23 Jenis Pekerjaan yang Bergerak di Bidang Jasa
Edukasi

23 Jenis Pekerjaan yang Bergerak di Bidang Jasa

Pekerjaan itu ada 2 jenisnya, yaitu pekerjaan di bidang barang dan jasa. Bedanya terletak pada hasil dari suatu pekerjaan itu. Pekerjaan di bidang barang outputnya berupa benda yang dapat kita gunakan secara langsung. Sedangkan pekerjaan di bidang jasa hasilnya tidak harus berupa benda dan pekerjaan itu hanya bisa kita rasakan manfaatnya.

Kali ini kita akan bahas mengenai 23 pekerjaan di bidang jasa dan apa saja tugas dari pekerjaan tersebut. Sebelumnya definisi dari jasa itu sendiri adalah suatu kebutuhan manusia yang bersifat selain benda dan materi.

Orang yang bekerja di bidang jasa biasanya menjual apa yang menjadi keahlian dan kemampuannya kepada orang lain. Jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat seperti jasa kesehatan, kebersihan, pendidikan, transportasi, dan lain-lain.

Berikut contoh dari pekerjaan yang bergerak di bidang jasa :

Dokter

Dokter adalah pekerjaan di bidang jasa dengan menjual keahliannya dalam mengobati dan merawat pasien. Dokter ini dibagi 2 menurut keahliannya, yaitu dokter umum dan dokter spesialis. Jasa yang ditawarkan oleh dokter adalah ilmunya dalam mendiagnosa penyakit seseorang dan mengobatinya.

Pekerjaan jasa sebagai dokter ini dinilai cukup memberikan penghasilan yang relatif tinggi. Bukan berarti pekerjaan jasa yang lain murah lho, tapi untuk menjadi seorang dokter itu tidak mudah karena banyak proses yang harus dilewati. Dokter perlu belajar sampai tingkat pendidikan tertentu dan mendapatkan sertifikat pengakuan layak praktek. Jadi tidak bisa sembarangan untuk menjalani pekerjaan jasa yang satu ini.

Bekerja sebagai dokter atas panggilan kemanusiaan. Jadi seorang dokter tidak akan bisa menolak pasien yang datang kepadanya. Karena memang tugas utama seorang dokter itu adalah untuk mengobati pasien. Bahkan seringkali dokter – dokter muda ditugaskan oleh negara untuk tinggal dan membantu menyembuhkan orang – orang yang sakit di wilayah pedalaman dan terpencil.

Selain itu, dokter pun dibutuhkan saat situasi perang untuk mengobati orang – orang yang terluka. Dalam kondisi perang pun dokter tidak boleh pandang bulu untuk mengobati pasien, tidak perduli itu kawan atau lawan.

Perawat

Pekerjaan perawat ini hampir sama dengan dokter, yaitu menjual jasa keahliannya dalam merawat orang sakit. Namun perawat ini statusnya masih dibawah dokter karena perawat tugasnya adalah membantu dokter dan lebih terbatas kewenangannya. Perawat tidak bisa memberikan resep obat untuk pasien, tidak seperti dokter. Tapi dokter pun tidak bisa bekerja secara maksimal tanpa bantuan para perawat.

Berprofesi sebagai perawat ini pun membutuhkan untuk belajar pada tingkat pendidikan tertentu, seperti akademi perawat (akper). Selama mereka berada dalam lingkungan pendidikan, maka mereka akan dididik untuk dapat merawat pasien dengan baik dan benar.

Sehingga setelah lulus nantinya para perawat ini mampu menjalankan tugasnya secara maksimal. Perawat tak cukup hanya bermodal pandai, tetapi juga keramahan yang diperlukan oleh pasien agar segera sembuh dari sakitnya.

Tukang Cukur

Pekerjaan ini juga termasuk menggunakan jasa keahlian seseorang untuk bisa memangkas atau memotong rambut. Tentunya kita akan kesusahan jika tidak memotong rambut karena rambut yang gondrong membuat diri kita tidak nyaman, merasa panas dan gatal jika berkeringat. Dan kita pun membutuhkan jasa orang lain untuk dapat memotong rambut kita sendiri.

Tukang Laundry

Laundry ini adalah pekerjaan di bidang jasa mencuci pakaian dan setrika pakaian. Laundry dijaman dulu memang tidak begitu dibutuhkan karena kegiatan orang – orang jaman dulu beda dengan jaman sekarang. Jasa tukang laundry saat ini sudah banyak tersebar di lingkungan perumahan, kontrakan atau kos – kosan.

