Peluang Kerja Ilmu Komunikasi Dengan Gaji Tinggi

Bagi beberapa orang pasti sudah mengetahui tentang jurusan ilmu komunikasi, jurusan ini sendiri merupakan suatu jurusan yang mempelajari tentang komunikasi antara sesama masyarakat.

Selain itu ilmu komunikasi juga dikenal sebagai jurusan dengan materi pembelajaran komunikasi antar individu seperti media periklanan dan juga media sosial, meski terlihat rumit jurusan ini memiliki peluang bagus.

Terdapat peluang kerja ilmu komunikasi dengan gaji sangat tinggi, selain itu jurusan ilmu komunikasi juga memiliki peluang bagus lainnya seperti banyaknya lapangan pekerjaan bagi mahasiswa dengan jurusan tersebut.

Peluang Kerja Ilmu Komunikasi

Bagi beberapa orang sendiri belum mengenal dekat tentang jurusan ini, banyak orang berpikir bahwa jurusan dengan lapangan pekerjaan bagus serta gaji tinggi adalah jurusan ekonomi serta jurusan kedokteran.

Hal tersebut memang tidak salah tetapi jurusan ilmu komunikasi sendiri juga memiliki prospek bagus untuk lapangan pekerjaan sendiri, selain itu gaji dari lulusan ilmu komunikasi juga tinggi dan tidak kalah dari jurusan favorit lainnya.

Peluang kerja pertama bagi para mahasiswa lulusan ilmu komunikasi adalah menjadi wartawan, setiap orang pasti mengetahui pekerjaan yang satu ini. Wartawan sendiri bertugas untuk mencari sebuah informasi terbaru di suatu wilayah untuk dilaporkan dan dibuat menjadi sebuah berita.

Banyak orang sendiri berpendapat bahwa menjadi wartawan merupakan pekerjaan sederhana serta tidak menarik, akan tetapi perlu diketahui bahwa gaji dari wartawan cukup besar. Diperkirakan gaji wartawan Rp 7 juta hingga Rp 10 juta.

Dengan gaji yang tinggi pasti membuat banyak orang tertarik mengambil jurusan ilmu komunikasi dan berharap dapat bekerja menjadi wartawan, perlu diketahui bahwa untuk lolos seleksi menjadi wartawan juga tidak mudah jadi Anda harus lebih giat belajar.

Peluang Kerja Ilmu Komunikasi Dengan Gaji Tinggi

Peluang kerja ilmu komunikasi kedua adalah  menjadi travel blogger, bagi Anda yang suka jalan-jalan pekerjaan ini cocok untuk dicoba. Travel blogger merupakan pekerjaan mengelola suatu blog dan menulis artikel mengenai wisata atau tempat-tempat unik suatu daerah, serta menulis makanan khas daerah tersebut.

Pekerjaan ini sendiri sedang naik daun di kalangan anak muda, para travel blogger sendiri berpendapat bahwa pekerjaan ini sangat enak untuk dijalani serta membuat nyaman dan tidak membosankan.

Hal itu wajar saja karena hampir setiap hari travel blogger akan jalan-jalan pada suatu wilayah bahkan keluar negeri untuk mendapatkan informasi tentang keunikan suatu wilayah, jika telah mendapatkan informasi yang diinginkan maka travel blogger akan menulis informasi tersebut pada blog miliknya.

Untuk penghasilannya sendiri travel blogger mendapatkan uang dari promosi produk atau dari iklan pada blognya, memang ketika awal merintis pendapatan dari travel blog sangat kecil tetapi jika sabar dan terus mengembangkan blognya maka pendapatan juga akan meningkat.

Peluang kerja ketiga bagi lulusan ilmu komunikasi adalah menjadi presenter, presenter merupakan pembawa acara pada suatu program televisi atau media lainnya. Pekerjaan ini sendiri merupakan pekerjaan yang sangat diminati bagi kalangan anak muda.

Hal tersebut karena jika menjadi seorang presenter, orang itu akan sering masuk televisi atau media lainnya. Akan tetapi untuk menjadi presenter tidak mudah, dibutuhkan pengalaman serta kemampuan komunikasi yang baik agar bisa bekerja menjadi presenter.

Untuk gajinya sendiri presenter memiliki kisaran gaji sebesar Rp 3,8 juta, gaji tersebut akan terus mengalami peningkatan dengan bertambahnya pengalaman dari presenter itu sendiri. Dengan gaji yang cukup tinggi membuat pekerjaan ini banyak dilirik kalangan anak muda.

