Speaker komputer gaming terbaik untuk PC dan laptop

Cari speaker PC untuk gaming dan nonton film yang bagus ? Dengan memilih speaker komputer gaming terbaik maka pastinya mampu mengeluarkan suara yang super detail.

Untuk anda pengguna PC atau bahkan laptop pastinya membutuhkan speaker bukan ? Pada laptop memang sudah ada speaker bawaan, namun kita tahu bahwa kualitas suaranya sangat standard.

Begitu juga dengan para pengguna PC yang pada monitor gaming biasanya juga sudah dibekali dengan speaker bawaan. Namun lagi-lagi suara yang dihasilkan tentunya sangat standard dan tidak memuaskan.

Maka dari itu kita butuh speaker eksternal yang bagus agar bisa memberikan pengalaman yang lebih baik. Baik pengguna laptop maupun PC sama-sama bisa menggunakan speaker 2.1 atau 5.1.

Apa itu speaker 5.1 ?

Kehadiran speaker 5.1 dipasar-pasar online sekarang sudah banyak pilihan. Speaker 5.1 artinya speaker yang memiliki 6 saluran.

Jadi jika anda membeli speaker 5.1 maka akan mendapatkan 6 box/kotak speaker yang masing-masing memiliki saluran sendiri.

Speaker 5.1 sangat cocok dipakai untuk main game dan nonton film. Sebagai contoh jika anda bermain game PC seperti battlefield series yang identik dengan tembak menembak maka speaker 5.1 bisa menunjukan kelebihannya.

Suara medan pertempuran akan jauh lebih realistik dengan speaker 5.1 karena anda bisa mendengar sumber suara dari berbagai arah.

Begitu juga dengan nonton film seperti Saving private ryan yang support 6 saluran. Dalam adegan pertempuran maka suara yang dihasilkan akan begitu realistik. Anda bisa mendengar tidak hanya dari arah depan saja, melainkan juga bisa dari arah belakang samping kanan dan kiri.

Perbedaan speaker 2.1 dan speaker 5.1

Perbedaan speaker 2.1 dan speaker 5.1 sudah tentu dari jumlah saluran yang ada. Speaker 2.1 hanya memiliki 3 saluran, sedangkan speaker 5.1 memiliki 6 saluran.

Baca Juga:  Cara Download Ms Teams di Laptop yang Cepat¬†

Speaker 2.1 yang bagus memang cocok dipakai untuk mendengarkan musik dengan segala instrumen yang detail. Namun kurang cocok dipakai untuk main game dan nonton film action, karena sumber suaranya hanya dari satu arah saja.

Sebaliknya speaker 5.1 kurang cocok dipakai untuk mendengarkan musik sebab konfigurasi 6 channel/ saluran memang didesain untuk mini home theater.

Jika anda sering pergi ke bioskop maka pastinya akan mengerti suara yang dihasilkan bisa dari segala arah. Nah, speaker 5.1 ini bisa menjadi solusi untuk anda yang ingin membangun mini home theater sekalipun ruangan kamar anda kecil.

Syarat menggunakan speaker 5.1 di PC

Speaker komputer gaming terbaik

Pastikan motherboard yang ingin anda pasang speaker 5.1 sudah support 6 saluran. Sebab jika ternyata hanya support 2.1 saja maka speaker 5.1 tidak akan bisa mengeluarkan keunggulan suaranya.

Jika anda membeli motherboard modern sekarang pada umumnya sudah dilengkapi dengan 6 saluran. Jadi ada baiknya ketahui dahulu apakah motherboard anda sudah memiliki 6 saluran audio atau belum.

Cara mengetahuinya sangatlah mudah, anda hanya perlu melihat pada bagian samping motherboard. Jika ada 4 audio ports configuration maka motherboard sudah support speaker 5.1.

Masing-masing 4 audio ports configuration berfungsi untuk 1 port speaker depan kanan kiri, 1 port speaker belakang kanan kiri, 1 port untuk speaker tengah, dan 1 port lagi untuk subwoofer.

Motherboard yang support speaker 5.1 pastinya juga support speaker 2.1 atau bahkan 2.0. Namun jika motherboard hanya support speaker 2.1 maka tidak support speaker 5.1

Jikapun speaker 5.1 bisa tetap menyala pada motherboard yang tidak support speaker 5.1 maka itu adalah virtual surround sound saja.

Rekomendasi speaker komputer gaming yang bagus

1. Logitech Z906

Speaker komputer gaming terbaik

Bicara soal speaker 5.1 maka Logitech Z906 merupakan rekomendasi speaker komputer gaming terbaik. Nama logitech tentunya sudah tidak asing lagi bagi para pengguna PC sejak dahulu kala.

Baca Juga:  Cara membuat monitor PC menjadi awet

Speaker logitech hadir dengan banyak varian dan memiliki segmen pasar yang berbeda-beda pula. Kehadiran Logitech Z906 bisa menjadi solusi yang ingin membuat surround sound dengan PC gaming anda.

Ukuran kelima satelit yang kecil menjadikan anda sebagai pengguna menjadi lebih mudah untuk mengatur posisinya. Begitu juga dengan satu buah subwoofer yang siap untuk membuat kaca bergetar diruangan kamar anda.

Speaker Logitech Z906 bisa anda pasangkan pada motherboard PC mana saja asalkan memang sudah support speaker 5.1.

Dengan menggunakan Logitech Z906 pastinya suara yang dihasilkan ketika bermain game akan jauh lebih realistik. Terutama untuk game-game seperti Battlefield, dan Crysis yang memang support 6 saluran.

Adapun keunggulan yang sangat dominan dari Logitech Z906 ini yaitu memiliki subwoofer dengan kualitas terbaik.

Seperti kita ketahui bahwa fungsi subwoofer adalah untuk menghasilkan suara frekuensi rendah. Tanpa adanya subwoofer berkualitas maka suara musik dan audio lainnya tidak akan terdengar bagus.

2. Edifier C6XD 5.1

Berikutnya ada Edifier C6XD 5.1 yang juga termasuk sebagai rekomendasi speaker komputer gaming terbaik. Edifier memang sudah terkenal dengan berbagai produk speaker 5.1 nya.

Salah satu keunggulan yang menjadi daya tarik orang mengapa speaker edifier begitu menarik karena memiliki desain yang sangat elegan.

Mulai dari ke lima satelitnya, subwoofer, hingga remote memiliki desain yang sangat menarik untuk dipandang mata.

Dengan adanya fitur remote pada Edifier C6XD 5.1 maka anda bisa mengatur berbagai kebutuhan dengan lebih praktis.

Mengganti track lagu, membesarkan volume secara menyeluruh hingga volume pararel juga tersedia pada remote speaker edifier ini.

Adapun yang menjadi keunggulan dari speaker Edifier C6XD 5.1 yaitu memiliki kualitas suara yang sangat detail.

Baca Juga:  Cara Mengatur Ukuran Kertas Di Word Terbaru

Terutama bagi anda yang memiliki telinga sensitif pastinya akan mampu membedakan bahwa suara pada speaker edifier ini sangat detail.

Tidak hanya bass saja yang terdengar menghentak tetapi juga instrumen musik lainnya bisa terdengar sangat bagus oleh speaker Edifier C6XD 5.1.

Bagi anda PC gamers pastinya akan merasakan pengalaman terbaik dengan menggunakan Edifier C6XD 5.1 sebagai speaker yang bagus.

3. Logitech Z506

Speaker komputer gaming terbaik

Jika Logitech Z906 adalah speaker 5.1 seri flagship maka Logitech Z506 adalah seri kelas entry level yang memiliki harga lebih terjangkau.

Meskipun speaker Logitech Z506 memang untuk segmen kalangan menengah bawah, namun bukan berarti speaker ini tidak layak anda pertimbangkan.

Logitech Z506 mampu menghasilkan suara yang menggelegar. Terutama saat anda menggunakan speaker logitech ini untuk bermain game yang identik dengan suara keramaian dan efek-efek suara ledakan.

Dengan ukuran satelit yang kecil maka speaker Logitech Z506 juga tidak terlalu makan tempat. Terutama jika memang ruangan kamar anda tidak besar atau kecil.

Pada bagian depan anda bisa meletakan 3 satelit yaitu bagian kanan, tengah dan kiri. Lalu 2 satelit lagi diletakan dibelakang kursi gaming anda dan untuk urusan subwoofer bisa anda letakan dibawah meja.

4. Edifier M3500

Terakhir ada rekomendasi speaker 5.1 yang bernama Edifier M3500. Jika Edifier C6XD 5.1 adalah speaker 5.1 seri flagship maka edifier M3500 hadir sebagai kelas entry level yang memiliki harga lebih terjangkau.

Speaker Edifier M3500 cocok untuk anda yang memang ingin memiliki speaker 5.1 untuk main game tetapi hanya punya budget yang minim.

Untuk kualitas suara, Edifier M3500 memang masih dibawah Edifier C6XD 5.1. Namun dengan harga yang hanya 1 jutaan rupiah saja maka tentunya masih sangat layak untuk anda beli sebagai speaker komputer gaming terbaik.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment