Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja, Jangan Sampai Salah Pilih

Kuliah merupakan salah satu cara dalam meraih kesuksesan, banyak sekali anak muda yang lulus dari jenjang SMA langsung mengambil keputusan untuk melanjutkan pendidikannya di bangku kuliah.

Meski kuliah mampu membantu setiap orang dalam meraih kesuksesan, akan tetapi banyak orang yang mengambil jurusan kuliah secara asal-asalan. Orang-orang tersebut beranggapan bahwa jurusan tidak penting karena setiap jurusan mampu membuat siapa saja sukses.

Anggapan tersebut memang tidak salah, tetapi Anda harus tahu terdapat jurusan kuliah yang banyak peluang kerja. Peluang kerja dari jurusan-jurusan berikut akan membantu mahasiswanya dalam meraih kesuksesan.

Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja Pertama

 

Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja, Jangan Sampai Salah Pilih

Jurusan pertama yang dapat membantu mahasiswanya dalam meraih kesuksesan adalah jurusan kedokteran, setiap orang pasti paham bahwa jurusan ini memang tidak perlu diragukan lagi dalam membantu kesuksesan seseorang.

Jurusan kedokteran sendiri dapat dikatakan bahwa jurusan favorit pada setiap universitas, dengan kelebihan dari jurusan kedokteran membuat siapa saja akan tertarik untuk masuk ke dalam jurusan tersebut.

Akan tetapi Anda perlu mengetahui bahwa untuk masuk ke dalam jurusan kedokteran bukan hal yang mudah, siapa saja jika ingin masuk ke dalam jurusan tersebut harus belajar dengan giat serta menyiapkan biaya kuliah dengan sangat banyak.

Meski masuk ke jurusan kedokteran bukan perkara gampang, tetapi siapa saja  yang bisa masuk ke dalam jurusan tersebut akan memiliki peluang besar dalam meraih kesuksesan. Selain itu banyak orang berpendapat bahwa dokter merupakan salah satu pekerjaan mulia.

Jurusan Kedua

Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja, Jangan Sampai Salah Pilih

Jurusan kuliah yang banyak peluang kerja kedua adalah jurusan ekonomi, banyak orang pasti sudah mengetahui bahwa setiap lulusan jurusan ekonomi memiliki peluang besar dalam dunia kerja.

Hal tersebut tidak membuat heran karena setiap tahun pertumbuhan ekonomi akan terus berkembang, dengan perkembangan ekonomi yang terus meningkat maka peluang kerja bagi mahasiswa jurusan ekonomi juga akan meningkat.

Beberapa bidang ekonomi yang bisa mendapatkan pekerjaan mudah adalah sarjana Akuntansi, dengan gelarnya sebagai sarjana akuntansi maka orang tersebut bisa dengan mudah mendapat pekerjaan di bidang keuangan suatu perusahaan.

Selain itu bidang lainnya yang mampu mendapatkan pekerjaan mudah adalah sarjana administrasi, pada zaman modern seperti ini banyak sekali pengusaha membutuhkan tenaga kerja dibidang administrasi.

Selain peluang kerja yang telah disebutkan sarjana ekonomi dapat bekerja sebagai tim HRD, perlu diketahui bahwa gaji tim HRD cukup banyak sehingga membuat siapa saja tertarik untuk bekerja sebagai salah satu tim HRD.

Akan tetapi perlu diingat juga bahwa untuk masuk kedalam jurusan ekonomi juga tidak mudah, misalnya saja jika Anda ingin masuk ke jurusan ekonomi dengan bidang manajemen maka harus siap untuk belajar lebih giat agar lulus di bidang tersebut.

Jurusan Ketiga

Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja, Jangan Sampai Salah Pilih

Jurusan ketiga yang mempunyai peluang kerja besar adalah teknik informatika, jurusan ini sendiri juga sangat populer akhir-akhir ini karena peluang kerja dari teknik informatika sangat besar.

Pada zaman modern seperti ini setiap perusahaan pasti membutuhkan  karyawan dibidang teknik   informatika, karena karyawan lulusan teknik informatika akan mengelola akan mengelola data perusahan dengan komputer.

Dengan majunya perkembangan komputer maka peluang kerja dari jurusan ini juga akan semakin meningkat, hampir setiap bisnis akan menggunakan komputer untuk pengolahan datanya.

Selain itu gaji dari jurusan teknik informatika juga sangat besar, misalnya saja terdapat mahasiswa lulusan teknik informatika lalu kerja pada suatu perusahaan di bagian back end developer maka dapat dipastikan gaji mahasiswa tersebut lebih dari Rp 5 juta.

Jurusan Keempat

Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja, Jangan Sampai Salah Pilih

Teknik perminyakan dan pertambangan merupakan jurusan keempat yang memiliki peluang kerja sangat baik, jurusan ini sendiri juga jurusan favorit pada suatu universitas. Hampir setiap tahun banyak orang mendaftar di teknik perminyakan serta pertambangan.

