Perangkat Lunak pada Komputer yang Digunakan Disebut Software

Perangkat lunak pada komputer yang digunakan disebut dengan istilah software. Software merupakan sebuah istilah khusus dari data komputer yang telah diformat , diolah serta disimpan secara digital seperti program komputer, dokumentasi, dan semua informasi yang dapat dibaca dan ditulis oleh komputer.

Dalam kata lain, perangkat lunak atau software merupakan bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud.

Fungsi Software

  •   Sebagai peranti untuk memproses data, melakukan suatu perintah atau instruksi khusus yang diminta pengguna komputer agar bisa mengoperasikan komputernya sesuai yang diinginkan.
  •   Sebagai media komunikasi dan interaksi antara manusia (pengguna) dengan perangkat keras (hardware).
  •   Sebagai alat pengidentifikasi program komputer.
  •   Sebagai penyedia fungsi dasar perangkat keras agar bisa beroperasi. Misalnya sistem operasi pada komputer adalah penggerak seluruh kegiatan komputer.
  •   Sebagai alat penerjemah dari suatu software menjadi bahasa mesin sehingga dapat dimengerti oleh komputer dan dijalankan.

Jenis-Jenis Software

Perangkat Lunak pada Komputer yang Digunakan Disebut

1. Software Berbayar

Seperti namanya, software yang satu ini adalah jenis software yang mengharuskan  penggunanya membayar sejumlah harga tertentu agar bisa mengakses dan menggunakan software tersebut.

Meskipun telah membeli, pengguna tidak diperbolehkan untuk menggandakan atau menyebarluaskan software tersebut. Contoh dari software berbayar adalah Adobe Photoshop, Microsoft Office, dan sebagainya.

2. Free Software

Berbeda dengan jenis software pertama, free software memang tetap meminta anda untuk membayar saat pertama kali menggunakan. Namun pengguna dapat menyebarluaskan, menggandakan, memodifikasi dan mendistribusikan software ini. Contoh dari software ini adalah Linux Ubuntu, Libreoffice, Inkscape, VLC dan masih banyak lagi.

3. Freeware

Freeware merupakan perangkat lunak yang benar-benar gratis dari awal penggunaannya tanpa batas waktu. Contoh dari freeware adalah Mozila Firefox, Google Chrome, dan sebagainya.

4. Shareware

Shareware adalah perangkat lunak yang memberikan waktu tertentu untuk uji coba gratis bagi penggunanya. Uji Coba gratis ini biasanya memiliki durasi 15 sampai 30 hari.

Setelah masa uji coba berakhir, pengguna diharuskan untuk membayar jika ingin melanjutkan pekerjaan pada software tersebut. Contohnya adalah Corel Draw, Nero 7. Style Xp dan sebagainya.

5. Malware

Berbeda dengan perangkat lunak lainnya, malware merupakan perangkat lunak yang dianggap sebagai perusak. Tujuan pembuatannya adalah untuk menyusup hingga merusak suatu jaringan komputer untuk tujuan merugikan pihak tertentu. Contoh dari software ini adalah spyware, adware dan virus komputer yang memiliki banyak jenis.

Macam-Macam Software

Perangkat Lunak pada Komputer yang Digunakan Disebut

1. Software Sistem Operasi

Macam software yang pertama adalah software sistem operasi yang merupakan pengendali dasar dari seluruh kegiatan komputer anda. software sistem operasi adalah software yang paling pertama kali diinstal untuk bisa menjalankan komputer anda.

Intinya, software ini adalah penghubung bagi anda sebagai pengguna, perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) saat menggunakan komputer. Contoh dari software sistem operasi adalah Microsoft Windows, Mac, iOS dan lain-lain.

2. Software Aplikasi

Seperti namanya, software ini merupakan aplikasi yang ada di komputer yang bisa membantu anda melakukan kegiatan tertentu. Aplikasi menjadi perangkat lunak yang paling banyak jenisnya dan banyak anda gunakan dalam berkegiatan menggunakan komputer. Contohnya adalah Microsoft Office, Adobe Premiere, Skype dan lain-lain.

3. Software Pemrograman

Software pemrograman adalah software yang fungsinya adalah menerjemahkan instruksi dari bahasa program menjadi bahasa mesin agar dapat dibaca dan dilaksanakan oleh komputer. Program ini biasanya digunakan oleh ahli dibidang IT atau pengkodingan. Contoh dari software pemrograman adalah Python, PHP, Java dan sebagainya.

4. Software Utility (Tambahan/Bantuan)

Software ini adalah software yang fungsinya adalah membantu komputer untuk melakukan kegiatan tertentu. Software ini biasa disebut dengan software pembantu atau software pendukung bagi software lainnya.

Kegiatannya seperti mengkompres file, melindungi sistem dari malware, memformat data, dan sebagainya. Contoh softwarenya adalah Winzip, Antivirus, Norton Utility, dan lain-lain.

Nah itulah tadi penjelasan lengkap mengenai perangkat lunak pada komputer yang digunakan disebut dengan software. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan anda ya. Semoga bermanfaat!