Apa Definisi dari Extensi pada Server Voip? Temukan Jawabannya Disini!

Banyak orang yang mempertanyakan apa definisi dari extensi pada server voip ini. Pada dasarnya, extensi dan dial plan yang ada pada server voip dianalogikan seperti PABX. Istilah ini sudah tidak terlalu asing di telinga orang-orang yang sudah sering bergelut dengan dunia teknologi.

Sementara itu, untuk voip itu sendiri adalah sebuah teknologi yang memberikan kesempatan kepada masyarakat, untuk melakukan panggilan telepon maupun video melalui jaringan internet yang tersambung. Nantinya, di dalam teknologi yang canggih ini akan ada beberapa istilah lain seperti extensi dan dial plan.

Umumnya, istilah-istilah ini wajib diketahui oleh beberapa orang yang selalu berkecimpung di dunia server, apalagi sekarang juga sudah ada banyak profesi yang mengharuskan Anda untuk mengetahui dunia teknologi maupun server secara lebih dalam lagi.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika Anda juga harus mengetahui secara jelas apa yang dimaksud dengan extensi yang ada pada server voip. Sebab, dengan mempelajari hal ini, Anda juga akan semakin bisa memahami dunia teknologi maupun server secara lebih jauh lagi.

Jadi, apa definisi dari extensi pada server voip?

Apa Definisi dari Extensi pada Server Voip

Sebenarnya, extensi adalah sebuah data client voip, yang jika dicontohkan akan menjadi komputer pertama memiliki extensi 001. Begitu pun juga dengan komputer kedua yang memiliki extensi 002. Hal ini akan berlaku seterusnya dengan aturan yang sama.

Pada dasarnya, semua extensi yang telah kami sebutkan di atas akan tertulis di dalam file konfigurasi yang bernama file extensions.conf. Nantinya, setiap extensi akan memiliki komponen dan tahapan perintah yang akan tersimpan di dalam file yang telah kami sebutkan tersebut.

Untuk setiap extensi, nantinya dapat didefinisikan menjadi sekumpulan perintah, dan komponen yang dapat membangun tahapan perintah dari extensi tersebut adalah

1. Extension

Yang dimaksud dengan extension adalah sebuah label dari extensi, yang dapat berupa angka, huruf, maupun simbol yang diizinkan, atau bisa juga berupa pola yang harus melalui proses evaluasi secara dinamik. Hal ini perlu dilakukan untuk tujuannya sendiri yaitu mencocokkan banyak kemungkinan nomor telepon yang ada.

Dengan begitu, setiap tahapan perintah yang ada dapat menjadi bagian dari extension tertentu yang harus memiliki label yang sama dengan yang sebelumnya.

2. Priority

Untuk priority ini biasanya akan berupa angka integer. Dengan begitu, definisi dari priority adalah urutan dari perintah yang harus dijalankan oleh dan di dalam extensions. Perintah pertama yang harus dilalui akan dimulai dengan prioritas pertama. Namun, jika tidak ada prioritas pertama, maka Asterisk tidak akan bisa menjalankan perintah dari extension.

Nantinya, setelah prioritas pertama berhasil dijalankan, Asterisk akan menambah prioritas ke prioritas kedua, dan hal ini juga akan berlaku seterusnya. Tentu saja ketika perintah selanjutnya ternyata tidak bisa dipastikan maka Asterisk akan menghentikan proses dari perintah tersebut, meskipun masih ada perintah dengan prioritas yang lebih tinggi.

3. Command

Masing-masing bagian ini akan memiliki peran yang sama-sama penting, sehingga Anda juga perlu mengetahuinya secara jelas dan lengkap. Untuk definisi dari command adalah suatu perintah yang akan dijalankan oleh Asterisk. Dengan begitu, Anda bisa menilai sendiri betapa pentingnya hal ini.

4. Parameter

Parameter adalah yang harus diberikan kepada sebuah command. Dengan begitu, kedua hal ini akan saling berkaitan, sehingga Anda wajib mengetahuinya secara jelas. Namun, tidak semua command maupun perintah akan membutuhkan parameter. Jadi, beberapa perintah tertentu dapat dijalankan tanpa parameter.

Pertanyaan umum terkait extensi pada server voip

Seperti yang sudah Anda ketahui, pengertian dari extensi adalah sebuah kode yang dirangkai dan akan diperiksa oleh server voip, kemudian hal ini akan bertujuan untuk menentukan perangkat yang dipanggil. Sementara itu, sebenarnya untuk mempelajari hal ini akan cukup rumit untuk dilakukan, sehingga jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini akan sangat Anda butuhkan. Apa saja pertanyaan-pertanyaan tersebut?

1. Apakah definisi dari extensi pada server voip?

Pertanyaan apa definisi dari extensi pada server voip memang sudah sering dipertanyakan oleh sebagian orang, dan untuk jawaban dari pertanyaan ini sudah dibahas di bagian sebelumnya, sehingga Anda bisa memahami penjelasan tersebut.

2. Nama file dimana dial plan diprogram adalah?

Nama file dimana dial plan diprogram adalah Asterisk. Di dalam Asterisk, dial plan akan diprogram pada 1 file yang sama, dan file tersebut akan bernama extensions.conf.

3. Apa kelebihan dari voip?

Perlu Anda ketahui bahwa salah satu keuntungan voip adalah untuk mengatur tahapan apa yang harus dilakukan untuk melakukan panggilan ke sebuah nomor tertentu. Dengan begitu, Anda bisa menilai sendiri betapa pentingnya voip dalam dunia teknologi yang canggih seperti sekarang ini.

4. Apa fungsi dari extensi?

Pada dasarnya, fungsi utama dari extensi akan sangat berkaitan dengan dunia teknologi seperti ilmu komputer. Fungsi utama dari extensi adalah menentukan program maupun aplikasi apa yang bisa berguna untuk membuka berkas dalam file tersebut.

Sampai disini saja pembahasan kita tentang apa definisi dari extensi pada server voip. Semoga dengan adanya artikel ini, ada banyak orang yang merasa terbantu.