Teknologi Informasi Menggunakan Seperangkat Komputer Untuk

Teknologi informasi adalah salah satu ilmu yang mempelajari tentang perancangan, implementasi, pengenmbangan, dukungan atau manajemen sistem informasi yang memiliki basis komputer khususnya hal-hal yang mengenai perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

Teknologi Informasi menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data sistem jaringan agar bisa terhubung antar komputer sesuai dengan yang dibutuhkan agar data bisa disebarkan serta diakses secara global tanpa hambatan.

Tujuan Teknologi Informasi

  • Mengatasi problem terutama mengenai komunikasi global
  • Menambah produktivitas manusia
  • Meningkatkan kemampuan dan kualitas dari kegiatan manusia
  • Mendukung serta mengembangkan kreativitas manusia dalam kehidupan sehari-hari

Fungsi Teknologi Informasi

Teknologi Informasi Menggunakan Seperangkat Komputer Untuk

1. Capture (Menangkap)

Capture atau menangkap ang dimaksud disini adalah menginput data. Menginput data dapat dilakukan dengan banyak alat misalnya menangkap data suara menggunakan mic, menangkap data tulisan menggunakan keyboard, menangkap data gambar menggunakan scanner dan sebagainya.

2. Processing (Mengolah)

Data yang telah ditangkap atau diinput nantinya akan diterima untuk menjadi informasi. Proses mengolah data tersebut dapat dilakukan dengan cara konversi, analisis dan hitung-menghitung.

3. Generating (Menghasilkan)

Informasi yang telah diterima dan diolah dapat diubah sedemikian rupa agar menjadi bentuk yang lebih sempurna, berguna dan lebih mudah dimengerti. Misalnya data tulisan panjang bisa menghasilkan tabel setelah diolah, data list panjang bisa menghasilkan grafik atau laporan.

4. Storage (Menyimpan)

Fungsi teknologi informasi yang selanjutnya adalah untuk menyimpan data agar bisa digunakan di masa mendatang dalam waktu yang lama. Menyimpan data secara digital akan lebih mudah dan menghindari resiko hilang atau rusak. Anda bisa melakukan tindakan penyimpanan menggunakan hard disk, flash disk, tape, cloud storage dan lain sebagainya.

5. Retrieval (Mencari Kembali)

Masih berhubungan dengan fungsi sebelumnya, teknologi informasi bisa membantu anda mencari kembali data yang telah disimpan sebelumnya. Tidak hanya mencari kembali, anda juga bisa menyalin lagi data atau informasi yang telah disimpan untuk keperluan tertentu.

6. Transmission (Mentransmisi)

Mentransmisi adalah istilah lain untuk mengirim data dari lokasi satu ke lokasi yang lain tentu masih menggunakan jaringan komputer. Transmisi data in bisa dilakukan dengan hardware seperti copy melalui flash disk, hard disk, tape dan lain lain atau menggunakan software seperti bluetooth, kirim download dan lain-lain.

Manfaat Teknologi Informasi

Teknologi Informasi Menggunakan Seperangkat Komputer Untuk

1. Untuk Industri dan Perbankan

Teknologi informasi bisa membantu industri untuk membuat rancangan desain produk untuk meningkatkan kualitas. Teknologi informasi juga bisa membuat pekerjaan pabrik dan manufaktur lebih efisien dengan penggunaan mesin.

Selain itu, teknologi informasi bisa membantu industri untuk memasarkan produk dengan lebih luas. Dalam dunia perbankan, teknologi informasi bisa meningkatkan keamanan transaksi dan keamanan data pelanggan. Teknologi informasi juga memudahkan transaksi seperti adanya teknologi internet banking dan mobile banking.

2. Untuk Pendidikan

Dalam dunia pendidikan, teknologi informasi bermanfaat untuk keefektifan belajar siswa. Siswa dapat dengan mudah mengakses sumber belajar lain selain buku, menumbuhkan kreativitas dan mengasah skill komunikasi dengan dunia luar. Istilahnya, teknologi informasi juga merupakan jendela dunia selain buku.

3. Untuk Kedokteran

Teknologi informasi juga bermanfaat untuk dunia kedokteran. Dokter dapat dengan mudah mendiagnosa suatu penyakit dengan teknologi. Selain itu, dokter juga bisa berdiskusi dengan dokter di seluruh dunia mengenai suatu penyakit atau pasien.

4. Untuk Pemerintahan

Manfaat selanjutnya adalah untuk bidang pemerintahan. Teknologi informasi bisa menjadi sarana komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah. Teknologi informasi juga membantu pemerintah menyimpan data masyarakat yang berkaitan dengan kebijakan tertentu.

5. Untuk Hiburan

Tidak bisa dimungkiri bahwa teknologi informasi sangat bermanfaat untuk hiburan. Teknologi informasi memungkinkan manusia bertukar kabar hanya melalui layar. Teknologi informasi juga bermanfaat untuk membuat desain grafis, animasi, periklanan serta audio visual yang menjadi sarana hiburan.

Nah itulah tadi artikel mengenai teknologi informasi. Semoga penjelasan diatas dapat membantu anda memahami bahwa teknologi informasi menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data dan fungsi lainnya. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

three × five =