Jelaskan Pengertian Ekosistem, Komponen, dan Macam-macamnya

 

Saat mempelajari tentang ilmu biologi, Anda tentu kerap menjumpai pertanyaan jelaskan pengertian ekosistem. Lantas, apa yang dimaksud dengan istilah tersebut? Agar lebih jelas, maka pastikan mencari tahu terlebih dahulu tentang pengertian selengkapnya.

Jelaskan Pengertian Ekosistem

Ekosistem adalah sebuah sistem ekologi yang terbentuk dari adanya hubungan timbal balik tidak terpisahkan antara lingkungan dengan makhluk hidup. Ekosistem sendiri akan selalu menjadi tatanan kesatuan utuh dan menyeluruh pada unsur lingkungan hidup.

Keberadaannya juga akan melibatkan interaksi timbal baik pada organisme dan juga lingkungan fisik. Pada kehidupan tersebut juga tidak akan lepas dari interaksi antar lingkungan yang mendukung sehingga terjadi keseimbangan kehidupan. Lantas, apa saja komponen dari ekosistem tersebut?

Beberapa Komponen Ekosistem

Perlu Anda ketahui, bahwa komponen ekosistem adalah bagian dari sebuah ekosistem yang tersusun dan membentuk ekosistem itu sendiri. Komponen ini sendiri nantinya akan terbagi menjadi dua macam. Agar lebih jelas, simak beberapa diantaranya di bawah ini:

  • Komponen Abiotik

Komponen pertama pada ekosistem adalah abiotik atau komponen tidak hidup. Yakni terdiri dari benda-benda sehingga bukan makhluk hidup di sekitar akan tetapi keberadaannya dapat mempengaruhi kelangsungan hidup. Lantas, apa saja contoh dari komponen satu ini?

Diantaranya seperti angin, air, sinar matahari, udara, suhu, kelembapan, garam dan masih banyak lagi lainnya. Seluruh benda tersebut akan berperan pada ekosistem.

  • Komponen Biotik

Komponen biotik artinya hidup yakni berupa makhluk hidup itu sendiri. Nantinya akan membentuk sebuah rantai makanan pada sebuah ekosistem. Sampai saat ini sendiri ada banyak contoh dari komponen biotik tersebut di lingkungan sekitar. Adapun contohnya seperti organisme autotrof dan organisme heterotrof.

Macam-macam Ekosistem

Perlu Anda ketahui, bahwa ekosistem adalah satu kesatuan fungsional pada komponen abiotik dan biotik. Tidak heran jika keberadaannya saling berinteraksi dan mempengaruhi satu sama lainnya karena terdapat hubungan timbal balik. Di bawah ini macam-macam ekosistem tersebut:

  • Darat

Untuk penentuan zona darat pada ekosistem ini diatur oleh temperatur dan curah hujan. Selain itu, zona tersebut juga akan dikontrol oleh iklim dan gangguan. Keberadaan iklim sendiri cukup penting dalam penentuan ekosistem apakah berada di darat.

Adapun pola ekosistem disini dapat mengalami perubahan akibat adanya petir, aktivitas manusia, kebakaran, dan lain sebagainya. Terlebih ada banyak macam ekosistem yang lainnya selain daratan

  • Air

Air atau akuatik merupakan salah satu macam ekosistem dimana komponen abiotiknya sebagian besar terdiri dari air. Adapun makhluk hidup pada komponen biotik di dalam perairan ini sendiri terbagi menjadi dua. Seperti ekosistem air laut yang beruba habitat laut atau oseanik.

Terdapat pula ekosistem air tawar dengan ciri-cirinya adalah variasi suhu tidak mencolok, terpengaruh oleh cuaca dan iklim, serta pencahayaannya cenderung kurang. Adapun jenis tumbuhan paling banyak di ekosistem tersebut seperti ganggang.

  • Ekosistem Buatan

Merupakan salah satu macam ekosistem lainnya. Yakni sebuah ekosistem yang dibuat oleh manusia secara khusus dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Adapun contoh dari macam ekosistem satu ini adalah sawah. Dengan begitu, akan memperoleh subsidi energi dari luar, tanaman/hewan peliharaan.

Terdapat pula keanekaragaman dengan komposisi cenderung rendah. Adapun contoh lain dari macam ekosistem buatan manusia tersebut seperti bendungan, hutan tanaman produksi seperti pinus dan jati, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Itu tadi informasi mengenai jelaskan pengertian ekosistem. Setelah mengetahuinya, maka tentu saja akan lebih mudah apabila ingin membedakannya. Terlebih sangat mudah menjumpai ekosistem tersebut di lingkungan sekitar.

Leave a Comment