Contoh Business Plan Startup yang Harus Anda Buat Sejak Sekarang

Bisnis startup memang berkembang pesat terbukti, dengan nilai transaksinya mencapai milyaran rupiah dan angka tersebut dari tahun ke tahun selalu naik. Menjalankan usaha seperti ini memang menguntungkan. Tetapi, sebelum memulai Anda harus membuat dulu salah satu contoh business plan startup.

Tidak hanya dalam bidang usaha saja, hampir semua kegiatan harus diawali dengan perencanaan. Karena, semakin matang proses ini, tingkat keberhasilannya akan semakin tinggi. Hal ini juga bisa dijadikan sebagai antisipasi bila strategi yang dijalankan kurang berjalan maksimal.

Perencanaan juga diperlukan sebagai langkah utama dalam menentukan berbagai kebijakan terkait penjualan atau beberapa hal penting lainnya. Tidak hanya untuk perusahaan berkembang saja, bagi yang sudah punya nama besar. Tahap ini harus dilewati terlebih dulu, sehingga Anda bisa mengetahui seberapa besar usaha ini bisa bersaing.

Berikut Ini Beberapa Contoh Business Plan Startup

Bisnis startup selalu mengedepankan pada kepercayaan antara produsen dan konsumen. Oleh karena itu, ciptakan iklim transaksi yang nyaman terlebih dulu. Bisa melalui cara pembayaran, kemudahan dalam melakukan order, teknologi pelacakan yang super canggih, atau fitur penemuan barang yang disesuaikan dengan perilaku pelanggan.

Tentukan pula keunikan dalam usaha Anda. Sebagai contoh, tema dasar menggunakan merah, atau ada gambar tertentu. Bisa juga ditambah dengan suara terima kasih saat berhasil melakukan transaksi. Semua kembali ke kreativitas Anda. Hal ini tidak berhubungan langsung dengan konsumen.

Contoh Business Plan Startup yang Harus Anda Buat Sejak Sekarang

Tetapi, dengan penambahan tersebut membuat pelanggan Anda akan tertarik untuk menggunakannya lagi dan lagi. Perilaku tersebut sesuai dengan psikologi dari setiap konsumen. Walaupun, tidak semua pelanggan melakukan hal yang sama. Tetapi, cara seperti ini dirasa cukup efektif untuk beberapa startup.

Melakukan Riset

Riset memang sangat penting dalam membuat contoh business plan startup, fungsi dari riset ini sangat banyak. Selain untuk mengukur bagaimana kondisi pasar. Anda jadi paham apa yang diinginkan saat ini. Pengaruh tren jadi salah satu modal penting untuk tetap bertahan dari pesaing yang semakin banyak.

Sebagai contoh, beberapa perusahaan memberikan promo hampir setiap bulan. Setidaknya, Anda harus memberikannya pula. Angkanya tidak harus sama atau bahkan programnya. Tetapi, Anda memberikan persaingan secara sehat. Perlu diingat, pelanggan lebih senang dengan hadirnya promo, walaupun secara kualitas jauh lebih bagus.

Riset disini meliputi banyak hal, dari lokasi, jenis, waktu serta tata cara. Kemudian, produk yang dijual, bagaimana deskripsinya, penawaran harga, sistem penjualan hingga pengiriman. Fasilitas yang diberikan dari setiap barang tersebut. Semua hal itu harus dilakukan dengan penelitian terlebih dulu.

Usahakan lakukan penelitian lebih dari satu toko, pelajari secara detail dan analisa sendiri mengapa konsumen suka membeli sebuah produk di tempat tersebut. Setelah Anda menemukannya, terapkan dan modifikasi agar tidak terkesan meniru. Perlu diingat, Anda harus punya ciri khas sendiri.

Saat orang lain akan berbelanja di toko Anda, mereka akan ingat ciri khasnya. Kemungkinan, untuk berbelanja lagi sangat tinggi. Dalam riset ini pula Anda harus tahu tingkah laku pembeli. Walaupun, pelanggannya sama. Namun, mereka punya tingkah berbeda saat berada di sebuah toko. 

Profil Perusahaan

Setelah Anda mendapatkan semua kebutuhan mengenai pelanggan. Saatnya, membuat strategi untuk diri sendiri. Hal ini berpatokan pada profil sebuah perusahaan. Mendeskripsikan usaha sendiri sangat penting. Agar arah dan kebijakan ke depan tidak akan terlalu jauh dari keinginan dari visi dan misi yang dibuat.

