Peluang Kerja Teknik Kimia yang Menguntungkan

Peluang kerja teknik adalah salah satu bidang terluas dan paling menguntungkan saat ini. Salah satunya teknik kimia, dengan opsi perspektif karir setelah lulus yang banyak.

Gelar di bidang teknik kimia ada di tingkat sarjana dan akan mempersiapkan lulusan untuk posisi tingkat awal di lapangan. Selain kelas kimia, siswa juga belajar fisika, biologi, matematika dan kinetika melalui perpaduan pengajaran di kelas, eksperimen laboratorium, dan penempatan kerja lapangan.

Setelah mempelajari bidang yang sama dengan gelar sarjana lebih dalam, siswa pada tingkat ini biasanya menyelesaikan proyek penelitian atau penempatan kerja lapangan.

Teknik Kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang mengubah bahan mentah menjadi produk bermanfaat seperti pakaian, makanan dan minuman, dan energi. Teknik kimia fokus  pada proses mengembangkan, merancang, menciptakan produk, baik berfokus pada peningkatan proses yang ada atau membuat yang baru .

Artinya mereka juga peduli dengan pengelolaan sumber daya, perlindungan lingkungan, serta kesehatan dan keselamatan. Teknik kimia disebut sebagai ilmu yang “ Universal “ karena ini adalah disiplin ilmu yang sangat luas dan pada dasarnya berkaitan dengan mengubah satu hal menjadi hal lain.

Apa saja yang dipelajari di bidang teknik kimia?

Peluang Kerja Teknik Kimia yang Menguntungkan

Di dalam industri ini, Insinyur teknik kimia mengandalkan pengetahuan mereka tentang matematika dan sains, terutama kimia. Mereka memanfaatkan dan menerapkan pengetahuan teknik mereka untuk memecahkan tantangan teknis yang mereka hadapi.

Namun, jangan berpikir bahwa Insinyur teknik kimia hanya “membuat sesuatu “. Keahlian mereka juga diterapkan di bidang hukum, pendidikan, penerbitan, keuangan, dan kedokteran, serta di banyak bidang lain.

Insinyur teknik kimia telah meningkatkan kesejahteraan lebih dari satu abad. Dari pengembangan chip komputer yang lebih kecil dan lebih cepat, hingga inovasi dalam daur ulang, mengobati penyakit, membersihkan air, dan menghasilkan energi.

Peluang kerja teknik kimia di bidang energi, lingkungan , biomedis , elektronik, produksi makanan, dan material. Dan Insinyur teknik kimia dapat bekerja di bidang manufaktur, farmasi, perawatan kesehatan, desain dan konstruksi, bahan kimia khusus, mikroelektronika, polimer, layanan bisnis, bioteknologi,  industri kesehatan & keselamatan lingkungan.

Pada akhirnya, seperti semua gelar teknik, fisika dan matematika adalah elemen terpenting, dengan sekitar 20% terkait dengan ilmu kimia, terutama fisika. Ada beberapa elemen teknik kimia yang terkait dengan biologi, tetapi ini biasanya bidang yang lebih terspesialisasi. 

Insinyur teknik kimia menerapkan pengetahuan matematika dan sains untuk menciptakan metode manufaktur baru dan mengembangkan proses baru dan prosedur keselamatan yang tepat untuk bekerja dengan bahan kimia.

Bahan-bahan seperti plastik, obat-obatan yang diproduksi massal, bentuk bahan bakar fosil yang lebih bersih, dan penelitian genetika semuanya dimungkinkan berkat kerja para insinyur teknik kimia.

Menjadi Insinyur teknik kimia membutuhkan instruksi intensif dari program pasca sekolah menengah formal. Ada berbagai tingkat pendidikan yang tersedia untuk insinyur teknik kimia, baik di tingkat pascasarjana maupun sarjana.

Panduan ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran umum tentang profesi insinyur kimia, serta jalur pendidikan yang tersedia dan apa yang dapat diharapkan siswa dari masing-masing profesi tersebut.

Ada berbagai macam industri yang memanfaatkan teknik kimia, termasuk farmasi, energi , dan teknologi informasi. Peran ini akan melibatkan pengembangan proses yang ada dan menciptakan metode baru untuk mengubah material.

Ada juga sektor dan karir lain yang memanfaatkan keterampilan yang dikembangkan dalam teknik kimia. Dan Ada beberapa risiko yang terkait dengan dengan bekerja sebagai Insinyur teknik kimia karena dapat terkena bahaya kesehatan dan keselamatan saat menangani bahan kimia dan bekerja dengan peralatan pabrik.

