Begini Beberapa Cara Mematikan Windows Defender yang Perlu Diketahui 

Dalam sebuah laptop atau PC tentu saja ada banyak software yang bisa digunakan. Di mana berbagai software tersebut memiliki banyak kegunaan, salah satunya ialah windows defender. Namun memang tidak jarang yang mencari berbagai cara mematikan windows defender. 

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu windows defender. Windows defender sendiri ialah sebuah software anti virus bawaan dari windows yang memang dikembangkan oleh Microsoft. Di mana, sama dengan aplikasi anti virus lainnya, aplikasi ini sudah pasti memiliki manfaat untuk melindungi laptop atau PC dari berbagai serangan digital berbahaya. 

Baca juga: windows 8

Beberapa Alasan Orang-Orang Mencari Tau Cara Mematikan Windows Defender 

Memang benar sekali bahwa windows defender memiliki segudang manfaat. Tetapi memang aplikasi ini bukanlah aplikasi atau program yang sempurna. Sehingga memang pada kondisi tertentu sering mengalami kesalahan dan kadang memang sangat merugikan. 

cara mematikan windows defender

Itu sebabnya, banyak orang yang mencari cara mematikan windows defender dan bahkan mengganti aplikasinya dengan aplikasi pihak ketiga. Selain itu, ada sebab lain yang mendasari kenapa mematikan aplikasi ini. Seperti misalnya pada penginstalan program aplikasi. 

Beberapa kondisi ada yang membuat windows defender akan selalu menghadang proses instalasi yang dilakukan. Di mana memang aplikasi ini mungkin memperlakukan aplikasi dari pengembang kecil sebagai sebuah ancaman, jadi Anda tidak bisa memasangnya dengan lancar. 

Kadang, meskipun aplikasi berasal dari situs resminya, tetap saja aplikasi ini sering melakukan penghadangan. Tidak heran memang jika banyak orang yang mematikan aplikasinya, baik untuk sementara waktu atau secara permanen. 

Baca Juga:  Pengertian Serta Beberapa Cara Unduh Windows 8 Yang Patut Anda Simak

Beberapa Cara Mematikan Windows Defender Pada Windows 10 

Biasanya memang cara mematikan windows defender berbeda pada setiap versi windows. Sehingga, memang Anda harus bisa mencarinya dengan tepat. Nah, kali ini akan dibahas mengenai beberapa cara untuk mematikan windows defender pada windows 10. 

Menonaktifkannya Melalui Menu Settings 

Cara pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan melalui menu settings. Biasanya, cara ini digunakan untuk mereka yang memang ingin menonaktifkan windows defender dalam kurun waktu sementara saja. Maksudnya ialah Anda bisa menonaktifkan kembali aplikasinya jika dibutuhkan. 

Untuk melakukannya sangatlah mudah, Anda bisa memulainya dengan mengklik menu start yang terletak taskbar. Nantinya, hanya perlu mengklik menu settings, dan pilihlah bagian update & security. Selanjutnya, cukup dengan memilih windows security

Cara mematikan windows defender yang selanjutnya ialah dengan memilih virus & threat protection pada bagian protection areas. Nantinya bisa langsung mengklik manage settings. Lalu, geser saja toggle on menjadi off. Hal ini dilalukan untuk mematikan semua opsi layanan windows defender. 

Ada beberapa hal yang harus Anda ubah toggle-nya, yaitu automatic sampel submission, real-time protection, dan cloud delivered protection. Jika semuanya sudah diubah, maka windows defender akan tidak aktif. Untuk mengaktifkannya sendiri hanya perlu mengubahnya lagi. 

Menggunakan Perintah yang Terdapat Pada CMD dan PowerShell 

Cara lain yang bisa dilakukan ialah dengan menggunakan perintah yang terdapat pada CMD dan powershell. CMD dan Powershell sendiri merupakan sebuah program command yang memiliki tujuan otomatisasi tugas dan manajemen konfigurasi. 

cara mematikan windows defender

Kedua program ini akan memungkinkan penggunanya untuk bisa mengubah konfigurasi sistem dengan berbagai perintah, termasuk salah satunya ialah menonaktifkan windows defender. Tentu saja ada dua cara mematikan windows defender yang bisa dilakukan. 

