HP Android Lamban? Begini Cara Mengatasi Android Lemot

Kini, HP Android tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja. Namun, hal ini malah terkadang yang juga membuat HP Android jadi melambat. Nah, untungnya ada cara mengatasi Android lemot, lho.

Seperti yang Anda tahu kalau HP atau ponsel saat ini sudah berevolusi menjadi smartphone. Ini karena ponsel kini juga memiliki sistem operasinya tersendiri seperti PC. Nah, salah satu sistem operasi ponsel yang banyak digunakan adalah Android.

Baca juga: cara cek internet

Faktor dan Cara mengatasi Android lemot

Dengan adanya sistem operasi di HP, tentu kendala yang dialami PC juga bisa terjadi di HP. Nah, salah satu kendalanya adalah HP menjadi lambat ketika digunakan. Tentu saja ada sebabnya, tapi juga ada cara mengatasi Android lemot, kok, seperti berikut ini.

cara mengatasi Android lemot

Sebelum mengetahui cara mengatasi HP Android lemot, tentu harus tahu penyebabnya, ‘kan? Mungkin banyak ditemui di sebagian dari Anda, tapi tidak menyadarinya. Nah, ini dia penyebab yang sering membuat Android lemot.

Memori internal penuh

Nah, ini salah satu penyebab yang sering membuat HP Android lemot, tapi tidak sadar. Hal ini tentu saja karena banyak ruang penyimpanan yang digunakan. Maka dari itu, ada beberapa cara mengatasi Android lemot karena hal ini.

  • Menghapus, mematikan, atau unistall aplikasi yang tidak digunakan

Terkadang jika melihat suatu aplikasi yang sekiranya bagus, rasanya ingin langsung menginstalnya, ‘kan? Tapi, hanya sampai situ dan hampir atau bahkan tidak digunakan, ‘kan?

Tahu, ‘kan, kalau menginstal aplikasi tentu memakan ruang memori. Ada baiknya, hapus saja aplikasi seperti ini dan instal kalau memang benar-benar akan digunakan. Ini merupakan salah satu cara mengatasi Android lemot yang terbaik, sih.

  • Rutin membersihkan cache
Baca Juga:  10 Tutorial Mengatasi Laptop Blank Hitam yang Harus Kalian Ketahui

Cache sendiri merupakan penyimpanan data sementara. Hal ini bertujuan supaya proses loading lebih cepat. Namun, tentu saja penggunaan cache ini juga memakan ruang penyimpanan.

Maka dari itu, cara mengatasi Android lemot berikutnya adalah menghapus cache secara berkala. Ada dua macam cache di Android, yaitu cache data dan cache partition. Ada baiknya, kalau keduanya rutin dibersihkan.

Cache data sendiri merupakan data yang tersimpan dari aplikasi. Sedangkan, cache partition adalah lebih pada menyimpan proses yang dijalankan oleh sistem. Untuk cache data lebih bagus jika sering dibersihkan, berbeda dengan cache partition yang lebih baik dilakukan sebulan sekali

  • Gunakan aplikasi serbaguna

Selain menghapus aplikasi tidak terpakai, ini juga cara mengatasi Android lemot terbaik. Alih-alih menginstal banyak aplikasi yang memenuhi memori. Dengan aplikasi yang memiliki multifungsi, lebih meminimalisir pemakaian memori, lho.

  • Menggunakan satu aplikasi antivirus

Sama halnya PC, HP Android juga kini bisa saja terkena virus. Terlebih lagi dengan adanya sistem operasi dan banyaknya pengoperasian secara online. Hal ini membuat Anda ingin mem-protect HP Anda, ‘kan?

Karena ini, membuat Anda menginstal banyak aplikasi antivirus, ‘kan? Ini memang membuat HP Android aman, tapi tidak mengatasi HP Android lemot, lho.

cara mengatasi Android lemot

Sedangkan cara mengatasi Android lemot adalah dengan memilih satu aplikasi antivirus saja. Gunakan satu antivirus yang bagus dan multifungsi saja. Dengan begitu, selain membuat longgar memori, juga tidak memberatkan ketika proses dibuat otomatis.

  • Gunakan memori eksternal

Salah satu cara supaya memori internal tidak mudah penuh adalah menggunakan memori eksternal. Seperti yang Anda tahu kalau HP Android biasanya menyiapkan slot untuk memori eksternal. Hal ini bisa digunakan karena memori internal cenderung terbatas.

