Cara Mengganti Tombol Navigasi Xiaomi Berbagai Tipe Terbaru

Untuk menunjang kegiatan pengguna dapat mengganti tombol navigasi, termasuk di smartphone Xiaomi, tapi bagaimana cara mengganti tombol navigasi Xiaomi di berbagai tipe? Mungkin masih ada yang belum mengetahui cara mengganti tombol navigasi Xiaomi.

Apakah anda pengguna Xiaomi belum tahu cara merubah bentuk tombol navigasi Xiaomi? Nah, pada penjelasan kali ini memang akan menjelaskan tentang hal tersebut, untuk itu langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara Mengganti Tombol Navigasi Xiaomi Berbagai Tipe Terbaru

Mengenal Tombol Navigasi

Tahukan anda apa itu tombol navigasi ponsel? Sebelum membahas lebih dalam mengenai cara mengganti tombol navigasi Xiaomi, maka tak ada salahnya untuk mengetahui tentang pengertian tombol navigasi ponsel.

Tombol navigasi ini adalah tombol interaksi yang ada di ponsel sehingga pengguna ponsel atau smartphone dapat memposisikan layar masuk dan keluar ke sebuah aplikasi. Setiap ponsel biasanya memiliki tombol ini, termasuk Xiaomi.

Ya, salah satu jenis tombol navigasi ini adalah tiga tombol di layar bagian bawah ponsel atau HP, yaitu tombol kembali, tombol menu, dan ada juga tombol home.

Jenis Tombol Navigasi

Memang salah satu tombol navigasi Xiaomi adalah tiga tombol di bagian bawah layar yaitu tombol menu bentuk kotak, tombol kembali bentuk panah, dan home dengan bentuk bulat. Tombol navigasi tersebut adalah jenis standar di ponsel Xiaomi.

Jenis standar ini ada di jenis tipe Xiaomi keluaran lama. Sekarang di Xiaomi keluaran terbaru ada tambahan jenis tombol navigasi, yaitu jenis tombol navigasi gestur.

Baca Juga:  4 Cara Mudah Membuka File HEIC di Android

Jika anda mengaktifkan jenis gesture, maka tampilan layar berubah menjadi full screen tanpa tiga tombol navigasi di bawah layar dan untuk navigasi ponsel menggunakan gesture gerakan usapan layar. Untuk jenis ini ada di versi terbaru Xiaomi.

Bagi yang tidak biasa menggunakan gesture tentunya akan lebih nyaman menggunakan tombol navigasi standar, tapi tampilan layar jelas lebih menarik dan terlihat kekinian jika menggunakan gesture. Jadi anda sendiri lebih tertarik menggunakan jenis standar atau gesture untuk tombol navigasi di smartphone Xiaomi? Lalu bagaimana cara mengganti tombol navigasi Xiaomi?

Cara Mengganti Tombol Navigasi Xiaomi di Semua Tipe

Cara ganti tombol navigasi Xiaomi

Jika tadi sudah membahas tentang mengenal tombol navigasi Xiaomi dan jenisnya, untuk sekarang akan dibahas mengenai cara mengganti tombol navigasi Xiaomi. Seperti yang sudah dijelaskan jika ada jenis tombol navigasi standar.

Untuk jenis standar biasanya posisi adalah kotak untuk menu di bagian kiri, lalu bulat untuk home di bagian tengah, dan tanda panah untuk kembali di bagian kanan. Tapi anda juga bisa mengganti posisi dari tombol tersebut.

Tenang saja untuk cara merubah bentuk tombol navigasi Xiaomi sangatlah mudah. Lantas saja untuk caranya adalah sebagai berikut ini.

  • Langkah pertama tentunya ke menu pengaturan Xiaomi terlebih dahulu
  • Setelah berhasil masuk ke pengaturan, silakan anda mencari opsi menu Setelan Tambahan
  • Anda pun akan masuk ke menu setelan tambahan. Pada menu tersebut cari dan pilih Tampilan Layan Penuh.
  • Selanjutnya aktifkan tombol Tukar posisi tombol
  • Dengan mengaktifkan tombol tersebut maka anda dapat melakukan perubahan tombol navigasi Xiaomi
  • Jika sudah ditukar maka posisi tombol kembali dan menu akan berubah posisi
  • Selesai

Itu dia cara mengganti tombol navigasi Xiaomi yang pastinya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Baca Juga:  Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Sendiri Beserta Penyebabnya

Menggunakan Aplikasi Stylish Customize your Navbar & Weather Widget

Jika ingin tampilan tombol navigasi lucu dengan berbagai bentuk unik, anda dapatkan menggunakan aplikasi bernama Stylish Customize your Navbar & Weather Widget yang dapat didownload di Play Store.