Peluang kerja keempat adalah menjadi tim media periklanan, pekerjaan ini sendiri terus dicari  oleh para perusahaan periklanan di Indonesia. Hal itu wajar saja karena banyak bisnis tengah berkembang yang membutuhkan jasa media iklan.

Dengan berkembangnya bisnis di Indonesia membuat lapangan pekerjaan menjadi tim media periklanan juga sangat besar, pekerjaan ini sendiri cocok bagi para lulusan ilmu komunikasi yang ingin pekerjaan dengan gaji cukup besar.

Diperkirakan gaji dari bidang iklan sendiri sebesar Rp 4 juta, gaji itu sendiri belum termasuk tunjangan dari perusahaan tempat orang tersebut bekerja. Dengan gaji yang menarik serta tunjangannya membuat pekerjaan ini banyak dicari.

Peluang kerja selanjutnya yaitu menjadi creative director, untuk bekerja sebagai creative director sendiri bukan hal yang mudah. Bukan hanya berbekal lulusan ilmu komunikasi saja tetapi orang tersebut dituntut untuk kreatif serta memiliki ide-ide segar setiap harinya.

Pekerjaan creative director memang sulit bagi beberapa orang, tetapi masih banyak orang yang mempunyai keinginan untuk bekerja menjadi creative director. Hal tersebut karena gaji dari creative director sangat besar bagi beberapa orang.

Untuk daji dari creative director sendiri diperkirakan sebesar Rp 3 juta hingga Rp 6 juta, gaji tersebut bergantung dari pengalaman serta hal-hal lainnya. Jika Anda tertarik untuk bekerja sebagai creative director maka harus siap dengan ide-ide menarik setiap harinya.

Peluang kerja keenam adalah event organizer, event organizer merupakan suatu pekerjaan yang menyiapkan segala hal berkaitan dengan acara tertentu yang akan diadakan. Pekerjaan ini juga sangat sering dicari oleh kalangan fresh graduate.

Pekerjaan ini sendiri menjadi salah satu pekerjaan favorit bagi lulusan ilmu komunikasi, menurut sarjana ilmu komunikasi bekerja di event organizer merupakan pekerjaan seru dan menyenangkan.

Untuk gajinya sendiri seseorang yang bekerja di event organizer memiliki kisaran gaji sebesar Rp 3 juta bahkan lebih tergantung dari pengalaman, selain itu terdapat bonus dari setiap eventnya.

Hal penting di Jurusan Ilmu Komunikasi

Setelah mengetahui prospek kerja dari jurusan ilmu komunikasi maka hal berikutnya yang harus diketahui adalah hal-hal penting di jurusan ilmu komunikasi, informasi ini akan membantu Anda jika ingin masuk ke dalam jurusan tersebut.

Informasi pertama adalah mengetahui apa saja yang akan dipelajari di jurusan ilmu komunikasi, secara garis besar ilmu komunikasi akan mempelajari tentang proses terjadinya komunikasi selain itu bagaimana cara agar komunikasi tersebut menjadi lebih efektif.

Informasi penting kedua yang harus diketahui jika ingin masuk ke dalam jurusan ini adalah mata pelajaran dari ilmu komunikasi, dengan mengetahui berbagai pelajaran di jurusan ilmu komunikasi akan membuat Anda lebih yakin untuk masuk ke dalam jurusan tersebut.

Untuk pelajarannya ilmu komunikasi dibagi dalam beberapa mata pelajaran, beberapa diantaranya adalah komunikasi masa dan juga sosiologi komunikasi. Selain itu juga pada semester seorang mahasiswa ilmu komunikasi bisa memilih peminatan, peminatan ini berbeda pada setiap universitas.

Peluang Kerja Ilmu Komunikasi Dengan Gaji Tinggi

Kemampuan yang harus dikuasai merupakan informasi penting berikutnya, jika Anda ingin masuk ke dalam jurusan ilmu komunikasi maka harus mengetahui tentang berbagai kemampuan dasar untuk masuk ke dalamnya.

Salah satu contoh kemampuan dasar yang harus dimiliki untuk masuk ke jurusan ilmu komunikasi adalah public speaking, jika Anda tidak memiliki kemampuan tersebut maka mulai sekarang harus lebih giat dalam belajar public speaking.

Kesimpulan

Banyaknya peluang kerja ilmu komunikasi membuat orang-orang tertarik untuk masuk ke dalam jurusan tersebut, hal tersebut karena jurusan ilmu komunikasi memiliki peluang bagus dari gaji serta banyaknya lapangan pekerjaan yang tersedia.

Leave a Comment

1 + seventeen =