Kuliah Jurusan Teknik Komputer Jaringan

Jurusan Teknik Komputer Jaringan adalah salah satu jurusan di perkuliahan yang mempelajari tentang komputer, komponennya dan berbagai jaringan di dalamnya yang akan menyadarkan anda bahwa komputer dan jaringannya bukanlah sesuatu yang sederhana.

Nah, untuk anda yang bersiap untuk kuliah jurusan teknik komputer jaringan, berikut beberapa materi yang akan anda pelajari di perkuliahan dan peluang kerja yang bisa anda ambil setelah lulus kuliah.

Materi Kuliah Jurusan Teknik Komputer Jaringan

Kuliah Jurusan Teknik Komputer Jaringan

1. Komputer dan Jaringan Dasar

Yang pasti dan pertama kali dipelajari adalah materi mengenai komputer dan jaringan dasar. Disini, anda akan diajarkan apapun mengenai sejarah komputer, hardware komputer, perkembangan jaringan serta jaringan-jaringan dasar yang menyertainya.

Jika sebelumnya anda sudah bersekolah di jurusan teknik komputer dan jaringan, materi ini mungkin akan menjadi pengulang materi anda sebelumnya.

2. Pemrograman Dasar

Berkuliah di jurusan yang berbau komputer, kiranya tidak akan lepas dari yang namanya pemrograman. Ya, materi yang banyak dihindari oleh mahasiswa karena dianggap sulit dan memusingkan.

Pengkodingan mungkin dianggap sebagai sesuatu yang sulit, namun jika anda mempelajarinya dengan sungguh-sungguh semuanya akan terasa mudah. Ilm pemrograman dasar akan bermanfaat untuk anda agar bisa melakukan coding untuk operasi komputer.

3. Teknologi Jaringan Berbasis Luas

Materi selanjutnya adalah materi lanjutan yang cukup sulit. Pada materi teknologi jaringan berbasis luas, anda akan mempelajari diagnosa kerusakan komputer, cara perbaikannya hingga pembuatan jaringan LAN, WAN atau Internet mulai dari awal hingga berhasil digunakan.

4. Administrasi Infrastruktur Jaringan

Pada materi ini, anda akan diajarkan mengenai konfigurasi jaringan seperti Cisco, Mikrotik dan sebagainya. Tidak hanya itu, anda akan diajarkan mengenai konfigurasi server yang akan membuat anda siap jika suatu saat akan menjadi seorang administrator di perusahaan atau instansi tertentu.

5. Desain Grafis

Seperti namanya, mata kuliah ini akan meminta anda untuk membuat desain-desain grafis terutama yang nantinya berhubungan dengan komputer dan jaringan. Misalnya saja, desain grafis untuk halaman website, latar belakang blog dan sebagainya.

6. Simulasi dan Komunikasi Digital

Materi simulasi dan komunikasi digital akan mengajarkan anda untuk meniru bentuk visual yang akan anda deskripsikan dalam model gambar, grafis, kata dan lainnya. Dengan mempelajari ini, anda diharapkan dapat menjelaskan apa yang telah anda buat demi kelancaran pekerjaan di masa mendatang.

7. Administrasi Sistem Jaringan

Dalam mata kuliah ini, anda akan belajar mengenai sistem operasi dan proses instalasinya secara lengkap. Anda akan mempelajari banyak sekali materi seperti layanan pinter, HTTP hingga DNS Service yang akan sangat berguna untuk pekerjaan.

8. Teknologi Layanan Jaringan

teknologi layanan jaringan akan mengajarkan anda mengenai layanan yang bisa anda rancang dan anda buat untuk tujuan komersial. Selain membuat, anda tentu harus bisa menjelaskan layanan apa yang telah anda buat untuk pelanggan anda pada berbagai perangkat mereka.

9. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Sudah sejak lama pemerintah merekomendasikan mata kuliah mengenai kewirausahaan di berbagai jurusan di universitas tidak terkecuali jurusan teknik komputer jaringan. Produk kreatif dan kewirausahaan yang akan anda pelajari disini tentunya berhubungan dengan jurusan anda.

Anda akan diminta untuk membuat produk kreatif bernilai jual dari apa yang telah anda pelajari selama perkuliahan.

Tentunya, tidak hanya materi diatas yang dipelajari saat kuliah jurusan teknik komputer jaringan. Masih banyak materi perkuliahan lain yang mendukung pembelajaran mengenai teknik komputer dan jaringan.

Peluang Kerja Jurusan Teknik Komputer Jaringan

Kuliah Jurusan Teknik Komputer Jaringan

  1.   Teknisi
  2.   PNS
  3.   Desainer
  4.   Programmer
  5.   Sistem Analis
  6.   Network Administrator
  7.   Konsultan ERP
  8.   Game Developer

Nah itulah tadi artikel mengenai kuliah jurusan teknik komputer jaringan beserta peluang kerja apa yang sekiranya bisa anda jalani setelah lulus. Semoga penjelasan diatas dapat membantu anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

12 + 15 =