Baca Juga:   Contoh Struktur Organisasi Perusahaan yang Baik untuk Pengembangan Bisnis

Bahkan kini banyak tukang laundry yang berkeliling mencari pelanggan dan menyediakan jasa layanan antar. Biasanya yang menggunakan jasa laundry adalah para pekerja kantor yang tidak memiliki waktu banyak untuk mengurus urusan rumah, seperti mencuci baju dan menyeterika.

Selain itu juga jasa laundry banyak digunakan oleh para mahasiswa, karena keterbatasan waktu dan terbatasnya ruang untuk menjemur pakaian sehingga mereka menyerahkannya pada tukang laundry.

Baca juga: 5 Jenis Pekerjaan yang Berkaitan dengan Pemanfaatan Sumber Daya Laut

Sopir

Pekerjaan ini adalah pekerjaan jasa di bidang transportasi. Bekerja sebagai sopir, entah itu sopir pribadi atau perusahaan, biasanya hanya berbekal keahlian menyetir mobil yang dibuktikan dengan kepemilikan SIM A, SIM C dan SIM B. Jasa sopir ini adalah mengantar orang dari tempat satu ke tempat yang lainnya.

Perkembangan teknologi saat ini membuat banyak orang berprofesi sebagai sopir atau driver, tidak hanya untuk mengendarai mobil, tapi juga sepeda motor. Adanya Gojek, Grab, dan aplikasi transportasi online lainnya juga turut menambah lapangan pekerjaan sebagai sopir atau driver. Tentunya profesi ini mempermudah orang – orang untuk bepergian, membeli sesuatu atau mengantar barang.

Guru

Pekerjaan ini disebut salah satu pekerjaan jasa yang mulia karena tugas guru adalah mendidik para murid dengan ilmu yang dia miliki. Jika dirasakan memang jasa guru ini paling berharga.

Kita yang tadinya tidak tahu menjadi tahu karena diajari oleh guru kita. Jasa dalam pekerjaan ini adalah di bidang pendidikan. Hasil yang berupa didikan ilmu ini ternyata manfaatnya sangat kita rasakan bagi kehidupan kita.

Penjahit

Bekerja sebagai penjahit juga di bidang jasa karena penjahit menjual keahliannya dalam menjahit baju atau kain sesuai dengan permintaan orang.

Tidak semua orang bisa membuat pakaian sendiri, maka jasa penjahit ini sangat dibutuhkan untuk sekedar permak atau membuat baju baru. Tidak sembarang orang bisa menjadi penjahit tanpa belajar dan pengalaman yang cukup.

Namun penjahit juga bekerja untuk menghasilkan barang ketika mereka mampu membuatkan baju atau pakaian untuk pelanggannya. Namun yang kita lihat dari pekerjaan ini adalah dari sisi keahlian atau kemampuannya untuk menjahit.

Polisi

Polisi juga pekerjaan di bidang jasa karena pekerjaan sebagai polisi tidak menghasilkan barang, melainkan adanya keamanan dan ketertiban yang diatur oleh polisi dapat kita rasakan manfaatnya. Tanpa polisi bagaimana orang – orang bisa berjalan teratur saat berada di perjalanan.

Rambu lalu lintas saja itu tidak cukup sehingga tetap kita butuhkan jasa polisi untuk dapat mengatur lalu lintas. Tidak semua orang bisa hidupnteratur dengan sendirinya, sehingga perlu ada pihak yang mengatur keamanan agar hidup kita pun aman dan nyaman dari tindakan – tindakan kriminal.

Montir

Montir atau biasanya kita sebut tukang bengkel juga termasuk pekerjaan dalam bidang jasa. Montir memberikan pelayanan kepada kita berupa jasa sesuai keahliannya dalam membetulkan kendaraan kita. Tentunya tanpa montirnkita cukup kesusahan bila kendaraan kita bermasalah.

Ingin perbaiki sendiri tapi tidak tahu apa yang harus diperbaiki, maka bawalah ke montir Anda agar masalah kendaraan Anda dapat segera diatasi dan aktivitas pun bisa berjalan lancar. Montir ini pun tidak harus dibutuhkan saat kendaraan bermasalah karena kendaraan kita pun butuh service rutin.

Bodyguard

Pekerjaan ini juga termasuk jasa karena menggunakan jasa berupa tenaga atau keahlian bela diri dari orang lain. Bodyguard memang bukan pekerjaan yang biasa dilingkungan kita, tapi tetap ada orang – orang yang membutuhkan jasa bodyguard ini. Nah, biasanya orang – orang yang bagaimana yang butuh jasa bodyguard?

