Cara Investasi Emas ANTAM Mudah Dan Tanpa Ribet

Investasi emas merupakan salah satu investasi terbaik yang telah lama dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Meskipun kalian tidak terlalu paham soal investasi sekalipun, investasi emas khususnya emas ANTAM merupakan salah satu cara untuk menggandakan keuntungan dengan resiko yang minim.

Sayangnya, meskipun investasi ini cukup menguntungkan tidak banyak yang tahu cara investasi emas ANTAM yang baik dan benar. Oleh sebab itu, jika kalian tertarik untuk berinvestasi dengan cara ini maka sebaiknya baca artikel ini sampai habis.

Cara investasi emas ANTAM bagi pemula

Cara investasi emas antam bagi pemula

Meskipun investasi emas sebenarnya cukup mudah tapi agar kalian bisa memaksimalkan hasil keuntungan dari investasi tersebut maka kalian harus mempelajari cara-caranya lebih dulu. Meskipun terdengar sulit namun pada kenyataanya, memaksimalkan keuntungan dari investasi emas bukanlah hal yang sulit dilakukan.

Bahkan kalian yang masih terhitung pemula pun bisa melakukannya asalkan mau belajar dengan sungguh-sungguh. Nah, berikut ini kalian akan diberikan berbagai panduan cara berinvestasi mudah dengan emas ANTAM.

Investasi emas dengan cara klasik

Teknik klasik sebenarnya adalah cara paling umum dan mudah untuk berinvestasi. Cara ini dulu kebanyakan digunakan oleh perempuan-perempuan yang memiliki simpanan berupa logam mulia.

Kalian hanya perlu membeli emas ANTAM saat harganya sudah turun lalu menjualnya kembali saat harganya kembali naik dengan selisih yang cukup banyak. Meskipun terbilang kuno tapi perlu kalian akui jika cara ini masih banyak dilakukan karena terbukti bisa memberikan keuntungan setelah jangka waktu yang cukup lama.

Membuka tabungan emas

Sebagian besar dari kalian mungkin masih asing dengan jenis tabungan ini. Padahal, tabungan emas sudah cukup lama hadir di Indonesia. Jenis tabungan ini terbilang unik karena kalian kalian akan menabung menggunakan emas dan bukan dengan uang seperti pada umumnya.

Selain tabungan, biasanya tabungan emas juga dilengkapi dengan asuransi emas sehingga kalian tidak perlu khawatir jika nantinya tabungan kalian hilang.

Cara membuat tabungan ini pun sangat mudah. Kalian hanya perlu datang ke Pegadaian dan menyerahkan berkas-berkas yang diperlukan. Prinsip tabungan emas ini sebenarnya hampir mirip dengan tabungan biasa.

Hanya saja kalian akan diminta untuk menyetorkan dana yang nantinya akan dikonversi dalam harga emas pada jumlah tertentu. Uniknya, sama seperti tabungan lain di tabungan emas kalian juga bisa melakukan transfer antar rekening yang semua nilainya dikonversikan ke dalam nilai emas yang sedang berlaku.

Investasi emas sebagai modal usaha

Nah teknik ini sebenarnya cukup beresiko karena kalian menggunakan emas sebagai modal usaha. Biasanya investasi jenis ini dilakukan dengan sistem gadai. Artiknya kalain harus menggadaikan emas yang dimiliki untuk selanjutnya digunakan sebagai modal usaha.

Cara ini dianggap beresiko tinggi karena jika usaha yang didirikan bangkrut maka emas yang dimiliki jelas akan hilang. Jika kalian ingin menggunakan cara ini maka sebaiknya kalian memiliki rencana serta strategi bisnis yang bagus.

Cara investasi emas ANTAM menggunakan aplikasi

Cara investasi emas antam bagi pemula

Seiring dengan berkembangnya teknologi terutama internet, berinvestasi emas pun semakin mudah dilakukan. Bahkan saat ini kalian bisa melakukan investasi emas dimana saja dan kapan saja menggunakan berbagai aplikasi canggih di smartphone kalian seperti yang ditunjukan dibawah ini.

Memanfaatkan brankas LM

Bagiyang belum tahu,brangkas LM sebenrnya adalh anak usaha dari PT. Aneka Tambang (ANTAM) yang memberikan layanan penjualan logam mulia melalui aplikasi yang bernama Brankas secara online.

Meskipun menggunakan sistem online tapi sebenarnya cara kerja aplikasi ini hampir sama dengan tabungan emas yang dibuat oleh Pegadaian. Bahkan, di aplikasi tersebut kalian sama-sama bisa mencetak emas batangan hanya dengan membayar biaya tambahan saja.

