Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Sejarah, Fakultas dan Jurusan

Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau yang lebih dikenal dengan nama ITS adalah salah satu perguruan tinggi unggulan di Indonesia pada bidang teknologi dan sains. Tentunya tidak sedikit dari anda yang mungkin mengidam – ngidamkan berkuliah di kampus ITS ini dengan segala keunggulan yang dimilikinya.

ITS berada di peringkat 4 sebagai Perguruan Tinggi terbaik Indonesia serta telah dinyatakan sebagai peringkat 1 Perguruan Tinggi Berbadan Hukum atau PTN-BH dalam Kegiatan, Pelaksanaan Program Dan Anggaran.

Disamping itu ITS menduduki peringkat 3 Penghargaan Widyapadi sebagai Perguruan Tinggi terinovasi serta memperoleh Penghargaan SINTA kategori publikasi terbanyak.

Tidak hanya tingkat nasional, ITS juga telah bersaing dalam level internasional sebagai peringkat 3 Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia versi Times Higher Education (THE) dalam World University Ranking pada tahun 2019 dan 2020.

Sejarah Institut Teknologi Sepuluh Nopember 

Bingung Kuliah Dimana? Institut Teknologi Sepuluh Nopember Jawabannya 

Ir. Soendjasmono merupakan pendiri Institusi Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tahun 1954 dalam konferensi PII di Bogor guna mendirikan perguruan teknik di provinsi Jawa Timur. Pada 17 Agustus 1957 Dr. Angka Nitisastro mengusulkan untuk mendirikan Yayasan Perguruan Tinggi Teknik atau YPTT di Surabaya.

Pada  10 November 1957 diresmikan oleh Presiden Soekarno. Pada 3 November 1960 nama YPTT berganti menjadi Institur Teknologi Sepuluh Nopember atau ITS berstatus Perguruan Tinggi Negeri yang didasarkan pada SK Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan No. 93367/UU. 

Tahun 2008 kampus ITS ditetapkan sebagai BLU atau Badan Layanan Umum yang membuat terjadinya perubahan pada manajemen dari yang awalnya bertanggung jawab atas dana dari pemerintah menjadi institusi yang mendiri membuka peluang kerja sama level internasional dan nasional.

Pada tahun 2014 ITS ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum atau PTNBH sehingga Institusi ini dimampukan untuk mengolah otonom pada bidang akademik, norma, kebijaksanaan operasional dan keuangan, sarana prasarana, ketenagaan, pelaksanaan organisasi dan kemahasiswaan.

Pergantian status Institut Teknologi Sepuluh Nopember sebagai PTNBH pun disertai dengan penambahan fakultas baru. 

Fakultas Dan Jurusan ITS 

Bingung Kuliah Dimana? Institut Teknologi Sepuluh Nopember Jawabannya 

Inilah beberapa jurusan yang dimiliki ITS : 

1. Fakultas Teknologi Industri Dan Rekayasa Sistem 

Terdiri atas beberapa jurusan yakni teknik industri, teknik mesin, teknik kimia, teknik material dan teknik fisika

2. Fakultas Teknologi Kelautan 

Terdiri atas beberapa jurusan yakni teknik sistem perkapalan, teknik perkapalan, teknik kelautan, dan teknik transportasi laut. 

3. Fakultas Teknologi Elektro Dan Informatika Cerdas

Terdiri atas beberapa jurusan yakni teknik informatika, teknik biomedik, teknologi informasi dan sistem informasi

4. Fakultas Teknologi Elektro Dan Informatika Cerdas 

Terdiri atas beberapa jurusan diantaranya teknik informatika, teknik biomedik, teknologi informasi, teknik komputer, teknik elektro dan sistem informasi

5. Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan Dan Kebumian 

Terdiri atas beberapa jurusan yakni teknik geofisika, teknik sipil, teknik geomatika, teknik lingkungan, perencanaan wilayah dan kota dan arsitektur

6. Fakultas Sains Dan Analitika Data 

Terdiri atas beberapa jurusan diantaranya statistika, matematika, sains aktuaria, fisika, kimia dan biologi 

7. Fakultas Desain Kreatif Dan Bisnis Digital 

Terdiri atas beberapa jurusan diantaranya desain interior, desain produk industri, desain komunikasi visual, studi pembangunan, manajemen bisnis dan manajemen teknologi 

8. Fakultas Vokasi 

Terdiri atas beberapa jurusan diantaranya teknik rekayasa kimia industri, teknik sipil, teknik konversi energi, statistika bisnis, rekayasa teknologi instrumentasi, teknik konstruksi bangunan air dan teknik rekayasa manufaktur. 

Itulah sekilas tentang institut teknologi sepuluh nopember, jika Anda tertarik untuk kuliah di tempat tersebut jangan lupa persiapkan diri dari sekarang.

Leave a Comment

7 − one =