Baca Juga:   Surat Perjanjian Kerjasama MOU dan Contohnya

Seperti yang kita lihat bodyguard biasa bekerja pada orang – orang penting atau memiliki jabatan tinggi. Gunanya mereka memakai jasa bodyguard adalah untuk mengawal diri atau keluarga mereka dari orang – orang yang ingin berbuat jahat kepada mereka, seperti menjaga diri dari pesaing bisnis, dll.

Jasa ini seperti profesi paspampres. Bedanya terletak pada orang yang dikawal dan jika paspampres biasanya sudah terlihat dari seragam yang dipakai sebagai pengawal presiden.

Ekspedisi

Jasa ekspedisi adalah mengantarkan barang dari satu tempat ke tempat lain. Jasa ekspedisi ini dahulu seperti kantor pos, tetapi sekarang sudah banyak orang membuka jasa ekspedisi, seperti JNE, J n T, Wahana, Tiki, dll. Seiring dengan berkembangnya kebutuhan manusia maka jasa ekspedisi ininpun tetap dibutuhkan.

Banyaknya para penjual barang secara online pun turut meramaikan penggunaan jasa ekspedisi ini untuk mengantar pesanan barang ke pelanggan mereka. Ekspedisi sejauh ini bisa juga dilakukan sampai dengan antar negara, tentunya ekspedisi akan menitipkan melalui transportasi yang telah bekerjasama.

Tukang Sedot WC

Pekerjaan ini ramai dimanfaatkan untuk lingkungan perumahan dan perkantoran. Semakin banyak pemukiman penduduk maka jasa sedot WC pun banyak dibutuhkan.

Terutama untuk perumahan atau perkantoran yang sudah lama berdiri biasanya akan mengalami masalah WC tersumbat atau mampet, maka dibutuhkan jasa sedot WC ini untuk membersihkan tampungan kotoran dengan alat yang mereka miliki. Bayangkan jika jasa sedot WC ini tak ada, maka kita pun akan kesulitan untuk membersihkannya.

Tentara

Tentara juga termasuk salah satu pekerjaan yang menghasilkan jasa. Jasa – jasa yang diberikan tentara antara lain : mengamankan negara dan masyarakat, melindungi negara dan masyarakat dari serangan pihak luar, membantu korban bencana alam, dan tugas – tugas lain yang berhubungan dengan menjaga keutuhan NKRI.

Tentara di Indonesia dibagi 3 bagian, yaitu TNI AD (Angkatan Darar), TNI AU (Angkatan Udara), dan TNI AL (Angkatan Laut).

Pramugari

Bekerja sebagai pramugari juga menjadi pekerjaan yang menghasilkan jasa. Tugas pramugari adalah memberikan pelayanan terhadap penumpang pesawat terbang dengan menyediakan makanan dan minuman, memberikan penjelasan tentang prosedur keamanan saat berada di atas pesawat, dan memberikan instruksi saat menggunakan sabuk pengaman.

Pengacara

Pengacara adalah pekerjaan di bidang jasa yang membutuhkan keahlian dalam bidang hukum. Tugas pengacara adalah memberikan pelayanan jasa konsultasi dan pembelaan untuk orang – orang yang sedang bermasalah yang berkaitan dengan hukum. Untuk menjadi seorang pengacara, Anda pun harus bersekolah di perguruan tinggi jurusan Hukum.

Artis

Profesi artis pun juga termasuk salah satu pekerjaan di bidang jasa. Jasa yang diberikan oleh artis adalah jasa untuk memberikan hiburan atau entertaintment. Selain hiburan, seorang artis juga memiliki keahlian lain di bidang seni, yaitu penyanyi, pelukis, atau aktor.

Ada kelebihannya jika menjadi seorang artis, yaitu akan terkenal karena akan biasa tampil di berbagai media sosial, seperti televisi, majalah, atau surat kabar.

Tukang Bangunan

Pekerjaan tukang bangunan atau konstruksi ini tugasnya memperbaiki rumah atau membangun rumah sesuai dengan permintaan pemilik rumah. Jasa tukang bangunan ini biasanya diperlukan pada 2 jenis pekerjaan, yaitu pekerjaan proyek dan pekerjaan pribadi.

