Pilihan Terbaik Startup di Bidang Pertanian Agar Hasil Menguntungkan

Teknologi saat ini sudah berkembang pesat, di mana hampir seluruh aktivitas manusia bisa dilakukan melalui handphone. Mulai dari pembayaran, pembelian makanan dan minuman, hingga memenuhi kebutuhan rumah tangga. Tidak heran saat ini juga dikembangkan startup di bidang pertanian yang saat ini dikembangkan.

Melihat Indonesia merupakan negara agraria, penggunaan aplikasi ini memang sedikit banyak membantu para petani. Banyak hal bisa dilakukan untuk memajukan bidang pertanian. Dengan kemudahan ini diharapkan kesejahteraan hidup para petani akan meningkat dan lebih maju serta modern dari sebelumnya.

Pilihan Startup Untuk Para Petani

Saat ini sudah banyak jenis aplikasi bermunculan, cara menggunakannya sangat mudah. Begitu pula mengunduhnya. Kebanyakan sudah tersedia di Playstore, jadi Anda tidak perlu kebingungan. Berikut ini, kami berikan beberapa rekomendasi Startup terbaik yang bisa Anda unduh dan gunakan.

Tani Hub

Pilihan Terbaik Startup di Bidang Pertanian Agar Hasil Menguntungkan

Aplikasi pertama adalah Tani Hub yang dirilis pada tahun 2015. Keunggulan dari aplikasi ini adalah menghubungkan antara petani dengan konsumen langsung. Dengan begitu, mereka tidak lagi membutuhkan tengkulak untuk memasarkan hasil panennya. Waktu penjualan juga lebih cepat.

Tidak hanya soal beras saja, hampir semua komoditi juga dijual disini, mulai dari buah, sayur, ikan, ayam, dan berbagai bunga untuk olahan makanan. Tidak hanya konsumen pribadi saja, banyak perusahaan besar serta berbagai ritel bergabung di aplikasi ini. Mereka secara langsung membeli produk dari petani dengan kualitas nomor satu.

Bahkan, ada beberapa restoran juga masuk, memudahkan distribusi serta memotong biaya yang harus dikeluarkan oleh petani. Hampir setiap tahun jumlahnya terus bertambah, sampai saat ini sudah mencapai 20 ribu lebih. Hasil yang lebih menguntungkan menjadi alasan utama mengapa mereka bergabung.

Kedai Sayur Indonesia

Pilihan Terbaik Startup di Bidang Pertanian Agar Hasil Menguntungkan

Startup di bidang Pertanian ini menyasar kepada pedagang sayur yang biasa berjualan keliling sekarang bisa online. Seiring perkembangan teknologi, tidak hanya tukang sayur saja, hotel, restoran, bahkan saat ini konsumen pribadi juga mulai menggunakannya. Kemudahan dalam menjalankan aplikasi menjadi faktor utama memilih E-Commerce ini.

Sistem pembayarannya pun mudah, cukup dengan transfer saja, bahkan produk yang dipilih konsumen bisa langsung dikirim ke penjual. Sementara, produk yang ditawarkan sangat lengkap memenuhi kebutuhan dapur ibu-ibu. Ada gula, beras, minyak, dan masih banyak lagi. Para petani juga bisa bergabung disini.

Saat ini, konsumennya baru datang dari sekitar Jakarta saja. Program PsSBB yang membuat masyarakatnya tidak bisa ke mana pun. Membuat aplikasi ini semakin berkembang dan diunduh oleh banyak orang. Proses untuk bermitra juga tidaklah sulit. Semuanya dipermudah agar lebih banyak orang menggunakannya.

iGrow

Pilihan Terbaik Startup di Bidang Pertanian Agar Hasil Menguntungkan

Selanjutnya adalah iGrow salah satu konsep pendanaan terbaik untuk petani dengan sistem mudah dan murah. Tidak hanya berbagai investor ada disini, bahkan para konsumen juga ada. Mereka bisa membeli berbagai produk dengan cara yang mudah dan sistem pembayaran bisa dengan transfer antar bank.

Untuk menggunakannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu membuka website. Sistem pelaporannya sangat terbuka sehingga, tidak ada sistem penipuan sama sekali. Modal yang ada di tempat ini sangat terjamin. IGrow melindunginya dengan baik, dan sudah diawasi oleh OJK sehingga sangat aman dan terjamin.

Pantau Harga

Pilihan Terbaik Startup di Bidang Pertanian Agar Hasil Menguntungkan

Pantau harga merupakan E-Commerce yang bisa Anda pilih. Dirilis pada tahun 2015 dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan. Terutama, soal harga pangan baru. Bahkan, Anda juga bisa mengetahui harga kebutuhan pokok di wilayah terdekat. Tidak hanya komoditi pertanian saja, ada juga daging dan berbagai macam sayuran.

