Wajib Tahu! Begini Cara Menambah Printer di Windows 10 Melalui Wi-Fi, USB, dan Bluetooth

Apakah kamu mempunyai printer di rumah? Seperti yang diketahui, printer digunakan untuk mencetak berbagai dokumen baik berupa tulisan maupun gambar. Namun, sebelum mencetak dokumen, kamu perlu menghubungkan printer ke Windows 10 terlebih dahulu. Tak perlu khawatir, cara menambah printer di Windows 10 tidak akan menyulitkan kamu.

Kamu dapat menambah printer di Windows 10 pada perangkat laptop atau PC melalui tiga cara yang simpel dan mudah, yaitu dengan melalui Wi-Fi, USB, hingga melalui Bluetooth. Bagi kamu yang penasaran dengan tiga cara menambah printer di Windows 10 tersebut. Simak ulasannya berikut ini.

1. Menambah Printer di Windows 10 Melalui Wi-Fi

Cara pertama menambah printer di Windows 10 adalah dengan melalui jaringan lokal kamu, yaitu jaringan Wi-Fi. Wi-Fi adalah jaringan teknologi yang menggunakan gelombang radio atau nirkabel, bertujuan untuk menyediakan koneksi internet. Simak prosedur dan cara menambah printer di Windows 10 di bawah ini:

  • Langkah pertama, kamu perlu membuka menu “Start Windows”. Menu ini terletak di pojok kiri layar perangkat laptop atau PC kamu pada bagian bawah. Menu ini memiliki bentuk seperti logo Windows.
  • Selanjutnya, kamu cari dan pilih ikon “Setting” atau “Pengaturan”. Ikon ini terletak di atas tombol daya pada menu start. Logo ikon “Setting” tampak seperti roda gigi.

4 Cara Aktifkan Bluetooth di Windows 10 yang Perlu kamu ketahui, Simak Disini!

  • Setelah itu, kamu cari dan klik opsi “Device” atau “Perangkat”. Pada umumnya, opsi ini terletak di atas bagian kedua dari sebelah kiri.

Cara Menambah Printer di Windows 10

  • Kemudian, kamu perlu mencari ikon “Printers & scanner” atau “Printer & pemindai”. kamu dapat menemukan ikon ini di sebelah kiri perangkat laptop atau PC kamu.
  • Langkah selanjutnya, cari dan klik ikon “Add a printer or scanner” atau “Tambahkan printer atau pemindai”. kamu dapat menunggu, sementara Windows 10 akan mencari printer terdekat.
Baca Juga:  Bagaimana Cara Membuat File History di Windows 10?

Cara Menambah Printer di Windows 10

  • Apabila printer yang ingin kamu gunakan tidak terdaftar atau tersedia dalam daftar yang tersedia. kamu dapat memilih opsi “The printer that i want isn’t listed” atau diartikan “Printer yang saya inginkan tidak tercantum”. Setelah kamu memilih opsi ini, secara otomatis ikon “Add Printer” akan muncul.

  • Selanjutnya, klik “Add a local printer or network printer with manual setting” atau diartikan “Tambahkan printer lokal atau jaringan dengan pengaturan manual”. Kemudian, klik opsi “Create a new port” dan pilih opsi “Stkamurd TCP/IP port” dari kotak drop down. Setelah itu, tulis alamat IP printer kamu dan pilih jenis perangkat yang sesuai dengan merek printer kamu. Lalu klik berikutnya.

Cara Menambah Printer di Windows 10

  • Maka secara otomatis, Windows 10 akan mendeteksi model driver, kemudian setelah menunggu beberapa menit, printer kamu akan ditambahkan ke daftar perangkat di menu “Printer & scanner”.
  • Terakhir instal driver printer dan kamu perlu mengatur printer. Kemudian klik selesai. Setelah kamu mengatur printer, akan ada notifikasi atau pesan bahwa kamu sudah berhasil mengatur printer.

