Jenis Jaringan Komputer Dimana Server Melayani Permintaan Client

Jenis jaringan komputer dimana server melayani permintaan client adalah Client Server. Anda tentu sudah tidak asing dengan yang namanya internet. Bahkan untuk membaca artikel ini, anda pasti menggunakan internet.

Internet pada dasarnya bekerja untuk menghubungkan atau jaringan komputer dengan jaringan komputer yang lainnya.

Artikel kali ini akan membahas mengenai jaringan komputer termasuk jenis-jenisnya. Check this out!

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan suatu sistem yang memuat dua atau lebih dari perangkat komputer yang terhubung satu sama lain dengan memanfaatkan berbagai media transmisi dan media komunikasi sehingga bisa berbagi data baik dari software maupun hardware komputer.

Jaringan komputer ini dapat bersifat privat maupun publik.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

  • PAN (Personal Area Network)

Jenis jaringan komputer yang pertama adalah PAN. Jaringan MAN mencakup wilayah yang sangat kecil biasanya hanya untuk internet atau printer lokal saja.

  • LAN (Local Area Network)

Saat sekolah dan mempelajari pelajaran Komputer atau TIK, anda pasti tidak asing dengan pertanyaan “Jenis jaringan komputer dimana server melayani permintaan client adalah ?”.

Anda akan menemukan jawabannya disini. Jenis jaringan komputer dimana server melayani permintaan client adalah jaringan client server yang mana masih masuk dalam kategori jaringan LAN.

Jaringan LAN memiliki fungsi untuk menghubungkan perangkat jaringan pada jangkauan yang tidak luas atau relatif kecil. Misalnya adalah sistem jaringan yang ada di sekolah, kantor, atau rumah tinggal.

  • CAN (Campus Area Network)

Seperti namanya, Campus Area Network adalah jaringan komputer yang digunakan untuk lingkup kampus atau akademisi. Jenis jaringan ini biasanya digunakan untuk keperluan laboratorium, perpustakaan, kelas, email kampus dan sebagainya.

  • MAN (Metropolitan Area Network)

MAN merupakan jaringan yang menghubungkan perangkat satu dengan perangkat lain yang lingkupnya masih dalam satu kota.

  • WAN (Wide Area Network)

WAN secara sederhana adalah kumpulan dari jaringan LAN dengan jenis yang sama.

  • Internet

Dibandingkan dengan seluruh jenis jaringan komputer lainnya, internet merupakan jenis jaringan yang paling besar yang pernah diciptakan oleh manusia. Internet dapat diakses di seluruh dunia, kapanpun dan dimanapun tanpa batas.

  • VPN (Virtual Private Network)

VPN merupakan penyedia koneksi internet yang lebih aman. VPN bisa membuat jalur khusus yang lebih aman untuk mengakses sesuatu maupun untuk mentransmisi data.

Manfaat Jaringan Komputer

  1. Berbagi dokumen, hal ini dapat dilakukan melalui media hardware maupun nirkabel menggunakan internet.
  2. Menjaga dan Manajemen Keamanan Data, Memanfaatkan jaringan komputer untuk menyimpan data adalah pilihan tepat. Jaringan komputer dapat membuat data anda aman, mudah dicari kembali dan tidak akan rusak.
  3. Kemudahan Komunikasi, tak bisa dimungkiri bahwa adanya jaringan komputer mampu memudahkan komunikasi antar manusia tanpa dibatasi apapun.
  4. Menyampaikan Informasi dengan Cepat dan Tepat, dengan adanya jaringan komputer, informasi akan tersampaikan dengan lebih cepat dan real time tanpa harus menunggu waktu yang lama. Jaringan komputer juga membuat banyak informasi dengan tema sama dapat dikumpulkan dengan tepat.
  5. Membantu Aktivitas Manusia, setiap perubahan dan penemuan di bidang teknologi paste dimaksudkan untuk memudahkan aktivitas manusia, termasuk jaringan komputer ini.

Nah itulah tadi artikel lengkap mengenai jaringan komputer dan jenis-jenisnya termasuk jawaban dari pertanyaan “jenis jaringan komputer dimana server melayani permintaan client?”.

Semoga penjelasan diatas dapat membantu anda memahami apa itu jaringan komputer. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment