Apakah Yang Dimaksud Dengan Teknologi? 

Teknologi merupakan keseluruhan sarana prasarana guna menyediakan berbagai barang yang diperlukan untuk kenyamanan dan keberlangsungan hidup manusia, atau dalam artian lain memberi kemudahan bagi manusia.

Lalu, apakah yang dimaksud dengan teknologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia? Teknologi adalah metode ilmiah guna mencapai suatu tujuan praktis. 

Keberadaan teknologi diawali dengan hadirnya pengubahan sumber daya alam menjadi beberapa macam alat sederhana oleh umat manusia.

Sejarah tentang kemampuan seseorang dalam mengendalikan api telah berhasil menaikkan ketersediaan sumber pangan dan adanya penemuan roda berhasil membantu manusia untuk melakukan mobilisasi yang dapat berdampak pada pengendalian serta perjalanan lingkungan manusia.

Selain itu, perkembangan teknologi baru dapat memperkecil beberapa hambatan fisik dalam komunikasi serta memungkinkan terjadinya interaksi antar manusia dalam skala global. 

Apakah Yang Dimaksud Dengan Teknologi Menurut Para Ahli ?

Mengupas Apakah Yang Dimaksud Dengan Teknologi? 

Inilah definisi teknologi menurut beberapa ahli : 

1. Nasibit 

Mendefinisikan teknologi sebagai sebuah benda, obyek, bahan dan wujud yang berbeda – beda jika dibandingkan dengan manusia biasa. 

2. Poerbahwadja Harahap

Pengertian teknologi yakni mengacu dari sebuah ilmu pengetahuan yang menyelidiki mengenai cara kera pada bidang teknik, mengacu dari sebuah ilmu yang digunakan oleh industri tertentu. Definisi ini mengacu dari sebuah definisi praktis teknologi yang telah banyak ditemukan dalam industri

3. Miarso 

Menurut Miarso, teknologi merupakan bentuk proses yang dapat meningkatkan nilai tambah, dimana proses tersebut akan menghasilkan produk tertentu yang tidak terpisahkan dari produk lain yang ada lebih dahulu. Disamping itu, Miarso mendefinisikan teknologi sebagai sebuah bagian dari integral yang terdapat dalam sistem tertentu. 

Mengenal Sejarah Teknologi Dengan Benar

Setelah mengetahui apakah yang dimaksud dengan teknologi, kini saatnya mempelajari sejarah dari teknologi. Pada teknologi abad pertengahan tidak sedikit yang menggunakan mesin sederhana seperti baut, katrol dan tuas yang digabungkan sehingga membentuk peralatan lebih kompleks. 

Memasuki zaman renaisans ditemukan sebuah mesin cetak yang memungkinkan dapat memberi dokumentasi pengetahuan lebih luas dan teknologi dapat menunjukkan keterkaitannya dengan sains.

Dalam masa perkembangan teknologi abad ini dikatakan lebih stabil untuk membuat makanan cadangan dan keberadaan barang menjadi lebih stabil. 

Abad ke 18 saat revolusi industri di Inggris adalah awal penemuan teknologi baru dalam bidang pertambangan, pertanian, manufaktur dan beberapa lainnya.

Mengupas Apakah Yang Dimaksud Dengan Teknologi? 

Kemajuan teknologi yang disusul dengan berbagai penemuan mengenai berbagai konsep baru mengarahkan teknologi setingkat lebih tinggi dengan jaman sebelumnya. Pada abad 19, mulai berkembang teknologi transportasi seperti pesawat terbang dan kereta api. 

Memasuki abad ke 20 banyak penemuan baru di bidang fisika seperti ditemukannya fisi nuklir yang dapat memicu hadirnya penemuan di bidang tenaga nuklir dan senjata nuklir.

Selain itu, ukuran komputer pun semakin mengecil karena adanya sirkuit terintegrasi dan transistor. Perkembangan teknologi semakin pesat pada abad 21 dengan ditemukannya internet.

Teknik manufaktur yang kompleks sangat diperlukan guna menciptakan dan menjaga teknologi terbaru, juga tidak lupa untuk senantiasa mengembangkan generasi terbaru hingga nantinya akan muncul teknologi yang lebih kompleks.

Adanya teknologi modern pun sangat bergantung pada pendidikan dan pelatihan tertentu dari user dan pemakainya. 

Setelah membaca beberapa hal diatas mengenai apakah yang dimaksud dengan teknologi hingga sejarah adanya teknologi, apakah anda sudah memanfaatkan teknologi dengan benar dan apa peran anda sebagai generasi muda untuk terus mempertahankan teknologi? Yuk terus menggunakan setiap teknologi yang ada dengan bijak!. 

Leave a Comment