Jelaskan Hubungan Komputer dengan Perkembangan Ilmu Pengetahuan

Bagaimana kalau kamu disuruh jelaskan hubungan komputer dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi? Gak perlu bingung. Artikel ini menyediakan jawabannya buat kamu.

Sebelumnya, kamu perlu mengenal terlebih dahulu mengenai komputer. Komputer merupakan alat bantu yang sudah digunakan di berbagai kegiatan manusia. Mulai dari urusan pekerjaan hingga rumah tangga.

Komputer digunakan di berbagai bidang menyebabkan berbagai macam perubahan besar. Contohnya, pencatatan tenaga kerja diganti database, mesin ketik diganti word processor, dan masih banyak perubahan lain.

Wah, menarik ya? Kalau begitu berikut jawaban yang bisa kamu berikan bila disuruh jelaskan hubungan komputer dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Jelaskan Hubungan Komputer dengan Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Ini Jawabannya!

Hubungan Komputer dengan Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) adalah semua hal yang berhubungan dengan teknologi, baik itu penemuan terbaru terkait teknologi atau perkembangan di bidang teknologi sendiri.

Dalam perkembangan IPTEK di berbagai belahan dunia tidak bisa dilepaskan dengan teknologi infromasi. Apalagi tahun-tahun belakangan ini inovasi di bidang teknologi informasi semakin merajalela.

Tapi tahukah kamu bahwa perkembangan teknologi di zaman sekarang sangat berkaitan erat dengan komputer? Kok bisa begitu? Yap, ini karena beragam inovasi dirancang menggunakan perangkat bernama komputer.

Pada tahun 1882 silam, Charles Babbage membuah sebuah mesin atau alat yang bisa menjalankan operasi perhitungan aritmatika. Metode yang ia gunakan ini lantas menjadi dasar dari pengembangan komputer setelahnya. Bahkan masih dipakai hingga saat ini.

Pada tahun 1960-an, J.C.R. Licklider mempopulerkan idenya mengenai ‘Jaringan Antargalaksi’ pada komputer. Tidak lama berselang, konsep ‘Packet Switching‘ atau metode dalam mentransmisikan data elektronik dikembangkan. Ini menjadi awal dari hadirnya internet.

Tiga dekade setelahnya, tahun 1990 seorang ilmuwan bernama Tim Berners-Lee menemukan World Wide Web atau kita kenal sekarang dengan sebutan WWW. Program komputer ini pada awalnya ditujukan untuk mempermudah peneliti bertukar informasi.

Dari sejarah tersebut jelas sudah keterlibatan komputer di dunia IPTEK. Tanpa adanya komputer internet dan WWW mungkin tidak akan tercipta.  Dengan kata lain, media sosial yang kita kenal saat ini seperti Facebook dan Google tidak mungkin ada bila tak ada internet, WWW, dan tentunya komputer.

Jadi, bila kamu disuruh jelaskan hubungan komputer dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kamu bisa menjelaskan runtutan sejarah teknologi setelah adanya komputer.

Tanpa adanya komputer, pertukaran informasi tidak akan sepesat sekarang. Tanpa adanya komputer dunia ilmu pengetahuan juga akan kesulitan karena tidak segera mendapat update temuan terbaru.

IPTEK di Indonesia

Hubungan Komputer dengan Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Pada 1990-an, diperkenalkannya sistem teknologi informasi berupa internet menandai awal mula perkembangan IPTEK di Indonesia. Masih ada kaitannya dengan komputer, internet yang sudah masuk ke Iindonesia ini dimanfaatkan sebagai jaringan berbagai komputer

Komputer yang terhubung secara langsung ini dikenal dengan istilah online. Internet bisa digunakan untuk mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. 

Sejak itu berbagai fasilitas seperti e-mail dan chatting. Bahkan, dengan adanya teknologi VoIP (Voice on Internet Protocol) di jaringan internet, kamu bisa melakukan telepon jarak jauh dan sambungan internasional dengan murah dan mudah. 

Penutup

Nah, jadi itu bila kamu disuruh jelaskan hubungan komputer dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kamu bisa menceritakan runtutan sejarah pesatnya perkembangan IPTEK pasca ditemukannya komputer.

So, gunakan fasilitas teknologi yang ada dengan bijak ya!

Leave a Comment