4 Cara Aktifkan Bluetooth di Windows 10 yang Perlu kamu ketahui, Simak!

Pernahkah kamu mengaktifkan Bluetooth di perangkat laptop atau PC versi Windows 10? Ternyata, cara aktifkan Bluetooth di Windows 10 tidak sulit loh! Saat ini, sistem operasi Windows yang sudah terpasang di perangkat laptop atau PC terdapat banyak sekali versi, salah satu versi terbaru adalah Windows 10 yang dirilis tahun 2015.

Meski Bluetooth sudah mulai ditinggalkan di zaman modern ini, tetap saja penggunaan Bluetooth masih memegang peranan besar dalam membantu kegiatan manusia di bidang teknologi. Mengaktifkan Bluetooth di perangkat laptop atau PC mempunyai banyak fungsi. Fungsi Bluetooth yang paling dasar adalah mempermudah transfer data berupa audio, dokumen, atau video tanpa kabel data.

Selain itu, Bluetooth juga digunakan untuk mencetak dokumen dengan wireless printer, menghubungkan Bluetooth dengan mouse wireless, dan menggunakan perangkat audio Bluetooth handsfree. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui cara mengaktifkan Bluetooth di perangkat laptop atau PC versi Windows 10. Simak ulasan di bawah ini!

Cara 1: Aktifkan Bluetooth di Windows 10

Cara pertama mengaktifkan Bluetooth di Windows 10 adalah dengan melalui pengaturan atau setting perangkat laptop atau PC. Mengaktifkan Bluetooth di Windows 10 melalui pengaturan cukup mudah. Simak cara aktifkan Bluetooth di Windows 10 melalui pengaturan:

  • Langkah pertama, kamu pilih dan klik opsi “Start Menu” di perangkat laptop atau PC kamu. Kemudian cari dan pilih ikon “Settings” atau “Pengaturan”.

4 Cara Aktifkan Bluetooth di Windows 10 yang Perlu kamu ketahui, Simak Disini!

  • Selanjutnya, saat sudah di menu Pengaturan, kamu cari dan klik ikon “Perangkat”. Kemudian pilih opsi “Bluetooth & perangkat lain” atau “Bluetooth  Other Devices”.
Baca Juga:  Intip Cara Instal Font di Windows 10, Ternyata Mudah dan Praktis

4 Cara Aktifkan Bluetooth di Windows 10 yang Perlu kamu ketahui, Simak Disini!

  • Kemudian, kamu klik opsi “Bluetooth” yang sebelumnya tidak aktif menjadi “Aktif”. Pastikan opsi “Bluetooth” sudah aktif. Maka otomatis fitur Bluetooth Windows 10 kamu seharusnya sudah aktif. Apabila kamu ingin menonaktifkan fitur Bluetooth, kamu tinggal nonaktifkan opsi “Bluetooth” yang sebelumnya aktif.
  • Sambungkan dan hubungkan perangkat laptop atau PC kamu secara manual dengan perangkat yang dituju.
  • Apabila fitur Bluetooth pada perangkat laptop atau PC kamu tidak muncul karena alasan tertentu, kamu perlu mencari opsi “Add Bluetooth or Other Device” atau “Tambahkan Bluetooth atau Perangkat Lain” yang terletak pada bagian atas laptop atau PC kamu.

Cara 2 Mengaktifkan Bluetooth di Windows 10

Cara kedua ini lebih mudah dari cara sebelumnya, yaitu dengan mengaktifkan Bluetooth melalui keyboard. Pada umumnya, perangkat laptop atau PC sudah dilengkapi oleh fitur Bluetooth yang dapat kamu akses dengan mudah. Simak cara aktifkan Bluetooth di Windows 10 melalui keyboard berikut ini:

  1. kamu hanya perlu mencari ikon “Bluetooth” di keyboard kamu. Setelah itu, kamu klik dan pilih ikon tersebut untuk mengaktifkan Bluetooth.
  2. Apabila ikon Bluetooth kamu muncul di tombol fungsi bagian atas atau muncul di tombol f1 hingga f12, kamu hanya perlu menekan atau menahan tombol Fn terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan menekan ikon “Bluetooth”. Setelah dipastikan menekan Fn + “Bluetooth” dengan benar. Perangkat laptop dan PC kamu akan tersambung.

Cara Ketiga

Meskipun sebagian besar perangkat laptop atau PC modern sudah memasukkan fungsionalitas Bluetooth ke dalam perangkat keras stkamurnya. Namun, ada sebagian laptop atau PC yang tidak memiliki fitur Bluetooth tersebut.