5 Contoh peluang kerja teknik kimia:

Peluang Kerja Teknik Kimia yang Menguntungkan

Pabrik kimia dan operator sistem.

Anda akan dipekerjakan oleh perusahaan manufaktur kimia yang membuat sabun, cat pelapis, pembuatan pestisida dan banyak lagi. Insinyur Teknik kimia memastikan bahwa semua peralatan yang digunakan di pabrik kimia bekerja sesuai standar.

Itu sebabnya mereka harus memeriksa, melakukan pengujian, dan menginstruksikan semua pegawai bagaimana cara menggunakan peralatan tersebut dengan benar. 

Mereka juga harus sesekali menjalankan pengujian, memeriksa masalah apa pun, dan penyesuaian tanggung jawab untuk meningkatkan kualitas, efisiensi dan keamanan pabrik dan secara keseluruhan pabrik untuk memberikan hasil yang baik. Dan, jika hasilnya benar bagus Anda akan mendapatkan gaji sebesar 8 juta / bulan

Teknisi produksi pabrik

Lulusan S1 teknik kimia di perusahaan pabrikan barang kimia yang bekerja secara langsung dengan mesin dan peralatan yang digunakan dalam proses pembuatan bahan mentah (misalnya minyak, besi, batu bara, dan lain-lain ). Atau barang ( pakaian, obat-obatan , pestisida).

Mereka akan bertanggung jawab untuk menyediakan peralatan dan memastikan semua peraturan dan tindakan keselamatan terpenuhi. Selama proses pembuatan, Insinyur teknik kimia akan terus menjalankan pengujian, memantau peralatan, dan menyesuaikan operasi peralatan, jika diperlukan.

Mereka juga memeriksa produk jadi, memeriksa kualitasnya, dan melakukan inspeksi lain untuk memastikan kepuasan pelanggan. Jika Anda bekerja di bidang ini mendapatkan gaji sebesar 10 juta /bulan.

Ilmuwan Pangan 

Tidak mengherankan, lulusan teknik kimia banyak dikejar oleh perusahaan manufaktur makanan, serta Universitas, organisasi pemerintah, dan lembaga penelitian.

Di bidang ini, Insinyur kimia menggabungkan pengetahuan dan keterampilan dalam kimia, mikrobiologi, dan teknik untuk menguji sampel makanan, menghasilkan produk makanan baru, dan memastikan hasil akhirnya memenuhi standar pemerintah, pemrosesan, dan konsumen. Dan akan mendapatkan gaji sebesar 20 juta /bulan

Ahli Bioteknologi

Profesi sebagai ahli bioteknologi sangat penting bagi perusahaan farmasi dan lembaga penelitian medis. Di bidang bioteknologi dan medis, Insinyur kimia dapat bekerja untuk mengembangkan obat baru, vaksin, perawatan eksperimental, dan bahkan organ buatan.

Untuk mempelajari, meneliti dan menerapkan prinsip-prinsip genetika manusia pada sel-sel hidup dan menggunakan teknik-teknik biologis untuk membuat antibiotik, insulin, hormon.

Teknik kimia di bidang ini lebih fokus pada menentukan dan mengobati penyebab genetik suatu penyakit. Dan jika Anda bekerja di bidang ini, maka akan mendapatkan gaji sebesar 15  juta/ bulan

Lingkungan dan kesehatan

Anda akan menemukan posisi di LSM, yaitu perusahaan konsultan lingkungan, serta perusahaan pengelolaan limbah.

Bagi mereka yang tertarik untuk menyelamatkan lingkungan, dapat bekerja di bidang ini. Dengan cara menemukan pekerjaan di bidang yang terkait dengan lingkungan, pengolahan limbah, meminimalkan polusi, dan masalah lingkungan saat ini.

Bekerja sama dengan ilmuwan, lulusan teknik kimia berkontribusi untuk mengurangi dampak lingkungan yang negatif.

Salah satu contoh penting adalah mengembangkan mesin untuk mobil dan mesin dengan bahan bakar dari sistem udara yang lebih efisien. Dan jika Anda bekerja di bidang ini, maka Anda akan mendapatkan gaji sebesar 13 juta/ bulan. 

Meskipun peluang kerja teknik kimia terlihat lebih menjanjikan, bukan berarti Anda harus berhenti kuliah jika sekarang Anda mengambil jurusan berbeda, kalaupun bukan Anda mungkin nanti anak atau keturunan Anda yang mengambil jurusan ini.

 

Leave a Comment

11 − ten =