Cara Percepat Koneksi Wifi agar Lebih Ngebut

Sering mengalami wifi lemot dan eror? Sering kali orang-orang mengalami masalah tersebut dan bingung untuk mengatasinya. Tidak perlu khawatir atau terburu-buru memanggil tukang servis karena Anda bisa melakukan cara percepat koneksi wifi sendiri.

Meskipun bisa menggunakan data seluler untuk mengakses internet, namun penggunaan wifi juga menarik minat masyarakat. Pasalnya, banyak yang menganggap menggunakan wifi lebih hemat dan bisa dipergunakan oleh orang banyak sekaligus.

10 Cara Percepat Koneksi Wifi dengan Mudah

Saat ini kebutuhan pokok tidak hanya sandang, pangan, dan papan saja, melainkan ada juga kebutuhan tersier yang menjadi kebutuhan pokok. Salah satunya adalah internet, kini semua orang membutuhkan akses internet untuk berbagai keperluan dan kebutuhan.

Biasanya untuk mengakses internet, Anda membutuhkan data seluler atau wifi yang bisa mencakup lebih banyak perangkat. Namun, penggunaan wifi seiring waktu bisa lambat sehingga perlu Anda perbaiki dengan cara mengatasinya yang tepat.

Cara Percepat koneksi wifi

Uji Kecepatan Broadband

Cara percepat koneksi wifi yang pertama dengan melakukan pengujian kecepatan broadband pada jaringan wifi. Lakukan pengecekan ini untuk mengetahui kecepatan berbagai kegiatan seperti kecepatan unduh dan kecepatan unggah saat terhubung wifi. 

Untuk melakukan uji kecepatan broadband, Anda bisa melalui situs pengujian kecepatan seperti Speed Test. Buka browser, kemudian ketik “Speed Test”, lalu klik “Mulai”, maka kecepatan saat mengunggah atau mengunduh langsung muncul pada jendela speed test.

Muat Ulang Router

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat koneksi wifi semakin cepat atau normal. Cara ini sangat tepat untuk mengatasi jika wifi sering mengalami kendala seperti koneksi lemot hingga sering mengalami eror.

Baca Juga:  Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Untuk Anda Ketahui

Dengan memuat ulang router atau perangkat merupakan salah satu cara tepat untuk menormalkan kembali koneksi wifi. Caranya, matikan router selama 10 hingga 15 menit dengan menekan tombol “Turn Off”, lalu nyalakan kembali router tersebut.

Ganti Router

Perlu Anda ketahui, router memiliki peran penting dalam menyalurkan jaringan wifi ke beberapa perangkat sehingga bisa terhubung dengan baik. Namun, jika router mengalami eror atau kerusakan tentu jaringan internet turut eror atau tidak bisa Anda gunakan.

Router wifi

Jika sudah mencoba memuat ulang router namun tetap saja gagal, berarti terdapat kerusakan dari router tersebut. Cara percepat koneksi wifi, Anda harus segera mengganti router agar bisa menghubungkan perangkat seluler ke wifi dengan normal kembali.

Atur IRPStacksize

Meenggunakan koneksi wifi memang lebih leluasa ketimbang data seluler, bahkan wifi bisa terhubung ke lebih banyak perangkat. Akan tetapi, penggunaan wifi tentu tidak luput dari berbgaai masalah sehingga membuat tidak nyaman.

Salah satunya koneksi internet dapat melambat hingga mengalami eror, namun masih bisa Anda atasi dengan mengatur IRPStacksize. Caranya dengan menambah nilai IRPStacksize untuk mengoptimalkan jaringan internet dengan langkah berikut:

  1. Klik “Start”, lalu pilih menu “Run” dan ketik Regedit”.
  2. Pada DWORD dalam folder parameter terdapat file bernama IRPStacksize, klik kanan file tersebut kemudian pilih “Modify.
  3. Anda bisa mengubah nilai yang terlampir menjadi lebih tinggi.
  4. Lalu klik “Ok” dan tutup jendela Registry Editor.

Ubah Pengaturan Qos

Cara percepat koneksi wifi sebenarnya mudah tanpa perlu mengganti paket internet yang lebih mahal sehingga boros. Anda bisa mengubah pengaturan Qos, yaitu salah satu komponen yang tersedia pada Windows 8 ke atas.

Baca Juga:  Gampang Banget, Ini Dia 4 Cara Screenshot Samsung A03s!