Aplikasi Stylish Customize your Navbar & Weather Widget memungkinkan untuk mengganti bentuk tombol navigasi ponsel sehingga lebih unik, pastinya aplikasi ini juga support untuk berbagai smartphone termasuk Xiaomi, serta dapat didownload secara gratis di Play Store.

Cara Mengganti Tombol Navigasi Gesture

Sebelumnya juga sudah dijelaskan jika sekarang ada tombol navigasi gesture yang membuat tampilan layar lebih penuh dan untuk menggerakkan layar cukup diusap saja. Apakah anda tertarik untuk menggunakan tombol navigasi gesture?

Cara mengganti tombol menjadi gesture pun tergolong mudah, dan sebenarnya tidak terlalu beda dari cara mengganti tombol navigasi Xiaomi yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk lebih jelasnya bisa langsung saja simak ulasan berikut.

  • Silakan ke menu pengaturan terlebih dahulu
  • Lalu setelah berhasil masuk ke menu pengaturan, anda dapatkan memilih menu Setelan Tambahan
  • Selanjutnya di menu Setelan Tambahan, pilih menu Tampilan Layar Penuh.
  • Nah, akan ada dua pilihan layar, jika ingin memilih gesture maka klik tombol bulat Gerakan Layar penuh
  • Jika baru pertama kali memilih tombol navigasi gesture maka akan muncul pop up untuk mempelajari lebih lanjut seputar tombol gesture
  • Jika memang ingin mengetahui lebih lanjut maka silakan untuk dibaca dan dipelajari terlebih dahulu tentang tombol gesture Xiaomi
  • Selesai, tombol gesture pun sudah diaktifkan

Nah, karena menggunakan tombol gesture maka untuk kembali setelah masuk aplikasi, anda tinggal usap layar, lalu untuk kembali ke home bisa usap layar dari atas bahwa ke atas, dan untuk masuk ke menu recent app maka bisa usap layar ke atas dan tahan.

Baca Juga:  Cara Cek Battery Health HP Oppo dengan Mudah

Kelebihan Tombol Navigasi Gesture

Memang selalu ada inovasi terkini untuk perangkat smartphone Android termasuk Xiaomi. Salah satu inovasi terbarunya adalah mengenai tombol navigasi. Seperti sudah dijelaskan jika telah ada tombol navigasi gesture.

Ya, ponsel Xiaomi keluaran terbaru telah dibekali dengan dua pilihan tombol navigasi biasa dan gesture. Tapi untuk keluaran lama memang belum dibekali dengan navigasi gesture. Perlu diketahui bahwa ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari tombol navigasi gesture.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya maka anda juga dapat mempertimbangkan apakah memang perlu mengaktifkan gesture atau tidak. Nah, langsung saja berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Tombol Navigasi Gesture

Yang pertama akan membahas tentang kelebihannya terlebih dahulu. Langsung saja berikut adalah beberapa kelebihannya.

1. Layar Lebih Lebar

Kelebihan yang pertama adalah layar smartphone akan lebih lebar, sebab tidak ada tombol navigasi di bagian bawah. Dengan ukuran layar yang lebih lebar tentunya akan memberikan suasana baru pada tampilan layar dan membuat anda tidak merasa bosan.

2. Lebih Kekinian

Selanjutnya adalah bisa membuat tampilan layar lebih kekinian, hal ini lantaran tombol navigasi gesture memang termasuk baru. Jadi untuk anda yang enggak mau ketinggalan zaman, maka tak ada salahnya mencoba menggunakan mode navigasi gesture.

Kekurangan Tombol Navigasi Gesture

Selain kelebihannya ada juga beberapa kekurangannya. Nah, salah satu kekurangannya adalah membuat anda kurang nyaman sebab tidak terbiasa menggunakan tombol navigasi gesture. Karena menggunakan gerakan usap pun bisa saja anda kesulitan untuk mengoperasikan smartphone.

Mungkin itu saja pembahasan kali ini mengenai cara mengganti tombol navigasi Xiaomi termasuk ke mode tombol gesture dan informasi lainnya. Semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment