Perbedaan SIP Request dan SIP Server

Bagi kamu yang bukan anak IT mungkin kurang familiar dengan SIP Request dan SIP Server. Bagaimana jadinya kalau kamu diminta jelaskan perbedaan SIP request dan SIP server?

SIP adalah singkatan dari Session Initiation Protocol, yaitu suatu pensinyalan protokol dan pengontrolan layer aplikasi. Fungsi dari SIP adalah membangun atau mengakhiri suatu sesi multimedia.

Sesi multimedia yang dimaksud di sini adalah pengguna yang saling bertukar data berupa video, suara, ataupun teks. Tugas SIP bukan untuk menyediakan layanan secara langsung, tetapi menyediakan dasar bagi protokol aplikasi lain yang lebih lengkap.

HTTP adalah basis pesan pada komunikasi di SIP. Pengguna SIP mempunyai alamat bernama SIP-URI (Uniform Resource Identification). Kalau kamu mempelajari SIP, kamu akan mendengar SIP request dan SIP server. Nah, berikut adalah jawabannya kalau kamu diminta jelaskan perbedaan SIP request dan SIP server.

Jelaskan Perbedaan SIP Request dan SIP Server…

Ini Jawaban Bila Kamu Disuruh Jelaskan Perbedaan SIP Request dan SIP Server

Untuk menjawabnya kamu perlu memahami arti dari nama-nama tersebut? Apa itu request dan apa itu server? Dari segi namanya, SIP request mengacu pada isi pesan yang dikirimkan. Dalam hal ini pesannya berasal dari klien kepada server, yang isinya adalah suatu operasi.

Sementara itu, SIP server merujuk pada arsitekturnya. SIP server merupakan kesatuan fungsi logika. Pada jenis ini alat tidak perlu dipisahkan secara fisik.

Jadi, apabila kamu diminta untuk jelaskan perbedaan SIP request dan SIP server, kamu cukup menjawab SIP server adalah suatu aplikasi untuk menerima, sementara SIP request untuk menjawabnya. Mudah bukan?

Fungsi dari empat server SIP

Nah, setelah sebelumnya kamu sudah mendapat jawaban bila diminta untuk jelaskan perbedaan SIP request dan SIP server, maka kali ini kita akan membahas fungsi dari 4 server-nya.

Berikut fungsi 4 (empat) Server SIP:

  • Proxy Server

Fungsi server ini adalah bekerja sebagai server dan client. Selain itu, ia juga harus mengarahkan SIP request pada user agent server, dan dari SIP respons pada user agent client. Fungsi lainnya adalah untuk melakukan routing, memastikan request untuk pada pihak yang memiliki izin / hak. Selain itu ia juga bertugas membuat kebijakan.

  • Redirect Server

Server ini adalah gabungan dari logika yang mengarahkan satu klien pada perangkat dari Uniform Resorce indicators (URIs). Fungsi dari Redirect Server adalah menyelesaikan tugas request klien / pengguna.

  • Registrar Server

Fungsi dari server ini adalah untuk menerima dan juga melakukan proses pada pemberitahuan pendaftaran dengan memperbolehkan untuk mengetahui lokasi keberadaan suatu endpoint. Ini sangat berhubungan juga dengan Location Server.

  • Location Server

Fungsi server ini adalah untuk menyediakan layanan pada database abstrak untuk mentranslasikan keterangan yang ada pada domain jaringan.

Penutup

Nah, jadi itu tadi jawaban bila kamu diminta untuk jelaskan perbedaan SIP request dan SIP server. Apabila kamu tertarik untuk belajar lebih jauh mengenai SIP, maka kamu bisa melakukannya secara otodidak juga.

SIP merupakan pensinyalan protokol dan kontrol pada aplikasi dengan tujuan untuk membangun, memodifikasi, dan mengakhiri suatu sesi multimedia. Sesi ini bisa yang melibatkan satu atau beberapa pengguna. 

Luar biasanya adalah, fungsi dan operasi SIP tidak bergantung pada protokol lain. Selain itu, protokol layer transport tidak menjadi tempat SIP bergantung. So, apabila kamu tertarik mendalaminya lagi, kamu bisa belajar mulai dari sekarang dengan mencari artikel-artikel semacam ini atau dengan menonton YouTube. Selamat mencoba dan berusaha!

Leave a Comment

15 − ten =