Fitur satu ini bisa Anda pergunakan untuk mengatur lebar pita internet sesuai kebutuhan tanpa bantuan tukang servis. Untuk mengubah pengaturan Qos, Anda bisa menggunakan langkah sebagai berikut:

  1. Klik “Start”, lalu klik menu “Run”, pada kolom yang tersedia ketik “gpedit.msc”.
  2. Pilih “Computer Configuration and Administrative Templates” pada pilihan Local Computer Policy.
  3. Setelah itu, pilih “Network”, lalu pilih “QoS Packet Scheduler”.
  4. Klik dua kali pada pilihan “Limit Reservable Bandwidth”.
  5. Klik menu “Enable” dan masukkan angka nol pada nilai Bandwidth Limit, lalu tekan “Apply”.
  6. Setelah langkah tersebut selesai, Anda bisa menyalakan ulang komputer.

Lakukan Flushing DNS dan Network Reset

Lalukan network reset dan flushing DNS sebagai cara percepat koneksi wifi selanjutnya sehingga koneksi dapat ngebut. Flushing DNS sendiri berguna untuk mereset cache DNS yang berguna untuk menyajikan informasi.

Bahkan Anda bisa melakukan network reset dan flushing DNS sendiri tanpa perlu memanggil tukang servis wifi. Untuk melakukan reset network dan flushing, Anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Anda harus membuka  “Command Prompt” terlebih dahulu, kemudian pilih “Run As Administration”.
  2. Kemudian ketik “flushdns” atau “ipconfig”.
  3. Setelah itu pencet “Enter” pada keyboard dan Anda bisa mencoba ulang jaringan wifi tersebut.

Lakukan Speed Test

Saat jaringan internet melalui wifi mengalami kendala, maka penggunaan jaringan internet akan terganggu dan tidak nyaman. Lantas, bagaimana cara menemukan masalah pada koneksi wifi yang melambat atau eror?

Cara percepat koneksi wifi bisa dengan melakukan speed test, speed twst berguna untuk mengukur kecepatan antara perangkat terhubung dengan perangkat wifi. Dengan ini, Anda akan lebih mudah untuk menemukan masalah pada koneksi wifi.

Baca Juga:  Simak Dan Ketahui! 6 Cara Memperbaiki Layar Hp Tidak Merespon

Ganti Password secara Rutin

Koneksi wifi dapat memanjakan penggunanya dalam mengakses internet sehingga lebih leluasa dan jaringannya lebih ngebut. Bahkan perangkat yang dapat terhubung ke wifi lebih banyak biasanya wifi dipergunakan untuk satu keluarga atau keperluan kantor.

Oleh karena itu, sering kali orang-orang memasang password agar perangkat yang terhubung pada wifi dapat terpantau. Ada baiknya, Anda mengganti password secara rutin agar tidak semua orang bebas mengakses wifi yang tersedia karena mengetahui password tersebut.

Periksa Perangkat Terhubung

Penggunaan wifi dapat menjangkau banyak perangkat sekaligus sehingga lebih menghemat pengeluaran. Namun, penggunaan pada banyak perangkat tentu bisa mempengaruhi koneksi internet sehingga lebih lambat.

Anda perlu memeriksa perangkat yang terhubung pada wifi sebagai cara percepat koneksi wifi agar kembali ngebut. Pastikan perangkat yang hubung wifi tidak membuka konten berat karena dapat mempengaruhi bandwidth. 

Pilih Tempat yang Memiliki Sinyal Kuat

Koneksi wifi

Perlu Anda ketahui, semua daerah atau tempat mungkin bisa memasang dan menggunakan wifi tetapi kualitas koneksi belum tentu sama. Misal kualitas koneksi wilayah tengah kota dengan pinggiran atau desa juga berbeda.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan koneksi cepat saat menggunakan jaringan wifi Anda perlu memilih tempat yang pas. Sebaiknya pilih tempat yang memiliki sinyal kuat di salah satu sudut dalam rumah.

Sebaiknya hindari peletakan router pada area yang tidak terhalang besi atau tembok karena bisa mempengaruhi sinyal. Selain itu, jauhkan router dari peralatan yang menggunakan blutooth baik dari komputer maupun dari perangkat lainnya.

Demikian beberapa cara percepat koneksi wifi yang lemot dan sering eror sehingga lebih mudah serta menghemat pengeluaran. Dengan begitu, Anda bisa mengakses internet kapan saja tanpa perlu khawatir mengalami kendala lagi.

Leave a Comment