Cara Melakukan Analisis Peluang Usaha yang Baik untuk Meraih Tujuan

Analisis peluang usaha sangat penting dilakukan sebelum Anda membuka bisnis yang tentunya diharapkan akan berkembang menjadi sukses dan berkelanjutan. Tak peduli bisnis tersebut kecil atau besar analisis peluang usaha adalah hal yang perlu dilakoni para pebisnis untuk benar-benar terjun dalam persaingan bisnis yang ketat.

Jika memiliki modal bisnis yang besar, para pebisnis bisa dengan mudah menyewa jasa tenaga profesional untuk menganalisis peluang bisnis yang akan dibangun. Namun jangan khawatir bagi yang akan merintis usaha dengan modal terbatas karena Anda juga bisa menganalisis peluang usaha yang baik dengan beberapa cara.

Pertama-tama kita harus mengetahui maksud dari analisis peluang usaha yang baik. Analisis peluang usaha yang baik adalah kegiatan yang dimulai dari melakukan perencanaan, riset, memprediksi, serta mengevaluasi kegiatan usaha atau bisnis.

Dengan kata lain, analisis peluang usaha yang baik adalah menganalisis seberapa besar pangsa pasar yang akan usaha Anda kuasai nanti dan memprediksi seberapa besar produk dari bisnis Anda yang akan terjual nantinya.

Cara Menganalisis Peluang Usaha yang Baik

Cara Melakukan Analisis Peluang Usaha yang Baik untuk Meraih Tujuan

Cara menganalisis peluang usaha yang baik adalah dengan melakukan beberapa langkah yang tepat. Berikut beberapa tahapan yang Anda dapat lakukan untuk menganalisis peluang usaha yang akan digeluti.

1. Analisis dengan Menggunakan Metode SWOT

Metode Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats (SWOT) bisa digunakan sebagai cara untuk menganalisis peluang usaha yang baik. Untuk faktor internal dari bisnis yang bakal dirintis, Anda dapat menggunakan Strengths dan Weaknesses, sementara untuk faktor eksternal dapat menggunakan Opportunities dan Threats.

Selain potensi, kelemahan dari usaha yang akan Anda rintis juga dapat diantisipasi terlebih dahulu dan dicari jalan keluarnya sebelum eksekusi. Faktor Opportunities (Kesempatan) dan Weaknesses (Kelemahan) menjadi tantangan bagi para pebisnis untuk mencari jalan keluarnya.

Analisis SWOT berguna untuk lebih meningkatkan rasa percaya diri Anda sebelum membuka usaha dan membuat Anda tidak gegabah dalam mengambil keputusan dalam berbisnis.

2. Metode Analisis dengan 5W + 1H

Selain menjadi metode untuk penulisan berita dalam kaidah jurnalistik, 5W + 1H juga dapat digunakan untuk menganalisis peluang usaha. Bagi yang belum familiar, 5W + 1H terdiri dari what, where, when, why, serta who dan how yang merupakan singkatan dari bagaimana.

Sebelum merintis bisnis, Anda bisa membuat list pertanyaan dengan menggunakan metode 5W + 1H, kemudian jawab satu-persatu dengan menggunakan kondisi bisnis saat ini. Hal tersebut untuk mengasah kemampuan dan pemahaman Anda mengenai potensi usaha yang akan Anda buat nantinya di masa depan.

3. Studi Kelayakan Usaha

Studi kelayakan usaha atau bisnis merupakan kegiatan yang dilakukan dengan cara mempelajari secara mendalam seputar bisnis yang akan dilakukan dengan dari berbagai aspek. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui mengenai kelayakan bisnis untuk dijalankan atau tidak.

Studi kelayakan bisnis akan mengantarkan Anda untuk lebih dekat dengan tujuan yang ingin diraih. Studi kelayakan usaha cukup populer dilakukan untuk dilakukan di kalangan para pengusaha atau wirausahawan.

4. Siapkan Business Plan

Business plan dibutuhkan nantinya jika Anda ingin meminta pendanaan atau investasi untuk bisnis yang Anda geluti. Sebagai wirausahawan, Anda harus memiliki rencana bisnis yang matang dan tidak main-main. Analisis peluang usaha dapat dilakukan dengan melihat bagaimana struktur modal dan berbagai tantangan yang mungkin akan bisnis Anda hadapi di masa depan.

Tujuan Analisis Peluang Usaha yang Baik

Cara Melakukan Analisis Peluang Usaha yang Baik untuk Meraih Tujuan

Tujuan analisis peluang usaha yang baik adalah untuk mengidentifikasi apa yang bisnis Anda butuhkan dan menemukan solusi dari masalah yang akan bisnis Anda hadapi di masa depan. 

Analisis peluang usaha juga berfungsi sebagai acuan bagi Anda jika nantinya harus mengambil berbagai keputusan penting. Keputusan yang diambil nantinya tidak akan sembarangan karena sudah didasari dari hasil analisis yang dilakukan dengan menujukkan berbagai risiko-risiko di masa depan.

Leave a Comment

2 × 4 =