2. Menambah Printer di Windows 10 Melalui USB

Cara yang paling mudah untuk menghubungkan printer ke perangkat laptop atau PC adalah dengan melalui USB. USB merupakan perangkat keras yang memiliki tujuan menggabungkan dan menghubungkan antar perangkat satu dengan yang lain. Berikut ini cara dan langkah-langkah menambah printer di Windows 10 melalui kabel USB:

  1. Langkah pertama, kamu masukkan atau colokkan salah satu ujung kabel USB printer ke perangkat laptop atau PC untuk menghubungkan printer dan perangkat kamu dengan USB. Namun sebelum itu, perangkat laptop atau PC kamu perlu terhubung dengan internet.
  2. Setelah itu, biasanya Windows 10 secara otomatis akan mendeteksi printer dan seringkali perangkat laptop atau PC kamu akan memulai penginstalan driver secara otomatis. Jika diminta, kamu perlu menginstal dan mengunduh  perangkat lunak dan driver printer khusus.
  3. Langkah berikutnya, kamu perlu mengecek dan memeriksa apakah printer kamu berhasil atau tidak. Untuk memeriksanya, kamu pilih menu “Start Windows” di pojok kiri bawah layar perangkat laptop atau PC kamu. Kemudian ketik dan tulis printer ke dalam kotak pencarian Windows. Setelah itu, cari dan klik opsi “Printer & scanner” atau “Printer & pemindai”
  4. Setelah itu, pilih ikon “Add printers & scanner” atau “Tambahkan printer atau pemindai”. Tunggu beberapa detik, sementara Windows 10 sedang mencari printer terdekat. Setelah itu, pilih nama printer dan ikuti langkah-langkah untuk menginstal printer ke perangkat laptop atau PC kamu.
  5. Apabila kamu sudah mengatur dan mengikuti langkah ini dengan benar, maka seharusnya kamu dapat melihat printer di daftar printer.
Baca Juga:  6 Cara Hapus Driver Printer di Windows 10 dengan Mudah 

3. Menambah Printer di Windows 10 Melalui Bluetooth

Menambahkan printer di Windows 10 melalui Bluetooth mengharuskan kamu untuk memasangkan perangkat Bluetooth. Bluetooth sendiri merupakan teknologi yang bertujuan untuk menghubungkan perangkat satu dengan yang lain tanpa menggunakan kabel.

Selain itu, kamu juga perlu memeriksa apakah port komunikasi atau port COM yang muncul di Windows 10 sama dengan yang ada di driver printer. Berikut cara menghubungkan printer Bluetooth di Windows 10:

  1. Langkah pertama, pilih dan klik “Start Menu”, kemudian pilih “Setelan”. Setelah itu, cari dan pilih opsi “Bluetooth & perangkat lain”. kamu perlu memastikan untuk mengaktifkan fitur Bluetooth pada perangkat laptop atau PC kamu.
  2. Langkah selanjutnya, pilih dan klik opsi “Add Bluetooth or other” atau “Tambahkan Bluetooth atau perangkat lain”. Kemudian pilih dan klik Bluetooth sebagai jenis perangkat yang akan kamu tambahkan. Windows 10 akan menampilkan daftar Bluetooth yang terdeteksi. Selanjutnya, kamu pilih daftar printer  Bluetooth yang diinginkan. Kemudian klik opsi “Ready to pair”.
  3. Berikutnya kamu perlu memasangkan printer dengan perangkat laptop atau PC kamu. Ada beberapa perangkat yang dipasangkan  secara otomatis dengan printer. Namun, terdapat pula perangkat yang tidak terpasang secara otomatis. Maka kamu perlu memasukkan pin untuk printer Bluetooth. Lalu hubungkan antara keduanya.
  4. Setelah itu, kamu perlu memeriksa port COM di menu “Device Manager”. Pertama, kamu buka opsi “Panel Kontrol”,  kemudian opsi “Perangkat keras & suara”, lalu “Perangkat & pencetak”.
  5. Kedua, kamu hanya tinggal mengklik kanan pada printer Bluetooth dan pilih opsi “Properties”. Nah di tab layanan tersebut, kamu dapat melihat port COM yang digunakan oleh printer.
  6. Terakhir, instal driver printer dengan port COM yang sesuai dan cocok. kamu perlu memastikan bahwa port di Windows Device Manager sama dengan yang kamu sudah atur di driver printer.
Baca Juga:  Cara Masuk Ke Safe Mode di Windows 10 dan Windows 11

Bagaimana menurut kamu 3 cara menambah printer di Windows 10 melalui Wi-Fi, USB, dan Bluetooth, mudah bukan? kamu perlu mencoba salah satu cara di atas untuk menambah printer di Windows 10.

Jika tiga cara yang sudah disebutkan masih belum berhasil di perangkat laptop atau PC dan printer kamu. Maka kamu perlu mencoba mematikan perangkat dan printer kamu. Kemudian nyalakan kembali perangkat dan printernya. Ulangi cara dan langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas. Selamat mencoba!

Leave a Comment