Cara Mendapatkan Investor Startup, Simak 6 Langkah Berikut

Perusahaan startup pasti membutuhkan modal agar bisnis mereka tetap berjalan dengan baik. Untuk memperolehnya bisa dengan dua cara, pertama uang pribadi, bisa melalui tabungan atau hutang, kedua melalui investor. Bila menggunakan poin ke dua, memang lebih minim risiko tetapi, Anda harus tahu cara mendapatkan investor startup terlebih dulu.

Ada banyak langkah bisa Anda lakukan mulai dari membuat profil perusahaan yang menarik. Hal ini jadi modal penting sebelum mengajukan pada investor. Jangan pernah membuatnya secara asal, karena profil ini akan di baca kemudian diteliti. Usahakan berikan informasi lengkap tanpa basa-basi, serta keunikan startup Anda.

Dalam profil, jelaskan pula mengapa penanam modal harus menanamkan uangnya ke perusahaan Anda. Bisa mengenai program kerja ke depan, langkah strategis yang ingin dicapai sehingga, membutuhkan bantuan mereka. Serta, keuntungan apa yang akan diberikan usahakan jangkanya cukup panjang, agar bisa dipertimbangkan.

Mengikuti Berbagai Event

Sebuah keuntungan bagi Anda yang tinggal di Kota besar seperti, Jakarta, Bandung, Surabaya biasanya, sering mengadakan berbagai macam acara seputar bisnis. Hampir semua pelaku usaha datang. Anda bisa memanfaatkannya dengan jadi salah satu peserta, kemudian membangun sebuah jaringan baru.

Dalam bisnis membangun hubungan pertemanan sangat penting. Semakin banyak network, kemungkinan besar mendapatkan penanam modal yang tepat sangat besar. Usahakan menggunakan metode soft selling, jangan hard selling. Setiap orang pasti punya penilaian buruk bila Anda menggunakan hard selling.

Cara Mendapatkan Investor Startup, Simak 6 Langkah Berikut

Pelaku usaha sebenarnya tidak jauh berbeda dengan remaja jatuh cinta. Pandangan pertama adalah awal dari segalanya. Bila memiliki kesan yang bagus, maka perjalanannya akan mudah. Tetapi, sebaliknya jika penilaian itu sudah buruk, untuk menanggapi Anda pasti tidak mau, apalagi, melihat profil perusahaan.

Hampir semua orang sudah mengerti, peserta bisnis tersebut terdiri dari berbagai pelaku usaha. Oleh karena itu, penggunaan metode hard selling sangat tidak disarankan. Membangun hubungan yang baik dalam waktu singkat sebenarnya, cukup mudah hanya saja bagaimana cara komunikasi Anda saja.

Masuk Ke Komunitas

Poin ke dua cara mendapatkan investor startup  adalah masuk ke berbagai komunitas yang memungkinkan Anda mendapatkan penanam modal sesuai dengan keinginan. Tidak harus sesuai dengan bisnis Anda. Bisa masuk ke jaringan lainnya, mungkin teknologi atau wisata. Setidaknya, punya koneksi.

Perlu diperhatikan bahwa setiap orang bisa saja jadi pemilik modal. Jangan anggap remeh, walaupun mereka hanya seorang pekerja kantoran atau pegawai toko kelontong. Karena, bukan status sosial yang harus diperhatikan melainkan, uang yang mereka punya untuk mengembangkan perusahaan.

Usahakan untuk mencari tahu secara lengkap profil orang yang mungkin jadi target sebagai investor Anda. Jangan terlalu dalam, cukup tahu mengenai keinginan dan mungkin rencana ke depan. Apakah sejalan dengan program bisnis yang sedang dijalankan atau sebaliknya. Hal ini cukup penting untuk metode selanjutnya.

Melalui Proyek Kecil

Salah satu cara meningkatkan omzet biasanya mengadakan berbagai program berhadiah. Anda bisa mengajukan proyek kecil ini kepada beberapa orang untuk membiayai dan hasil keuntungannya sesuai kesepakatan. Dari proyek kecil ini Anda bisa menganalisis apakah orang tersebut tepat atau tidak 

Cara Mendapatkan Investor Startup, Simak 6 Langkah Berikut

Dalam mengembangkan bisnis akan lebih mudah bila Anda punya rekan satu pemikiran dan jalan. Mengerjakan proyek kecil merupakan salah satu cara terbaiknya. Bila berhasil dan mendapatkan keuntungan, ajukan kembali hingga beberapa kali. Baru sampaikan keinginan Anda kepada orang tersebut.

