Jurusan yang Paling Banyak Peluang Kerja

Jurusan yang paling banyak peluang kerja, dimana permintaan terus melebihi lulusan yang ada. Perhatikan bahwa  pertumbuhan industri  secara umum mungkin tidak tercermin dalam perekrutan tingkat pemula.

Jurusan terbaik tingkat awal adalah di mana ada lebih banyak lapangan pekerjaan daripada jumlah lulusan yang tersedia. Inilah yang sering menghasilkan banyak tawaran pekerjaan bagi lulusan dengan jurusan ini. 

Jika Anda adalah salah satu dari sedikit orang di jurusan ini, pencarian kerja akan lebih mudah bagi Anda dalam mencari pekerjaan baik sebagai magang maupun setelah lulus.

Di masa pandemi yang banyak para pekerja di PHK ( pemutusan hubungan kerja ) mengingat sedang susahnya mencari suatu pekerjaan .Dan dengan jurusan yang paling banyak dibutuhkan saat ini di masa yang sedang sulit ini sangatlah menguntungkan. 

Namun bagi Anda yang telah memilih jurusan yang tidak begitu banyak peluang kerjanya janganlah berkecil hati. Sebagai contoh jika kamu menyukai desain visual dan harus mempelajari adobe, corel draw, dan lainnya.

Dengan cara mempelajari dari Youtube secara perlahan tanpa harus mengambil jurusan tersebut atau jika ada temanmu yang sekolah desain, maka solusi yang tepat untuk meminta bantuan untuk mengajarkanmu mengenai teknik desain tersebut.

Dengan begitu kamu dapat menambah kemampuan secara gratis bukan? dan kamu juga dapat mengambil pekerjaan paruh waktu bagi mahasiswa. karena banyak sekali lowongan pekerjaan saat ini yang membutuhkan desain grafis dan mahasiswa pun bisa mengambil pekerjaan tersebut.

Dan dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih makan banyak orang membuka usaha online sehingga membutuhkan seorang desain grafis untuk mendesain toko mereka.

Apa jurusan untuk karir yang saya pilih tepat ?

Jurusan yang paling banyak peluang kerja

Jika Anda merencanakan karier dan ingin mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pemberi kerja, penting untuk mengetahui tren terkini di pasar kerja.

Ketika Anda menyadari  tren terkini di pasar kerja Anda dapat mempersiapkan diri untuk mendapatkan posisi di salah satu karir yang banyak diminati. Karier dalam permintaan ini memiliki tingkat pertumbuhan yang paling teratas untuk lima tahun ke depan. 

Karier yang memenuhi syarat di pasar kerja adalah opsi yang menawarkan pertumbuhan jangka panjang dan berisi banyak posisi terbuka. Industri dengan karir  berusaha untuk mengisi posisi dengan kandidat yang memenuhi syarat yang memiliki serangkaian keterampilan dan kemampuan tertentu.

Jurusan yang paling banyak peluang  kerja hampir 70% adalah ilmu komputer yang mensurvei  hampir 10.000 senior perguruan tinggi yang ditetapkan  untuk mendapatkan  gelar sarjana di musim semi tahun lalu dari pertengahan Februari  hingga akhir Maret.

Itu mengumpulkan perhitungan untuk siswa yang lulus di 17 jurusan berbeda, yang mencari pekerjaan penuh waktu.

Selanjutnya jurusan yang paling banyak peluang kerja terbesar kedua adalah ekonomi. Sekitar 61,5% jurusan ekonomi memiliki setidaknya satu tawaran setelah lulus.

Dan yang ketiga adalah akuntansi, jurusan dimana 61,2% siswa memiliki penawaran sebelum mereka lulus. Siswa yang mengambil jurusan seni visual yang paling rendah. Hanya 27,8 % memiliki tawaran pekerjaan sebelum lulus. dan di urutan berikutnya adalah studi lingkungan, pada 30,5% dan yang terakhir adalah pendidikan 28,9%.

Berikut adalah daftar jurusan yang paling banyak peluang kerja, yang menunjukkan persentase pelamar yang memiliki setidaknya satu tawaran pekerjaan pada saat mereka lulus:

  • Ilmu computer : 70%
  • Ekonomi : 61,5%
  • Akuntansi : 61,2%
  • Teknik : 59%
  • Administrasi Bisnis : 54,3%

Penjelasan mengenai jurusan yang paling banyak peluang kerja:

Jurusan yang paling banyak peluang kerja

Ilmu komputer

Banyak lulusan memiliki banyak tawaran pekerjaan untuk dipilih. Dengan kemajuan teknologi saat ini maka jurusan ini sangat diminati dan memiliki banyak peluang kerja.

