beat Pop Tahun 2016 Warna Hitam
No Polisi : B 1234 TYR
Nomor Rangka : M467SI09TTP
Nomor Mesin : 7A9098765R
RP.7.850.000,-

Tanggal : Jakarta 18 Juli 2019

Kwitansi untuk transaksi jual beli motor tersebut pada bagian bawahnya diakhiri dengan pemberian materai dan dibubuhkan tanda tangan pemilik kendaraan motor bekas tersebut diatas materai.

Tata Cara Jual Beli Mobil Bekas

Pertama yang perlu anda perhatikan untuk jual beli mobil bekas anda adalah kelengkapan surat-surat mobil tersebut. Memang terdengar sederhana namun anda perlu memperhatikannya.

Jika dokumen untuk jual beli mobil bekas tersebut dirasa kurang sesuai bahkan ada yang hilang maka harga mobil tersebut bisa menjadi turun bahkan terkadang proses transaksi jual beli mobil bekas tersebut dibatalkan.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu anda lakukan untuk transaksi jual beli mobil bekas :

  • Periksa keseluruhan BPKB dengan teliti dan rinci.

Buku Pemilik Kendaraan bermotor ini menjadi hal utama untuk anda sebagai langkah awal dalam transaksi jual beli mobil bekas. Karena pada setiap lembar yang ada pada BPKN memuat semua tentang identitas mobil. Anda juga perlu mengecek keaslian BPKB tersebut.

  • STNK dan Lembar Pajak menjadi hal yang perlu anda periksa dengan benar. Anda harus memastikan nomor STNK dan tahun pengesahannya sama pada bagian pojok kanan atas STNK tersebut.

Lembar pajak juga perlu anda periksa dengan teliti dan tentu saja harus tervalidasi oleh Samsat. Biasanya terdapat jumlah pembayaran pajak dan juga tanggal serta waktu pembayaran pajak.

  • Anda harus memeriksa faktur yang merupakan surat lahirnya kendaraan. Karena pemilik baru kendaraan tersebut harus memiliki faktur yang dibuat empat rangkap oleh ATPM ini. Lembar faktur yang satu dipegang oleh dealer sedangkan lembar yang satu dipegang oleh pemilik kendaraan dan dua lembar lainnya diserahkan ke kepolisian untuk penulisan BPKB.
  • Jika mobil bekas yang akan ditransaksikan berstatus mobil import maka diperlukkan From A. from A ini berfungsi untuk mengurus STNK dan BPKB juga sebagai bukti bahwa bea dan pajak mobil tersebut telah dibayarkan.
  • Langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan fisik kendaraan di Polda. Anda harus memastikan bahwa nomor rangka, nomor mesin, serta warna cat mobil yang ada sama seperti yang tertera di BPKB dan STNK.
  • Anda juga perlu menyiapkan kwitansi kosong dan juga fotocopy KTP pemilik yang biasanya diminta pembeli agar mempermudah balik nama dan juga jika pembeli berencana menjual lagi mobil tersebut kepada pihak lain.
  • Dokumen yang diperlukan terakhir adalah surat jual beli agar menghindari masalah-masalah yang timbul di masa yang akan datang.
  • Jika dokumen yang anda butuhkan dirasa sudah lengkap, selanjutnya anda bisa mulai jual beli dengan media yang anda rasa bisa mendatangkan dan mempermudah jual beli mobil bekas dengan anda.
Baca Juga:   Contoh Berita Acara Serah Terima Pekerjaan Lengkap

Cara Membuat Kwitansi Jual Beli Mobil Bekas

Kwitansi adalah alat bukti pembayaran yang sah dimata hukum Indonesia dalam setiap transaksi jual beli antara dua pihak. Jika anda melakukan transaksi jual beli mobil bekas maka diperlukannya sebuah kwitansi.

Penjual sebagai pihak yang membuat kwitansi ini dengan tanpa adanya paksaan dari manapun kemudian diserahkan ke pihak pembeli dengan bertujuan sebagai bukti transaksi penjual telah menerima sejumlah uang dari pembeli.

Apakah anda tahu bagaimana membuat kwitansi jual beli mobil bekas yang benar? Caranya bisa anda simak di bawah ini.

Persiapkan lembar kwitansi.

Lembar kwitansi adalah langkah awal yang perlu anda lakukan untuk membuat kwitansi. Lembar ini bisa anda dapatkan pada toko alat tulis, minimarket atau fotocopy terdekat dengan lokasi anda.

Anda hanya memerlukan satu lembar kwitansi saja sebagai alat bukti pembayaran jual beli mobil bekas anda. Ada berbagai merk untuk lembar kwitansi ini, anda bebas memilih-nya sesuai keinginan anda.

Menuliskan kata-kata yang tepat.

Untuk menuliskan kata-kata pada sebuah kwitansi sebaiknya ditulis dengan pulpen bertinta hitam atau biru tua, pada sebuah lembar kwitansi tidak diperbolehkan kesalahan kata.

Jika terdapat kesalahan anda, anda tidak bisa mengoreksinya dengan dicoret atau dihapus. Karena itu bisa dianggap sebagai manipulasi data. Penulisan kwitansi yang benar yaitu :

Telah terima dari : Isi dengan nama pemilik mobil

  • Uang sejumlah : isi dengan nominal harga mobil dengan huruf kapital.
  • Untuk pembayaran : isi dengan spesifikasi mobil bekas tersebut.
  • Lokasi dan tanggal : isi dengan tempat dan tanggal terjadinya jual beli mobil.
  • Nominal nilai transaksi : isi dengan nominal harga mobil menggunakan angka.

Tanda tangan bermaterai.

Pada bagian bawah lembar suatu kwitansi di pojok kanannya terdapat jarak dari lokasi dan tanggal. Tempat tersebut digunakan untuk menempel materai dan membubuhkan tanda tangan penjual mobil.

Baca Juga:   13 Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan yang Baik, Benar Serta Sopan

Penjual mobil tersebut harus menuliskan nama lengkapnya dan membubuhkan tanda tangannya di atas materai yang sudah tertempel pada lembar kwitansi tersebut.

Kwitansi Jual Beli Motor Yang Sah

Jual beli motor yang anda transaksikan juga biasa anda lakukan dari dealer. Kwitansi jual beli motor biasanya diberikan oleh petugas dealer kepada pihak pembeli sebagai bukti transaksi jual beli motor tersebut yang sah.

Sebenarnya kwitansi jual beli motor yang sah pada dasarnya hampir sama dengan kwitansi jual beli motor pada umumnya. Yang menjadi perbedaan adalah adanya logo dealer yang menjual motor tersebut. Berikut bisa anda lihat kwitansi jual beli motor yang sah.

Ratu Wijaya Motor (logo)

Kwitansi No. KWB11111

 Tgl JT 30 Januari 2019

Jl. Belibis Terusan No. 96 Jakarta Barat

Telepon 021 776655443

Terima Dari : Siti Rohayani

Jumlah Uang : Lima belas juta lima ratu lima puluh ribu rupiah

Untuk pembayaran : Sepeda motor Suzuki

Type/jenis : Suzuki/A5D07TMYU M/T

No. Rangka : PYD111KL001802

No. Mesin : PYD1r100345

Tahun : 2019

Warna : Hitam Putih (H/P)

Atas Nama STNK : Siti Rohayani 

Alamat : JL. H. subuh no 41 Jakarta Barat

Keterangan : Pembayaran Siti Rohayani

Terbilang : Rp. 15.550.000,-

Kwitansi ini dianggap sah apabila pembayaran dengan cek/giro telah diuangkan / clearing.

Contoh Surat Lengkap Kwitansi Jual Beli Motor Bekas Yang Benar

Surat lengkap kwitansi jual beli motor ini menerangkan secara lengkap spesifikasi motor bekas tersebut. Surat lengkap kwitansi jual beli motor bisa anda lihat contohnya :

No. 

Sudah terima dari : Tiffany Ayu Lestari

Uang sebanyak : Lima Juta Lima Ratus Ribu Rupiah

Terbilang : Rp.5.500.000,-

Guna membayar : 1 (satu) unit motor Honda Scoopy 110 cc tahun 2010

            No Polisi = B 1134 YLW

            No Mesin = KEVAR 897648

            No Rangka = NH2KEVS789544JK 7896

               

                                Jakarta, 11 Maret 2020

                                    Materai + TTD

                                        Penjual

                                Nama Terang Penjual

Contoh surat lengkap kwitansi jual beli motor bekas yang benar akan anda dapatkan jika anda bertransaksi jual beli motor bekas tersebut di tempat yang terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 − 3 =