Peran Teknologi Komunikasi dalam Interaksi Antarruang di Negara ASEAN

Perkembangan teknologi komunikasi membawa sejuta manfaat bagi berbagai pihak, termasuk ASEAN. Artikel ini akan membahas bagaimana peran teknologi komunikasi dalam interaksi antarruang di negara ASEAN.

Sebelumnya, kamu perlu mengenal terlebih dahulu apa itu ASEAN. ASEAN merupakan akronim dari Association of Southeast Asian Nations. Organisasi negara-negara di Asia Tenggara ini berdiri pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand.

Peran Teknologi Komunikasi dalam Interaksi Antarruang di Negara ASEAN

Organisasi yang Indonesia tergabung di dalamnya ini salah satu tujuannya adalah untuk mempromosikan kerjasama aktif dan saling membantu dalam hal-hal yang menjadi kepentingan bersama di bidang ekonomi, sosial, budaya, teknis, ilmiah dan administrasi.

Oleh karenanya, dalam mewujudkan tujuan-tujuan tersebut ASEAN juga perlu mengikuti perkembangan zaman. Perkembangan yang dimaksud adalah berkaitan dengan teknologi komunikasi. Nah, menarik kan? Simak bagaimana peran teknologi komunikasi dalam interaksi antarruang di negara ASEAN berikut ini.

Bagaimana Peran Teknologi Komunikasi dalam Interaksi Antarruang di Negara ASEAN

Baru di Indonesia saja kamu sudah bisa melihat ekstrimnya kondisi geografis di sini. Selain itu, negara-negara kepulauan yang di sekitarnya adalah laut juga mengakibatkan komunikasi antar negara tidak maksimal. 

Agar tidak hanya bergantung pada teknologi transportasi, maka ASEAN juga perlu memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi. Kemajuan ini bisa mempercepat informasi serta komunikasi antar negara ataupun individu yang berada di Asia Tenggara. 

Hal tersebut menciptakan kerjasama kerjasama yang saling memberi keuntungan. Oleh karenanya, peran teknologi komunikasi dalam interaksi antarruang di negara ASEAN di antaranya adalah: 

  • Mematahkan batas ruang dan waktu

Sesuai dengan tujuannya, tentu teknologi diciptakan untuk mempermudah aktivitas manusia. Oleh karenanya, hadirnya teknologi komunikasi membuat orang bisa lebih mudah saling terhubung.

Penggunaan teknologi komunikasi dalam interaksi manusia di ASEAN membuat orang-orang yang berdomisili di kawasan Asia Tenggara dapat saling berkomunikasi tanpa harus bertemu secara fisik.  Dengan fakta tersebut, tujuan ASEAN dalam membangun persaudaraan antar negara bisa terjalin dengan baik. Pertukaran budaya pun semakin lancar. 

  • Mempermudah kerjasama luar negeri

Ini merupakan salah satu contoh bagaimana peran teknologi komunikasi dalam interaksi antarruang di negara ASEAN. Hal ini dikarenakan salah satu tujuan ASEAN adalah membina kedekatan negara-negara di Asia Tenggara.

Peran Teknologi Komunikasi dalam Interaksi Antarruang di Negara ASEAN

Sehubungan dengan mudahnya komunikasi antar warga di ASEAN karena perkembangan teknologi, maka kerjasama antar negara pun juga jadi lebih mudah. Sebagai contoh, di tengah pandemi Covid-19 ASEAN tetap bisa melaksanakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pada bulan April lalu. Pertemuan tersebut digelar secara virtual

  • Proses perdagangan menjadi lebih cepat

Setelah terciptanya hubungan baik dan kerjasama antar negara di ASEAN, maka proses lain pun bisa semakin lancar. Misalnya perdagangan. Dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi yang mempermudah jual-beli antar negara, barang dan jasa antar negara ASEAN bisa berjalan dengan lancar.

Penutup

Nah, jadi itu tadi bagaimana peran teknologi komunikasi dalam interaksi antarruang di negara ASEAN. Ini menunjukkan adanya teknologi bukan hanya menjadi “berkat” bagi individu, melainkan juga pada berbagai kelompok.

Meskipun sebelumnya teknologi transportasi sudah berperan dalam interaksi antarruang, namun tetap saja ada kekurangannya. Hal ini dikarenakan adanya kesulitan jangkauan di berbagai daerah.

Indonesia yang merupakan negara kepulauan tentu akan merasakan juga sulitnya interaksi bila hanya mengandalkan teknologi transportasi. Oleh karenanya, ASEAN mengoptimalkan peran teknologi komunikasi. So, pergunakan gawai-mu dengan sebaik mungkin ya. Kenapa? Karena kamulah cerminan bangsa kita di mata internasional.

Leave a Comment

nineteen − eleven =