Apa Itu Ekstensi dalam Server Voip?

Pada dasarnya, apa itu ekstensi dalam server voip termasuk salah satu jenis pertanyaan yang sering dipertanyakan oleh beberapa orang yang sedang berkecimpung di dunia ilmu komputer. Selain itu, ekstensi ini juga akan saling berkaitan dengan dial plan meskipun definisi dari kedua istilah tersebut akan saling berbeda.

Sebelum kita masuk ke pembahasan tentang pengertian dari ekstensi dan dial plan, ada baiknya jika Anda mengenali terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan server voip. Voip adalah teknologi yang memberikan kesempatan kepada masyarakat luas, untuk melakukan panggilan telepon maupun video yang akan dilakukan dengan mengandalkan jaringan internet.

Dengan melihat penjelasan di atas, Anda bisa menilai sendiri betapa eratnya hubungan antara ekstensi dan dial plan ini dengan dunia teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini. Jenis server ini akan semakin terasa penting, ketika pekerjaan Anda akan berhubungan erat dengan dunia ilmu komputer.

Jadi, apa itu ekstensi dalam server voip?

Apa Itu Ekstensi dalam Server Voip?

Pengertian dari ekstensi akan sangat mudah untuk dipahami, ketika Anda sudah mendapatkan informasi yang jelas terkait hal ini. Ekstensi adalah rangkaian dari beberapa kode yang akan melalui pemeriksaan yang dilakukan oleh server voip, dengan tujuan menentukan perangkat yang dipanggil.

Contoh implementasi ekstensi saat ini sudah bisa dilihat dari internet secara mudah. Bahkan, ada beberapa organisasi tertentu yang menyediakan contoh implementasi ekstensi ini secara lengkap, sehingga Anda bisa memahaminya dengan mudah.

Sementara itu, untuk pengertian dari dial plan sendiri adalah fitur yang ada pada panggilan voip dan nantinya akan memungkinkan panggilan antar perangkat yang menggunakan ekstensi. Dengan begitu, Anda bisa melihat sendiri betapa eratnya hubungan antara kedua hal ini, sehingga Anda perlu memahami kedua hal ini secara benar dan jelas.

Jika dijelaskan secara lebih sederhana, maka bisa dibilang bahwa ekstensi adalah nomor telepon yang diberikan oleh server voip, yang penerima nomor telepon tersebut adalah klien dari IP Phone atau Softphone.

Sementara itu, jika penjelasan tersebut adalah berkaitan dengan ekstensi, untuk penjelasan singkat dan sederhana dari dial plan adalah sistem rute komunikasi tingkat advance yang ada pada server voip atau IP PBX.

Pentingnya ilmu ekstensi dan dial plan dalam dunia teknologi dan komputer

Di bagian ini, kami akan membagikan beberapa pertanyaan umum yang sering dipertanyakan oleh beberapa orang yang sedang mempelajari tentang ilmu ini. Dengan melihat jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini, Anda bisa melihat sendiri betapa pentingnya ilmu tentang ekstensi dan dial plan dalam dunia teknologi dan komputer.

Jadi, apa itu ekstensi dalam server voip akan sangat harus untuk Anda ketahui, ketika Anda bekerja di bidang yang sama seperti ini. Pentingnya ilmu ekstensi dan dial plan dalam dunia teknologi dan komputer ini, akan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis maupun mengembangkan keterampilan dalam dunia kerja Anda.

Maka dari itu, simak dengan baik beberapa jawaban dari pertanyaan berikut ini:

1. Menurut pendapatmu apa itu ekstensi pada server voip, jelaskan?

Masing-masing individu pasti akan memiliki pendapat yang berbeda-beda, sehingga dengan memahami pengertian ekstensi menurut pendapat masing-masing individu ini, Anda bisa semakin tahu apa yang dimaksud dengan istilah ini. Dengan begitu, pemahaman Anda dapat lebih meningkat mengenal hal ini.

Pada dasarnya, menurut kami pribadi ekstensi adalah rangkaian dari beberapa kode yang akan melalui pemeriksaan langsung oleh server yang bernama voip, dengan tujuan untuk menentukan perangkat yang akan dan harus dipanggil.

Sementara itu, nantinya data klien subscribers voip akan dinamakan sebagai komputer pertama dengan ekstensi 001, dan hal ini akan berlaku seterusnya.

2. Apakah fungsi dari dial plan?

Beralih dari istilah ekstensi, sekarang mari kita bahas tentang apa fungsi dari dial plan itu sendiri. Sebenarnya, fungsi utama dari dial plan adalah untuk routing panggilan antar ekstensi, baik yang berada dalam 1 IP-PBX (lokal) maupun antar IP-PBX satu dengan yang lainnya. Untuk jenis panggilan yang kedua ini akan disebut dengan dial trunk.

3. Apa yang dimaksud dengan context pada dial plan?

Context pada dial plan ini akan berguna untuk membedakan interaksi dari 1 grup dengan grup yang lainnya. Jadi, ekstensi yang berada pada suatu context akan mengalami isolasi dengan context yang lain. Nantinya, aplikasi yang akan menampilkan aksi dari panggilan.

4. Nama file dimana dial plan diprogram adalah?

Namanya adalah extensions.conf. Istilah ini sudah cukup sering didengarkan oleh orang-orang yang berkecimpung di dunia komputer, sehingga jika Anda termasuk di antaranya, maka Anda pasti sudah mendengar istilah ini dengan cukup sering.

Dengan memahami penjelasan di atas, Anda bisa menambah ilmu baru dalam kehidupan Anda. Dengan begitu, Anda bisa membagikan ilmu berharga ini kepada orang-orang terdekat Anda, sehingga mereka juga bisa semakin paham dengan apa itu ekstensi dalam server voip.