Mungkin, butuh waktu cukup lama. Tetapi, setelah orang tersebut sudah tahu bagaimana cara kerja serta pengalaman Anda dalam menjalankan sebuah proyek kecil. Bukan tidak mungkin, mereka akan percaya menanamkan modal. Kepercayaan dalam bisnis itu sangat penting, membangunnya sangat sulit, oleh karena itu jangan terbuang sia-sia.

Media Sosial

Cara mendapatkan investor startup selanjutnya melalui peran media sosial. Bukan jadi rahasia umum lagi bila media sosial adalah rekan terbaik dalam menjalankan bisnis. Bahkan media promosi berupa iklan sudah mulai menggunakannya. Selain itu meningkatkan omzet, Anda perannya mampu dimanfaatkan untuk menjadi investor.

Ada dua teknik, pertama secara langsung. Metode ini memungkinkan untuk setiap postingan mengarahkan orang mengikuti program investor Anda. Sampaikan keuntungan dan kontak untuk bertanya lebih lanjut. Atau Anda bisa juga mengirim pesan kepada calon penanam modal tersebut.

Cara kedua, metode tidak langsung. Bisa melalui insta story tetapi penayangannya tidak setiap hari. Atau melalui postingan tetapi, tidak mencantumkan nomor sehingga, peminat bisa tinggalkan saja di kolom komentar. Usahakan setiap postingan menunjukkan apa yang sedang dikerjakan profit ke depan atau program menarik.

Bisa juga memanfaatkan gmail dengan mengirim langsung email dan menawarkan program kerja sama. Tetapi, perlu diingat menggunakan metode Gmail tidak mudah, kemungkinan tidak terbaca dan hilang sangat tinggi. Jadi, Anda harus benar-benar sabar. Perhatikan pula soal profil perusahaan agar calon investor tertarik.

Menggunakan Konten

Seperti diketahui bersama bahwa, konten adalah metode baru dalam menjalankan bisnis dan dijadikan sebagai media promosi. Ternyata, konten juga bisa digunakan sebagai cara mendapatkan investor startup. Tulis saja apa yang dibutuhkan orang banyak sesuaikan dengan perusahaan Anda.

Sebagai contoh, Anda bergerak bidang wisata, usahakan semua jenis konten masih berhubungan dengan dunia pariwisata. Jangan melenceng terlalu jauh. Lebih baik sampaikan Tips atau informasi yang dibutuhkan banyak orang. Usahakan menarik dan berpotensi jadi viral.

Semakin banyak kunjungan ke blog Anda, semakin banyak punya pilihan dijadikan investor. Usahakan dalam konten, di paragraf terakhir menunjukkan persuasif, tidak hanya menyampaikan keunggulan dan cara orang mengakses. Tetapi, sampaikan pula kalau Anda membutuhkan investor untuk berkembang bersama.

Tetapi, harus diperhatikan benar bagaimana calon penanam modal Anda. Jangan terlalu percaya agar terhindar dari penipuan. Penggunaan konten juga dapat dimanfaatkan ke berbagai hal. Misalnya, mendapatkan tambahan modal dari google, atau sebagai bidang usaha lain yang bisa dikembangkan.

Kompetisi Startup

Cara mendapatkan investor startup terakhir adalah mengikuti berbagai kompetisi yang diselenggarakan. Hampir setiap tahun baik lokal maupun internasional mengadakan kegiatan demikian. Bahkan, penanaman modal yang diberikan tidak tanggung-tanggung angkanya bisa mencapai Rp1 milyar.

Fenox merupakan satu inspirasi dalam mengikuti kompetisi. Hadir di sejumlah negara termasuk Indonesia. Alurnya Anda harus mampu menyisihkan jutaan pesaing dari negeri sendiri dulu. Kemudian, berbagai negara hingga masuk ke grand final di Amerika Serikat. Total hadiahnya tidak sedikit, mencapai Rp14 milyar.

Cara Mendapatkan Investor Startup, Simak 6 Langkah Berikut

Selanjutnya, Diplomat Succes Challange merupakan kompetisi lokal yang hampir setiap tahun diadakan. Para pengusaha dari seluruh Indonesia yang jumlahnya mencapai 12 ribuan lebih akan berkompetisi. Memperebutkan hibah modal kerja mencapai Rp2 milyar rupiah, serta pendampingan dan edukasi dalam mengelola usaha.

Memperoleh kepercayaan Investor bisa berbagai macam cara. Seperti yang telah dijelaskan diatas beberapa cara mendapatkan investor startup, Semua kembali pada diri Anda, tingkat kreativitas dalam menjalankan program kerja ke depan. Strategi bisnis sangat penting menarik penanam modal. Karena, dengan metode tepat, keuntungan yang didapatkan juga akan cepat, inilah yang diinginkan setiap investor. Selamat mencoba!

Leave a Comment

14 − 3 =