Berbagai Fasilitas untuk Mengatur Semua Fungsi dalam Server Dapat Dijumpai pada Sistem Operasi

Berbagai Fasilitas untuk Mengatur Semua Fungsi dalam Server Dapat Dijumpai pada Sistem Operasi akan kita bahas mendalam di sini.

Penggunaan perangkat komputer dan smartphone selalu meningkat dengan pesat setiap tahunnya. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat semakin melek dengan teknologi.

Faktor utama yang mendasari meningkatnya penggunaan komputer dan ponsel pintar adalah kemudahan untuk mengakses informasi dan berkomunikasi.

Untuk menjalankan perangkat komputer dan smartphone, dibutuhkan sesuatu yang bernama sistem operasi. Apa itu Sistem Operasi? Simak selengkapnya berikut ini.

Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan salah satu perangkat lunak (software) jenis sistem yang menjadi sumberdaya utama dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) dan juga menjadi juri dari program-program komputer.

Berbagai fasilitas untuk mengatur semua fungsi dalam server dapat dijumpai pada sistem operasi. Tanpa adanya sistem operasi, dapat dipastikan bahwa pengguna tidak akan bisa menjalankan seluruh program komputer kecuali hanya program booting.

Sistem operasi memiliki penjadwalan yang sangat sistematis. Penjadwalan itu meliputi penghitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data serta banyak sumber daya lainnya.

Berbagai Fasilitas untuk Mengatur Semua Fungsi dalam Server Dapat Dijumpai pada Sistem Operasi

Fungsi Sistem Operasi

  1.   Memory Management

Manajemen memori dibagi menjadi 2 fokus utama yaitu primary memory yang merupakan kebutuhan penyimpanan utama seperti RAM dan main memory yang merupakan penyimpanan yang dapat diakses melalui CPU secara langsung.

  1.   Device Management

Fungsi selanjutnya dari sistem operasi adalah sebagai pengatur komunikasi antar perangkat komputer melalui driver.

  1.   File Management

Sistem operasi juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan konfigurasi dokumen konfigurasi ini dapat dilakukan mulai dari tahap paling awal hingga akhir sampai dengan mengatur kebutuhan detail informasi. Setelah itu, sistem operasi masih harus mengelola lokasi, fungsionalitas sistem dan fitur-fitur yang lainnya.

  1.   Processor Management

Terakhir, sistem operasi juga mendukung proses multi programming sebagai penentu pada fase mana yang membutuhkan prosesor dalam jangka waktu tertentu.

Komponen Dalam Sistem Operasi

Komponen yang ada dalam sistem operasi sangatlah banyak, namun ada 3 komponen utama dalam sistem operasi, yaitu:

  1.   File

File yang dimaksud adalah file yang terbentuk atau dijalankan melalui sistem operasi.

  1.   Kernel

Kernel merupakan software atau perangkat lunak yang membangun sistem serta mempunyai tugas sebagai pelayan berbagai aplikasi secara mudah dan dengan aman.

  1.   User Interface

Sistem operasi memiliki karakteristik interface atau antarmuka yang membuat interaksi pengguna dengan komputer menjadi lebih nyaman dan mudah.

Jenis-Jenis Sistem Operasi

Berdasarkan cara kerjanya, sistem operasi dibagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut:

  1.   Batch OS

Batch OS adalah salah satu jenis sistem operasi yang bisa menggabungkan beberapa pekerjaan menjadi satu atau secara bersamaan. Hal ini akan membuat pekerjaan lebih cepat selesai dan tidak memberatkan implementasinya.

  1.   Distributed OS

Selanjutnya ada distributed OS yang menggunakan beberapa processor pada beberapa bagian mesin dengan maksud mempermudah komputasi. Nantinya, hal itu akan diberikan kepada user dengan cepat dan akurat.

  1.   Mobile OS

Mobile OS adalah sistem operasi yang dibuat khusus untuk kebutuhan perangkat mobile seperti Android dan iOS.

  1.   Multitasking / Time–Sharing OS

Sistem operasi multitasking akan sangat bermanfaat bagi pengguna karena sistem ini membuat pengguna bisa melakukan tugas secara bersamaan dalam satu perangkat keras CPU yang sama.

  1.   Network OS

Dalam penggunaan jaringan atau network, sistem operasi akan berfungsi sebagai pengatur data, penjamin keamanan, bahkan menjadi user.

  1.   Real-Time OS

Pada real time OS, interval atau jarak untuk waktu pemrosesan dan respon input hanyalah kecil

Nah itulah tadi pembahasan lengkap mengenai sistem operasi. Berbagai fasilitas untuk mengatur semua fungsi dalam server dapat dijumpai pada sistem operasi.

Itulah kenapa sistem operasi adalah hal yang sangat penting bagi perangkat komputer atau smartphone. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

4 × 1 =