Baca Juga:  Cara Hapus Aplikasi di Windows 10 / 11 Menggunakan Winget dan Berbagai Metode Lainnya

Pertama ada cara dengan menggunakan CMD, ada sebuah perintah untuk menonaktifkan, yaitu sc stop WinDefend. Sementara untuk mengaktifkannya kembali bisa dengan sc start WinDefend. Untuk melakukan caranya sendiri juga sangat mudah. 

Pertama, Anda hanya perlu mengklik menu start yang terletak pada taskbar. Nantinya cukup dengan mengetik cmd pada windows search. Langkah selanjutnya ialah dengan mengklik kanan pada command prompt, lalu cukup pilih run as administrator. 

Cara mematikan windows defender yang selanjutnya ialah dengan mengetik perintah di atas sesuai dengan permintaan. Kemudian, cukup tekan enter saja untuk mulai. Tunggu saja sampai proses tersebut selesai dilakukan. 

Nah, selain menggunakan cmd, Anda juga bisa menggunakan PowerShell. Untuk cara ini sudah pasti bisa dimulai dengan menekan windows dan X. Kemudian nantinya cukup pilih opsi windows Powershell. Jika memang sudah terbuka, maka bisa melakukan copy paste terhadap salah satu perintah yang ada. 

Biasanya memang setiap perintah memiliki manfaat yang berbeda-beda. Sehingga memang harus sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah melakukan copy paste, maka cukup tekan enter saja dan tunggu saja sampai prosesnya selesai dilakukan. Kedua cara ini memang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. 

Menggunakan Sebuah Fitur Bernama Group Policy Editor 

Cara mematikan windows defender yang selanjutnya ialah dengan melalui group policy editor. Di mana memang group policy editor merupakan sebuah fitur yang sudah disediakan oleh windows dan memiliki fungsi untuk membatasi fitur-fitur di PC. 

Fitur ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Seperti salah satunya ialah untuk menonaktifkan windows defender. Untuk langkah pertamanya bisa dimulai dengan menekan windows + R dengan secara bersamaan. Hal ini dilakukan untuk membuka jendela run. 

Nantinya, cukup mengetikkan gpedit.msc pada kolom pencarian. Setelahnya tekan enter atau OK. Jika memang jendela local group policy editor sudah terbuka, maka carilah dan akses folder sesuai dengan urutannya. Mulai dari computer configuration, kemudian administrative templates, windows components, dan terakhir adalah microsoft defender anti virus. 

Baca Juga:  Wajib Tahu! Begini Cara Menambah Printer di Windows 10 Melalui Wi-Fi, USB, dan Bluetooth

Kemudian, cara mematikan windows defender selanjutnya ialah dengan melihat panel yang ada pada sebelah kanan di microsoft defender anti virus. Di sini, Anda hanya perlu mengklik dua kali pada opsi turn off-nya. Nantinya, akan ada sebuah dialog baru akan muncul.

Pada dialog ini, cukup klik pilihan enabled. Langkah selanjutnya ialah klik apply dan OK. Untuk langkah terakhir hanya perlu melakukan restart agar bisa melihat perubahan yang terjadi.

Memanfaatkan Fitur Registry Editor

cara mematikan windows defender

Terakhir ada dengan melalui registry editor. Registry editor sendiri merupakan fitur yang di mana semua pengaturan dan konfigurasi sistem window tersimpan. Di mana, jika diartikan, Anda bisa dengan mudah mengubah nilai atau bisa menambahkan nilai untuk menonaktifkan windows defender. 

Hanya saja memang jika cara mematikan windows defender ini tidak dilakukan secara berurutan, maka akan berakibat fatal atau bisa saja membuat sistem menjadi bermasalah. Untuk langkah awalnya bisa menekan windows dan R di keyboard secara berurutan. Kemudian, ketik regedit pada kolom pencarian, dan klik OK. 

Jika fiturnya sudah tampil, maka akses folder windows defender. Setelahnya, cukup klik kanan windows defender, lalu pilihlah DWORD (32-bit) value. Kemudian, bisa memberi nama disableantispyware, terakhir tekan enter. 

Langkah terakhir yang perlu dilakukan ialah dengan mengklik dua kali pada konfigurasi disableantispyware tadi. Kemudian, ubahlah value datanya menjadi satu dan klik OK. Setelah itu lakukan restart untuk mengetahui berubah atau tidak. 

Demikianlah beberapa cara mematikan windows defender yang bisa Anda lakukan dalam windows 10. 

Leave a Comment