Pengetahuan tentang Bahasa pemrograman yang mendalam gelar sarjana dalam ilmu computer, rekayasa perangkat lunak, pengetahuan tentang bahasa pemrograman & pengalaman yang ditunjukkan dengan beberapa proyek pengembangan perangkat lunak.

Pemasaran

Jika kamu mengambil jurusan ini kamu bisa berkarir sebagai seorang sales executive. Prospek kerja ini dibutuhkan di setiap perusahaan karena setiap bisnis atau perusahaan pasti membutuhkan sales executive  untuk memasarkan produknya. 

Salah satu peran permintaan tertinggi untuk lulusan perguruan tinggi yang baru lulus adalah pemasaran.

Jadi, jika Anda jurusan pemasaran yang bersedia kerja di bagian penjualan  yaitu, bukan pemasaran teoritis, tetapi sebenarnya menjual barang yang diinginkan dan dibutuhkan orang), Anda akan menemukan banyak sekali peluang. Dan jurusan pemasaran adalah salah satu profesi dengan bayaran  tertinggi juga.

Perawat

Populasi kita terus meningkatkan kebutuhan kita akan perawat yang berkualitas dan tenaga medis lainnya di bidang terkait. Jika Anda berdedikasi untuk melayani orang lain, keperawatan adalah karir yang bagus untuk dipertimbangkan.

Membantu pasien dengan perawatan kesehatan dan kebutuhan lain dibawah pengawasan perawat yang terdaftar di rumah sakit, klinik, panti jompo, atau fasilitas perawatan medis lainnya 

Teknik elektro

Anda dapat merancang, mengembangkan, dan menguji peralatan listrik?. Dan jika benar Anda akan mendapatkan gaji yang cukup besar. Ini salah satu jurusan yang paling banyak dicari oleh lulusan perguruan tinggi.

Dan setelah lulus sebagian dari mereka menerima banyak tawaran pekerjaan sebagai teknik elektro. Prospek kerja mulai dari perusahaan perlengkapan listrik, konsultan listrik, perusahaan umum, sampai perusahaan pembangkit daya listrik.

Akuntansi 

Saat ini terdapat berbagai macam peluang kerja di bidang akuntansi. Posisi akuntan menuntut Anda memiliki pemahaman yang lebih menyeluruh tentang konsep keuangan dan membutuhkan minimal gelar sarjana 4 tahun di bidang akuntansi.

Beberapa akuntan kemudian menjadi akuntan publik bersertifikat. Karena ini membuka peluang kerja bagi mereka. 

Pekerjaan akuntansi dapat diklasifikasikan ke dalam empat kategori :

  • Pembukuan
  • Petugas akuntansi
  • Akuntan
  • Akuntan publik

Bukan suatu kebetulan 4 dari 10 pemberi kerja teratas di perusahaan akuntansi , akuntansi publik dan swasta mencari akuntan baru dalam audit, pajak, dan akuntansi perusahaan. Selain itu karier ini sering kali menjadi batu loncatan menuju peluang di bidang manajemen.

Teknik kimia

Banyak sekali peluang untuk bekerja dengan teknologi baru, termasuk energi bensin, medis, bioteknologi. Ada beragam peluang pekerjaan di bidang ini.

Pengembang perangkat lunak

Dengan kemajuan teknologi saat ini maka jurusan ini sangat diminati dan memiliki banyak peluang kerja . Pengetahuan tentang Bahasa pemrograman yang mendalam

Jurusan teknik mesin 

Kesempatan kerja di jurusan ini sangat dibutuhkan saat ini seperti memperbaiki mesin pabrik, kendaraan motor / mobil, serta robot. Oleh karena itu lulusan jurusan dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar.

Itulah beberapa jurusan yang paling banyak peluang kerja beserta penjelasannya, semoga Anda tidak salah pilih dalam mengambil jurusan, dan bisa mendapatkan peluang kerja sesuai keinginan Anda.

Leave a Comment

19 − 7 =