Pekerjaan proyek biasanya dikerjakan secara borongan dan ada mandornya untuk mengarahkan suatu pembangunan yang akan dikerjakan. Sedangkan pekerjaan pribadi ini seperti jasa tukang panggilan perorangan. Dia akan mendapatkan pekerjaan saat ada yang memanggil meminta tolong untuk memperbaiki sesuatu.

Baca Juga:   7 Contoh Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU)

Pemadam Kebakaran

Profesi pemadam kebakaran juga termasuk menghasilkan jasa. Tugas pemadam kebakaran adalah memadamkan api di lokasi kejadian dan mengevakuasi masyarakat yang dekat dengan lokasi kebakaran.

Jasa pemadam kebakaran sangat diperlukan karena bila api yang ada dilokasi termasuk dalam skala besar maka kita membutuhkan para pemadam kebakaran yang sudah terlatih tersebut untuk memadamkan api.

Diperlukan pelatihan dan pendidikan yang disiplin untuk bisa menjadi seorang pemadam kebakaran. Mereka rela berkorban membantu masyarakat meski nyawa mereka taruhannya.

Masinis

Profesi masinis hampir sama seperti sopir, tetapi beda kendaraan yang dibawa dan tentunya beda resikonya. Tugas masinis adalah mengemudi kereta api. Jasa masinis sangat kita perlukan di bidang transportasi darat. Bepergian menggunakan kereta api lebih cepat daripada bus. Untuk bisa menjadi masinis pun ada pendidikan sendiri.

Pilot

Bekerja sebagai pilot tidak kalah berjasanya. Pekerjaan jasa di bidang transportasi udara ini cukup menjanjikan dan juga beresiko. Perjalanan udara menjadi yang tercepat jika dibandingkan perjalanan laut dan darat. Oleh karena itu, penghasilan pilot pun lebih tinggi.

Namun resiko yang diemban seorang pilot juga tidak kalah berat, karena lengah sedikit maka nyawa semua penumpang pesawat bisa hilang. Meski banyak terjadi kecelakaan di udara bukan karena human error.

Pelayan atau Waitress

Pekerjaan sebagai pelayan sering kita temui di toko – toko atau rumah makan. Para pelayan inilah yang bertugas memberikan layanan kepada pelanggan dengan mengantarkan pesanan makanan dan minuman, dan juga membersihkan meja makan setelah tamu pergi.

Pekerjaan ini bisa juga dijadikan profesi part time. Di kota – kota besar biasanya para mahasiswa mengambil pekerjaan part time sebagai pelayan untuk sekedar menambah uang saku mereka dan mengisi waktu. Jasa seorang pelayan tidak kalah penting, karena sangat jarang sekali pemilik toko atau rumah makan sendiri yang turun untuk melayani tamu – tamu, mereka pasti memiliki pelayan untuk membantu pekerjaan mereka.

Satpam

Tugas utama satpam adalah menjaga keamanan kantor atau rumah. Pekerjaan sebagai satpam ini ada 2 macam, bisa sebagai satpam perusahaan atau satpam rumah tinggal. Jasa satpam juga diperlukan oleh perbankan untuk melayani costumer yang datang ke bank. Mereka yang mengarahkan para costumer, apakah akan ke bagian teller atau CS.

Profesi satpam ini juga ada pendidikan dan pelatihannya, yang nantinya mereka yang lolos akan mendapatkan sertifikat yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan. Pelatihannya pun seperti tentara, banyak latihan fisik dan melatih kedisiplinan. Setelah bekerja tugas mereka pun tidak mengenal pagi, siang, atau malam. Meski malam pun mereka harus tetap menjaga keamanan lingkungan dimana dia ditugaskan.

Tukang Parkir

Jasa tukang parkir ini sering kali disepelakan. Tapi saat kita berada disuatu pusat perbelanjaan yang disana banyak kendaraan parkir dan kebetulan kendaraan kita ditengah, maka kita membutuhkan jasa tukang parkir untuk bisa mengeluarkan kendaraan kita yang ditengah.

Tukang parkir ini bekerja dengan menjual jasa mengkondisikan kendaraan yang diparkirkan mulai saat hendak parkir hingga selesai parkir. Penghasilan dari tukang parkir ini bisa dari pemilik tempat yang dipakai untuk memarkirkan kendaraan atau dari para pemilik kendaraan yang parkir.

Selesai, itulah 23 jenis pekerjaan yang bergerak di bidang jasa. Semoga bermanfaat dan bisa bikin kita semua jadi lebih cerdas.

Sumber gambar Pixabay dan Pixabay.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 8 =