Jelaskan Perbedaan SIP Request dan SIP Server

Jika Anda bukan anak IT atau tidak memiliki basic IT tentu masih merasa asing dengan istilah SIP Request dengan SIP Server. Jika ada pertanyaan berupa,  jelaskan perbedaan SIP request dan SIP server Anda harus tahu apa jawabannya. Untuk itu, mari kita bahas lebih lengkap tentang perbedaan keduanya, dan apa saja fungsinya.

SIP merupakan sebuah singkatan dari Session Initiation Protocol. Pengertian dari SIP adalah pensinyalan dari sebuah protokol dan pengontrolan dalam hal layer suatu aplikasi. Fungsi dari SIP itu sendiri yaitu untuk mengakhiri/membangun sesi multimedia.

Maksud dari sesi multimedia ini adalah para pengguna dapat saling melakukan pertukaran data. Misalnya data yang berupa teks, video, ataupun foto.

Jelaskan Perbedaan SIP request dan SIP server dengan Lengkap

Jelaskan Perbedaan SIP Request dan SIP Server

Menyediakan suatu layanan secara langsung bukanlah tugas dari SIP tersebut. Namun SIP akan menyediakan dasar untuk protokol yang berada di aplikasi lainnya, yang tentu sudah lebih lengkap.

Sedangkan yang dimaksud dengan HTTP adalah sebuah basis pesan di komunikasi SIP. Pengguna SIP pun akan memiliki alamat yaitu Uniform Resource Identification atau yang disingkat menjadi SIP-URI.

Ketika Anda mempelajari SIP dengan lebih mendalam, maka Anda akan bertemu dengan SIP Request dan SIP Sever. 

Jadi ketika ada pertanyaan mengenai, jelaskan perbedaan SIP Request dan SIP Sever Anda bisa menjawabnya dengan lebih mudah. Jika dilihat dari namanya SIP Request adalah sebuah isi pesan yang dikirim. Pesan ini berasal dari klien yang ditujukan pada sebuah server. Yang dimana isinya adalah sebuah operasi.

Sedangkan SIP Server dianggap sebagai arsitekturnya. Yang menjadi sebuah kesatuan dari fungsi logika. Jenis alat ini biasanya tidak perlu dipisah secara fisik. Maka ketika Anda diminta untuk menjelaskan apa saja perbedaannya, jawabannya yaitu SIP Server merupakan aplikasi untuk menerima. Sedangkan SIP Request untuk menjawab pesan tersebut.

Fungsi dari Keempat Server SIP

Setelah menjawab pertanyaan yang berupa, jelaskan perbedaan SIP Request dan SIP Sever sekarang kita bahas tentang fungsinya. Berikut ini beberapa fungsi dari SIP Server:

1. Proxy Server

Fungsi dari server yang satu ini adalah dapat bekerja sebagai server sekaligus juga client. Ia pun harus mengarahkan SIP Request ke pengguna agent server.

Serta mengarahkan ke pengguna agent server dari SIP Respons. Kemudian fungsi yang berikutnya yaitu untuk melakukan suatu routing. Dan untuk memastikan request pada pihak yang mempunyai hak/izin. Ia juga memiliki tugas membuat sebuah kebijakan.

2. Redirect Server

Server ini merupakan gabungan dari logika yang mengarah ke satu klien saja ke perangkat URIs. Fungsinya yaitu untuk menyelesaikan tugas request dari pengguna atau dari klien.

3. Registrar Server

Fungsi atau kegunaan dari server yang disebut dengan Registrar Server adalah untuk melakukan proses serta menerima, pada pemberitahuan mengenai pendaftaran. Caranya yaitu untuk memperbolehkan di mana keberadaan lokasi endpoint. Hal ini juga masih berhubungan dengan lokasi server.

4. Location Server

Fungsi server ini yaitu untuk menyediakan layanan di sebuah database yang abstrak dalam mentranslasikan keterangan, di suatu domain jaringan.

Pengertian SIP

Jelaskan Perbedaan SIP Request dan SIP Server

Setelah mengetahui apa perbedaan antara SIP Server dengan Request, kini kita bahas tentang pengertian dari SIP. SIP adalah signalling atau pensinyalan protokol sekaligus juga pengontrolan yang terjadi di sebuah layer aplikasi.

Dengan kegunaan yang spesifik seperti membangun, mengakhiri, serta memodifikasi sesi multimedia. Sesi tersebut melibatkan satu pengguna atau banyak pengguna.

Fungsi dan juga operasi dasar dari sebuah SIP tidak bergantung pada protokol itu saja, dan tidak tergantung pada protokol layer transport yang dipakai. Misalnya untuk panggilan telepon yang sederhana. Selain itu SIP juga bisa dipakai untuk conference video serta audio atau bisa juga pesan instan.

SIP juga menjadi sebuah signalling protocol yang sifatnya peer to peer, dengan memulai serta mengakhiri sesi komunikasi dan memberi izin endpoint. Yang dimana hal ini telah dikembangkan oleh IETF.

Pembangunan dari sebuah jaringan komunikasi yang menggunakan SIP dilakukan dalam sejumlah langkah berikut:

  • User Location: Tahap ini adalah sebagai penentuan lokasi user yang nantinya akan melakukan komunikasi.
  • User Availability: Untuk penentuan tingkat keinginan dari pihak yang sudah dipanggil yang nantinya akan terlibat pada sebuah komunikasi.
  • User Capability: Sebagai penentuan media atau sebuah parameter yang masih berkaitan dengan media yang nantinya akan dipakai untuk kegiatan komunikasi.
  • Session Setup: Ringing digunakan untuk pembentukan hubungan antara pihak yang memanggil dengan yang dipanggil.

Komunikasi di dalam SIP dilakukan dengan cara mengirim pesan dengan basis HTTP. Yang dimana setiap penggunanya memiliki alamat yang dinyatakan dengan SIP URI. Cara kerja dari SIP ini kurang lebih sama saja dengan cara kerja pada protokol HTTP.

Kini, Anda sudah tidak bingung lagi dengan jawaban dari pertanyaan yang berupa, jelaskan perbedaan SIP Request dan SIP Server dengan penjelasan di atas.