Tokopedia

Meskipun terkenal sebuat situs jual beli tapi sepertinya Tokopedia mulai berekspansi dengan memberikan layanan investasi termasuk investasi emas yang bekerjasama dengan pihak Pegadaian. Berbeda dengan tabungan emas dari Pegadaian, kalian bisa membuka dan mendaftarkan diri secara gratis melalui aplikasi tersebut. proses pendaftarannya pun terbilang mudah dan cepat.

Investasi melalui aplikasi ini dirasa sangat sesuai untuk investor pemula yang belum memiliki dana yang cukup. Di Tokopedia dengan dana minimal Rp 5 ribu saja kalian sudah bisa membeli emas sedangkan jika ingin menjualnya kalian hanya perlu menjual minimum emas seharga Rp 500 saja.

Akan tetapi, meskipun investasi di aplikasi ini terbilang aman tapi tetap saja ada kelebihan tersendiri. Perlu kalian tahu, kalian tidak bisa mencetak emas yang kalian miliki di aplikasi ini dan kepemilikan emas setara dengan 10 gram harus datang langsung ke kantor Pegadaian untuk mengurus berkas-berkas.

Go Investasi

Belum lama ini Gojek juga menyediakan layanan investasi emas yang cukup menarik. Dengan menggandeng peluang PG Berjangka, pihak Gojek memberikan layanan yang hampir serupa dengan tabungan emas kepada masyarakat umum.

Meskipun prinsipnya hampir sama dengan investasi emas di Tokopedia namun di Gojek kalian bisa menggunakan saldo Gopay sebagai salah satu cara transaksi. Selain itu,kabarnya di Go Investasi ini kalian bisa mencetak emas yang dimiliki jika nilainya sudah setara dengan 1 gram emas.

BukaEmas

Tidak mau kalah dengan Tokopedia dan Gojek, Bukalapak juga menghadirkan layanan investasi emas yang khusus menyasar masyarakat milenial dan pemula. Bekerjasama dengan ANTAM dan Indigold, Bukalapak menghadirkan layanan tabungan emas dengan modal yang sangat terjangkau.

Kalian hanya perlu melakukan pembelian dan penjualan emas minimal senilai 0,0001 gram saja. Selain itu, kalian sebagai nasabah juga dapat mencetak emas yang kalian miliki jika nilainya sudah setara dengan 1 gram emas. Uniknya, emas tersebut akan dikirimkan langsung ke alamat rumah kalian.

Selain pembelian emas, BukaEmas juga menyediakan fasilitas supaya kalian bisa mencicil pembelian emas. Namun, untuk menggunakannya kalian harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku lebih dulu.

Indogold

Indogold lebih tepat disebut sebagai sebuah pialang berjangka yang memberikan berbagai layanan seperti tabungan emas, cicil dan gadai emas kepada nasabahnya. Sistem yang digunakan juga sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan yang lain. Untuk tabungan emas, kalian hanya perlu membeli emas dengan harga minimum sebesar Rp 500 saja.

Sedangkan untuk cicil emas kalian bisa membeli emas dengan nilai cicilan yang tetap tiap bulannya. Karena harga emas selalu berubah tiap harinya, dengan fitur ini kalian bisa mengunci harga emas dan mencicil hingga jangka waktu 36 bulan.

Diantara kalian pasti bertanya-tanya, kenapa untuk nvestasi emas harus menggunkan emas ANTAM? Kenapa bukan emas jenis lain seperti perhiasan misalnya. Apakah karena hanya emas ANTAM yang bisa dijadikan investasi? Dari berbeagai sumber disebutkan jika dibandingkan perhiasan, emas ANTAM lebih murni karena tiap batangnya dijamin merupakan emas 24 karat.

Selain itu, emas ANTAM juga sudah memiliki sertifikat internasional sehingga kalian bisa menjual emas tersebut di negara lain. Bandingkan dengan perhiasan emas yang selain membutuhkan dokumen pendukung juga perlu diingat jika perhiasan nilainya akan terus turun tiap tahun.

Dari deretan cara investasi Emas ANTAM diatas tentu kalian sudah dapat memperkirakan antara keuntungan dan kerugiannya. Jika kalian masih pemula maka sangat dianjurkan untuk memilih cara yang minim resiko karena semakin sedikit pengalaman kalian maka resiko kehilangan uang modal tentu akan semakin besar. Oleh sebab it, jangan ragu untuk membaca setiap informasi yang sekiranya diperlukan saat investasi.

Leave a Comment

14 − 13 =