Jika perangkat laptop atau PC kamu adalah salah satunya, kamu dapat mencoba mengaktifkan Bluetooth melalui dongle USB Bluetooth atau adaptor Bluetooth. Simak cara aktifkan Bluetooth di Windows 10 melalui adaptor Bluetooth.

  1. Langkah pertama, kamu perlu membeli dongle Bluetooth yang sesuai dengan sistem operasi perangkat.
  2. Kemudian masukkan atau colokkan dongle ke perangkat laptop atau PC. Bentuk dari dongle USB Bluetooth atau adaptor Bluetooth hampir mirip dengan flashdisk.
  3. Setelah itu, kamu perlu memastikan Windows 10 sudah diinstal saat memasukkan dongle USB Bluetooth atau adaptor Bluetooth. Sistem operasi Windows 10 sendiri akan mengenali dongle USB Bluetooth secara otomatis. Apabila dongle USB Bluetooth kamu tidak dapat berjalan dengan baik, mungkin saja sistem operasi versi terbaru laptop atau PC kamu tidak mendukung kehadiran dongle Bluetooth.
  4. Langkah selanjutnya, kamu buka menu “Settings” atau “Pengaturan”. Kemudian pilih dan klik opsi “Perangkat”. Setelah itu, aktifkan Bluetooth jika belum diaktifkan. Setelah klik ikon “Bluetooth”, perangkat laptop dan PC kamu akan mulai mencari item Bluetooth perangkat lain yang berada dalam mode pairing.
  5. Terakhir, kamu hanya perlu menghubungkan atau memasangkan item yang ingin dipasangkan dengan perangkat laptop atau PC kamu sendiri melalui Bluetooth. Biasanya diperlukan waktu hingga 30 detik agar saling menghubungkan perangkat kamu dengan perangkat yang ingin dituju.
Baca Juga:  Cara Membuat Shortcut Chrome di Desktop, Semudah Ini

Cara Keempat

Selain ketiga cara di atas, kamu juga dapat mengaktifkan Bluetooth di Windows 10 melalui device manager. Cara yang keempat ini cukup mudah untuk diikuti. Simak, cara lengkap aktifkan Bluetooth berikut ini:

  1. Langkah pertama, kamu buka Start Menu pada perangkat laptop atau PC kamu. Kemudian tulis dan cari di kolom pencarian “Device Manager”. Klik opsi tersebut.
  2. Setelah itu, kamu perlu mencari driver Bluetooth. Apabila driver Bluetooth kamu belum tersedia. Tentu saja, kamu perlu mengunduh atau menginstal terlebih dahulu.
  3. kamu dapat mengunduh driver Bluetooth dengan menggunakan internet. Pastikan kamu mengunduh driver Bluetooth sesuai dengan tipe Bluetooth pada perangkat laptop atau PC kamu.
  4. Apabila driver Bluetooth sudah tersedia di perangkat, kamu hanya perlu mengaktifkan dengan klik kanan dan kemudian cari dan pilih opsi “Enable” untuk mengaktifkan Bluetooth.
  5. Apabila driver Bluetooth masih saja tidak aktif, kamu dapat memperbarui driver Bluetooth dengan menekan tombol Windows diikuti dengan menekan tombol X. Setelah menekan Windows + X, kamu masuk ke menu “Device Manager” dan pilih opsi “driver Bluetooth”. Kemudian klik kanan lalu pilih “Update Driver Search”.
  6. Selanjutnya perangkat laptop dan PC akan menampilkan pop-up, kemudian kamu cari dan pilih opsi “Automatically for Update Driver Software”. Tunggu beberapa menit, setelah driver Bluetooth kamu sudah diperbarui secara otomatis, akan muncul notifikasi pemberitahuan bahwa driver kamu sudah diperbarui.
Baca Juga:  6 Cara Hapus Driver Printer di Windows 10 dengan Mudah 

Bagaimana menurut kamu 4 cara aktifkan Bluetooth di Windows 10 di atas, mudah bukan? Jika empat cara di atas belum dapat mengatasi masalah terkait Bluetooth atau kamu belum dapat mengaktifkan Bluetooth di perangkat laptop atau PC. kamu dapat mencoba dengan merestart laptop dan PC kamu dan kemudian coba lagi keempat cara di atas.

Apabila masalah belum juga teratasi, alangkah lebih baiknya. kamu mengunjungi tempat servis perangkat laptop atau PC untuk mengetahui masalah dari perangkat kamu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu dan dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah terkait Bluetooth di perangkat kamu.

Leave a Comment