Untuk masuk ke dalam jurusan ini sendiri juga sangat sulit, banyaknya saingan membuat peluang masuk di teknik perminyakan dan pertambangan sangat sedikit. Tetapi jika Anda sudah yakin untuk masuk ke jurusan perminyakan serta pertambangan maka harus belajar lebih giat lagi agar bisa lolos.

Teknik perminyakan dan pertambangan memang sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan pertambangan atau perminyakan di Indonesia, hal itu karena negara ini memang kaya dengan sumber daya alamnya seperti batu bara.

Banyak orang mengambil teknik perminyakan atau pertambangan bukan hanya dari segi peluang kerjanya saja, tetapi orang-orang tersebut juga melihat serta tergiur dari gaji karyawan pertambangan.

Gaji seorang karyawan perusahaan pertambangan atau perminyakan sendiri bisa diatas Rp 5 juta untuk seorang fresh graduate, tetapi jika orang tersebut sudah berpengalaman gajinya bisa naik lebih tinggi lagi.

Jurusan Kelima

Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja, Jangan Sampai Salah Pilih

Jurusan kelima dengan banyaknya peluang kerja adalah jurusan psikologi, hampir semua universitas terkenal memiliki jurusan yang satu ini. Jurusan psikologi sendiri sangat dikenal oleh banyak orang karena banyaknya lapangan pekerjaan untuk jurusan satu ini.

Salah satu contoh pekerjaan untuk jurusan psikologi adalah HRD, bagi beberapa orang yang menginginkan pekerjaan dengan posisi HRD maka bisa mencoba jurusan psikologi. Jurusan psikologi sendiri memang mempunyai prospek bagus di dunia kerja.

Prospek kerja lainnya dari jurusan psikologi adalah konsultan suatu perusahaan, pekerjaan ini sendiri memang banyak dibutuhkan oleh beberapa perusahaan besar. Selain itu gaji dari konsultan perusahaan juga cukup besar.

Untuk masuk ke dalam jurusan ini Anda harus berjuang sangat keras, hal itu karena banyaknya saingan untuk merebutkan jurusan psikologi. Perlu diketahui juga bahwa jurusan psikologi selalu mengalami peningkatan pendaftar setiap tahunnya.

Jurusan Keenam

Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja, Jangan Sampai Salah Pilih

Jurusan keenam adalah teknik sipil, teknik sipil sendiri merupakan suatu jurusan yang mempelajari tentang pembangunan, perencanaan hingga perawan suatu bangunan selain itu teknik sipil juga mempelajari fasilitas izin bangunan.

Teknik sipil sendiri merupakan jurusan dengan peluang kerja sangat baik di Indonesia, hal itu karena setiap tahun bahkan setiap bulan selalu ada pembangunan bangunan terutama di kota-kota besar.

Dengan adanya pembangunan setiap tahunnya membuat peluang kerja dari teknik sipil sangat besar, maka jangan heran jika jurusan ini mengalami peningkatan pendaftar setiap tahunnya sama seperti jurusan favorit lainnya.

Prospek kerja teknik sipil sendiri bukan hanya tentang pembangunan suatu bangunan saja, terdapat prospek kerja lainnya dari jurusan ini seperti menjadi suatu konsultan pembangunan serta manajer kontrol sistem.

Untuk gajinya teknik sipil memiliki gaji yang sangat besar, misalnya saja untuk posisi manajer konstruksi akan mendapatkan gaji berkisar Rp 7 juta sampai Rp 30 juta. Dengan gaji seperti itu tidak heran jika banyak orang berlomba-lomba untuk bisa lolos di jurusan teknik sipil.

Jurusan Ketujuh

Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja, Jangan Sampai Salah Pilih

Ilmu komunikasi merupakan jurusan terakhir dengan peluang kerja yang sangat tinggi, meski memiliki peluang tinggi dari segi pekerjaan masih banyak orang meremehkan jurusan ilmu komunikasi ini.

Lulusan dari jurusan ilmu komunikasi sendiri dapat bekerja pada suatu bidang kreatif, misalnya saja menjadi seorang wartawan. Meski terlihat bukan seperti pekerjaan menjanjikan seorang wartawan juga memiliki gaji cukup besar, diperkirakan gaji wartawan adalah Rp 7 juta.

Kesimpulan

Kuliah merupakan salah satu jalan untuk mendapatkan pekerjaan serta kesuksesan, akan tetapi terdapat jurusan kuliah yang banyak peluang kerja. Dengan memilih beberapa jurusan tersebut maka peluang Anda dalam mendapat pekerjaan juga semakin besar.

1 thought on “Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja, Jangan Sampai Salah Pilih”

Leave a Comment

2 × 3 =