Tujuan dari pembuatan ini agar orang tahu apa sebenarnya perusahaan Anda bergerak di bidang apa, sehingga tidak perlu dijelaskan semua orang sudah mengerti. Hal ini sangat penting dipikirkan jika, suatu saat nanti Anda membutuhkan bantuan investor untuk mengembangkan bisnis startup.

Dalam tahap pembuatan profil ini, Anda harus menyampaikan berapa target yang harus dipenuhi baik dalam hitungan hari, minggu, bulan, hingga tahun. Semua harus lengkap dan jelas. Sehingga, saat membuat metode promosi bisa tahu harus dengan cara seperti apa dan bagaimana.

Target ini juga sebagai indikator, apakah media promosi Anda berjalan lancar atau hanya berhenti di tempat saja. Pengaruh dari target adalah pendapatan yang berhubungan dengan kondisi perusahaan ke depan. Sehingga, perlu dipikirkan benar. Bagaimana kebijakan yang harus diambil saat berada dalam kondisi tertentu.

Proses Pengembangan

Setiap perusahaan harus punya standar atau garis batas bawah soal pendapatan. Apakah keuntungan 3% ini sudah cukup atau belum. Jika, sudah lakukan tahap pengembangan secara perlahan. Pengembangan ini meliputi tambahan fasilitas dan produk yang dijual. Harus lebih baik dan melengkapi dari sebelumnya.

Bisa dengan tambahan fasilitas pembayaran yang hanya melayani satu bank menjadi banyak bank. Atau dengan penambahan sistem bayar nanti. Pada dasarnya, pengembangan ini akan memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi. Tetapi, tidak mempengaruhi kepercayaan yang sudah dibangun.

Hitung Risiko

Contoh business plan startup selanjutnya adalah menghitung risiko yang terjadi. Cara menghitungnya memang tidak mudah karena, penuh dengan berbagai spekulasi. Tidak hanya melihat kondisi perekonomian negara saja, tetapi lihat pula kebutuhan dari barang yang ditawarkan pula.

Oleh karena itu, lebih baik menggunakan teknik trading forex. Berapa risiko penurunan yang Anda toleransi. Contohnya seperti ini, dalam perkembangan bisnis, pasang surut adalah hal biasa. Tetapi, saat pembuatan grafik, pasti Anda bisa membaca ke mana arahnya. Apakah naik atau turun.

Contoh Business Plan Startup yang Harus Anda Buat Sejak Sekarang

Tentukan di titik mana toleransi terhadap penurun tersebut. Apakah secara global, dalam artian siklus bulanan atau harian. Kemudian, bagaimana cara Anda dalam menyikapi penurunan dan kenaikan tersebut. Apakah ada cara promosi baru, barang baru, atau sistem transaksi baru.

Semua itu harus diperhitungkan, termasuk risiko saat Anda meluncurkan sistem baru. Kemudahan dan kelancaran jadi hal penting. Keamanan juga harus jadi perhatian, terutama bagi mereka anggota premium. Harus ada pelayanan lebih, sesuai dengan kelasnya. Jangan hanya sama saja.

Laksanakan

Contoh business plan startup terakhir adalah laksanakan semua rencana tersebut. Apa yang sudah Anda cari, tulis, usahakan untuk dijalankan. Tetapi, jangan lupa untuk menyiapkan rencana lanjutan. Hal ini sangat penting, bila terjadi hal tidak diinginkan Anda sudah siap dan gejolak yang terjadi tidak akan besar.

Dalam bisnis keadaan sangat fluktuatif. Anda akan sulit menebak karena, berhubungan dengan tingkah laku manusia yang tidak bisa diprediksi ke mana arahnya. Tetapi, dengan pengalaman yang didapat, Anda pasti tahu bagaimana pergerakannya, serta kebijakan yang harus ditempuh dalam menghadapi situasi tersebut.

Walaupun Anda tipe orang berani dalam menghadapi tantangan. Namun, tetap harus diperhitungkan dari kecil hingga besar. Bahkan, sampai pada efek yang tercipta. Bagaimana keadaan pasar Anda, jika penerapan tersebut dilakukan. Perlu diingat, setiap kebijakan pasti punya pengaruhnya.

Membuat perencanaan dalam bisnis startup memang sangat penting. Anda bisa menjadikan beberapa contoh business plan startup diatas sebagai sebuah acuan untuk berbagai strategi dalam menjalankan usaha tersebut ke depan. Paling penting jangan takut melakukannya, karena pengalaman muncul dari keberanian Anda melaksanakan rencana tersebut.

Leave a Comment

four − 1 =