Konsumen juga bisa langsung membeli berbagai macam kebutuhan pokok langsung dari petani. Keuntungan tidak hanya untuk konsumen saja tetapi produsen pun juga. Jadi, dengan berbagai harga yang ada di aplikasi tidak akan membohongi mereka. Manipulasi harga pun sangat minim.

Menariknya, tersedia fasilitas peta harga, di mana Anda bisa melihat berbagai lokasi secara virtual dengan berbagai komunitas pangan. Sudah terkoneksi pula dengan Google Maps untuk memudahkan Anda. Untuk bisa menggunakannya Anda harus registrasi terlebih dulu dengan menggunakan KTP, nomor handphone, serta alamat lengkap.

Kecipir

Pilihan Terbaik Startup di Bidang Pertanian Agar Hasil Menguntungkan

Aplikasi ini memang hampir sama seperti nama sayuran yang dirilis pada tahun 2015. Menggunakan kecipir ini, bisa memutus rantai distribusi sehingga, harga yang diberikan benar dan tidak ada sedikit manipulasi. Produk yang dijual cukup banyak dan bervariasi, seperti berbagai bumbu dapur, sayuran, serta berbagai tanaman.

Startup di bidang Pertanian ini setiap datanya akan disesuaikan dengan yang dimiliki oleh petani langsung. Cara menggunakannya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu mendaftar host yang tidak jauh dari rumah Anda. Kemudian, bisa mendaftarkan diri dan berbelanja sesuai kebutuhan sayuran Anda.

Sikumis

Pilihan Terbaik Startup di Bidang Pertanian Agar Hasil Menguntungkan

Sikumis merupakan singkatan dari Situs Sarana Usaha Pertanian online paling lengkap. Ada berbagai layanan seperti, asuransi padi, sapi, nelayan, dan juga jagung. Bahkan, tersedia pula layanan BPJS tidak hanya untuk pembayaran, melainkan pengajuan juga bisa Anda lakukan dari sini.

Semua harga sudah tertera di sini. Tidak hanya jenis pertanian saja, melainkan peternakan juga disediakan. Dirilis pada akhir Maret 2016, sampai saat ini semakin banyak penggunanya. Tidak hanya untuk konsumen saja, bagi petani juga cukup menguntungkan karena adanya pembiayaan untuk kelancaran usaha.

Sikumis menguntungkan bagi semuanya karena memotong rantai penjualan. Sehingga, dari sisi pendapatan pasti lebih menguntungkan. Harganya lebih murah dan transparan. Untuk menggunakannya Anda bisa mendaftar menggunakan identitas pribadi. Tersedia pula berbagai pembeli serta pemasok.

PanenID

Pilihan Terbaik Startup di Bidang Pertanian Agar Hasil Menguntungkan

Platform lain yang bisa Anda gunakan adalah PanenID. Berbagai produk pertanian bisa dibeli di tempat ini dengan harga lebih murah karena langsung dari petani. Platform ini sangat menguntungkan karena, petani dalam merencanakan hingga memilih produk, komoditas, hingga waktu terbaik untuk panen.

Tersedia fasilitas direct trading yang berfungsi mempertemukan antara petani dengan konsumen langsung. Kurang lebih 120 petani sudah tergabung dan 10.hotel terbesar di Indonesia juga resmi memanfaatkan layanan ini. Kemudahan dalam menggunakan menjadi alasan terbaik mereka.

Bahkan, Anda bisa langsung bertemu dengan petani langsung membelinya dengan harga sesuai kesepakatan. Beberapa diantaranya sudah melakukan transaksi kerja sama kontrak karena mempunyai kualitas produk yang sangat baik. Hal ini memang sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Habibi Garden

Pilihan Terbaik Startup di Bidang Pertanian Agar Hasil Menguntungkan

Startup di bidang pertanian terakhir yang bisa Anda gunakan adalah Habibie Garden. Membantu petani di segala bidang terutama soal irigasi, sehingga masih tetap produktif walaupun, berada di musim kering sekali pun. Menggunakan aplikasi ini diklaim bisa memaksimalkan produksi bahkan, naik hingga 30%.

Semakin berkembangnya zaman, membuat teknologi semakin canggih. Tidak hanya soal negatif saja, tetapi bila dimanfaatkan dengan baik pasti akan mendapatkan hasil positif. Oleh karena itu, tidak ada salahnya memilih salah satu dari startup di atas. Hasilnya bisa Anda rasakan sendiri, di jamin untung.

Leave a Comment

seven + eleven =