Cara mengatasi Android lemot yang satu ini banyak diminati. Sebab, dengan adanya memori eksternal data serta aplikasi dapat memkai memori tersebut. Namun, lebih baik untuk menyimpan data, seperti file, gambar, dan sebagainya di penyimpanan cloud saja.

Baca Juga:  Sering Bingung Cara Hapus Akun Facebook Permanen? Cara inilah Solusinya

RAM yang terkonsumsi berlebihan

Penyebab selanjutnya HP Android lemot adalah konsumsi RAM yang terjadi secara berlebihan. Ini disebabkan karena semakin banyak RAM yang digunakan maka proses yang diperlukan Android lebih besar.

Hal tersebut tentu membuat kinerja HP Android semakin melambat. Maka dari itu, cara mengatasi Android lemot karena RAM yang banyak terpakai adalah sebagai berikut.

  • Kurangi penggunaan widget

Tidak dipungkiri kalau widget dapat menjadi jalan pintas untuk menjalankan aplikasi. Terlebih lagi, widget yang bisa mempercantik tampilan ponsel juga menjadi faktornya juga. Namun, tahu tidak kalau widget ternyata tetap berjalan di latar belakang meski didiamkan?

Karena terus berjalan meski di latar belakang, tentunya itu juga membuat RAM terus terkonsumsi. Konsumsi RAM yang tanpa henti bisa memberatkan ponsel hingga kinerjanya melambat. Maka dari itu, cara mengatasi Android lemot berikutnya adalah jangan menggunakan widget selain untuk hal penting.

  • Mematikan autosync

Autosync memungkinkan pengguna selalu terhubung pada akun aplikasi di HP Android. Memang hal tersebut memudahkan dalam menggunakan aplikasi. Tapi, dengan aktifnya autosync maka RAM juga terus terkonsumsi.

Nah, cara mengatasi Android lemot selanjutnya adalah mematikan autosync. Bermula dari matikan untuk aplikasi yang sekiranya jarang untuk komunikasi. Atau, bisa juga dengan memakai aplikasi di mana autosync dapat diaktifkan atau dimatikan di waktu tertentu secara otomatis.

  • Hindari animasi di Android

Tahu, ‘kan, kalau animasi itu selalu bergerak? Dengan terus bergerak maka pengguna RAM terus meningkat. Jadi, tidak heran jika RAM dikonsumsi akan berlebihan.

Baca Juga:  Cara Mengatasi HP Mati Sendiri

Oleh karena itu, ada baiknya kalau Anda mengurangi atau tidak menggunakan animasi di HP Android. Animasi yang sering digunakan biasanya itu untuk bagian wallpaper maupun tema. Ini adalah cara mengatasi Android lemot berikurnya karena kelebihan pemakaian RAM.

cara mengatasi Android lemot

  • Tutup aplikasi berjalan

Salah satu kemudahan HP Android adalah dapat menggunakan aplikasi secara bersamaan. Namun, hal ini tidak disarankan, ya, lebih baik tutup dengan benar aplikasi yang sudah tidak digunakan. Sebab, semakin banyak aplikasi berjalan dalam satu waktu maka semakin banyak pula RAM yang dipakai.

  • Menggunakan auto kill

Terkadang Anda lupa atau tidak tahu aplikasinya sudah tertutup dengan benar atau belum, ‘kan? Nah, cara mengatasi Android lemot karena banyak menjalankan aplikasi bisa memakai auto kill. Dengan begitu, aplikasi akan secara otomatis tertutup sempurna dengan aplikasi tersebut.

Cara mengatasi Android lemot lainnya

Selain mengatasi HP Android lemot yang disebabkan alasan di atas, ada cara lainnya juga, lho. Nah, berikut ini adalah cara lain mengatasi HP Android lemot.

Restart HP

Cara mengatasi Android lemot paling mudah adalah dengan me-restart HP Android Anda. Ini karena dengan matinya HP sementara akan menghapus cache secara otomatis. Selain itu, hal tersebut juga menutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Lakukan factory reset

Ini adalah cara mengatasi HP Android lemot yang direkomendasikan paling akhir. Sebab, ketika Anda mengaktifkan ke setelan pabrik maka semua data serta aplikasi akan terhapus. Maka dari itu, disarankan sebelum menggunakan ini, backup terlebih dulu semua data di HP Android Anda.

Itulah cara mengatasi Android lemot yang dapat Anda lakukan. Meski HP Android bisa multifungsi, tapi ada baiknya juga membatasi dalam pemakaiannya. Setidaknya, dengan itu, HP Anda dapat lebih tahan lama dan awet.

Leave a Comment