Untung Rugi Investasi Emas, Pertimbangkan ini Dulu

Emas memang selalu menjadi komoditas primadona dalam bisnis investasi. Emas dikenal sebagai salah satu produk investasi yang nilainya stabil sehingga menjadi incaran para investor. Namun, dibalik semua itu ternyata juga terdapat beberapa sisi negatif dalam investasi emas.

Lalu, apa sajakah untung rugi investasi emas? Untuk mengetahui jawaban selengkapnya, yuk simak saja ulasannya dalam artikel berikut.

Berbagai Keuntungan Berinvestasi dengan Emas

Inilah Untung Rugi Investasi Emas

Cara investasi emas agar untung adalah dengan cermati fluktuasi harga emas. Mempertimbangkan untung rugi investasi emas juga perlu dalam menjalankan suatu bisnis.

Namun, tahukah Anda bahwa keuntungan investasi emas dalam setahun itu cukup menggiurkan. Adapun beberapa keuntungan dalam investasi memakai emas, di antaranya adalah sebagai berikut:

Bebas dari Pungutan Pajak

Tidak seperti jenis investasi lainnya, maka Anda tidak akan dipungut pajak saat berinvestasi dengan emas. Hal ini juga menjadi salah satu faktor mengapa banyak sekali masyarakat yang suka berinvestasi dengan emas.

Begitu Mudah untuk Dicairkan dalam Bentuk Uang

Jenis investasi yang paling mudah dicairkan dalam bentuk uang adalah emas, apalagi perhiasan emas. Jika Anda sedang dalam keadaan terdesak dan sangat membutuhkan uang, maka Anda bisa saja pergi ke toko perhiasan untuk menjual perhiasan emas Anda.

Mampu Melindungi Nilai Kekayaan Pemiliknya

Pertimbangan ini didasarkan atas suatu kondisi di mana harga emas secara umum selalu mengalami kenaikan dari waktu ke waktu dan cenderung stabil nilainya dibandingkan dengan jenis investasi lainnya.

Risiko Kerugian Jika Berinvestasi Emas

Inilah Untung Rugi Investasi Emas

Untung rugi investasi emas memang terkadang membayangi Anda sehingga Anda jadinya ragu untuk melakukan investasi. Maka dari itu, sebaiknya Anda juga perlu berhati-hati saat ingin berinvestasi dengan emas. Adapun beberapa kerugian yang mungkin saja terjadi jika Anda berinvestasi emas, di antaranya adalah sebagai berikut:

Harga Emas Cenderung Fluktuatif

Saat kondisi ekonomi nasional maupun dunia sedang tidak baik, harga emas juga jadi fluktuatif. ketika kondisi ekonomi sedang memburuk, harga emas justru cenderung mengalami trend kenaikan. Jika hal ini dibiarkan maka lambat laun bisa memicu terjadinya inflasi yang justru malah bisa menurunkan harga emas itu sendiri. 

Investasi Emas Lebih Rawan dalam Tindakan Pencurian

Emas baik itu dalam bentuk perhiasan maupun batangan sangat rawan dari tindakan pencurian oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Emas merupakan salah satu benda yang amat berharga karena begitu mudah dicairkan dalam bentuk uang yang banyak nominalnya. 

Investasi Emas Lebih Menguntungkan bagi Pelakunya Dibandingkan untuk Negara

Berbeda dengan jenis investasi lainnya, investasi emas cenderung lebih menguntungkan bagi sang investor. Sebaliknya, investasi emas kurang memberikan efek positif pada ekonomi nasional secara riil. Sementara itu, investasi jenis saham keuntungannya diperoleh dari laba yang diperoleh oleh perusahaan.

Laba tersebut nantinya juga akan digunakan kembali untuk membiayai kegiatan operasional perusahaan sehingga ikut mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Nah, setelah membaca penjelasan dalam artikel ini, Anda menjadi semakin paham tentang untung rugi investasi emas. Maka dari itu, sebelum melakukan investasi emas pastikan bahwa Anda siap menghadapi keuntungan maupun kerugian investasi ini.

Dengan begitu, Anda tidak perlu terlalu khawatir saat tiba-tiba saja harga emas turun. Meskipun begitu, percayalah bahwa investasi emas akan mendatangkan keuntungan bagi Anda sehingga Anda pun selalu semangat untuk menjalankan investasi emas.

Leave a Comment

eight − four =