Catat! Ternyata Begini Cara Investasi Emas yang Halal

Cara investasi emas yang halal pasti sering kali dicari oleh para investor Muslim. Dan sebelum membahas lebih dalam mengenai cara berinvestasi emas yang halal, maka anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu investasi.

Menaman modal atau biasa disebut dengan istilah investasi merupakan salah satu usaha yang dilakukan oleh beberapa orang atau perusahaan untuk mendapatkan keuntungan atau imbalan yang lebih besar di masa yang akan datang dari modal yang sudah ditanam sebelumnya.

Pada umumnya investasi bisa berupa dana dan aset. Sebenarnya investasi merupakan salah satu hal yang sangat penting dilakukan, dengan berinvestasi berarti anda sudah mempersiapkan berbagai kebutuhan yang belum anda rencanakan maupun yang sudah direncanakan di masa depan, contohnya dana untuk pendidikan, pensiun dan sebagainya.

Selain itu dengan berinvestasi anda juga bisa mencapai financial freedom atau kebebasan secara keuangan atau financial. 

Orang yang bebas secara financial berarti sudah mempunyai kekayaan untuk memenuhi berbagai kebutuhannya. Seseorang yang sudah sampai ditahap financial Freedom pada umumnya sudah memiliki aset yang lebih banyak dan aset tersebut bisa menghasilkan uang yang lebih banyak untuk memenuhi biaya hidup.

Orang-orang yang sudah sampai ditahap ini juga tidak aktif berkerja, dan tidak perlu berkerja keras lagi, karena keuntungan yang didapat dari aset atau dana yang investasi terus mengalir setiap waktu.

Setiap orang pasti menginginkan sampai ditahap financial freedom, dan salah satu caranya untuk sampai ditahap tersebut ialah dengan berinvestasi baik aset maupun dana. Salah satu investasi yang sering dipilih investor ialah inventasi emas. Namun beberapa orang seringkali berpersepsi kalau menanam modal atau berinventasi emas merupakan hal yang haram. 

Catat! Ternyata Begini Cara Investasi Emas yang Halal

Sebenarnya investasi sama sekali tidak diharamkan dalam Islam, bahkan umat Muslim diperbolehkan untuk berinvestasi agar bisa menjamin masa depannya. Namun supaya investasi yang dipilih halal dan tidak haram, ada baiknya sebelum berinvestasi anda perlu mencari tahu cara investasi halal dan tidak memakan riba atau haram.

Jika anda mengetahui bagaimana cara berinvestasi emas yang halal, maka anda bisa terhindar mendapatkan keuntungan dari hasil investasi yang haram atau riba. Dalam Islam sesuatu yang haram tidak diperbolehkan, karena bisa berdosa.

Oleh karena itu sebagai umat Muslim anda harus mengetahui mana yang haram, dan mana yang tidak pada saat berinvestasi. Meskipun terlihat sepele, hal ini akan berdampak sangat fatal jika dibiarkan. Dan untuk yang belum mengetahui cara investasi emas yang halal, maka bisa langsung simak informasi yang akan disampaikan dibawah ini.  Berikut cara investasi emas yang halal :

Cara Investasi Emas yang Halal ialah Anda Harus Memilih Tempat Investasi Syariah.

Cara investasi emas yang halal yang pertama yang harus anda lakukan sebelum memutuskan untuk berinvestasi emas ialah anda harus memilih tempat investasi emas yang syariah, jangan yang konvensional. Investasi emas konvensional sangat dikhawatirkan mengandung riba, dan hal tersebut haram dalam Islam.

Saat ini sudah banyak tempat investasi syariah, dan kini umat Muslim tidak perlu khawatir mengenai riba atau keuntungan investasi yang haram. Yang membedakan antara investasi syariah (bebas riba) dengan investasi konvensional terletak pada pembagian keuntungan.

Di investasi konvensional pembagian keuntungan investor ditentukan sepihak oleh perusahaan investasi, keuntunganya juga dijadikan bunga dalam jumlah tertentu. Sedangkan investasi syariah keuntungan diperoleh dari sistem bagi hasil diakhir, dan bunga ditiadakan, jadi umat Muslim tidak perlu takut memakan riba pada saat berinvestasi.

Sangat banyak kelebihan investasi syariah, selain bunga ditiadakan, pengelolaan investasi syariah juga sistemnya terbuka, jadi dengan menggunakan sistem seperti ini para investor dengan mudah bisa mengetahui dana atau aset yang ditanam bagaimana dikelola oleh pihak perusahaan.

Cara pertama ini merupakan hal yang sangat penting yang harus anda ketahui dan anda terapkan pada saat anda ingin berinvestasi emas atau dana. Dan sebagai investor anda harus teliti dalam memilih tempat investasi agar dana atau aset yang anda tanam mendapatkan keuntungan yang halal, dan terhindar dari riba.

Cara Investasi Emas yang Halal Selanjutnya ialah  Pilih Tempat Investasi Terpercaya.

Cara investasi emas yang halal selanjutnya ialah pilih tempat investasi emas syariah yang terpercaya dan aman. Sesudah memilih tempat investasi syariah untuk menginvestasi emas anda, maka cara berikutnya yang harus anda terapkan dan anda ketahui ialah pastikan tempat tersebut aman dan  terpercaya.

Hal ini bertujuan agar anda tidak mengalami kejadian yang tidak menyenangkan. Saat ini sangat banyak tempat investasi bodong yang bisa merugikan para investor pada saat menamam modal atau berinvestasi. Jadi pilih tempat investasi yang terpercaya dan aman.

Catat! Ternyata Begini Cara Investasi Emas yang Halal

Anda bisa memilih tempat investasi yang terpercaya dengan melihat apakah perusahaan tersebut sudah legal. Selain itu cari berita mengenai perusahaan investasi tersebut, jika anda menemukan berita buruk mengenai perusahan investasi tersebut, sebaiknya anda jangan berinvestasi karena bisa saja nantinya anda ditipu.

Pada saat mencari berita atau informasi mengenai perusahaan tersebut, anda juga harus memilah media atau web tertentu, karena seperti yang kita ketahui saat ini sangat banyak media sosial yang menyebarkan berita hoax.

Cara selanjutnya untuk memastikan perusahaan investasi tersebut terpercaya dan aman ialah anda harus mengunjungi situs milik perusahaan investasi yang ingin anda cari tahu, perhatikan artikel yang mereka unggah, perhatikan kontak yang bisa dihubungi apakah aktif atau tidak, dan amati kegiatan disitus tersebut, kapan terakhir kali mereka mengunggah artikel dan sebagainya.

 

Selain itu anda juga harus memamahi produk yang meraka tawarkan, lalu keuntungan yang ditawarkan. Jika keuntungan dari investasi tidak masuk akal, maka anda harus curiga, dan anda harus memahami dan mempertanyakan secara detail mengenai keuntungan tersebut.

Lalu yang terakhir anda harus mengecek alamat perusahaan, karena saat ini sangat banyak tempat investasi bodong yang memberikan alamat fiktif ke investornya. Anda juga bisa mengecek lokasi atau alamat perusahaan investasi tersebut melalui Google Maps atau bisa datang langsung ke perusahaannya.

Dengan cara-cara tersebut anda bisa terhindari dari perusahaan investasi bodong, dan anda juga bisa mendapatkan tempat investasi terpercaya serta aman. 

Dan demikianlah informasi mengenai cara investasi emas yang halal. Semoga informasi yang dibagikan diatas bisa bermanfaat buat anda yang dalam waktu dekat ingin berinvestasi emas yang halal untuk mempersiapkan masa yang akan datang, seperti untuk dana pernikahan, pendidikan anak dan sebagainya.

Dan semoga anda bisa menerapkan cara investasi emas yang halal, tanpa riba dan sesuai dengan syariat Islam, karena dalam islam segala sesuatu yang haram dan mengandung riba, maka akan berdosa. Jadi sebaiknya saat berinvestasi baik emas maupun aset lainnya pilihlah investasi halal atau syariah, karena keuntungan dari investasi tersebut tidak mengandung riba.

Leave a Comment

one × 4 =